Minggu, Februari 28, 2021

Anjing Bulldog Milik Lady Gaga yang Dicuri Sudah Ditemukan

Dua anjing berjenis Bulldog Prancis milik Lady Gaga telah berhasil ditemukan setelah sebelumnya dicuri. Dilansir dari Billboard, seorang perempuan membawa pulang dua anjing itu ke Olympic Community Police...

WOW! Kolaborasi dengan 3 Rapper, Raisa Isi OST ‘Raya and The Last Dragon’

JAKARTA - Raisa Andriani akan menyuguhkan sesuatu yang berbeda di karya terbarunya yang berjudul Trust Again. Ibu satu anak itu akan berkolaborasi dengan tiga rapper untuk mengisi...

Technology

Termasuk gaji, inilah 3 alasan Juventus melepas Cristiano Ronaldo pada musim panas 2021: bola sepak

CRISTIANO Ronaldo berkali-kali digosipkan akan hengkang dari Juventus. Menurut laporan CalciomercatoCristiano Ronaldo sudah menghubungi agennya, Jorge Mendes, untuk mencarikannya...
- Advertisement -

Antisipasi Tunggakan Listrik, PLN Tertibkan Pelanggan Nakal

Memasuki awal tahun 2021, tunggakan listrik pascabayar para pelanggan PLN UP3 Jambi mencapai Rp1,3 Miliar.

H Al Haris: Semua Pasien Covid-19 yang Dirawat Sembuh

MERANGIN - Bupati Merangin H Al Haris memulangkan lima pasien Covid-19, setelah tim medis Rumah Sakit Daerah (RSD) Kol Abundjani Bangko menyatakan kelima pasien tersebut telah sembuh totol dan hasil Swab terakhir negatif.

Kelima pasien Covid-19 yang sebelumnya mendapat perawatan insentif dan sekarang dipulangkan dari rumah isolasi RSD Kol Abundjani Bangko, (24/6) itu, JG (23), WI (16), AK (54), B (40) dan AHM (20).

Lima pasien Covid-19 yang dipulangkan itu jelas bupati, merupakan akhir dari sebanyak 21 pasien Covid-19 yang sebelumnya dirawat insentif di RSD Kol Abundjani Bangko. Artinya semua pasien Covid-19 Merangin sudah sembuh semua.

“Alhamdulillah, Allah memberikan kita keyakinan. Alhamdulillah pasien sembuh semua dan bisa berkumpul bersama keluarga. Saya juga bernazar kalau semua sembuh saya akan memotong kerbau,’’ujar Bupati.

Pada kesempatan itu, bupati mengucapkan terima kasih kepada tim medis RSD Kol Abundjani Bangko, Satgas Covid-19 Merangin dan semua pihak yang terlibat dalam menangani pasien Covid-19.

Selain itu, bupati juga mengungkapkan rasa maafnya kepada para mantan pasien Covid-19 Merangin, jika selama dalam perawatan terjadi berbagai kekurangan atau pelayanan perawat yang belum memuaskan.

Bila sampai berakhirnya wabah Corona dan Kabupaten Merangin benar-benar bersih dari virus Covid-19, tidak ada warga Merangin yang meninggal dunia karena Covid-19, bupati segara akan membayar nazar memotong satu ekor kerbau.

Bupati juga mengingatkan agar pasien Covid-19 yang sudah sembuh, agar tetap mengindahkan protokol kesehatan Covid-19, dengan selalu mengenakan masker, menjaga jarak dan selalu mencucitangan dengan sabun di air yang mengalir.

‘’Pertahankan apa yang menjadi acuan Pemerintah dalam penanganan Covid-19. Mudahan tidak ada lagi pasien Corona dan Merangin akan bersih serta bebas dari wabah Covid-19,”harap Bupati.

Pejuang Covid-19 Merangin Diberi Penghargaan

MERANGIN - Bupati Merangin H Al Haris didampingi Wabup H Mashuri, memberi penghargaan dan bingkisan kepada para pejuang Covid-19 dan masyarakat yang berdisiplin dalam menegakan protokol kesehatan Covid-19.

Piagam Penghargaan untuk pejuang Covid-19 yang telah bekerja setulus hati melakukan pencegahan dan penanggulangan Corona di Kabupaten Merangin tersebut, diberikan bupati usai Upacara Kedisipinan di halaman Kantor Bupati, Senin (06/7).

‘’Mereka ini telah banyak membantu dalam pencegahan, penanganan dan penanggulangan Covid-19, sehingga sangat layak diberikan penghargaan. Terimakasih kepada teman-teman yang telah bekerja tulus dan iklas,’’ujar Bupati.

Para pejuang Covid-19 yang menerima Piagam Penghargaan dari Bupati Merangin tersebut, utusan dari pedagang atas nama Dasria R Putra dan Al Madani, Tomi utusan dari Ojek, dr.Derallah Ansusa dan Ns.Joko Prayoso dari Tenaga Medis.

Selain itu, AIPDA Toip, SERTU Marzuwin Alpandi dan Noprianto dari petugas Posko Covid-19. Bupati juga memberikan Piagam Penghargaan kepada pihak ketiga  yang sangat peduli dalam penanganan Covid-19.

‘’Saya juga berterimakasih yang sebesar-besarnya kepada Tim Gugus Tugas Covid-19 Merangin yang telah bekerja ekstra keras. Begitu juga pejuang Covid-19 yang bertugas di RSD Kol Abundjani Bangko dan Puskesmas-puskesmas,’’terang Bupati.

Berkat kerja keras semua pihak itu lanjut bupati, sebanyak 21 orang pasien Covid-19 di Kabupaten Merangin sekarang sudah sembuh semua, sehingga untuk saat ini Merangin nol pasien Covid-19.

Diduga Tersambar Api Lilin, 4 Kios di Tebo Hangus Terbakar

Kebakaran hebat melanda 4 kios yang terbuat dari papan pada Selasa malam sekitar pukul 22.25 WIB.

Latest News

BLT Subsidi Gaji Cair Bos! Cek Rekening, Ini Syarat Penerimanya

JAKARTA - Pemerintah pada 2020 memberikanBLT subsidi gaji yang merupakan bantuan saat pandemi untuk para pekerja dengan pendapatan di bawah Rp5 Juta yang disalurkan dalam dua...

Pengadilan Jerman menghukum imam radikal keanggotaan di ISIS

Seorang mantan imam di sebuah masjid radikal di Jerman pada hari Rabu menjadi anggota kelompok Negara Islam dan dijatuhi hukuman 10 1/2 tahun penjara.OlehThe...

Penting!Ini Tips Aman Bertransaksi Perbankan Saat Pandemi, Cegah Skimming

JAKARTA - Kondisi pandemi menuntut nasabah untuk membiasakan diri bertransaksi secara non-tunai (online). Namun ada kalanya, nasabah perlu melakukan tarik tunai di ATM terdekat. Oleh...

2 Pemain Asing Persib Bandung Absen di Latihan Pertama, Kenapa? : Okezone Bola

BANDUNG - Pelatih Persib Bandung, Robert Rene Alberts memastikan timnya tidak akan diperkuat dua pemain asingnya, Wander Luiz dan Nick Kuipers. Saat itulah...

Janji Akan Cium Kaki Messi jika La Pulga Gabung Klub MLS

DALLAS – Masa kontrak Lionel Messi di Barcelona sejatinya akan berakhir pada 30 Juni 2021. Tak mengherankan jika saat ini Messi dikaitkan dengan sejumlah klub, seperti Paris Saint-Germain (PSG)...

Music

Status Siaga Karhutla Tetap Diperpanjang, Masih Ada Potensi Titik Panas

JAMBI - Perpanjangan masa status siaga Karhutla di Provinsi Jambi untuk yang ketiga kalinya itu, dilakukan mengingat masih banyaknya potensi titik panas ataupun hotspot yang bisa saja klimatologi dan geofisika Sultan Thaha Jambi. Khususnya,  yang bisa terjadi di kawasan gambut yang tersebar di beberapa wilayah di provinsi Jambi.

TENANG

Oleh: Bahren Nurdin
(Akademisi UIN STS Jambi dan Direktur Pusat Kajian Demokrasi dan Kebangsaan)

Semua diharap tenang. Masa kampanye telah berakhir dan tahapan Pilkada serentak tahun ini mamasuki babak baru yaitu masa tenang. Ada tiga hari sebelum menunaikan hajat bersama ke Tempat Pemungutan Suara (TPS) di sebut masa tenang. Hiruk-pikuk ‘jualan’ para pasangan calon (paslon) bersama tim sudah harus dihentikan baik secara ‘off line’ maupun ‘on line’.

Semua alat peraga harus sudah dibersihkan. Itu artinya seluruh ‘studio’ di jalan sudah harus tutup dan tidak ada lagi yang memajang foto-foto para perserta kontes. Sudah cukup waktu yang diberikan oleh Komisi Pelilihan Umum (KPU) untuk ‘jual’ tampang dan menawarkan program-program kepada ‘calon pembeli’. Termasuk alat kampanye online. Seluruh akun media sosial yang secara resmi didaftarkan kepada KPU sudah harus sign out. Tidak boleh diakses sama sekali.

Seharusnya hal ini juga dihormati oleh para tim sukses. Status-status di media sosial sudah tidak dibenarkan lagi berkampanye. Tidak boleh lagi menonjol-nonjolkan tim jagoanya. Kembalilah menulis statu-status yang menyejukkan. Unggahlah foto-foto selfie terbaik dengan senyum-senyum lebar yang tidak bersangkut paut dengan pilkada. Riang dan gembira. Pilkada tidak harus tegang, kan?

Jika selama masa kampanye beberapa bulan terakhir paslon dan tim sangat sedikit atau bahkan tidak –punya waktu untuk berkumpul dengan anak, isteri, dan keluarga, saatnya untuk pulang ke rumah. Saatnya berkumpul dan bersama. Ada waktu tiga hari untuk menarik nafas selebum nanti  naik ring yang sebenarnya. Begitu juga tim sukses yang harus ikut menenangkan diri. Usaha sudah dilaksanakan maksimal. Tinggal menunggu hasil. Yakinlah hasil tidak akan mengingkari usaha. Apa yang diusahakan itulah yang akan dihasilkan. Ups, jangan lupa ada juga kehendak Tuhan di sana. Maka, usaha harus pula dibingkai harap dan munajat kepada yang Maha pengambil keputusan.

Masa tenang merupakan hari-hari yang diberikan oleh KPU kepada para calon pemilih untuk menenangkan diri sehingga siap untuk mengambil keputusan. Calon pemilih selama ini sudah sangat banyak disuguhkan janji-janji dan program kerja para paslon. Saatnya menimbang-nimbang paslon mana yang akan dipercaya untuk mengemban amanah dan harapan. Menakar-nakar siapa yang mampu menepati janji. Mempelajari semua program dan strategi siapa yang jitu untuk membawa perubahan yang dijanjikan. Masa tenang inilah kesempatan.

Maka dari itu, hentikan segala bentuk provokasai apa lagi intimidasi kepada siapa pun di masa tenang ini. harus diingat pula, masa tenang tidak boleh digunakan untuk menghitung ‘amplop’ yang harus disebarluaskan.  Jika semua itu dilakukan, tentu saja sanksi hukum telah menanti. Tegas, siapa pun yang melanggar segala bentuk aturan yang telah ditetapkan dan diikat oleh undang-undang yang berlaku, harus mendapat hukuman. Termasuk, jika ada yang masih coba-coba berkampanye di masa tenang.

Akhirnya, masa tenang selama tiga hari ke depan tidak boleh ada yang membuat ‘kegaduhan’. Semua harus tenang. Jika selama kampanye ada yang ‘gila’ sekarang saatnya ‘waras’. Jika ada yang tidak bisa menahan lidah dan jarinya, saatnya menahan diri. Maka, jika KPU sudah menyatakan minggu tenang, TENANGLAH! Janganlah ada yang berkampanye lagi!.

Diikuti ratusan peserta, Forkompimda Tebo Sukses Gelar Upacara HUT RI ke 75

TEBO (SR28)- Bupati Sukandar Pimpin Upacara Peringatan HUT KemerBupati Tebo, Dr. H. Sukandar, S. Kom., M. Si., memimpin Upacara Peringatan HUT Kemerdekaan RI Ke-75 yang diselenggarakan di Lapangan Upacara Kantor Bupati Tebo, Senin (17/08/2020).

Upacara berlangsung dengan hikmat meskipun berbeda dengan pelaksanaan upacara dari tahun tahun sebelumnya. Penyelenggaraan upacara menyesuaikan dengan kondisi pandemi dengan tetap menerapkan protokol kesehatan.

Bertugas sebagai Komandan Upacara Kapten Inf. Wahid Nurohim dan Petugas Pembaca Teks Pembukaan UUD 1945 Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Tebo, Sindi, SH., MH., serta pembacaan doa dipimpin Kakan Kemenag, Herman, S. Ag. MH.

Usai upacara dilakukan penyerahan  Piagam Penghargaan dari Panglima Komando Daerah Militer ll/ Sriwijaya yang diwakili oleh Dandim 0416/ BUTE Letkol Inf. Widi Rahman kepada Bupati Sukandar. Penghargaan tersebut merupakan apresiasi atas kerja sama dan dukungan dalam pelaksanaan tugas. Kemudian dilanjutkan penyerahan Sertifikat Tanah Pemda Kabupaten Tebo dan Sertifikat Redistribusi Tanah Objek dan Landreform yang secara simbolis diserahkan oleh Bupati Sukandar kepada Wakapolres Tebo, Ketua DPRD Tebo kepada Sekda Tebo, Kajari Tebo Kepada Kakan Kemenag Tebo, Dandim 0416/ BUTE kepada Perwakilan Desa Sumber Sari dan Kepala BPN Tebo kepada Perwakilan Desa Sapta Mulya.  Adapun peserta upacara pada kesempatan tersebut terdiri dari KODIM 0416/ BUTE, KOMPI Senapan B 142 (TNI-AD), Polres Tebo, Pejabat Eselon ll, lllA, dan lllB, Dinas Damkar dan Penyelamatan, Satpol PP, dan Dinas LH dan Perhubungan Kabupaten Tebo.Bupati Sukandar dan Wakil Bupati, Syahlan SH., diikuti Unsur Forkopimda, Sekda, Asisten Sekda dan Staf Ahli Bupati, Kepala OPD serta Pejabat Eselon lll Lingkup Pemkab Tebo seusai upacara mengikuti Upacara Peringatan Detik Detik Proklamasi Kemerdekaan RI Ke-75 secara virtual dari Istana Negara.

sumber: Pemkab Tebo

Jurnalis: Rd.Ari

Pemkot Jambi Akan Tertibkan Aset, PKL Bakal Ditertibkan

KOTA JAMBI (SR28) - Agar tak lagi terkesan kumuh hingga menjadi biang kemacetan lantaran tidak tertata dengan...

Fachrori Lepas Ekspor Perdana Kopi Kerinci melalui Pelabuhan Talang Duku

KERINCI (SR28) - Gubernur Jambi Dr.Drs.H.Fachrori Umar,M.Hum, menaruh harapan besar akan pembangunan perkebunan serta peningkatan ekonomi masyarakat saat melakukan Pelepasan Ekspor Perdana Kopi Kerinci melalui Pelabuhan Talang Duku, Selasa (28/7/2020).

Fachrori mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah menyukseskan kegiatan ekspor perdana Kopi Kerinci melalui Pelabuhan Talang Duku yang tentunya dapat memberi dampak positif bagi pembangunan serta perekonomian Jambi.

Gubernur Jambi, H. Fachrori Umar saat penyerahan dokumen

"Dampak positif pada nilai jual dan nilai tambah Kopi Kerinci juga dapat meningkatkan kesejahteraan secara langsung maupun tidak langsung bagi petani dan keluarga," ungkap Fachrori.

Hadirnya Kopi Kerinci di Belgia memberi ruang dan kesempatan bagi petani dalam hal pemasaran yang terkadang menjadi kendala saat masa panen tiba.

"Mengurangi tingkat kejenuhan pasar kopi dalam negeri dan harapan lain kita dapat menjaga ekosistem lingkungan dengan mengikuti arahan pihak terkait yang melakukan pendampingan bagi petani," sambung Fachrori.

Selanjutnya, Gubernur Jambi menegaskan kepada semua pihak untuk berupaya menjamin iklim pertanian yang kondusif dan stabilisasi harga ditingkat petani dengan terus berinovasi agar tata niaga tetap stabil, serta harus berinovasi termasuk mencari pembeli baru dari luar negeri.

"Saat kopi melimpah, tidak terjadi penurunan harga dan ini momentum kebangkitan Kopi Kerinci dan kopi daerah Jambi lainnya," ujar Fachrori.

Fachori Umar menyatakan bahwa Provinsi Jambi memiliki potensi besar untuk mengembangkan komoditas perkebunan rakyat, seperti kopi, kayu manis, karet, pinang, dan kelapa. “Pendampingan organisasi petani oleh Rikolto salah satunya membantu menjembatani petani kopi di Jambi untuk memasuki pasar Eropa. Kami ingin mengajak organisasi petani untuk terus meningkatkan kualitas kopi, juga praktik budidaya yang lebih baik dan ramah lingkungan, sehingga pendapatan petani juga meningkat secara berkelanjutan.”

Bupati Kerinci, H.Adi Rozal mengaku sangat senang dengan kegiatan yang langsung dirasakan masyarakat Kerinci, khususnya petani kopi dengan terealisasinya ekspor tersebut. "Kata tidak cukup untuk ungkapkan terima kasih atas kegiatan ini yang telah memberi perhatian serta pemasaran yang mempermudah penjualan dan peningkatan harga di masyarakat," ungkap Bupati Kerinci.

Bupati Kerinci, H.Adi Rozal saat menyampaikan sambutan

Adi Rozal mengatakan, pelepasan ekspor perdana Kopi Kerinci melalui pelabuhan Talang Duku memberi semangat bagi petani kopi yang menunggu masa tanam 2,5 - 3 tahun menjelang masa panen. "Dulu, harga empat ribu sekarang bisa 20 ribu sekilo, dan Kopi Kerinci tingkat keasaman yang sangat baik setelah dites labor. Untuk itu, jaga kualitas dan ikuti standar eksportir," terang Adi Rozal.

Kepala Badan Karantina Pertanian Provinsi Jambi Kelas I, Guntur,SP,MM menyampaikan bahwa komoditas ekspor yang dilepas perdana ke Benua Eropa ini bernilai Rp1,4 miliar yang selama ini ekspor Kopi Kerinci dan juga komoditas lainnya dilakukan melalui pelabuhan yang ada di luar Provinsi Jambi.

"Akhirnya bisa lakukan ekspor langsung melalui Jambi, biasanya melalui Belawan Medan, Teluk Bayur Padang, bahkan Teluk Panjang Lampung dan harapan kita tambah volume, frekuensi guna meningkatkan perekonomian. Kita masih ada kayu manis, cangkang sawit/PKE, sarang burung walet, kelapa. Ada 24 jenis dengan tujuan 32 negara," ujar Guntur.

Guntur menambahkan, Jambi yang memiliki komoditas unggulan yang telah laris di pasar global, namun selama ini masih dilalulintaskan melalui pelabuhan di luar Jambi. Produk pertanian tersebut antara lain kulit kayu manis (Cassiavera) yang juga berasal dari Kabupaten Kerinci dan Merangin, cangkang sawit, sarang burung walet, dan kelapa bulat asal Tanjung Jabung Timur.

Kopi Kerinci berdasarkan data dari sistem perkarantinaan, IQFAST di Karantina Pertanian sepanjang Januari hingga Juli 2020 telah difasilitasi ekspornya sebanyak dua kali pengiriman dengan total 16,25 kilogram tujuan Hongkong.

Koperasi Koerintji Barokah Bersama yang berlokasi di Kabupaten Kerinci, Provinsi Jambi, mengekspor 15,9 ton kopi Arabika Spesialti ke Belgia, dengan pendampingan LSM Rikolto. Koperasi Koerintji Barokah akan mengirimkan sebanyak 290 karung kopi (15,9 ton) Arabika Spesialti dalam 5 varian proses ke ‘Sucafina Specialty’, perusahaan kopi berbasis di Antwerp, Belgia, yang menghubungkan kopi berkualitas dari organisasi petani dengan roaster di kawasan Asia Pasifik, Amerika, Eropa, Timur Tengah, dan Afrika. Meskipun ekspor kali ini merupakan ekspor perdana yang dilakukan secara mandiri oleh Koperasi Koerintji Barokah, namun Koperasi ini telah berhasil menjual kopinya ke pasar internasional sejak 2017 yaitu sebanyak tiga kali ke Belgia, serta ke Amerika Serikat dan Hong Kong. (Muhammad Sidik)

Culture

- Advertisement -

Sampaikan Aspirasi Buruh di Tanjabbar, Bupati Surati Presiden RI

KUALA TUNGKAL (SR28) - Serap aspirasi buruh terkait penolakan Undang-Undang (UU) Cipta Kerja, Bupati Tanjung Jabung Barat Dr. Ir. H. Safrial, MS surati Presiden RI melalui Gubernur Jambi. "Dalam surat Surat Penyampaian Aspirasi dengan Nomor: 565/2739/Naker yang ditandatangani Bupati pada Senin, 12 Oktober 2020 disampaikan aspirasi pernyataan sikap DPC F. Hukatan Konfederasi Serikat Buruh Seluruh Indonesia (KSBSI) Kab. Tanjab Barat yang menolak diberlakukannya UU Cipta Kerja.

Pemkab melalui Dinas Tenaga Kerja, Polres dan Kodim serta OPD terkait telah memfasilitasi KSBSI untuk menyampaikan aspirasi dan tuntutannya. Semua poin tuntutan buruh diakomodir Pemkab dalam surat yang disampaikan kepada Presiden.

Bupati Tanjung Jabung Barat melalui Sekretaris Daerah Ir. H. Agus Sanusi, M.Si juga mengapresiasi KSBI Tanjab Barat yang tidak melakukan demontrasi dalam menolak pengesahan Undang-Undang (UU) Cipta Kerja.

"Apresiasi dan terimakasih kami sampaikan kepada KSBSI Tanjab Barat yang menyikapi UU Cipta Kerja  tanpa ada unjuk rasa dan demonstrasi," ujar Sekda.

Lanjut sekda,"Utamanya dalam masa pandemi saat ini. Karena jika kasus meledak tidak tahu isolasi dimana," papar Sekda dalam pertemuan dengan KSBSI Tanjab Barat di Balai Pertemuan Kantor Bupati, senin (12/10).

Sekda berharap dengan disampaikannya aspirasi buruh kepada Presiden Jokowi, kondisi bisa kembali kondusif sehingga tidak ada peningkatan kasus covid-19 terutama di Kab. Tanjab Barat.

Sebelumnya Kadis Naker Tanjab Barat Dianda Putra, S.STP, M.Si menyampaikan seluruh aspirasi buruh yang tergabung dalam DPC F. Hukatan KSBSI Tanjab Barat telah di terima Bupati. Pemkab juga sudah memfasilitasi buruh untuk menyampaikan sikapnya melalui pertemuan yang dilaksanakan mulai dari Jumat (9/10) lalu.

"Termasuk tuntuan agar UU Cipta Kerja diberlakukan bagi buruh dan investor baru," paparnya.

Sementara Hendry, perwakilan KSBSI Tanjab Barat dari PT Produk Sawitindo Jambi menyampaikan terimakasih kepada Pemkab yang telah memfasilitasi KSBSI untuk menyampaikan sikap dan tuntutannya.

"Terimakasih kepada Pemkab Tanjab Barat yang telah memfasilitasi pertemuan mulai dari hari jumat. Seharusnya kami datang ke sini delapan (8) pengurus dari perusahaan. Mengingat pandemi jadinya dua pengurus. Kami upayakan memberi pengertian anggota untuk tidak membuat aksi hari ini," tandasnya.

Turut serta dalam pertemuan dengan KSBSI, Wakapolres Tanjab Barat, Kasdim 0419/Tanjab, Kabid Tibung Satpol-PP, Sekretaris Dinkes, Kesbangpol, Bagian Hukum Setda dan tamu undangan lainnya. (Sabri)

Hasil Liga Champions tadi malam: Bayern Mencukur Lazio, Chelsea Menggulingkan Atletico: Okezone bola

SEBANYAK Dua pertandingan seru mewarnai babak pertama babak itu 16 besar Liga Champions 2020-2021 yang dilaksanakan pada Rabu (24/2/2021) pagi WIB....

Bupati Tanjabbar Safrial Hadiri Peresmian Mushola Fakultas Perternakan UNJA

JAMBI (SR28) - Bupati Tanjung Jabung Barat DR. Ir. H.Safrial yang juga merupakan civitas akedemika dan Alumni Fakultas Pertenakan Universitas Jambi (UNJA) menghadiri acara Peresmian Musholla Fakultas Perternakan Universitas Jambi, Selasa (11/08). Peresmian musholla ditandai dengan pengguntingan pita oleh Safrial.

Dalam Peresmian mushola ini juga turut dihadiri langsung oleh Rektor Universitas Jambi Prof. Drs. Sutrisno, M. Si, para Dekan Kampus, Dosen, Anggota Komis III DPRD Provinsi Ahmad Fauzi, serta Mahasiswa Fakultas perternakan Universitas Jambi.

Bupati Safrial dalam sambutannya menyampaikan mushola sangat penting terutama sebagai sarana ibadah kepada Allah SWT. Menurutnya, selain bekal ilmu pengetahuan dan teknologi, generasi muda juga perlu dibekali dengan iman dan taqwa.

"Kami di Tanjab Barat, juga berupaya menciptakan generasi muda yang tidak hanya berilmu pengetahuan dan Teknologi (Iptek), namun juga dibekali Iman Taqwa (Imtaq)," ujar Safrial saat berikan sambutan.

Safrial juga mengajak kepada Alumni Fakultas Peternakan Universitas Jambi untuk mengajarkan generasi muda tidak takut berkecimpung dalam dunia peternakan. Lebih lanjut, Safrial juga sampaikan terkait adanya program hibah ternak yang menurutnya perlu adanya kerjasama dengan Fakultas Peternakan dalam pelaksanaannya.

"Kami sekarang ada Program Hibah Ternak, keinginan saya fakultas perternakan terlibat dalam hal itu, karena dampaknya cukup bagus.”Ini akan kami hibah ke Bumdes dan Petani sebagai upaya Pemkab dalam  mendorong ketahanan pangan Tanjab Barat," tandas Safrial.

Sementara itu diwaktu yang berbeda dan ditempat yang sama Rektor Unja Prof. Drs. Sutrisno, M. Si dalam sambutan nya mengucapkan terima kasih  dan apresiasi  Kepada para Alumni Fakultas Peternakan atas atas partisipasi dan kontribusi dalam Pembangunan Mushola.

Sejalan dengan Bupati, menurutnya sarana ibadah seperti musholla, merupakan hal penting dalam rangka pembentukan moral generasi muda,” pungkasnya.

Dalam kesempatan ini, Bupati Tanjab Barat juga serahkan bantuan guna penyelesaian pembangunan musholla Fakultas Peternakan Universitas Jambi. (Sabri)

- Advertisement -

Must Read

Merusak Fasilitas Jalan Penghubung di Tanjabbar, Aktivis Sebut Rekanan Bekerja Tidak Profesional

KUALA TUNGKAL (SR28) – Proyek peningkatan skala kawas  yang bersumber dari dana APBD Tanjab Barat Tahun Anggaran 2020 sebesar Rp.3.880.094.075,53 di Kecamatan Sebrang Kota, Kabpaten Tanjab Barat menjadi sorotan aktivis di Tanjab Barat.

Pasalnya, proyek yang dikerjakan CV Cahaya Bintang Arasy dengan konsultan pengawas CV Graha Cipta Consultan tersebut bekerja dengan tidak profesional sehingga dikeluhka  para pengguna jalan lantaran jalan penghubung yang biasa digunakan masyarakat diputus oleh pihak rekanan sehigga pengguna jalan saat melintas di jalan itu harus ekstra hati-hati, terlebih saat hujan dan terendam air pasang.

Lurah Sebrang Kota, Efendi ketika dikonfirmasi melalui ponselnya belum lama ini mengaku pihaknya sudah mengetahui bahwa jalan penghubung antara Parit itu diputus oleh rekanan, namun pihak rekanan berjanji akan segera mmeerbaikinya.

"Rekanan berjanji akan memperbaiki seperti semula," ujar lurah

Ketika disinggung apakah sudah dipikirkan dampak dari pemutusan jalan penghubung tersebut lurah berkilah agar bertanya langsung dengan pihak rekanan

"Tanya langsung ke pihak rekanan," singkatnya.

Menyikapi pemutusan jalan tersebut Aktivis Tanjab Barat Anand Viqriza,SH.MH berkomentar keras. Anand menyebut pihak rekanan bekerja tidak profesional.

"Kalau seperti itu pekerjaan yang dilaksanakan oleh rekan CV.Cahaya Bintang Arasy  merusak fasilitas jalan lintas dan penghubung antara Parit, kita menilai rekanan tidak profesional dalam melaksanakan pekerjaan, padahal  dengan tidak merusak fasilitas jalan umum yang merupakan jalan penghubung atara parit ke parit  mereka tetap bisa bekerja seperti mengunakan gerobak melawati pelabuhan yang seharusnya mereka buat sendiri itu lebih baik,” ujar Anand kepada SR28, Minggu (09/08) kemarin.

Menurut Anand, diputusnya jalan lintas tersebut itu sangat membahayakan penguna jalan karena terputusnya jalan penghubung tidak memberikan kenyaman penguna jalan maupun warga sekitar yang setiap hari menggunakan jalan tersebut.

"Terlebih jalan itu hanya dipasang kayu saja dan itu tidak menjamin keselamatan penguna jalan, terlebih lagi selepas hujan jalan itu sudah pasti licin karena becek, demikinan juga saat pasang tinggi jalan itu tidak kelihatan lagi nanti dan atas hal tersebut pihak rekanan, pengawas dan juga Dinas Perkim Tanjab Barat harus bertanggung jawab atas kerusakan jalan yang bisa mengakibatkan korban laka tunggal dan juga terendamnya kebun warga yang kapan saja bisa terjadi,” tegas Anand.

Hingga berita ini dimuat, pihak Dinas Perkim Tanjabbar maupun rekanan belum bisa dikonfirmasi lebih lanjut untuk pertanggungjawaban atas pemutusan jalan lintas dan juga pengubung yang diputus oleh rekanan maupun bertanggugjawab jika terjadi laka tunggal jalan itu. (Sabri)

Jenderal Muchlis Siap Pimpin Perbakin Jambi

JAMBI (SR28) - Jenderal Muchlis yang juga diketahui hobi menembak, kini mendapat dukungan dari berbagai pihak untuk meneruskan kepemimpinan Perbakin Jambi. Berbagai program sudah disiapkannnya jika ia dipercaya oleh para penembak Jambi untuk memimpin Perbakin Jambi.

Fachrori Salurkan JPS Covid-19 Tahap II Untuk Masyarakat Batang Hari

BATANGHARI (SR28) - Gubernur Jambi Dr.Drs.H.Fachrori Umar, M.Hum, selaku Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Provinsi Jambi menyalurkan bantuan tahap kedua Jaring Pengaman Sosial (JPS) Covid-19 untuk 275 Kelompok Penerima Manfaat/KK, berbentuk sembako dan uang tunai bagi masyarakat yang sangat terdampak wabah Covid-19, di Kantor Camat Maro Sebo Ilir Kabupaten Batang Hari, Senin (20/7/20).

Fachrori mengharapkan, bantuan bagi masyarakat yang sangat terdampak Covid-19 sudah memasuki tahap kedua khususnya daerah Batang Hari, dapat meringankan beban kebutuhan pokok masyarakat. "Sejak merebak wabah Covid-19 dan akhirnya kita mulai adaptasi kebiasaan baru dengan jaga jarak, hindari kerumunan, cuci tangan, gunakan masker, yang bertujuan antisipasi penyebaran Covid-19," ungkap Fachrori.

Penyaluran Jaring Pengaman Sosial Covid-19 oleh Pemerintah Provinsi Jambi dengan mempertimbangkan risiko terjadinya tumpang tindih dan ketidaktepatan sasaran menjadi bentuk serta menjadi kontribusi Pemerintah Provinsi membantu Kabupaten/Kota. "Saat ini, mari bahu-membahu membantu masyarakat yang kurang mampu," harap Fachrori.

Alokasi anggaran dalam penyediaan bantuan kesehatan dan Jaring Pengaman Sosial bagi masyarakat yang terdampak atau memiliki risiko sosial akibat Covid-19 sebanyak 30.000 KK telah diberikan untuk masyarakat, dengan bantuan pengawasan dan pengawalan dari pihak TNI dan Polri serta aparat hukum guna menghindari kesalahan administrasi dan keterlambatan distribusi.

Bupati Batang Hari H.Syahirsah menyampaikan, beberapa sumber bantuan sosial tunai telah disalurkan terhitung bulan April dengan Dana Desa sebesar Rp600 ribu sementara dari Pemerintah Kabupaten ada Bantuan Batang Hari Tunai. "Bantuan Batang Hari Tunai kita harapkan menjadi bantuan yang paling terakhir menutupi semua bantuan yang telah diberikan," ujar Syahirsah.

Syahirsah menyampaikan terima kasih atas kedatangan Gubernur Jambi yang menyalurkan bantuan kepada masyarakat khususnya di Kecamatan Maro Sebo Ilir.

Sementara itu Kadis Sosial, Kependudukan dan Pencatatan Sipil Provinsi Jambi Arif Munandar melaporkan, JPS Covid-19 berbentuk paket sembako disalurkan Bulog serta uang tunai melalui PT Pos, saat ini telah memasuki tahap kedua dalam menghadapi bencana Covid-19 dengan beberapa jenis bantuan PKH, Bantuan Sosial Tunai dari Kabupaten/Kota serta Dana Desa termasuk Pemerintah Provinsi Jamb, hingga saat ini ada bantuan dari perikanan. "Melaksanakan JPS sudah mulai dari bulan Mei-Juni-Juli dan ini sudah tahap kedua melaksanakan distribusi, kita targetkan tiga hari mulai tanggal 24-27 Juli," kata Arif Munandar.

Arif Munandar menyampaikan, dari 30 ribu KPM yang diperkirakan sejak awal wabah terjadi dapat diberikan bantuan sesuai SK Bupati/ Wali Kota sebanyak 27.731 KPM dengan realisasi 98,35 persen atau ada 457 KPM yang tidak mendapat bantuan. "Ada data tumpang tindih hingga dikembalikan ke pemerintah, sedangkan untuk Kabupaten Batang Hari tahap pertama sebanyak 1.124 KPM untuk tahap kedua ketiga 3.371 KPM," jelas Arif Munandar.

Penyaluran Jaring Pengaman Sosial Covid-19 juga didampingi Forkopimda Kabupaten Batang Hari serta para pejabat lingkup Pemerintah Provinsi Jambi. (Sidik)

Pemprov Jambi Terima Piagam WTP dari Kementerian Keuangan RI

JAMBI (SR28) - Penjabat Sementara (Pjs) Gubernur Jambi Ir.Restuardy (Ardy) Daud,M.Sc menerima piagam WTP (Wajar Tanpa Pengecualian) dari Kementerian Keuangan Republik Indonesia, yang diserahkan oleh Kepala Kantor Wilayah Ditjen Perbendaharaan Provinsi Jambi, Supendi, bertempat di Rumah Dinas Gubernur Jambi, Selasa (20/10/2020) sore.

Ada dua penghargaan yang diterima Pjs.Gubernur Jambi, yakni penghargaan WTP atas laporan keuangan Pemerintah Provinsi Jambi tahun 2019 dan penghargaan WTP 5 (lima) tahun berturut-turut, tahun 2015 – 2019.

Penghargaan tersebut telah diumumkan dalam Rapat Kerja Nasional Akuntansi dan Pelaporan Keuangan Pemerintah Tahun 2020, yang dilaksanakan secara virtual oleh Kementerian Keuangan RI pada Selasa (22/9/2020).

Dalam Rakernas tersebut dilaksanakan pemberian penghargaan kepada entitas pelaporan peraih Opini Wajar Tanpa Pengecualian 10 kali berturut-turut atas pelaporan keuangan tahun 2010 – 2019, peraih opini WTP 5 kali berturut-turut atas pelaporan keuangan tahun 2015 – 2019, dan peraih opini WTP tahun 2019. Provinsi Jambi menerima penghargaan peraih opini WTP 5 (lima) kali berturut-turut atas pelaporan keuangan tahun 2015 – 2019.

Penghargaan Opini WTP 5 kali berturut-turut yang baru diterima dari Menteri Keuangan itu atas Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) tahun 2015 - 2019, namun kalau secara keseluruhan, Pemerintah Provinsi Jambi telah 8 (delapan kali) menerima Opini WTP, dan itu berturut-turut. Opini WTP ke-8 kalinya diterima oleh Pemprov Jambi pada 30 Juni 2020.

Wabup: Adhyaksa Terus Bergerak dan Berkarya

MERANGIN - Kejaksaan Kabupaten Merangin terus menggeliat, bergerak dan berkarya serta berinovasi dalam peran sertanya membangun Bumi Tali Undang Tambang Teliti.

Hal tersebut ditegaskan Wabup Merangin H Mashuri usai menghadiri paringatan Hari Adhyaksa ke-19, yang berlangsung khidmat di Gedung Kejari Merangin, Rabu (22/7).

‘’Semoga Kejaksaan Negeri Merangin sukses selalu. Teruslah berinovasi, berkarya dan dinamis dalam mengemban tugas mulianya. Selamat Hari Bhakti Adhyaksa ke-60,’’ujar Wabup.

Sementara itu Kejari Merangin Ny Martha Parulina Berliana, SH MH mengharapkan, semua masyarakat Merangin terus mendukung Kejari, untuk mewujudkan  Merangin bebas korupsi.

Dikatakan Kajari, Hari Bhakti Adhyaksa ke-60 di Kabupaten Merangin diwarnai dengan bebagai lomba, diantaranya lomba memancing, sepeda santai dan yang paling berkesan adalah lomba Cerdas Tangkas Sadar Hukum.

‘’Cerdas Tangkas itu diikuti Tukang Ojek, pedang sayur, pedagang kaki lima, pedagang kerupuk, penjahit dan pemancing. Kita ingin tahu bagaimana pengetahuan mereka terhadap Kejaksaan dan soal hukum,’’ujar Kajari.

Lifestyle Magazine

Perselingkuhan Via Medos Warnai Perceraian PNS di Kota Jambi

KOTA JAMBI (SR28) - Bukan hanya warga masyarakat biasa, tahun 2020 juga diwarnai banyak perceraian PNS. Sejauh ini Pengadilan Agama Jambi mencatat setidaknya ada 56 kasus perceraian PNS hingga bulan Agustus 2020 dengan latar belakang utama terjadinya perselingkuhan.

Perceraian karena perselingkuhan meningkat

Sergio Ramos benar-benar akan meninggalkan Real Madrid

Madrid - Tampaknya tidak ada jalan keluar dari...

Bupati Tanjabbar Safrial Pimpin Langsung Penanggulangan dan Pencegahan Covid-19

KUALA TUNGKAL (SR28) - Menyikapi adanya penambahan pasien Covid-19 di lingkup Tanjung Jabung Barat yang terbilang cukup tinggi belakangan ini, Bupati Tanjung Jabung Barat, Dr. Ir. H. Safrial MS pimpin langsung rapat satuan gugus tugas penanggulangan dan pencegahan covid 19 yang diselenggarakan di Balai Pertemuan Kantor Bupati, Rabu (30/09).

Dalam rapat tersebut, Bupati menegaskan tim gugus tugas segera mengambil langkah antisipasi agar penyebaran covid 19 tidak semakin meluas. Menurutnya, pendirian pos pengawasan dan penegakan protokol kesehatan di terminal  pembengis, Pelabuhan Roro dan Lansdap dapat menjadi salah satu alternatif pencegahan penyebaran covid 19 di Tanjab Barat.

"Selain itu, perlu juga dilakukan penyiapan sarana prasarana ruang isolasi di gedung BLK, lembaga adat dan rumah sakit Surya Khairudin sebagai langkah antisipasi," tegas Bupati.

Lanjut Bupati,"Selain itu juga tingkatkan patroli dan himbauan kepada masyarakat, menutup tempat keramaian seperti WFC dan Alun-Alun yang berpotensi terjadinya penularan covid," tegas bupati.

Sementara SK Bupati terkait pembentukan Satuan Tugas Covid akan selesai dalam waktu dekat, termasuk Peraturan Bupati terkait pelaksanaan Peraturan Daerah Nomor 4 Tahun 2020 tentang penerapan dan penegakan protokol kesehatan di masyarakat

"Kedepannya, kita lakukan patroli dan berlakukan jam malam," tambahnya.

Bupati juga beharap jasa petugas medis sebagai garda terdepan dalam penanggulangan covid 19, dapat dibayarkan sesuai dengan ketentuan dan peraturan yang ada.

Bupati kembali menegaskan agar Gugus Tugas juga menyiapkan peti mati sebagai langkah antisipasi jika ada pasien covid 19 yang meninggal.

"Hal ini mengingat peti mati yang disediakan telah terpakai habis," pungkasnya.

Rapat Gugus Tugas ini turut dihadiri oleh Forkopimda, Kapolres Tanjab Barat, Dandim 0419 Tanjab, Asisten, Staf Ahli, Kepala OPD, Camat, Kepala RSUD, dan Kepala Puskesmas di lingkup Kabupaten Tanjab barat, serta undangan lainnya.(Sabri)

Sekda Sudirman Berangkatkan 270 Peserta Magang

JAMBI (SR28)- Penjabat Sekretaris Daerah (Pj.Sekda) Provinsi Jambi H.Sudirman,SH,MH  melepas 270 orang peserta pemagangangan dalam negeri ke perusahaan  di Provinsi Jambi tahun 2020, Senin (10/8/2020), bertempat di Hotel O2 Weston, Kota Jambi. Sudirman mengemukakan, upaya ini merupakan langkah terpadu dalam rangka memulihkan sektor ketenagakerjaan ditengah pandemi Covid-19.

Hadir pada kesempatan ini Kepala Dinas Ketenagakerjaan Provinsi Jambi Bahari, perwakilan pimpinan perusahaan, dan perwakilan BPJS Ketenagakerjaan Jambi.

Sudirman menjelaskan, berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Jambi sampai dengan tahun 2019 jumlah penduduk Provinsi Jambi 3.624.579 jiwa, dari jumlah tersebut dilaporkan kondisi ketenagakerjaan Provinsi Jambi pada Februari 2020, penduduk bekerja berjumlah 1,74 juta orang,  jumlah pengangguran 80.337 orang dengan tingkat pengangguran terbuka sebesar 4,41%, menurun dibandingkan dengan periode Februari 2019 sebesar 8,51%.

“Disisi lain, pada awal Maret 2020 negara kita tidak terkecuali Provinsi Jambi sedang dilanda pandemi Covid-19 yang melumpuhkan berbagai aktivitas perekonomian Indonesia, begitu pula dengan Jambi. Salah satu sektor yang paling terkena dampak Covid-19 adalah sektor ketenagakerjaan. Banyak tenaga kerja yang di PHK dan dirumahkan oleh perusahaan. Berdasarkan data dari dinas Tenaga Kerja Provinsi Jambi, jumlah tenaga kerja yang terkena dampak Covid-19 : total tenaga kerja yang dirumahkan dan di PHK 4.710 orang dengan rincian 4.582 orang tenaga kerja yang dirumahkan dan 128 orang tenaga kerja yang di-PHK,” kata Sudirman.

Bertolak dari kondisi tersebut, lanjut Sudirman, diperlukan langkah-langkah terpadu dalam rangka memulihkan sektor ketenagakerjaan.

“Untuk itu, Pemerintah Provinsi Jambi melalui Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi telah mengarahkan agar seluruh program dan kegiatan yang akan dilaksanakan harus mengacu pada strategi penurunan kemiskinan (pro poor),  program perluasan kesempatan kerja (pro job), pertumbuhan ekonomi (pro growth) dan berwawasan lingkungan (pro environment). Secara konkret di bidang ketenagakerjaan, Pemerintah Provinsi Jambi juga telah melaksanakan program pelatihan tenaga kerja Provinsi Jambi dan pemagangan dalam negeri maupun luar negeri, sebagai bagian dari pemulihan sektor ketenagakerjaan di Provinsi Jambi,” terang Sudirman.

Sudirman yakin bahwa program pemagangan ini merupakan salah satu upaya nyata yang dapat menjadi stimulus sektor ketenagakerjaan pasca pandemi Covid-19. Dan, kegiatan ini akan dapat berjalan dengan baik dan berhasil jika adanya kerjasama yang baik antara peserta magang, perusahaan, serta adanya kesungguhan peserta dalam mengikuti kegiatan pemagangan tersebut. “Saya menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada perusahaan-perusahaan yang terlibat dalam program pemagangan, ini merupakan bentuk komitmen dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia Provinsi Jambi serta menstimulus sektor ketenagakerjaan di tengah pandemi Covid-19 yang sedang kita hadapi saat ini. Kita sama-sama berharap melalui kegiatan pemagangan ini, secara bertahap tingkat pengangguran dan kemiskinan di bumi Sepucuk Jambi sembilan Lurah ini dapat dikurangi,” ujar Sudirman.

Sebelum mengakhiri sambutannya, Sudirman berpesan kepada para peserta program pemagangan untuk menggunakan kesempatan ini dengan sungguh-sungguh. “Ini adalah kesempatan yang langka dan tentunya mempunyai efek sendiri bagi saudara untuk dapat mengembangkan diri, dan meningkatkan kualitas serta dapat mengoptimalkan segala potensi dan sumber daya yang dimiliki agar mampu bersaing di pangsa kerja secara global.  Semoga upaya nyata kita bersama dalam mendukung dan mengatasi permasalahan sektor ketenagakerjaan dapat didukung oleh semua pihak dan pada akhirnya nanti dapat mewujudkan Jambi TUNTAS  2021 dan Indonesia maju,” pungkas Sudirman.

Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Jambi, Bahari Panjaitan dalam laporannya menyampaikan, kegiatan ini melibatkan perusahaan besar, menengah, dan kecil sebagai lokus penempatan peserta magang dengan berbagai sektor. “Perusahaan yang bekerjasama dengan kita diantaranya sektor industri dengan jumlah peserta 108 orang,  sektor perkebunan dengan jumlah peserta 10 orang,  sektor industri usaha kecil menengah dan besar dengan jumlah peserta pemagangan 10 orang, pariwisata dengan jumlah peserta 10 orang.  Tempat pemagangan tersebut antara lain PT Pelindo Indonesia, Jambi Waras, PT Aneka Bumi Pratama, International Finance, Djambi Waraz, Jaya Indah Motor, BPJS Ketenagakerjaan, Agung Automall, Saimen, KFC, Luminor, Odua Weston, Hypermart. Setiap peserta akan diberikan uang transportasi Rp1.000.000 dan diberikan juga perlindungan BPJS Ketenagakerjaan dan Jaminan Kematian selama 5 bulan,” tutur Bahar

Borussia Dortmund Berhasil Mencuri Pelatih Monchengladbach untuk Musim Depan

DORTMUND - Borussia Dortmund dikabarkan telah mengontrak pelatih Borussia Monchengladbach, Marco Rose, setelah memutuskan untuk membayar klausul rilis ahli taktik berusia 44 tahun itu....

Video News

- Advertisement -

Muaro Jambi Kini Berstatus Zona Oranye Penyebaran Covid-19

MUARO JAMBI (SR28) - Terus mengalami lonjakan pasien dalam dua pekan terakhir. Kini 1 daerah di Provinsi Jambi berstatus zona oranye penyebaran Covid-19. Wilayah tersebut yakni kabupaten Muaro Jambi yang menjadi anggota terbaru setelah 3 daerah lainnya terlebih dahulu menyandang status Zona Oranye penyebaran Covid-19.

Banjir Sudah Datang, Status Siaga Bencana Belum Ditetapkan BPBD Jambi

JAMBI - Meski beberapa daerah di wilayah Jambi sudah dilanda banjir. Namun pemerintah provinsi Jambi memilih untuk belum menaikkan status bencana Hidrometeorologi menjadi siaga.

BPBD Jambi menjelaskan belum ditetapkannnya status siaga bencana lantaran curah hujan di awal bulan Desember ini belum terlalu tinggi.

Pemerintah Wanti-Wanti Terjadinya Klaster Corona Saat Pilkada Nanti

JAMBI - Berdasarkan intruksi pemerintah pusat, pemerintah daerah diberikan peringatan agar pelaksanaan pilkada serentak ditengah pandemi Covid-19 ini selain dapat berlangsung dengan aman tapi juga kondusif.

Yang artinya, terhindar dari resiko penularan virus Covid-19 atau lebih parahnya lagi dapat terhindar dari adanya klaster baru penyebaran virus corona setelah pelaksanaan kegiatan Pilkada tahun 2020.

Provinsi Jambi Terima 64 SK Hutan Sosial dari Presiden

JAMBI (SR28) - Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) menyerahkan Surat Keputusan (SK) Hutan Adat, SK Hutan Sosial, dan SK Tanah Obyek Reforma...

Nginap Aman, Hotel 02 Weston Jambi Terapkan Protokol Kesehatan

KOTA JAMBI - Hotel 02 Weston Jambi siap menerima tamu hotel dengan menerapkan standar protokol kesehatan yang ketat, seperti menyediakan area cuci tangan, pengecekan suhu tubuh dan menempatkan Hand Sanitizer di beberapa tempat strategis di lingkup hotel.

Publik area dan kamar-kamar hotel juga selalu di semprotkan cairan desinfektan standar rumah sakit. Tak hanya itu, karyawan hotel juga dibekali proteksi yang sama, seperti sarung tangan dan face shield.

Warganet Ngiler Lihat Amanda Manopo Pakai Kacamata Harga Jutaan

JAKARTA - Siapa yang tidak kenal Amanda Manopo. Sejak memerankan tokoh Andin di sinetron Ikatan Cinta, namanya makin melambung tinggi. Ia pun makin tampil cantik...
- Advertisement -

Music

Bupati Rapat Kembali Fasilitasi Tuntutan Masyarakat Teluk Nilau

KUALA TUNGKAL (SR28) - Bupati Tanjung Jabung Barat Dr Safrial kembali memimpin rapat fasilitasi lanjutan tuntutan masyarakat Kelurahan Teluk Nilau dan Komite Pimpinan Wilayah Serikat Tani Nasional (KPWSTN) terhadap areal APL di wilayah Kelurahan Teluk Nilau Kecamatan Pengabuan, Rabu (15/07).

Kegiatan yang diselenggarakan di Balai Pertemuan Kantor Bupati ini turut diikuti oleh Forkompimda, Kasdim, Kapolsek Teluk Nilau, Staf Ahli, Asisten Perekonomian dan pembangunan, Kadis PMD Tanjab Barat, Kesbangpol, Kadis Dukcapil, Camat Tebing Tinggi, Camat pengabuan, Kabag SDA, Kabag Tata pemerintahan, Camat Tebing Tinggi, Camat Pengabuan, Kepala KPHP Kab. Tanjab Barat, Pimpinan PT. WKS, dan 4 kelompok Tani yang bermitra dengan PT Wirakaryasakti, dan serikat Tani nasional (STN).

Usai rapat, Safrial mengatakan bahwa PT. WKS telah menyerahkan 4 bundel dokumen yang berisi MoU Kemitraan, Legalitas Lahan, dan daftar nama anggota dari 4 kelompok tani mitra PT. WKS, namun tidak dilengkapi dengan fotocopy anggota kelompok tani. Sesuai kesepakatan peserta rapat, PT.WKS diminta melengkapi dokumen selambat - lambatnya pada hari Senin 20 Juli 2020 Pukul 15.00 WIB mendatang.

Sementara itu, dari pihak Masyarakat kelurahan Teluk nilau dan Serikat Tani Nasional, dalam rapat ini juga menyerahkan salinan data (fotocopy) yaitu peta dan perda, berita acara rapat di DPRD, dan berita acara di Badan kesbangpol, berita acara pengecekan lapangan, KK, dan KTP kelompok Tani sebanyak 470 KK/KTP kepada Pemkab Tanjab Barat yang diterima oleh Asisten perekonomian dan pembangunan.

"Nantinya, Dinas PM dan PTSP Kabupaten Tanjab Barat akan melakukan verifikasi terhadap legalitas lokasi yang dimitrakan antara PT WKS dan empat kelompok tani," ujar Bupati.

Selanjutnya, kata Bupati, tim terpadu penanganan konflik sosial Kabupaten Tanjab Barat juga akan memverifikasi data yang disampaikan tersebut selama dua minggu terhitung mulai tanggal 20 juli 2020.

"Dan hasil verifikasi akan disampaikan pada pertemuan selanjutnya, selanjutnya hasilnya akan ditindaklanjuti sesuai aturan yang berlaku" tutur Safrial.

"Fungsi kami hanya sebagai fasilitator, kalau kurang puas dengan hasil kami, ditempuh jalur hukum lebih baik," tambahnya.

Sementara itu, dari Serikat Tani Nasional Provinsi Jambi, Cristian Napitupulu menuturkan bahwa pihaknya masih menunggu hasil verifikasi data dari Dinas PM dan PTSP serta Tim Terpadu Penanganan Konflik Sosial.

"Kita masih menghormati pemerintah daerah kita," ujarnya singkat. (Sabri)

Belasan Santri di Ponpes Al Hidayah Jambi Positif Covid-19

KOTA JAMBI (SR28) - Sebanyak 16 santri di pondok pesantren Al Hidayah Kota Jambi terkonfirmasi positif Covid-19 berdasarkan data yang telah dirilis satgas penanganan Covid-19 Provinsi Jambi.

Partai Gelora Resmi Usung M.Fadhil Arief-H.Bakhtiar Untuk Pilkada Batanghari

BATANGHARI (SR28)- Partai Gelombang Rakyat Indonesia (Gelora) resmi mendukung pasangan Muhammad Fadhil Arief –H.Bakhtiar untuk Pilkada Kabupaten Batanghari 9 desember mendatang.

Dukungan tersebut langsung disampaikan oleh Ketua Partai Gelora Provinsi Jambi Mahyudi kepada M. Fadhil pada hari Sabtu (29 Agustus 2020) di Desa Terusan Kabupaten Batanghari.

Dalam keterangan persnya, Mahyudi menilai jika Fadhil merupakan calon kepala daerah yang memiliki kriteria pantas serta mampu menjawab tantangan pembangunan di Kabupaten tertua di Provinsi Jambi tersebut.

“Ada beberapa alasan kami dukung beliau, yang pertama karena dukungan kader dan simpatisan, selanjutnya beliau juga kami lihat memiliki track record pengalaman di birokrasi yang matang dan gemilang”  ungkap Mahyudi kepada tim SR28

Selain itu, lanjut Mahyudi juga menyebut jika Fadhil memiliki integritas yang yang terbaik dari calon yang ada.

“Beliau belum pernah tersandung kasus apapun baik hukum formal maupun norma-norma dimasyarakat” tutup Mahyudi

Masyarakat Jambi Diminta Tak Panik Atas Peningkatan Kasus Covid-19

JAMBI (SR28) - Masyarakat Jambi diminta untuk tidak panik atau malah takut akan kondisi peningkatan kasus baru pasien Covid-19 yang masih terus terjadi di setiap harinya. Selain diminta untuk tidak panik. Masyarakat juga selalu dihimbau untuk menerpakan protokol kesehatan 3 M Covid-19.

Sport News

Ekonomi Jerman tumbuh 0,3% pada kuartal ke-4, lebih baik dari perkiraan

Statistik resmi menunjukkan bahwa ekonomi Jerman tumbuh 0,3% pada kuartal keempat tahun lalu dibandingkan dengan periode tiga bulan sebelumnya - kinerja yang lebih baik...

Jaringan Fiber Optic Jakarta-Singapura Terputus, Internet Terganggu

Jakarta - Pada siang hari, pengguna internet di Indonesia kesulitan mengakses beberapa...

Bupati Safrial Pimpinan Upacara Hut Tanjab Barat Ke-55

KUALA TUNGKAL (SR28) - Bupati Tanjung Jabung Barat, Dr. Ir. H. Safrial MS pimpin langsung pelaksanaan Upacara Peringatan Hari Jadi Kabupaten Tanjung Jabung Barat ke-55 Tahun 2020 yang dilaksanakan di Balai Pertemuan Kantor Bupati, Senin (10/08).

Meskipun dilaksanakan dengan singkat dan dengan penerapan protokol kesehatan yang ketat, upacara tetap berjalan khidmat.

Bupati dalam sambutannya menyampaikan, terlepas dari segala keterbatasan dan kesederhanaan dalam peringatan ini, sepatutnya tidak sedikitpun menyurutkan motivasi dan semangat untuk terus membangun terus mengisi setiap waktu perjuangan kehidupan daerah dengan karya dan prestasi dan dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat Pemerintah Kabupaten Tanjung Jabung Barat telah melaksanakan berbagai upaya, diantaranya melalui peningkatan penerimaan dan pembiayaan melalui APBD setiap tahunnya.

Disampaikannya bahwa pada tahun 2019 pendapatan daerah Kabupaten Tanjung Jabung Barat meningkat 17.9% dari tahun sebelumnya yaitu sebesar 1.64 Triliun Rupiah."ungkap Bupati.

Selain itu, terkait angka IPM Kabupaten Tanjung Jabung Barat terus memperlihatkan kemajuan di tahun 2019, IPM menunjukkan pencapaian yang lebih tinggi dari pada tahun sebelumnya yaitu sebesar 67.13% atau meningkat 0.41 poin dari tahun sebelumnya.

"Pada dimensi umur panjang dan hidup sehat, umur harapan hidup saat lahir berkisar 68.03% tahun meningkat 0.16 poin dari tahun 2018, sementara untuk dimensi pengetahuan, harapan lama sekolah berkisar di 12.61 tahun meningkat 0.1 poin dari tahun 2018. Rata-rata lama sekolah pada tahun 2019 adalah 7.70 tahun meningkat 0.14 poin. Sementara pengeluaran per kapita sebesar 9.5 juta rupiah per tahun juga meningkat sebesar 144 ribu rupiah dari tahun 2018," jelas bupati. (Sabri)

- Advertisement -

Gubernur BEM Unbari, Putra Daerah Tungkal Kritik Soal Penutupan RSUD Daud Arif

KUALA TUNGKAL (SR28) – Diketahui sebelumnya telah beredar informasi tentang surat edaran terkait penutupan ruang Instalasi Gawat Darurat (IGD) Rumah sakit KH. Daud Arif Kuala Tungkal dikarenakan sebelumnya ada dua pegawai Rumah Sakit yang berprofesi sebagai Perawat dinyatakan Positif terpapar Covid-19.‌‌

Terkait telah beredarnya surat Edaran Nomor : 445/1412/RSUD/2020 tentang informasi penutupan Ruang Instalasi Gawat Darurat  (IGD) RS. Daud Arif Kuala Tungkal yang dimulai dari Tanggal 17 Agustus 2020 sampai waktu yang tidak ditentukan karena beberapa tenaga medisnya terpapar Covid-19, mendapat beberapa tanggapan dari kalangan elemen masyarakat salah satunya dari kalangan Mahasiswa asal Tanjung Jabung Barat yang juga gebernur BEM Hukum Universitas Batanghari yaitu Ferdiono.‌‌

Kepada media Ferdiono ketika ditemui dikediamannya mengatakan, seharusnya pihak rumah sakit jangan asal menutup pelayanan di rumah sakit hanya karena Covid-19, apalagi pelayanan IGD dibutuhkan masyarakat untuk pelayanan penyakit yang bersifat Darurat.

"Untuk itu kita meminta pihak rumah sakit (RSUD Daut Arif) mempertimbangkan keputusannya dalam menutup pelayanan di Instalasi Gawat Darurat (IGD) rumah sakit tersebut , jangan sampai tidak bisa di akses oleh masyarakat yang memang membutuhkan," ujarnya. (Sabri)

Ratusan Rumah Warga di Kota Jambi Terendam Banjir

KOTA JAMBI (SR28) - Lebatnya guyuran hujan membuat saluran drainase yang berada di lokasi dataran rendah itu tak mampu menampung banyaknya ebit air. Al hasil ratusan rumah warga terendam banjir setinggi 60 Cm atau setinggi lutut orang dewasa.

Jabatan Gubernur Segera Berakhir, Fachrori Umar Pamitan

JAMBI (SR28) - Sesuai ketentuan amanat pasal 79 ayat 1 UU No 23 Tahun 2014, tentang pemerintahan daerah, bahwa setiap kepala daerah...

TV

Afrika Selatan membuka kembali perbatasan daratnya saat kasus virus menurun

JOHANNESBURG - Afrika Selatan telah membuka kembali perbatasan darat utamanya dengan negara tetangga setelah menutupnya bulan lalu untuk mencegah penyebaran virus COVID-19. Setidaknya 20 pos...

Nissa Sabyan dan Ayus Mengaku Saling Mencintai Keluarga

Jakarta - Nissa Sabyan sibuk dengan rumor perselingkuhan dengan Ayus, keyboardist Sabyan Gambus. Keluarga Ayus...

Lewat Lagu Terbarunya, Stephanie Poetri Persembahkan Untuk Orang Terdekat

Penyanyi-penulis lagu Stephanie Poetri merilis lagu baru “IRL” melalui 88rising, yang didistribusikan 12Tone Music. Lagu itu menjadi single ketiganya dari mini album AM:PM yang akan datang.

Bupati Tanjabbar Dampingi Gubernur Salurkan JPS

TANJAB BARAT (SR28) - Bupati Tanjung Jabung Barat Drs. Ir. H Safrial  MS, dampingi Gubernur Jambi Fachrori Umar salurkan bantuan Jaring Pengaman Sosial (JPS) tahap kedua untuk warga terdampak Covid-19 di Kecamatan Tebing Tinggi, Senin (12/07/2020).

Disampaikan Kadis Sosial, Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dinsosdukcapil) Provinsi Jambi, Arif Munandar, penyaluran bantuan Jaring Pengaman Sosial (JPS) tahap kedua ini  sama seperti alokasi tahap pertama, yaitu 3523 Kelompok Penerima Manfaat (KPM).

Arif Munandar juga mengatakan, keterlambatan penyaluran JPS tahap kedua ini disebabkan terkendala pada tumpang tindihnya data yang diterima. Namun, dikatakan Arif, Kabupaten Tanjung Jabung Barat adalah data yang terbaik. Selain itu ditambahkannya, Kabupaten Tanjab Barat sudah mendapat apresiasi dari BPKP dalam melakukan rinsing data.

"Karena datanya terbaik, yang kedua kemarin BPKP juga sudah mengapresiasi Kabupaten Tanjung Jabung Barat," ujar Arif.

Pada kesempatan yang sama Bupati Safrial juga mengatakan, terlambatnya penyaluran JPS di Tanjab Barat memang disebabkan adanya tumpang tindih data. Namun dijelaskan Safrial, bahwa permasalahan data dapat diselesaikan dengan kerjasama yang baik antara Dinas Sosial, Camat, Kades dan ketua RT sehingga didapatkan data Kelompok Penerima Manfaat (KPM) yang akurat untuk tahap kedua ini.

"Alhamdulillah, di Tanjab Barat ini, dengan kerjasama yang baik antara Dinas Sosial, Camat, Kades dan ketua RT, sehingga tidak banyak terjadi kesalahan data," ujarnya.

Terkait era new normal, Bupati juga mengajak kepada masyarakat untuk mengikuti himbauan Pemerintah dalam disiplin penerapan protokol kesehatan.

"Kalau kita ingin pandemi ini cepat berlalu, ya kita harus disiplin ikuti himbauan pemerintah dalam penerapan protokol kesehatan," ajak Safrial.

Sementara itu, Gubernur Jambi Fachrori Umar dalam penyampaiannya mengatakan, dengan diserahkannya JPS bagi masyarakat yang terdampak covid 19 ini diharapkan mampu meredam lonjakan permintaan bahan pangan, dan meringankan beban kelompok penerima manfaat.(Sabri)