Selasa, Januari 19, 2021

Belum Dilintasi Mobil Sisi Ofrit Jembatan Sungai Bakung Sudah Retak-retak

KUALA TUNGKAL (SR28) – Peningkatan Jembatan Parit Bakung Kecamatan Sebrang Kota, Kabupaten Tanjung Jabung Barat yang dikerjakan oleh CV Hardianty dengan Dana...

Pembangunan Jalan Kelurahan Tungkal Harapan Asal Jadi, Baru Seumur Jagung Sudah Retak dan Berlubang

KUALA TUNGKAL (SR28) – Pembangunan jalan atau peningkatan skala di kawasan Kelurahan Tungkal Harapan, Kecamatan Tungkal Ilir, KabupatenTanjung Jabung Barat oleh Dinas...

Sriwijaya Air Wajib Ganti Rugi Rp1,25 M per Penumpang SJ182

JAKARTA - Keluarga korban kecelakaan Sriwijaya Air SJ 182 berhak atas ganti rugi dari pihak maskapai. Hal tersebut mengacu pada Pasal 141 ayat (1)...

Besok Divaksin, Begini Kondisi Kesehatan Jokowi

JAKARTA - Sekretariat Presiden memastikan bahwa Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan menjalani vaksinasi Covid-19 pada Rabu (13/1) besok di Istana Kepresidenan Jakarta....

Technology

Bawaslu Larang Keras Konser Musik Saat Kampanye Ditengah Pandemi

JAMBI (SR28) - Bawaslu Provinsi Jambi melarang keras orang berkumpul di suatu tempat seperti konser musik serta kegiatan kampanye lainnya yang mengumpulkan massa lebih dari 50 ditengah pandemi saat ini.

- Advertisement -

Istri Camat Dijambret Oknum Pegawai Honorer di Bungo

BUNGO (SR28) - Tim Spartran Polres Bungo, Jambi mengamankan 1 pelaku penjambretan istri seorang camat. Dari penangkapan tersebut akhirnya diketahui pelaku merupakan oknum pegawai honorer di pemerintahan kabupaten Bungo yang beristri dua.

Langgar Protokol Kesehatan Saat Kampanye, 2 Paslon Gubernur Jambi Kena Tegur Bawaslu

JAMBI (SR28) - Dimasa awal kampanye Pilkada serentak 2020. Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Jambi sudah melakukan teguran keras terhadap dua paslin Gubernur Jambi lantaran mengabaikan protokol kesehatan Covid-19 saat kampanye.

Nonton berita menarik lainnya di JAMI28.TV

Mendagri RI Larang Bansos Covid 19 Untuk Pencitraan Politik Calon Kepala Daerah

JAMBI (SR28) - Terkait bansos Covid-19, Mendagri Tito Karnavian akan memberikan sanksi bagi calon petahana pilkada serentak tahun 2020 provinsi Jambi jika gunakan bansos untuk kepentingan pencitraan politik para calon kepala daerah.

Sumber: JAMBI28 TV

Unjuk Rasa Jilid 3 Kembali Ricuh, Motor Petugas Kepolisian Dibakar Massa

JAMBI (SR28) - Aksi unju rasa berlanjut hingga petang, bahkan satu sepeda motor yang digunakan petugas kepolisian berhasil direbut paksa demonstran dan dibakar massa.

Latest News

Ini Pertimbangan Hakim Tolak Praperadilan Habib Rizieq

JAKARTA - Hakim Akhmad Sahyuti menolak gugatan praperadilan yang diajukan Habib Rizieq Shihab terkait penetapan tersangka kasus pelanggaran kekarantinaan kesehatan dan penghasutan kerumunan di Petamburan, Tanah...

BREAKING NEWS:Black Box Sriwijaya Air SJ182 Ditemukan!

JAKARTA - Black box atau kotak hitam pesawat Sriwijaya Air SJ182 ditemukan. Kotak hitam itu kemudian dibawa ke daratan. Seperti dikutip dari Antara,...

Tak Layak Masuk Dalam Pemiliharaan, Aktivis Endus Dugaan Korupsi Uang Negara Di Pembangunan Sarana dan Prasarana MTQ Tanjabbar

KUALA TUNGKAL (SR28) - Terkait hasil kerja pembangunan Sarana dan Prasarana MTQ Tingkat Provinsi Jambi yang berada di Desa Tungkal 1 (Satu)...

Di Akhir Jabatannya, Bupati Safrial Resmikan Proyek Fisik Infrastruktur 2016-2020

KUALA TUNGKAL (SR28) - Bupati Tanjung Jabung Barat, Dr. Ir.H.Safrial didampingi Wabup Drs. H. Amir Sakib, Senin (11/01/21) kemarin di Laman Orang...

Yuk Intip, Ini Daftar Kekayaan 5 calon Kapolri

JAKARTA (SR28)- Perrgantian Kapolri direncanakan akan rampung pada akhir Januari 2021 ini. Sederet nama pun mulai muncul ke publik, mulai dari petinggi...

Music

Gubernur Jambi Perkuat Komunikasi dengan Pihak Sekolah

JAMBI (SR28) - Penjabat Gubernur Jambi Restuardy Daud, berupaya menguatkan komunikasi guna mengetahui kebutuhan sekolah yang saat ini kegiatan belajar mengajar mengalami perubahan menghadapi Pandemi Covid-19, Sabtu (10/10).

Audiensi bersama Kepala Sekolah SMAN/SMKN se Kota Jambi yang berlangsung di Rumah Dinas Gubernur Jambi menjadi harapan Pjs.Gubernur Jambi untuk meningkatkan kemajuan dan ketertiban sekolah dengan bangunan komunikasi yang baik sehingga proses belajar mengajar dapat terlaksana maksimal. "Generasi Z merupakan generasi yang lahir 1998 hingga tahun 2010 akan berbeda gaya komunikasi dan saya yakin para guru sudah menerapkan dan punya strategi," ungkap Pjs.Gubernur Jambi.

Dunia pendidikan memiliki sosok penting yaitu guru yang bertatap muka secara langsung juga banyak memahami kondisi mental dan keinginan peserta didik, menyikapi hal tersebut Pjs.Gubernur Jambi menitikberatkan perhatian,"Saat anak-anak didik tidak dapat bertatap muka langsung diharapkan pembelajaran serta bimbingan tetap berlangsung baik dan Pemerintah Daerah juga berusaha memberikan fasilitas penunjang belajar yang dibutuhkan sekolah," jelas Pjs.Gubernur Jambi.

Sumbang saran dari beberapa kepala sekolah menginginkan adanya penambahan sarana dan prasarana sekolah guna memfasilitasi kebutuhan penerimaan dan pembelajaran siswa, serta kebijakan lain yang perlu dilakukan untuk kemajuan sekolah.

"Terima kasih atas masukan untuk Pemerintah Daerah dengan komunikasi ini kita dapat mengetahui secara langsung adanya pembinaan untuk siswa, keberadaan ruang kelas dan kebutuhan penting lainnya juga membangun kerja sama pemerintah, pihak sekolah dan orang tua," kata Ardy Daud.

Dosen Kimia UNJA Latih Masyarakat Mengolah Abu Cangkang Kelapa Sawit jadi Deterjen Ramah Lingkungan

MUARO BUNGO (SR28) - Kuamang kuning merupakan salah satu daerah trans dari beberapa daerah yang ada di Provinsi Jambi, terletak di kabupaten Muaro Bungo. Masyarakat di desa Kuamang Kuning memiliki penghasilan utama dari perkebunan, terutama Kelapa Sawit, dan sebagai lainnya berkebun Karet secara minoritas.

Permasalah yang sering terjadi adalah limbah tandan kosong kelapa sawit dan cangkang kelapa sawit yang biasanya hanya dibakar sehingga menimbulkan pencemaran lingkungan.

Hanya sebagian kecil yang dimanfaatkan masyarakat sebagai alat untuk pakan ternak dan bahan bakar. Cangkang kelapa sawit merupakan salah satu jenis limbah padat yang paling banyak dihasilkan oleh pabrik kelapa sawit dengan kadar mencapai 5.5% atau setara dengan 0,05 ton merupakan cangkang kelapa sawit yang memiliki kandungan utama Silikon Oksida (SiO2) 58,02%; Al2O38,7%; CaO 12,65%; Fe2O32,6%; Na2O 0,41%; MgO 4,32%; K2O 0.72%; H2O 1,97%; serta hilang pijar 8.59%. Lebih dari itu abu cangkang kelapa sawit mengandung unsur K 7,5%; Ca 1,5%; Cl 1,3%; CO31,9%; Mg 2,8%; Na 1,1%, N 0.05%; PO40,9% dan SiO261%.

Masyarakat Praktek langsung membuat deterjen

Potensi kandungan ini disebagian besar masyarakat belum memiliki pengetahuan bahwa abu tandan kosong dan cangkang kelapa sawit dapat dimanfaatkan sebagai bahan pembangun deterjen. Ditambah lagi saat ini masyarakat lebih memilih deterjen yang dijual di pasaran. Deterjen yang dijual di pasaran pada umumnya mengandung bahan pembangun STPP (Sodium Tri Poly Phosphate)yang dapat membentuk eutrofikasi di permukaan air yang menyebabkan hewan di dalam air tidak mendapatkan oksigen dan STTP menyuburkan tanaman gulma aceng gondok yang menyebabkan danau kekeringan bahkan bisa berubah menjadi daratan.

Melihat kondisi tersebut, sebagai alternatif, tim Dosen Kimia, Fakultas Sains dan Teknologi, Universitas Jambi yang diketuai oleh: Dr. Intan Lestari, S.Si., M.Si., dan beranggotakan Dr. Diah Riski Gusti, S.Si., M.Si., Nindita Clourisa Amaris Susanto, S.Si., M.Si., dan Indra Lasmana Tarigan, S.Pd., M.Sc, melakukan pelatihan kepada masyarakat melalui proram Pengabdian Kepada Masyarakat Fakultas Saintek UNJA, dalam mengolah abu cangkang kelapa sawit menjadi zeolite 4A sebagai builder dalam deterjen. Deterjen dengan bahan pembangun zeolite 4A ini ramah lingkungan karena zeolite 4A sebagai pembangun zeolite 4A dapat dimanfaatkan sebagai pupuk bagi tanaman palawija. Menurut Dr. Intan Lestari, S.Si., M.Si selaku ketua tim pengabdian, bahwa zeolit 4A dapat dimanfaatkan sebagai pupuk bagi tanaman palawija.

Lebih jauh lagi zeolit dapat dibuat dengan menggunakan limbah abu cangkang kelapa sawit melalui proses yang mudah, mudah, dan sederhana berupa reaksi hidrotermal dalam suasana basa. Dengan demikian pemanfaatan abu sekam padi untuk sintesis zeolite 4A sebagai pembangun deterjen selain mengatasi masalah lingkungan juga dapat dikembangkan menjadi usaha sampingan bagi keluarga melalui pembuatan deterjen bubuk dan krim yang ramah lingkungan dengan bahan pengisi/zat pembangun zeolite 4A dari abu cangkang kelapa sawit.

Tim Dosen Kimia Universitas Jambi melakukan presentasi

Program ini diawali dengan komunikasi dan kerjasama antar tim Dosen Kimia, Fakultas Saintek, Universitas Jambi dengan masayarakat di Desa Kuamang Kuning Kabupaten Bungo melalui Kepala Desa, kemudian menyepakati waktu pelatihan. Pelatihan dilaksanakan pada tanggal 30 Juli 2020 bertempat di Balai Desa Kuamang Kuning Kabupaten Bungo dari pukul 09.00 pagi sampai dengan selesai.

Acara diawali dengan kata sambutan dari Kepala Desa, dan Ketua Tim Pelaksana, kemudian dilanjutkan dengan sosialisasi potensi abu cangkang kelapa sawit sebagai pembangun deterjen oleh Indra Lasmana Tarigan,S.Pd., M.Sc, dilanjutkan dengan diskusi dan sesi coffe break. Setelah itu masyarakat diminta untuk praktek langsung membuat deterjen berbasis abu cangkang kelapa sawit dengan bahan-bahan sudah dipersiapkan terlebih dahulu oleh tim. Kegiatan berjalan dengan lancar dan seru, karena masyarakat berperan aktif dan merasakan kebermanfaatan program ini.

Program ini diharapkan menjadi stimulus awal bagi masyarakat untuk bisa memberdayakan potensi cangkang kelapa sawit menjadi beberapa produk turunan, dan salah satunya sebagai deterjen. Program ini juga menjadi langkah awal koordinasi dan komunikasi antara dunia kampus dengan masyarakat, sehingga tidak ada lagi gap diantara keduanya. (Muhammad Sidik)

Bupati Tanjabbar Bersama Gubernur Jambi Tanam Mangrove di Sekitar Pelabuhan Roro

KUALA TUNGKAL (SR28) - Bupati Tanjung Jabung Barat Dr. Ir. H. Safrial MS bersama Gubernur Jambi Fachrori Umar menanam pohon Mangrove di sekitaran pelabuhan Roro Kuala Tungkal dalam rangka peringatan Hari Mangrove Sedunia Tahun 2020, Senin (03/08/2020).

Kegiatan penanaman mangrove turut diikuti oleh Staf Khusus Menteri Lingkungan hidup bidang koordinasi dampak lingkungan, Kapolda Jambi, Danrem 042 Gapu, Forkompimda Provinsi Jambi, Kepala OPD Provinsi/ Kabupaten, Asisten, Pramuka, dan undangan lainnya.

Dalam sambutannya, Bupati Safrial memapaparkan singkat tentang kondisi geografis Tanjung Jabung Barat. Bupati juga sampaikan, Kabupaten Tanjung Jabung Barat merupakan salah satu Kabupaten di Provinsi Jambi yang memiliki hutan Mangrove yang cukup luas.

"Keberadaan hutan Mangrove di Tanjung Jabung Barat sangat berharga sebagai sumber daya alam yang menyimpan banyak manfaat yang dan harus dijaga kelestariannya," ungkap Safrial.

Selain itu, Pemkab Tanjab Barat didukung Kementerian Pariwisata telah berupaya secara maksimal untuk mengangkat hutan mangrove di Kabupaten Tanjung Jabung Barat.

"Salah satunya dengan menjadi sebuah objek wisata tematik, yang memiliki nilai tambah yaitu dengan membuka dan membangun sarana dan prasarana penunjang ekowisata mangrove pangkal babu agar dapat dikunjungi dengan mudah dan nyaman oleh para wisatawan baik dalam maupun dari luar negeri bahkan juga para peneliti lingkungan hidup yang terkait dengan hutan mangrove untuk pengembangan ilmu pengetahuan," jelas Safrial.

"Jauh lebih penting kedepannya ekowisata hutan mangrove pangkal babu ini dapat senantiasa kita kembangkan dan memberikan dampak yang positif terhadap pertumbuhan ekonomi bagi masyarakat luas melalui tumbuh kembangnya industri kecil yang menyediakan berbagai kerajinan cenderamata kuliner laut yang khas dan sebagainya," ujarnya.

Selain itu Safrial berharap  pemerintah provinsi Jambi dan pemerintah pusat melalui Kementerian Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI dapat mendukung pembangunan dan mendorong perkembangan ekowisata hutan mangrove pangkal babu itu.

Sementara itu, Gubernur Jambi H. Fachrori Umar M. Hum dalam sambutannya menyampaikan saat ini Pemerintah sangat menaruh perhatian terhadap kelestarian hutan mangrove, mengingat banyaknya manfaat hutan mangrove khususnya bagi masyarakat sekitar.

Fachrori berharap melalui kegiatan peringatan hari mangrove sedunia ini, dapat menambah motivasi dalam rehabilitasi dan menjaga kelestarian hutan mangrove, khususnya di Provinsi Jambi.

"Provinsi Jambi memiliki hutan mangrove seluas 9.300 hektar, di Tanjung Jabung Barat 4.166, 65 hektar, melalui kegiatan ini, mari kita gelorakan semangat menanam mangrove untuk memberikan kontribusi dalam rehabilitasi dan kelestarian hutan mangrove," ujar Gubernur. (Sabri)

Empat UPR Merangin Mendapat Sertifikat CPIB

MERANGIN  - Empat Unit Pembenihan Rakyat (UPR) di Kabupaten Merangin, diberi Sertifikat Cara Pembenihan Ikan  yang Baik (CPIB) dari Kementerian Kelautan Perikanan Republik Indonesia.

UPR  yang menerima sertifikat CPIB itu, Andika Hidayah dari UPR Andik Lele, Desa Sungai  Kapas Kecamatan Bangko,  Triswanto dari UPR Berkah Mina Desa Tambang Mas Kecamatan Pameneng Selatan.

Selain itu, Dwi Purwanto dari UPR Fadel Fish, Desa Tambang Mas Kecamatan Pamenang Selatan dan Sutar dari UPR Sahabat, Desa Tambang Mas Kecamatan Pamenang Selatan.

‘’Jadi kualitas pembenihan ikan kempat UPR ini, telah diakui secara nasional. Artinya mereka mempunyai kemampuan mengelola pembenihan ikan secara baik,’’ujar Bupati Merangin H Al Haris didampingi Wabup H Mashuri di halaman kantor bupati, Senin 13-7-2020.

Semakin banyak memiliki Sertifikat CPIB lanjut bupati, akan semakin menciptakan kepercayaan publik terhadap UPR tersebut, karena akan semakin membuktikan kalau hasil pembenihan yang dilakukan itu semakin baik.

Pada kesempatan itu, bupati juga menyerahkan sertifikat gratis lahan usaha budidaya perikanan (Prasehatkan) kepada sebanyak 20 orang anggota kelompok budidaya ikan di Kecamatan Tabir Ilir.
Sertifikat Prasehatkan itu terang Kadis Perikanan Merangin M Damai, merupakan kegiatan program pemberdayaan masyarakat, kerjasama Kementerian Kelautan Perikanan RI dengan Badan Pertanahan Nasional.

‘’Pemkab Merangin sebagai ‘penyambung tangan’ melalui Dinas Perikanan telah mengusulkan sertifikat kolam ini ke Pusat. Alhamdulillah telah dikabulkan langsung kita bagikan,’’ terang M Damai.

Bupati menambahkan, Sertifikat Prasehatkan itu akan mematenkan lahan perikanan milik seseorang secara hukum. Selain itu Sertifikat Prasehatkan juga digunakan pemiliknya untuk agunan pinjaman modal usaha.

Ditangkap Karena Curi Besi Cetakan Polongan, Satu Pelaku Ternyata Spesialis Curanmor

KOTA JAMBI - Polresta Jambi Melalui Unit Reskrim Polsek Kota Baru Jambi berhasil menangkap seorang pelaku spesialis pencurian sepeda motor (curanmor). Kapolsek Kota Baru, AKP Afrito Marbaro saat menggelar konferensi pers, mengatakan pelaku bernama Abdulrahim alias Baim (30) warga Alam Barajo, Kota Jambi ditangkap setelah polisi menerima laporan ada aksi pencurian besi pencetak polongan beton bersama dua rekannya Eko (25) dan Adi (33) di tempat persembunyiannya.

Culture

- Advertisement -

Satu Bulan Pemutihan Pajak Kendaraan Jilid 2, Pendapatan Daerah Jambi Capai Rp16 Milyar

KOTA JAMBI (SR28) - Berdasarkan catatan Badan Keuangan Daerah Provinsi Jambi. Baru dilaksanakan satu bulan lebih, penerimaan pendapatan Provinsi Jambi melalui sektor pemutihan pajak kendaraan bermotor untuk yang kedua kalinya pada tahun 2020 ini sudah mencapao angka Rp16 Milyar.

Satu Bulan Pemutihan Pajak Kendaraan Jilid 2, Pendapatan Daerah Jambi Capai Rp16 Milyar

Satu Bulan Pemutihan Pajak Kendaraan Jilid 2, Pendapatan Daerah Jambi Capai Rp16 Milyar

Posted by JAMBI28 TV on Friday, September 18, 2020
Sumber: JAMBI28.TV

Sriwijaya Air Wajib Ganti Rugi Rp1,25 M per Penumpang SJ182

JAKARTA - Keluarga korban kecelakaan Sriwijaya Air SJ 182 berhak atas ganti rugi dari pihak maskapai. Hal tersebut mengacu pada Pasal 141 ayat (1)...

EMMANUEL MACRON DAN MASA DEPAN ISLAM

Oleh: Prof. Dr. H. Adrianus Chatib, M.Hum
(Gubes Sejarah Peradaban Islam UIN STS Jambi)

Mencermati dinamika gelombang protes terhadap Emmanuel Macron yang terjadi di seluruh dunia saat ini, memang sisi pandangnya bisa dari berbagai aspek. Salah satunya, menurut hemat saya bahwa tesis John N. dan P. Abourdene, sebagai futurulog dunia dalam buku ‘The Third Wave’-nya Alvin Toffler,  di masa  datang yg akan merajai dunia adalah: pertama, bangsa yang menguasai informasi; kedua, agama yang akan berkembang pesat dan dianut ialah agama rasional, akan terbukti. Dua hal ini pula yang penting kita analisis sekaitan dg tingkah laku dan kepongahan Emmanuel Macron, sang Presiden Prancis  tersebut.

Sejak dulu hingga sekarang Barat telah melakukan tudingan bahwa Agama Islam adalah ‘Agama Teroris’. Salah satu penyebabnya adalah penguasaan informasi di segala lini didominasi oleh Barat. Maka pembuktian tipuan dibuat dan  ditampilkan via media hanyalah kejelekan segelintir orang Islam, tidak representatif umat Islam dan ajarannya secara utuh dan menyeluruh. Di koran, TV, majalah, buku dan  media online lainnya disebarkan berbagai isu miring yang cenderung tendensius. Tidak ada pilihan bagi  orang Barat baik intelektualnya apalagi rakyat biasa kecuali ‘menelan mentah-mentah’ tentang kejelekan Islam.

Menumpuknya suntikan seperti itu sebagai kelanjutan Perang Salib terselubung, selama beratus tahun, maka jadilah putihnya ajaran Islam dan perilaku penganutnya menjadi ‘abu-abu dan menghitam’ di mata mereka. Sekali lagi, di mata mereka. Namun Islam tetapalah berkilau untuk selamanya.

Ketika Itu (dulu),  umat Islam awam tekhnologi, maka  hal itu dimanfaatkan oleh zending Kristen apa yang dinamakan ‘Kristenisasi Global’. Namun sekarang umat Islam tidak bodoh lagi karena kalau tidak menciptakan, minimal  sudah mahir menggunakan teknologi informasi; berita apa pun dapat akses secara global. Pun, saat ini Barat bisa meneliti, mamahami dan membandingkan ajaran-ajaran agama secara nalar rasional, baik  yg empirik maupun non empiric dengan memanfaatkan tekhnologi.

Otak-otak cerdas mereka tidak bisa lagi dipasung seperti zaman silam karena tekhnologi digital telah menjamur. Mereka sudah bisa membedakan mana agama yang hak dan mana agama yang sudah dimanipulasi. Secara teologis, sebenarnya agama Yahudi (yang belum terkontaminasi teologisnya), Kristen dan Islam berkeyakinan  bahwa Tuhan itu Esa. Nabi Musa, Isa dan Muhammad tidak lebih dari sekedar nabi dan rasul. Tidak ada agama-agama tersebut menaikkan ‘tahta dan kasta’ nabi mereka menjadi Tuhan. Dalam Taurat, Injil dan al-Qur'an, Musa, Isa dan Muhammad adalah rasul.

Namun demikian, dalam perkembangannya Islam tidak bisa dibendung, maka kepentingan politik Kaesar Romawi, akhirnya Isa dibesluit atau ‘di-SK-kan’ menjadi Tuhan yg bertentangan dengan risalah dan akal sehat yakni manusia naik pangkat jadi Tuhan. Inilah yg telah berabad-abad dianut oleh umat Kristen yang sesat.

Sekarang, informasi sudah merata menyebar ke seantero dunia. Apa yg dikatakan oleh Jhon N. dan P. Abourdene menjadi terkuak ke permukaan bahwa agama yang rasional akan dilirik umat, terutama kaum intelektualnya. Di kalangan Kristen/Katholik mulai berpikir ulang tentang agama yang dianut mereka sekaligus mengkomparasikan dengan ajaran Islam. Salah seorang yang melakukan itu adalah  Prof. Maourice .B dengan meneliti mummi Fira'un yang ada di musium Pyramid Mesir, dengan pertanyaan penelitian, siapa Fir'aun itu dan apakah ia mati di laut atau tidak.

Melalui test DNA mummi yang ada di musium Mesir itu, Prof. Mourice menyimpulkan bahwa mayat yang di musium itu  adalah mayat Fir'aun yang mengejar Musa dan ditenggelamkan Allah di laut Merah sebagaimana dikisahkan di dalam Al-Quran.  Namun, Allah tidak ingin sejarah ini berlalu tanpa pesan dan kesan. Mereka yang tenggelam itu ‘diselamatkan’ itulah dianya yang ada musium mummi Mesir tersebut. Tujuannya jelas agar menjadi sejarah dan dijadikan pelajaran bagi generasi berikutnya. Akhirnya, setelah  Sang Profesor menemukan kebenaran yang tidak bisa dibantah si Guru Besar itu, mengucapkan syahadat, menganut Islam. Menurut analisisnya, Islamlah agama yg rasional.( baca: surat Yunus: 92).

Jadi, analisis futurolog Jhon N. & P. A. terbukti sudah bahwa agama Islam rasional mengalami perkembangan dan kenaikan yang supersignikfikans penganutnya dewasa ini. Sementara gereja di Eropa banyak yang tutup karena kehilangan penganut. Secara teologis, Barat tidak dapat membuktikan keyakinannya bahwa Isa anak Tuhan atau Tuhan punya anak. ( Baca: Injil yang asli dan komparasikan dengan Al-Qur'an serta Taurat). Injil asli menyebutkanIsa putera Maryam, bukan putera Tuhan. Al-Qur'an menjelaskan Isa adalah nabi dan dalam Surat al-Ikhlash bahwa Tuhan tidak punya anak dan keturunan.

Kalau pandangan Yahudi bahwa Isa bukan anak Tuhan, tetapi ia adalah anak Maryam hasil perzinahan, karena kenyataannya Isa lahir tanpa Bapak bilogis. Oleh sebab itu,  debat teologis, di forum lokal, nasional dan internasional, zending Kristen tidak tegak kepalanya, karena alasan yang dikemukannya irrasional, alias ngaku kalah. Lihat dialog Zakir Naik dan pastor; di tingkat nasional dan internasional,  debat Hj. Irene yang sudah muslimah dengan lawannya di pihak Nasrani. Begitu juga Yahya Wailoni dengan lawan-lawan  politik dengan pemahaman keagamaannya yg irrasional.

Pada titik ini, dengan hal-hal yang rasional, Macron kehilangan percaya diri, lalu ia mencari dan mencuri jalan lain yakni politik. Teori politik yg pernah berhasil di dunia, terutama di Indonesia adalah teori S. Hurgronje yg intinya ada dua: apertama,  politik adu domba  (devide et impera);  kedua, orang Islam kalau minta bantu, maka bantu baik mendirikan mesjid atau mushalla; tapi. kalau bicara politik, ‘potong lehernya’. Hati-hati!

Akhirnya, apa yang ingin saya sampaikan melalui artikel ini adalah bahwa semakin keras perlawanan dan kebencian Macron terhadap Islam, yakinlah Islam tidak akan rusak bahkan sebaliknya akan semakin berkembang karena Islam adalah agama rasional bukan dokmatis. Perlawanan terhadap Macron sesungguhnya hanya sebagai ikhtiar ummat untuk membela Nabi dan agamanya atas kecintaan. Maka, tidak perlu pula berlebihan dan jangan sampai merugikan diri dan bangsa kita sendiri. Islam akan tetap menjadi agama semua ummat di masa yang akan datang. Sama-sama kita doakan Macron mendapat hidayah dan menganut Islam sebagaimana Shopie Petronin yang menghebohkan itu . Amin.

- Advertisement -

Must Read

Bawaslu Pertanyakan Keterbukaan Informasi Hasil Tes Kesehatan Cagub-Cawagub Jambi

JAMBI (SR28) - Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Provinsi Jambi mempertanyakan keterbukaan informasi hasil tes kesehatan yang dilakukan KPU Jambi terkait hasil peemriksaan kesehatan para Bapaslon Gubernur dan Wakil Gubernur Jambi yang kini telah ditetapkan sebagai Cagub dan Cawagub Jambi tahun 2020.

Sumber: JAMBI28 TV

Pasien Corona Membludak! Pemkot Jambi Mulai Kewalahan, Siapkan Skenario Isolasi Mandiri

KOTA JAMBI (SR28) - Pemkot Jambi kini mulai kewalahan dengan semakin membludaknya pasien Positif Corona. Bahkan ruang isolasi yang telah disiapkan sudah tak mampu lagi menampung pasien positif Covid-19.

Walikota Jambi Syarif Fasha Ngaku Stress Jalani Isolasi Covid-19

KOTA JAMBI (SR28) - Orang nomor satu di Kota Jambi tersebut bahkan mnegaku sempat stress dan tertekan lantaran harus menjalani isolasi Covid-19. Fasha mengaku hal tersebut merupakan hal terberat bahkan mengalahkan kondisi kesehatannya.

Sah! Zumi Zola Resmi Sandang Status Duda

JAKARTA - Zumi Zola resmi menyandang status duda. Pengadilan Agama Jakarta Selatan mengabulkan gugatan cerai istri Zumi, Sherrin Taria. Sherrin Taria menggugat cerai Zumi Zola pada 26 Maret 2020. Sherrin memutuskan pisah karena merasa tidak lagi mendapat perhatian dari Zumi yang saat ini mendekam di penjara.

Sumber: JAMBI28 TV 

Nelayan Melihat Pesawat Jatuh Saat Hujan Deras di Sekitar Lokasi Jatuhnya Sriwijaya Air SJ 182

JAKARTA - Berdasarkan informasi dari Kepala Seksi Pemerintahan dan Transit Kecamatan Kepulauan Seribu Selatan, Surachman mengatakan, nelayan Pulau Lancang mendengar ledakan di...

Penting, Wajib Lihat Rekam Jejak Calon Gubernur Jambi

Minggu ini diskusi membahas pentingnya melihat rekam jejak Calon Gubernur Jambi bersama Mahyudi, Ketua DPW Partai Gelora Provinsi Jambi dan Kasmadi, Direktur Eksekutif Batanghari Institut.

Tonton video lengkapnya disni: https://jambi28.tv/penting-wajib-lihat-rekam-jejak-calon-gubernur-jambi-talkandcoffee/

Lifestyle Magazine

Santer disebut Tak Akan Dapat Perahu, Kini Satu-Persatu DPP Partai Mulai Menyatakan Dukungan ke Fasha

KOTA JAMBI (SR28)- Langkah Sy Fasha menuju BH 1 pada Pilgub 2020 mendatang terbilang sangat terjal. Mulai dari peta percaturan Golkar yang masih didominasi oleh kelompok senior dan mengarah pada Cek Endra si ketua partai hingga manuver rivalnya Alharis pada tahun 2019 kemarin bersama 4 Bupati semakin mengunci pintu masuk Fasha masuk ke desa-desa dibeberapa Kabupaten. Bahkan, ekspektasi Fasha mengharap 5 kursi di DPRD Provinsi dari PKS melalui Happy Story pada Pilwako 2018 lalu juga kandas. Sejumlah pengamat juga menyebut jika Fasha mesti berjuang lebih ekstra jika ingin mendapatkan partai. Hal tersebut seiring dengan Fasha yang bukan berasal dari kalangan ormas manapun yang memiliki afiliasi kepartaian.

Bahkan, bertemunya Sy Fasha dengan Alharis 3 pekan lalu membuat banyak kalangan menilai jika Fasha sudah mengibarkan bendera putih.

Namun, ikhtiar Walikota Jambi dua periode itu untuk merebut BH 1 mendadak memberikan kejutan bagi masyarakat Provinsi Jambi. Dukungan Nasdem yang jatuh pada Sy Fasha pada pekan awal Juli lalu membuat peta politik berubah. Fachrori Umar yang merasa jika Partai Nasdem akan aman-aman saja dibikin pusing bukan kepalang. Posisinya sebagai petahana dan pembina Partai  tidak serta merta membuat tiket partai aman untuknya. Bahkan ketua tim keluarga Fachrori Umar sempat meminta agar Gubernur Jambi itu keluar dari Nasdem saja berikut istrinya karena keputusan DPP Nasdem tersebut.

Kejutan kedua muncul dari momentum Sy Fasha yang mendapat dukungan dari PPP. Meski sempat memberikan ultimatum akan menarik dukungan, namun Fasha  terbukti mampu memenuhi ultimatum PPP yaitu dengan mendapatkan dukungan dari partai Nasdem sebagai partai pendukung selain PPP.

Kini, publik tengah menunggu kejutan-kejutan selanjutnya dari Sy Fasha. Dia mengklaim dalam waktu dekat akan ada lagi partai-partai yang akan mendukungnya.

“untuk partai-partai lain dalam waktu dekat akan menyusul” ungkap Fasha meyakinkan publik dan lawan-lawan politiknya.

Muhammad Sidik

Jelang Natal Dan Tahun Baru, Harga Kebutuhan Pokok Mulai Melonjak Naik

KOTA JAMBI - Menjelang perayaan natal dan tahun baru 2021, harga sejumlah kebutuhan pokok masyarakat di pasar Angso Duo Kota Jambi mulai melonjak seperti komoditas cabai.

Beberapa kebutuhan pokok masyarakat lainnya juga ikut mengalami peningkatan harga, seperti harga dagingayam potong yang juga mengalami kenaikan.

Orang Kaya Terpapar Covid-19 Tidak Ditanggung Pemerintah

KOTA JAMBI (SR28) - Lantaran kehabisan anggaran, Pemkot Jambi berencana untuk menyiapkan lokasi khusus bagi pasien Covid-19 berlabel orang tanpa gejala yang berstatus orang mampu. Dimana mereka nantinya akan diisolasi tanpa pembiayaan dari pemerintah.

Nonton berita lainnya di JAMBI28.TV

Buruh Anggap UU Cipta Kerja Merugikan dan Menindas Pekerja

JAMBI (SR28) - Dalam orasinya, para buruh dengan tegas menolak UU Omnibuslaw Cipta Kerja khususnya klaster ketenagakerjaan. Buruh menilai UU janggal tersebut dirasa sangat merugikan dan menindas para pekerja maupun buruh.

Catat Tanggalnya, Pemprov Jambi Kembali Gelar Pemutihan Jilid 2

JAMBI (SR28)- Pemprov Jambi kembali melaksanakan pemutihan pajak kendaraan tahap 2. Dalam pemutihan pajak tahap II ini Pemprov Jambi resmi menggelar pemutihan dari tanggal 1 Agustus sampai 30 November 2020.

Pemutihan tahap 2 ini dilakukan atas pertimbangan Gubernur Jambi Fachrori Umar yang prihatin melihat kondisi perekonomian masyarakat yang kian sulit saat pandemi ini.

Adapun untuk pemutihan tahap 2 ini, Pemprov Jambi menargetkan pendapatan pajak kendaraan bermotor diangka 30 Milyar. angka tersebut dinilai realistis mengingat target awal sebelum Covid 19 lalu adalah 120 Milyar.

"saat tahap 1 kemarin kita baru tercapai 90 milyar, kan target awal kita 120 milyar" terang Ahmad Subhan Kabid Pajak Daerah dan Dana Perimbangan ke awak media


Beberapa keringanan pajak kendaraan bermotor dengan ketentuan adalah menunggak Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) selama 2 tahun ke atas yang hanya dipungut pokok tunggakan satu tahun terakhir, dan satu tahun berjalan sesuai dengan jatuh tempo pajak.

"Selain itu bebas sanksi administrasi PKB, Bea Balik Kendaraan Bermotor, bebas Bea Balik Nama kendaraan bermotor II dan kendaraan lelang," tutupnya

Jurnalis Muhammad Sidik

Video News

- Advertisement -

Sabar Ya, Tahun 2021 Tidak Ada Kenaikan Upah

JAMBI - Keputusan untuk tidak menaikan UMP 2021 tersebut juga telah tertuang dalam surat keputusan Gubernur Jambi per tanggal 2 November 2020 lalu. Dan penetapan UMP tahun 2021 juga telah ditetapkan pemerintah melalui berbagai pertimbangan matang bersama serikat pekerja.

Siap Maju Di Pemilihan Ketua Umum Perbakin Jambi, Guntur: Sudah Saatnya Jambi Maju 2020-2024

JAMBI (SR28) - Nama HM Guntur Muchtar mulai mencuat, menjelang Musprov Perbakin Jambi, masa bhakti 2020-2024. Sosok yang tak asing lagi di Perbakin ini, merupakan putra daerah Jambi."Guntur kecil lahir di Jambi, pada 26 Juni 1976 silam. Sempat mengenyam pendidikan di Jambi, tepatnya di SMA Nusantara.

“Saya lahir dan besar di Jambi,”ujar nya,Saat mendeklarasikan dirinya untuk maju pada pemilihan Ketua Umum Perbakin Jambi, di hotel Kota Jambi, Minggu (18/10) sekira pukul 13.00,kemarin.

Dalam kesempatan nya, Guntur mengatakan sebagai calon Ketua Umum Perbakin Jambi, dia membawa visi melangkah bersama dan berprestasi, dan misi mengembalikan Jambi sebagai barometer olahraga menembak di Indonesia.

"Sudah waktunya (Perbakin) Jambi maju lagi,”seloroh Guntur.

"Niat untuk maju ini bukan untuk iseng atau main-main. Sebagai orang yang lahir dan besar di Jambi, dia merasa punya tanggungjawab untuk membesarkan Jambi, lewat Perbakin," paparnya.

Kehadiran Guntur pun rupanya tak sendirian. Saat ini, dari 11 klub yang ada, dia didukung tujuh klub. Antara lain, Cruiser Shooting Club, Rajawali Shooting Club, Jahti Shooting Club, Kota Sakti Shooting Club, Jaguar Shooting Club, Bina Lestari Shooting Club, dan Satria Kinayungan Shooting Club.

"Dukungan ini pun terlihat dari kehadiran para ketua dan anggota klub, pada deklarasi tersebut, "Klub-klub ini juga punya harapan besar, bahwa Guntur mampu membawa Perbakin Jambi ke arah yang lebih baik lagi," tandasnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, Perbakin membuka pendaftaran Bakal Calon Ketua Umum Perbakin Provinsi Jambi.

"Di buka dari 9 Oktober hingga 20 Oktober,” beber Saptono, Ketua Penjaringan Bakal Calon, didampingi Ketua Pelaksana Musprov, Zuwanda, Rabu (14/10).

Untuk persyaratan, mekanisme serta pengambilan formulir pendaftaran kata dia, dapat dilakukan di Sekretariat Perbakin Provinsi Jambi, Jalan Kapten Sujono Nomor 140, Kecamatan Kota Baru, pada jam kerja setiap hari.
Sebagai informasi, hak suara pada Pemilihan Ketua Umum Perbakin Provinsi Jambi masa bhakti 2020 – 2024 adalah pada klub–klub/perkumpulan menembak yang terdaftar resmi di bawah naungan Pengprov Perbakin Jambi. (Sabri)

Wisuda Unik ala Unama, Mahasiswa ‘Drive Thru’ Naik Andong

KOTA JAMBI - Sebuah video prosesi wisuda drive thru Universitas Dinamika Bangsa (Unama) Jambi menjadi perbincangan di jagat maya lantaran menaiki kendaraan unik. Di antaranya, para wisudawan menaiki kereta kuda atau andong, saat melangsungkan prosesi wisuda.

Momen unik para wisudawan ini banyak diabadikan dalam sebuah video hingga menjadi ramai diperbincangkan. Dari video yang beredar, para wisudawan terlihat mengenakan pakaian toga seperti biasa.

Dibobol Maling Dini Hari, Mini Market Merugi HIngga Rp84 Juta

KOTA JAMBI (SR28) - Salah satu gerai mini market Alfamart yang berada di lorong patimura kecamatan Alam Barajo, Kota Jambi berhasil disatroni maling. Setidaknya mini market tersebut harus menelan kerugian hingga Rp84 Juta.

Dibobol Maling Dini Hari, Mini Market Merugi HIngga Rp84 Juta

Dibobol Maling Dini Hari, Mini Market Merugi HIngga Rp84 Juta

Posted by JAMBI28 TV on Wednesday, September 16, 2020
Sebuah mini market dibobol maling, kerugian Rp84 Juta

Bupati Tanjabbar Bersama Danlanal Palembang Tanam Mangrove di Kawasan Pelabuhan Roro

KUALA TUNGKAL (SR28) - Bupati Tanjung Jabung Barat Dr. Ir. H. Safrial, MS bersama Danlanal Palembang Kolonel Laut (P) Filda Malari CTMP, tanam mangrove di kawasan Pelabuhan Roro, Jum'at (18/09). Hadir mendampingi Bupati, Forkopimda, Sekda, Asisten, Staf Ahli para kepala OPD serta Kabag di lingkup Sekretariat Daerah.

Diawali dengan sarapan bersama di Rumah Dinas Bupati bersama Sekda dan beberapa Kepala OPD, kemudian Bupati mengajak Danlanal menuju Pelabuhan Roro untuk melaksanakan penanaman mangrove. Bupati juga mengajak Danlanal meninjau Kantor Pos AL Kuala Tungkal yang merupakan hibah dari Pemkab Tanjab Barat.

Ditemui di sela pemantauan Pos AL, Bupati H. Safrial mengatakan penanaman Mangrove merupakan wujud kepedulian terhadap lingkungan terutama terhadap pengurangan estimasi gas rumah kaca atau lebih dikenal Global Warning.

"Mudah Mudahan dengan penanaman mangrove ini yang menurut teorinya dapat menyerap Karbondioksida,"ucap bupati Safrial.

Lebih lanjut Bupati menawarkan Danlanal untuk membuat Cabang Lanal Palembang di Tanjab Barat.

"Kalau bersedia Pemkab siap menyediakan lahan untuk pembangunan Lanal di Tanjab Barat, kita siapakan Kantor dan Rumah Dinas disini, harapan kami disini ditempatkan yang jabatannya setara Kapolres atau Dandim, minimal berpangkat Letkol sehingga komunikasi pengamanan pantai kita berjalan baik," harap Bupati.

Sementara Danlanal Palembang Kolonel Fildamalari mengatakan Lanal Palembang memiliki Daerah yang cukup luas dikarenakan Lanal Palembang memiliki 19 Pos, 2 Posal dan 17 Posmad.

"Akan sangat sulit jika hanya di pantau dari Palembang, penawaran pak Bupati tadi akan jadi pertimbangan kami untuk menempatkan perwakilan Danlanal Palembang disini yang berpangkat Minimal Letkol, sehingga akan memudahkan Koordinasi dan komunikasi dengan Forkopimda disini," tandasnya. (Sabri)

Pj Sekda Buka Rakor Karhutla

MERANGIN - Pj Sekda Merangin H Hendri Maidalef membuka rapat koordinasi (Rakor) pencegahan dan penangulangan kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) Merangin 2020 di Aula Bappeda Merangin, Rabu (22/7).

Dikatakan Pj Sekda, butuh peran serta semua lapisan masyarakat untuk pelaksanaan Karhutla. ‘’Mari bersama-sama kita jaga keutuhan hutan dan lahan kita dari kebakaran,’’pinta H Hendri Maidalef.

Untuk itu Pj Sekda minta, masyarakat untuk tidak membakar sampah sembarangan, apalagi membuka lahan dengan sistem membakar. Hal ini akan sangat membahayakan, pelakunya akan dikenakan sanksi hukum.

Sementara itu, Dandim 0420 Sarko Letkol Inf Tomi Radya Diansyah Lubis, selaku pimpinan Rakor Karhutla, mengajak semua eleman masyarakat  bersama-sama,  baik Pemerintah maupun pihak swasta, membantu dan mencegah Karhutla di Bumi Merangin.

‘’Karhutla adalah tugas kita semua. Kita sadar sarana dan prasarana yang kita miliki, banyak kelemahan. Oleh karena itu kita sangat berharap pihak swasta bisa ikut aktif dalam membantu kita,’’ujar Dandim.

Sedikit saja terdapat titik api di kawasan Kabupaten Merangin yang cukup luas ini jelas Dandim, akan terpantau oleh Satelit, sehingga dengan cepat masyarakat nasional dan internasional bisa tahu di Merangin ada titik api.

- Advertisement -

Music

Bupati Tanjabbar Tandatangani Nota Kesepahaman Bidang Hukum Perdata dan Tata Usaha Negara

KUALA TUNGKAL (SR28) - Bupati Tanjung Jabung Barat Dr. Ir. H. Safrial MS tanda tangani nota kesepahaman antara Pemkab Tanjab Barat dengan Kejaksaan Negeri Tanjab Barat terkait bidang hukum perdata dan tata usaha negara yang dilaksanakan di balai pertemuan kantor Bupati, Kamis (16/07).

Perjanjian kerjasama ini juga turut ditandatangani oleh beberapa Organisasi Perangkat Daerah di lingkup Tanjab Barat, antara lain Inspektorat, Bappenda, Dinas Perkebunan dan Peternakan, Dinas Kesehatan, Dinas Perkim, dan Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang.

Bupati Tanjung Jabung Barat Dr. Ir. H. Safrial MS dalam sambutannya mengatakan dalam upaya mempercepat dan memperlancar pembangunan di kabupaten Tanjab Barat, Kerjasama ini penting untuk mengoptimalkan penyelesaian permasalahan di bidang perdata dan tata usaha negara sehingga meningkatkan efektifitas penyelesaian perkara yang pada akhirnya bermuara pada kelancaran pembangunan di Kabupaten Tanjab Barat.

"Saya berharap bahwa percepatan pembangunan akan berjalan lebih efektif dan efesien dan kemakmuran masyarakat Tanjung Jabung Barat sebagaimana yang kita idam idamkan lebih cepat terwujud," ujarnya.

Bupati juga berharap dengan ditandatanganinya naskah kesepakatan ini, para Kepala OPD yang akan mengambil kebijakan terutama kebijakan menyangkut bidang perdata dan tata usaha negara, agar mengikuti peraturan berlaku dan terlebih dahulu meminta advice hukum kepada kejaksaan. Hal ini ditujukan agar dalam pelaksanaan kebijakan yang diambil tidak menjadi sengketa hukum dikemudian hari.

"Demikian juga apabila kebijakan yang telah diambil ternyata menimbulkan permaslahan hukum baik di bidang perdata maupun tata usaha negara yang memerlukan penangan secara profesional, agar para Kepala OPD segera mengkonsultasikan upaya penanganan permasalahan tersebut dengan pihak kejaksaan, jadikan kesepakatan yang kita buat ini sebagai dasar hukum untuk bekerjasama dengan jaksa sebagai pengacara Negara," tambahnya

Sebelum mengakhiri sambutanya Bupati menekan kan kepada para Pimpinan Perangkat Daerah di Kabupaten Tanjung Jabung Barat agar semaksimal mungkin memanfaatkan nota kesepahaman dalam rangka menciptakan aparatur pemerintah yang bersih dab berwibawa serta mewujudkan pengabdian sebagai abdi negara yang melayani.

Sementara itu, Kepala Kejaksaan Negeri Tanjab Barat Tri Joko, SH dalam sambutannya mengatakan Nota Kesepahamannya Bidang Hukum Perdata dan Tata Usaha Negara terdapat lima hal yang menjadi kewenangan Kejaksaan Negeri, diantaranya Penegakan Hukum, Bantuan Hukum, Pelayanan Hukum, Pertimbangan Hukum, dan Tindakan Hukum lainnya.

"Seperti yang disampaikan Kasi Datun tadi, jadi yang kita kerjasamakan hari ini yaitu dalam Bantuan Hukum, Pertimbangan Hukum dan tindakan hukum lainnya, manfaatkan lah institusi Kejaksaan ini, sebagai upaya menyelamatkan keuangan Negara dan meningkatkan Pendapatan Asli Daerah," ujarnya.

Sejalan dengan Bupati, Tri Joko SH juga berharap dengan dilaksanakannya perjanjian Kerja sama ini akan lebih meningkatkan sinergitas antara Kejaksaan Tanjab Barat dengan pemkab Tanjab Barat.

Turut hadir dalam acara ini, Sekretaris Daerah, Asisten, Staf Ahli, para Kepala OPD, Kepala Bagian lingkup Sekretariat Daerah, serta undangan lainnya. (Sabri)

H Al Haris: Merangin Segera Miliki UKK Imigrasi

MERANGIN - Kabupaten Merangin akan segara memiliki Unit Kerja Kantor (UKK) Imigrasi. Hal tersebut ditegaskan Bupati Merangin H Al Haris, usai menerima kunjungan kerja Kepala Devisi Keimigrasian Kanwil Kemenkum HAM Jambi Ny Morina Harahap bersama rombongan di ruang kerjanya, Selasa (14/7).

Bupati didampingi Wabup Merangin H Mashuri mengatakan, di Kabupaten Merangin ada juga tenaga kerja asing. Makanya ini harus diawasi betul, jangan sampai tenaga asing itu masuk ke wilayah Kabupaten Merangin tanpa ada pantau dari pihak terkait.

‘’Kabupaten Merangin dekat dengan Bandara Bungo dan letak geografisnya berada diperlintasan Jalan Lintas Sumatera, dimana volume orang dan barang yang melintasinya juga meningkat. Penduduk Kabupaten Merangin masuk tiga besar di Provinsi Jambi,’’terang Bupati.

Menyinggung apa yang sudah disiapkan untuk pendirian UKK Imigrasi? Dijelaskan bupati, untuk proses administrasinya sudah siap semua. Bahkan dokumen administrasi itu sudah dikirim ke Dirjen Imigrasi Kemenkum HAM.

‘’Kami sudah siap 100 persen. Jika nanti masih ada yang harus dilengkapi, akan segara kami siapkan. Saya juga siap untuk audiensi dengan Dirjen, membawa data pendudung untuk pembangunan UKK Imigrasi ini di Merangin,’’terang Bupati dibenarkan Wabup.

Bagaimana dengan fisik gedung rencana kantornya? Diterangkan bupati, Kepala Devisi Keimigrasian Kanwil Kemenkum HAM Jambi Ny Morina Harahap bersama rombongan dengan Wabup Merangin H Mashuri tadi telah memantau langsung lokasi rencana kantornya.

‘’Kita akan gunakan Kantor Samsat, karena di sana lokasinya cukup memadai, baik gedung, lahan parkir dan jaringan internetnya sudah siap pakai. Untuk Samsat nanti akan kita pindahkan ke lokasi lebih luas di eks Kantor Kehutanan Merangin,’’jelas Bupati kembali dibenarkan Wabup.

Sementara itu Kepala Devisi Keimigrasian Kanwil Kemenkum HAM Jambi Ny Morina Harahap mengatakan, kunjungan kerjanya ke Kabupaten Merangin bersama rombongan, untuk berkoordinasi dengan bupati terjadap permohonan pendirian UKK Imigrasi.

‘’Selain itu kami untuk meninjau rencana lokasi UKK Imigrasi di Merangin. Kami juga ingin tahu sejauh mana persiapan Kabupaten Merangin dalam pendirian UKK Imigrasi ini. Kita juga  berencana memanggil semua manager perusahaan di  Jambi untuk sosialisasi peraturan Imigrasi,’’terang  Ny Morina Harahap.

Pada kesempatan itu, Kepala Devisi Keimigrasian Kanwil Kemenkum HAM Jambi mengaku, sangat berterimakasih atas kesiapan dan respon yang sangat baik sekali dari Bupati  Merangin H Al Haris bersama Wabup H Mashuri terhadap rencana pendirian UKK Imigrasi di Merangin tersebut.

Pemkot Jambi Minta Perketat Protokol Kesehatan Seluruh ASN dan Tamu yang Berkunjung

KOTA JAMBI (SR28) - Pemkot Jambi menekankan agar seluruh OPD untuk tetap memperketat penerapan protokol kesehatan bagi seluruh ASN dan seluruh tamu yang berkunjung termasuk dengan tetap memberlakukan Work From Home (WFH).

Merinding! Makna Ibadah Haji dalam Persatuan Umat

Salah satu tujuan disyariatkan ibadah haji,yakni sebagai ajang berkumpulnya umat Islam dalam jumlah sangat besar pada waktu yang sama, di tempat yang sama dan melakukan hal yang sama, dengan pakaian yang sama, dan tujuan dan seruan yang sama, yakni:

“Labbaik Allahumma labbaik. Labbaik laa syarika laka labbaik. Innal hamda wan ni’mata laka wal mulk laa syarika lak (Aku penuhi panggilan-Mu, ya Allah, aku penuhi panggilan-Mu. Tidak ada sekutu bagi-Mu, aku penuhi panggilan-Mu. Sesungguhnya segala puji, nikmat dan kerajaan bagi-Mu. Tidak ada sekutu bagi-Mu).”

Amalan-amalan haji yang sangat agung ini mampu menyatukan segala perbedaan warna kulit, bahasa, asal negara, tingkat sosial, dan lain-lain. Juga,mampu menyatukan semuanya dalam satu kesatuan, sehingga semuanya merasa sebagai satu umat sebagaimana yang dikehendaki Allah, bukan berbagai umat seperti yang diinginkan musuh-musuh mereka.

Sport News

Pemkab Tanjab Barat Kembali Terima Setifikat Tanah Dari BPN

KUALA TUNGKAL (SR28)- Pemerintah Kabupaten Tanjung Jabung barat, melalui Bupati Dr. Ir. H. Safrial MS kembali terima sertifikat Tanah Aset Pemkab dari Badan Pertanahan Nasional (BPN) Tanjab Barat, Kamis (24/09).

Penyerahan Sertifikat tanah oleh kepala Kantor BPN yang diselenggarakan di Ruang Rapat Bupati ini, juga turut disaksikan oleh Sekda, Kepala BKAD, Jajaran Staf Kantor BPN Tanjab Barat, serta undangan lainya.

Bupati Dr. Ir. H. Safrial MS dalam sambutannya mengatakan tanah merupakan salah satu aset yang harus dikelola secara aman tanpa adanya persengketaan yang mungkin saja terjadi. Menurutnya, fungsi dari salah satu program strategis nasional pada bidang Pertanahan seperti Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) ini menjadi penting dalam upaya meminimalisir sengketa lahan.

"PTSL ini menjadi penting sebagai bukti kepemilikan tanah yang sah serta memberi kepastian hak atas kepemilikan tanah yang berkekuatan hukum yang secara otomatis akan memerangi sengketa yang terjadi," ujar Safrial.

Bupati juga sebutkan, pada tahun 2020 Pemerintah Kabupaten Tanjung Jabung Barat telah menerima sertifikat tanah dari kantor BPN Kabupaten Tanjung Jabung Barat sebanyak 1.190 buah.

"Sertifikat pendaftaran tanah sistematis lengkap sebanyak, 1.064 bidang/sertifikat, sertifikat hak pakai dengan rincian pemerintah Daerah Kabupaten Tanjung Jabung Barat sebanyak 60 sertifikat, kementerian agama 1 sertifikat, Kementerian PUPR 17 sertifikat, Kementrian Keuangan 10 sertifikat, Kantor Imigrasi 1 sertifikat dan tanah kas desa 3 sertifikat, sertifikat hak guna bangunan atas nama PT PLN 23 sertifikat, sertifikat tanah hak wakaf 11 sertifikat," sebutnya.

Selanjutnya, tanah Pemkab Tanjab Barat yang harusnya bersertifikat berjumlah 877 persil, yang sudah bersertifikat 408 persil, yang belum bersertifikat 469 persil terdapat 366 persil berkas tanah yang telah disampaikan ke kantor BPN yang belum terbit sertifikat nya, untuk itu atas nama Pemerintah Kabupaten Tanjung Jabung Barat Saya berharap progres persertifikat antara milik pemerintah daerah tersebut sepenuhnya dapat terealisasi pada akhir tahun 2020 ini," tambahnya.

Selanjutnya sebagai bentuk apresiasi atas sinergitas dan kerjasama yang baik selama ini, atas nama Pemerintah Kabupaten Tanjung Jabung Barat Bupati menyerahkan bantuan berupa pinjam pakai rumah dinas untuk Kantor Pertanahan Kabupaten Tanjung Jabung Barat dan hibah alat ukur Real Time Kinematic (RTK) sebanyak 2 buah.

"Semoga dengan bantuan ini hubungan baik antara Pemkab Tanjung Jabung Barat dengan kantor BPN Kabupaten Tanjung Jabung Barat semakin hangat dan harmonis"imbuhnya.

Sementara itu kepala BPN Tanjung Jabung Barat Taufik, SH, MH sampaikan apresiasi dan ucapan terimakasih kepada Pemkab Tanjab Barat atas bantuan dan kerja sama dan sinergitas selama ini terjalin baik.

"Semoga dengan bantuan ini kami lebih yakin dan mantab lagi untuk bekerja di Pemerintahan Kabupaten Tanjab barat dan Semakin melayani secara profesional dan terpercaya," timpalnya. (Sabri)

Gudang Penampungan Minyak Hangus Terbakar

KOTA JAMBI (SR28) - Kebakaran hebat melanda sebuah gudang pnampungan minyak yang diduga ilegal. Selain membakar satu minibus dan satu truk, api juga membakar sebuah rumah dan gudang rotan yang berada di sebelahnya.

Sekda : Ujung Jabung Kawasan Ekonomi Strategis Provinsi Jambi

JAMBI (SR28) - Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Jambi H.Sudirman,SH.MH mengemukakan, berdasarkan RTRW Nasional, wilayah Pantai Timur Provinsi Jambi (Ujung Jabung) termasuk dalam penetapan koridor ekonomi prioritas yang berbasis pada komoditi sektor unggulan wilayah. Hal itu dikemukakannya saat menghadiri Rapat Paripurna Istimewa Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Tanjung Jabung Timur dalam rangka Hari Ulang Tahun (HUT) ke-21 Kabupaten Tanjung Jabung Timur, di Ruang Sidang Gedung DPRD Kabupaten Tanjung Jabung Timur, Rabu (21/10/2020), dengan tema “Memperkuat dan Mendorong Ketahanan Ekonomi pada Masa  Pandemi Covid-19.”

Sidang istimewa DPRD Kabupaten Tanjung Jabung Timur dipimpin Ketua DPRD Kabupaten Tanjung Jabung Timur Mahrup. Turut dihadir Ketua Dharma Wanita Persatuan Provinsi Jambi Hj.Iin Kurniasih Sudirman, para unsur Forkopimda Kabupaten Tanjung Jabung Timur, para mantan Bupati Tanjabtim, dan para undangan lainnya.

Sekda menyampaikan, wilayah perairan laut Kabupaten Tanjung Jabung Timur merupakan bagian dari alur pelayaran kapal nasional dan internasional (ALKI I) dari utara ke selatan atau sebaliknya dan jalur perdagangan internasional menuju Singapura dan kawasan Asia Barat dan Eropa, sehingga dari sisi georafis daerah Tanjabtim sangat potensial untuk berkembang.

Sekda menjelaskan, Pemerintah Provinsi Jambi dalam Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) Provinsi Jambi tahun 2013-2033, telah menetapkan Kawasan Ujung Jabung sebagai Kawasan Ekonomi Strategis Provinsi Jambi yang nantinya akan menjadi pemicu pertumbuhan ekonomi lokal, regional, nasional dan internasional dengan didukung oleh outlet Pelabuhan laut Ujung Jabung.

“Saya yakin berbagai harapan dan upaya yang sedang dan akan dilaksanakan saat ini, akan dapat terwujud dan tercapai apa bila kita semua bahu membahu dan bersinergi dengan baik, insha Allah bisa terwujud,” ungkap Sekda.

Sekda mengungkapkan, tantangan yang dihadapi pemerintah kedepan semakin kompleks, untuk meningkatkan pembangunan ekonomi, mengentaskan kemiskinan, menciptakan lapangan pekerjaan, serta meningkatkan kualitas hidup masyarakat dan memperbaiki kualitas pendidikan dan kesehatan untuk mempersiapkan Generasi Emas Indonesia Tahun 2045.

Sekda mengatakan, sepanjang tahun 2020 semua aktivitas relatif tergangu, karena terbatasi dibawah bayangan pandemic Covid-19. Ia mengajak masyarakat yang berada di Kabupaten Tanjung Jabung Timur untuk bersama-sama konsisten melaksanakan protokol kesehatan dengan 3 M secara ketat memakai masker, mencuci tangan dengan air yang mengalir dan menjaga jarak. “Dengan komitmen bersamalah kita bisa keluar dari masa krisis akibat Covid-19 ini,” ujar Sekda.

“Kondisi pandemi Covid-19 jangan kita biarkan menjadi sebuah kemunduran. Saya yakin kita semua tidak berdiam diri, dan mengambil pelajaran dari masa krisis ini, diantaranya kebiasaan baru yang lebih tertib, sehat, serta lebih peduli lingkungan, sebagai momentum untuk mempersiapkan diri dan siap melakukan lompatan pada saat pemulihan pasca Covid-19 di masa era kebiasaan baru yang akan datang,” sambung Sekda.

Sekda juga menjelaskan, dalam waktu yang bersamaan pada masa pandemi ini, pemerintah juga menyelenggarakan agenda demokrasi nasional Pilkada Serentak Tahun 2020. ”Kita mengharapkan semua pelaksanaan pilkada berjalan dengan aman dan damai, itu semua ada di pundak kita semua, pilkada tidak semata-mata menjadi tujuan kita, tapi merupakan sebuah proses atau cara untuk memperoleh pemimpin terbaik dan berkualitas kedepan yang mendapat legitimasi rakyat. Mari kita sukukseskan dengan menjaga stabilitas keamanan dan ketertiban di daerah kita masing-masing, serta gunakan hak konstitusi kita pada tanggal 9 Desember 2020,“ terang Sekda.

Sudirman juga mengemukakan, masa pandemi ini bukanlah menjadi penghalang untuk membangun, untuk mendorong Pemerintah Kabupaten Tanjung Jabung Timur terus menggali dan mengembangkan potensi daerah yang produktif dan inovatif,” kata Sekda.

Sebelumnya, Penjabat sementara (Pjs) Bupati Tanjung Jabung Timur H.Varial Adhi Putra menyampaikan, sudah banyak upaya yang dilakukan oleh pemerintah daerah sejak awal terbentuknya Kabupaten Tanjab Timur saat ini untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Pjs Bupati Tanjung Jabung Timur mengatakan, HUT ini dilaksanakan secara sederhana dengan menerapkan Protokol Kesehatan.

Bupati mengatakan, dalam kurun waktu tiga tahun terakhir ini, kontribusi PDRB Kabupaten Tanjung Jabung Timur menunjukan trend positif, berkorelasi dengan peningkatan PDRB per kapita masyarakat dari Rp77,26 juta pada tahun 2017, mengalami kenaikan menjadi Rp81,82 juta pada tahun 2019.

- Advertisement -

Sambut Kunker Danlanal Palembang, Bupati Paparkan Program Strategis Kemaritiman

KUALA TUNGKAL (SR28) - Sambut langsung Kunjungan Kerja Komandan Pangkalan TNI Angkatan Laut (Danlanal) Palembang, Kolonel Laut (P) Filda Malari, CTMP di Kabupaten Tanjung Jabung Barat, Bupati Tanjung Jabung Barat Dr. Ir. H. Safrial MS  memaparkan capaian dan programnya dalam bidang kemaritiman, Kamis (17/09).

Dalam silaturahmi dan makan malam bersama Danlanal, Forkopimda dan Kepala OPD yang dilaksanakan di Rumah Dinas Bupati itu, Bupati juga sampaikan secara singkat tentang Kabupaten Tanjab Barat serta program-program yang telah dilaksanakan terutama di bidang kemaritiman.

"Kabupaten Tanjung Jabung Barat berada di pesisir timur dan sekaligus menjadi pintu gerbang laut Provinsi Jambi. Terdiri dari berbagai kultur etnis dan agama, namun tetap hidup berdampingan dengan damai. Kami punya kelurahan kerukunan umat beragama dan kampung pancasila," ujar Safrial mengawali sambutan.

Lanjut Bupati,"Sebagai sekretariat pengelolaan pantai timur sumatera kami juga gerakkan daerah pesisir timur untuk menanam mangrove. Pada tanggal 26 Juni 2020 juga sudah diresmikan penggunaan gedung baru Pos TNI AL Kuala Tungkal sekaligus penyerahan simbolis Barang Milik Daerah (BMD) dari Pemkab Tanjab Barat ke Pangkalan TNI AL Palembang senilai 1,9 milyar," tambahnya.

Bupati Safrial juga berharap rencana strategisnya untuk membangun Pangkalan TNI AL di Kuala Tungkal bisa terwujud.

"Mengingat letak strategis Tanjab Barat, kami berharap Bapak Danlanal dapat melakukan kanjian mendalam tentang rencana ini dan Pemkab siap mendukung rencana tersebut. Kami sudah siapkan lahan 2 hektar untuk Lanal dan 2 hektar untuk Bakamla," jelas Bupati penuh semangat.

Sementara Komandan Pangkalan TNI AL dalam sambutannya mengungkapkan kunjungan kerjanya ke Tanjab Barat karena Jambi merupakan bagian Lanal Palembang. Sebagai pejabat baru dirinya harus tahu wilayah yang jadi tanggung jawab Lanal Palembang. Dengan kunker ini Danlanal berharap bisa lebih dekat dengan pejabat di Tanjab Barat.

"Dengan kunker ini Lanal Palembang berusaha maksimal membangun negeri," ujarnya.

Turut hadir dalam jamuan makan malam bersama Danlanal, Dandim 0419/Tanjab Letkol Inf Erwan Susanto, Kapolres AKBP Guntur Saputro, S.IK, MH, Sekda Ir. Agus Sanusi, M.Si, Kepala OPD lingkup Pemkab Tanjab Barat. (Sabri)

Perselingkuhan Via Medos Warnai Perceraian PNS di Kota Jambi

KOTA JAMBI (SR28) - Bukan hanya warga masyarakat biasa, tahun 2020 juga diwarnai banyak perceraian PNS. Sejauh ini Pengadilan Agama Jambi mencatat setidaknya ada 56 kasus perceraian PNS hingga bulan Agustus 2020 dengan latar belakang utama terjadinya perselingkuhan.

Perceraian karena perselingkuhan meningkat

Satu Bulan Pemutihan Pajak Kendaraan Jilid 2, Pendapatan Daerah Jambi Capai Rp16 Milyar

KOTA JAMBI (SR28) - Berdasarkan catatan Badan Keuangan Daerah Provinsi Jambi. Baru dilaksanakan satu bulan lebih, penerimaan pendapatan Provinsi Jambi melalui sektor pemutihan pajak kendaraan bermotor untuk yang kedua kalinya pada tahun 2020 ini sudah mencapao angka Rp16 Milyar.

Satu Bulan Pemutihan Pajak Kendaraan Jilid 2, Pendapatan Daerah Jambi Capai Rp16 Milyar

Satu Bulan Pemutihan Pajak Kendaraan Jilid 2, Pendapatan Daerah Jambi Capai Rp16 Milyar

Posted by JAMBI28 TV on Friday, September 18, 2020
Sumber: JAMBI28.TV

Cegah Penularan Corona, Unama Jambi Gelar Wisuda Secara Drive Thru

KOTA JAMBI - Dimasa pandemi corona yang rawan penularan membuat wisuda konvensional seperti tahun-tahun yang lalu mustahil dilaksanakan. Universitas Dinamika Bangsa (Unama) Jambi punya cara tersendiri untuk menggelar wisuda, yakni dengan menggunakan cara Drive Thru. Tidak hanya menggunakan mobil, wisudawan juga ada yang menggunakan motor.

TV

Rapat Pleno KPU Tanjab Barat Pastikan Tiga Paslon Sahabat Maju Pilbub Tanjab Barat

KUALA TUNGKAL (SR28) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Tanjab Barat menggelar rapat pleno penetapan pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Tanjung Jabung Barat tahun 2020 di Aula Kantor KPU Tanjab Barat, Rabu (23/9).

Ketua KPU Tanjab Barat, Hairuddin menjelaskan dari hasil rapat pleno tersebut sebanyak tiga bakal pasangan calon (Balon) ditetapkan dan di pastikan sebagai pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Tanjab Barat periode 2021-2024 yang dinyatakan memenuhi persyaratan untuk mengikuti Pilkada serentak 2020.

"Tiga pasangan bakal calon Bupati dan wakil bupati yang ditetapkan adalah, pasangan Muklis-Supardi,pasangan Anwar Sadat-Hairan, dan
pasangan Mulyani Siregar-M Amin sebagai pasangan calon Bupati dan wakil bupati Tanjab Barat pada Pilkada 2020," ujar Ketua KPU.

Usai ditetapkan, KPU bakal menggelar tahapan pengundian nomor urut pada hari Kamis (24/09) mendatang yang rencananya di lakukan di aula Tungkal Hotel, Jalan Panglima Camar, Kec. Tungkal Ilir,pelaksanaan pengundian bakal mengedepankan dengan protokol kesehatan dengan membatasi jumlah peserta yang hadir saat penetapan.

"Yang boleh masuk adalah pasangan kandidat, perwakilan tim kampanye, dan  LO Partai Koalisi," ujarnya. (Sabri)

Bupati Tanjabbar Safrial Hadiri Peresmian Mushola Fakultas Perternakan UNJA

JAMBI (SR28) - Bupati Tanjung Jabung Barat DR. Ir. H.Safrial yang juga merupakan civitas akedemika dan Alumni Fakultas Pertenakan Universitas Jambi (UNJA) menghadiri acara Peresmian Musholla Fakultas Perternakan Universitas Jambi, Selasa (11/08). Peresmian musholla ditandai dengan pengguntingan pita oleh Safrial.

Dalam Peresmian mushola ini juga turut dihadiri langsung oleh Rektor Universitas Jambi Prof. Drs. Sutrisno, M. Si, para Dekan Kampus, Dosen, Anggota Komis III DPRD Provinsi Ahmad Fauzi, serta Mahasiswa Fakultas perternakan Universitas Jambi.

Bupati Safrial dalam sambutannya menyampaikan mushola sangat penting terutama sebagai sarana ibadah kepada Allah SWT. Menurutnya, selain bekal ilmu pengetahuan dan teknologi, generasi muda juga perlu dibekali dengan iman dan taqwa.

"Kami di Tanjab Barat, juga berupaya menciptakan generasi muda yang tidak hanya berilmu pengetahuan dan Teknologi (Iptek), namun juga dibekali Iman Taqwa (Imtaq)," ujar Safrial saat berikan sambutan.

Safrial juga mengajak kepada Alumni Fakultas Peternakan Universitas Jambi untuk mengajarkan generasi muda tidak takut berkecimpung dalam dunia peternakan. Lebih lanjut, Safrial juga sampaikan terkait adanya program hibah ternak yang menurutnya perlu adanya kerjasama dengan Fakultas Peternakan dalam pelaksanaannya.

"Kami sekarang ada Program Hibah Ternak, keinginan saya fakultas perternakan terlibat dalam hal itu, karena dampaknya cukup bagus.”Ini akan kami hibah ke Bumdes dan Petani sebagai upaya Pemkab dalam  mendorong ketahanan pangan Tanjab Barat," tandas Safrial.

Sementara itu diwaktu yang berbeda dan ditempat yang sama Rektor Unja Prof. Drs. Sutrisno, M. Si dalam sambutan nya mengucapkan terima kasih  dan apresiasi  Kepada para Alumni Fakultas Peternakan atas atas partisipasi dan kontribusi dalam Pembangunan Mushola.

Sejalan dengan Bupati, menurutnya sarana ibadah seperti musholla, merupakan hal penting dalam rangka pembentukan moral generasi muda,” pungkasnya.

Dalam kesempatan ini, Bupati Tanjab Barat juga serahkan bantuan guna penyelesaian pembangunan musholla Fakultas Peternakan Universitas Jambi. (Sabri)

Syafril Nursal Hadiri Sidang Ujian Promosi Doktor

JAMBI  (SR28)- Calon Wakil Gubernur Jambi Syafril Nursal menghadiri sidang ujian promosi doktor bidang ekonomi, Sekjen Ikatan Alumni SMP Negeri 7 Kota Jambi Sesraria Yuvanda, Di ruang sidang prodi doktor Ekonomi Pascasarjana Universitas Jambi, Telanai Pura, Kota Jambi, Rabu 21/10/20.

Kehadiran Syafril Nursal selaku Ketua Ikatan Alumni SMP Negeri 7 Kota Jambi. Ia mengatakan kehadirannya untuk memenuhi undangan sahabat sejawatnya Sesraria Yuvanda. Syafril tampak datang lebih awal dari jadwal, ia tampak menyimak dan meperhatikan proses sidang disertasi tersebut dengan sesekali mencatat poin pentingnya.

"Alhamdulillah bisa memenuhi undangan sahabat saya Ibu Sesraria Yuvanda. Selamat kepada ibu Sesraria Yuvanda atas ujian promosi doktor bidang ekonomi," ujar Syafril sebelum sidang ujian dimulai.

Dalam Disertasinya, Sesraria Yuvanda yang juga dosen di Universitas Muhammadiyah Jambi ini mengangkat judul 'strategi pengembangan industri kecil menengah pangan unggulan di Provinsi Jambi'.

"Insya Allah pemikiran, ide dan gagasan beliau bisa bermanfaat untuk orang banyak, khususnya untuk masyarakat Provinsi Jambi," ujarnya.

Pelaksanaan ujian dilakukan dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat. Sampai berita ini di tayangkan, proses sidang ujian promosi doktor masih berlangsung. *

Bupati Ingatkan PNS Dan Honorer Jaga Netralitas Dalam Pilkada

KUALA  TUNGKAL (SR28) - Bupati Tanjung Jabung Barat, melalui Asisten Administrasi Umum, Jeter Simamora, S.IP mengingatkan seluruh PNS dan Tenaga Honorer agar tidak terlibat politik praktis. Dalam gelaran Pilkada Serentak 2020 ASN dan Non ASN diminta fokus dalam melaksanakan fungsi pelayanan publik. Hal ini disampaikan Jeter Simamora saat mewakili Bupati dalam Kampanye Virtual, Gerakan Nasional Netralitas (GNN) ASN lewat Zoom Meeting di Ruang Rapat Bupati, Rabu (7/10).

Jeter berpesan agar Kepala OPD di lingkup Pemkab Tanjab  Barat mempedomani dan melaksanakan SKB Pimpinan Lima (5) Lembaga terkait Netralitas ASN. "Lima lembaga negara mulai dari Menpan RB, Mendagri, Kepala BKN, Ketua Bawaslu dan Ketua Komisi ASN telah mengeluarkan Surat Keputusan Bersama terkait pengawasan Netralitas ASN. Bupati meminta semua kepala OPD mempedomani dan melaksanakannya. Seluruh ASN dan Non ASN di lingkup kerjanya benar-benar diingatkan agar tetap netral dan tidak terlibat dalam politik praktis,"imbuhnya.

Lanjut Jeter dalam SKB 5 Lembaga tersebut terdapat sanksi yang tegas bagi ASN dan Non ASN yang tidak netral. Khusus PNS juga ada Undang-Undang ASN Tahun 2014 dan juga PP 53 Tahun 2010 yang mengatur tentang Disiplin PNS. Untuk itu setiap ASN diharapkan untuk fokus dalam melaksanakan tugas dan fungsi sehingga pelayanan publik tidak terabaikan."tambah nya.

Sebelumnya Wakil Presiden RI, Prof. Dr. (H.C.) K.H. Ma'ruf Amin saat membuka kegiatan Kampanye Virtual GNN-ASN menyampaikan netralitas ASN merupakan faktor penentu keberhasilan Pilkada Serentak 2020.

"Wapres meminta pelaksanaan Pilkada harus dilakukan secara terbuka, akuntabel, berintegritas dan netral. Dalam UU No. 5/2014 tentang ASN disebutkan jelas bahwa penyelenggaraan kebijakan dan manajemen ASN didasarkan pada asas netralitas," tandasnya.

Sementara Ketua Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) Prof. Agus Pramusinto M.D.A selaku penyelenggara kegiatan melaporkan Kampanye Virtual GNN-ASN merupakan upaya bersama untuk mewujudkan netralitas ASN dalam penyelenggara Pilkada Serentak.

"Pelanggaran netralitas ASN dalam pilkada akan menjadi pintu masuk adanya gangguan birokrasi dan pelanggaran hukum. Sampai saat ini dalam pilkada serentak 2020 sudah ada 694 kasus yang dilaporkan ke KASN. Dari laporan tersebut 492 kasus melanggar,dan 256 sudah ditindaklanjuti Pejabat Pembina Kepegawaian," paparnya.

Dalam kampanye virtual ini dibacakan Ikrar Netralitas ASN pada Pilkada Serentak 2020 yang diikuti seluruh peserta kampanye. Hadir sebagai pemateri Ketua Komisi II DPR RI Ahmad Doli Kurnia, Ketua KPK RI Firli Bahuri, Peneliti Senior LIPI Siti Zuhro dan Gubernur Sumbar Irwan Prayitno.

Ikut serta dalam Kampanye Virtual GNN-ASN mendampingi Asisten III, Kepala BKPSDM Gatot Suwarso, SH, MM dan Inspektur Drs. Encep Jarkasih. (Sabri)