Jumat, Januari 22, 2021

KPU Tanjabbar Tetapkan Uas-Haira Calon Bupati Dan Wakil Bupati Terpilih Pemilu Serantak 2020

KUALA TUNGKAL (SR28) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kab.Tanjab Barat Gelar Rapat Pleno Terbuka Penetapan Bupati dan Wakil Bupati Terpilih Hasil...

Pembangunan Jalan Mayang RT.09 Baru Sebulan Selesai Sudah Menimbulkan Debu

KUALA TUNGAKAL (SR28) – Pembangunan atau peningkatan Jalan Mayang Rt.09 di Kelurahan Sungai Nibung, Kecamatan Tungkal Ilir, Kabupaten Tanjab Barat oleh Dinas...

Polisi Tangkap Kakek Dan Cucu Pemilik 3 Hektare Ladang Ganja

Klik video dibawah untuk nonton berita selengkapnya. https://www.youtube.com/watch?v=RUbDdYV04x8&feature=emb_title

Penumpang Angkot Hanya Bayar 200 Rupiah, Supir : Tak Usah Bayar

Klik video dibawah untuk menonton berita selengkapnya. https://www.youtube.com/watch?v=5cO4INqitE4&feature=emb_title

Technology

Pemkab Tanjab Barat Kembali Terima Setifikat Tanah Dari BPN

KUALA TUNGKAL (SR28)- Pemerintah Kabupaten Tanjung Jabung barat, melalui Bupati Dr. Ir. H. Safrial MS kembali terima sertifikat Tanah Aset Pemkab dari Badan Pertanahan Nasional (BPN) Tanjab Barat, Kamis (24/09).

Penyerahan Sertifikat tanah oleh kepala Kantor BPN yang diselenggarakan di Ruang Rapat Bupati ini, juga turut disaksikan oleh Sekda, Kepala BKAD, Jajaran Staf Kantor BPN Tanjab Barat, serta undangan lainya.

Bupati Dr. Ir. H. Safrial MS dalam sambutannya mengatakan tanah merupakan salah satu aset yang harus dikelola secara aman tanpa adanya persengketaan yang mungkin saja terjadi. Menurutnya, fungsi dari salah satu program strategis nasional pada bidang Pertanahan seperti Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) ini menjadi penting dalam upaya meminimalisir sengketa lahan.

"PTSL ini menjadi penting sebagai bukti kepemilikan tanah yang sah serta memberi kepastian hak atas kepemilikan tanah yang berkekuatan hukum yang secara otomatis akan memerangi sengketa yang terjadi," ujar Safrial.

Bupati juga sebutkan, pada tahun 2020 Pemerintah Kabupaten Tanjung Jabung Barat telah menerima sertifikat tanah dari kantor BPN Kabupaten Tanjung Jabung Barat sebanyak 1.190 buah.

"Sertifikat pendaftaran tanah sistematis lengkap sebanyak, 1.064 bidang/sertifikat, sertifikat hak pakai dengan rincian pemerintah Daerah Kabupaten Tanjung Jabung Barat sebanyak 60 sertifikat, kementerian agama 1 sertifikat, Kementerian PUPR 17 sertifikat, Kementrian Keuangan 10 sertifikat, Kantor Imigrasi 1 sertifikat dan tanah kas desa 3 sertifikat, sertifikat hak guna bangunan atas nama PT PLN 23 sertifikat, sertifikat tanah hak wakaf 11 sertifikat," sebutnya.

Selanjutnya, tanah Pemkab Tanjab Barat yang harusnya bersertifikat berjumlah 877 persil, yang sudah bersertifikat 408 persil, yang belum bersertifikat 469 persil terdapat 366 persil berkas tanah yang telah disampaikan ke kantor BPN yang belum terbit sertifikat nya, untuk itu atas nama Pemerintah Kabupaten Tanjung Jabung Barat Saya berharap progres persertifikat antara milik pemerintah daerah tersebut sepenuhnya dapat terealisasi pada akhir tahun 2020 ini," tambahnya.

Selanjutnya sebagai bentuk apresiasi atas sinergitas dan kerjasama yang baik selama ini, atas nama Pemerintah Kabupaten Tanjung Jabung Barat Bupati menyerahkan bantuan berupa pinjam pakai rumah dinas untuk Kantor Pertanahan Kabupaten Tanjung Jabung Barat dan hibah alat ukur Real Time Kinematic (RTK) sebanyak 2 buah.

"Semoga dengan bantuan ini hubungan baik antara Pemkab Tanjung Jabung Barat dengan kantor BPN Kabupaten Tanjung Jabung Barat semakin hangat dan harmonis"imbuhnya.

Sementara itu kepala BPN Tanjung Jabung Barat Taufik, SH, MH sampaikan apresiasi dan ucapan terimakasih kepada Pemkab Tanjab Barat atas bantuan dan kerja sama dan sinergitas selama ini terjalin baik.

"Semoga dengan bantuan ini kami lebih yakin dan mantab lagi untuk bekerja di Pemerintahan Kabupaten Tanjab barat dan Semakin melayani secara profesional dan terpercaya," timpalnya. (Sabri)

- Advertisement -

Brakkk! Bus VS Truk Tangki Adu Kambing di Jalan Lintas Timur Jambi-Riau

KUALA TUNGKAL (SR28) - Kecelakaan lalulintas kembali terjadi di wilayah Kabupaten Tanjung Jabung Barat, tepatnya dijalan lintas timur, Jambi-Riau tepatnya di Km 82 Merlung, Jum’at (25/9/20) kemarin. Kecelakaan terjadi antara Bus PT Kita Bersama tujuan Medan dengan Truk Tangki tujuan Jambi.

Akibat kejadian tersebut, 2 orang mengalami luka berat, sementara 6 lainnya luka ringan. Sedangkan bus beradu muka dengan truk tangki hingga kondisinya sama-sama rusak parah dan terpental melintang di tepi jalan.

Kapolres Tanjabbar AKBP Guntur Saputro melalui kasat Lantas IPTU Eko Sutoyo, SH membenarkan peristiwa itu.

"Kecelakaan antara bus Kita Bersama dengan Truck Tangki kejadian ini sekitar pukul 15.30 WIB di KM 82,” ujar Kasat saat dikonfirmasi via telpon.

Eko menyebutkan bahwa kronologi kejadian bus Kita Bersama tujuan Medan dari arah berlawanan. Saat kejadian kondisi jalan usai hujan sehingga kondisi jalan licin. Selain itu, kondisi jalan yang menanjak dan menikung juga menjadi salah satu faktor diduga terjadinya kecelakaan itu.

"Kondisi jalan agak licin dan menikung, dengan kondisi tak terkendali maka tabrakan pun tak terhindarkan lagi,” ujar Eko.

Akibat kecelakaan tersebut didapati korban 8 orang, 2 orang mengalami luka berat, 6 luka ringan. Korban telah dibawa ke tempat medis disekitar lokasi dengan menggunakan mobil ambulan. (Sabri)

Belasan Santri di Ponpes Al Hidayah Jambi Positif Covid-19

KOTA JAMBI (SR28) - Sebanyak 16 santri di pondok pesantren Al Hidayah Kota Jambi terkonfirmasi positif Covid-19 berdasarkan data yang telah dirilis satgas penanganan Covid-19 Provinsi Jambi.

Pasien Corona Dilarang Isolasi Mandiri Dirumah

JAMBI (SR28) - Pemprov Jambi mengeluarkan kebijakan terbaru untuk melarang pasien corona menjalani isolasi mandiri di rumah. Bahkan, pemerintah saat ini sedang mendata para pasien tersebut untuk dijemput.

Fachrori Apresiasi Langkah Baznas Bantu Masyarakat Terdampak Covid-19

JAMBI (SR28) - Gubernur Jambi Dr.Drs.H.Fachrori Umar.M.Hum mengemukakan dirinya sangat mengapresiasi langkah Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Provinsi Jambi yang membantu masyarakat yang tidak mampu yang sangat terdampak Covid-19. Hal itu disampaikannya saat Penyerahan Bantuan dari Baznas Provinsi Jambi kepada Masyarakat yang sangat Terdampak Covid-19 di Nipah Panjang Kabupaten Tanjung Jabung Timur, Rabu (29/07/2020).

Sebanyak 300 (tiga ratus) paket sembako dibagikan kepada mustahiq agar dapat meringankan beban ekonomi masyarakat yang sangat terdampak pandemi Korona.

Sebelumnya, gubernur meninjau Lapas Kelas III B Muara Sabak dan menyerahkan satu set bola kaki dan bola voli, serta meninjau Kampung Asimilasi dan Edukasi Kepompong di lapas tersebut, dilanjutkan peninjauan Pondok Pesantren Al-Hidayah Rantau Rasau. Pada kesempatan ini Fachrori menyerahkan bantuan pribadi.

Fachrori menyampaikan ucapan terima kasih kepada Baznas Provinsi Jambi yang telah penuh perhatian kepada masyarakat, serta berharap agar Baznas meningkatkan peran dan fungsinya dalam pelayanan optimalisasi zakat, sehingga zakat dapat menjadi stimulan dalam menggerakkan keswadayaan masyarakat, guna mengurangi beban masyarakat dalam menghadapi pandemi Covid-19.

“Sebagaimana kita ketahui bahwa zakat merupakan ibadah wajib bagi umat Islam, ibadah zakat tidak saja menyangkut hubungan hamba dengan Rabb-nya, tetapi mengandung nilai-nilai sosial yang mengatur hubungan sesama manusia. Mengingat arti penting ibadah zakat begitu banyak dalil didalam Al-Qur’an maupun hadis-hadis Nabi Sholallahu’alaihi Asallam yang menekankan kewajiban berzakat diantaranya firman Allah Subhanathu Wa Taala dalam surat At-Taubat ayat 103 dan surat Al-Baqarah ayat 43,” ujar Fachrori.

Facrori menjelaskan, zakat merupakan filantropi Islam yang tidak ditemukan dalam ajaran agama lain sebagai bentuk kedermawanan. “Zakat menanamkan nilai-nilai kemanusiaan dan rasa tanggung jawab sosial terhadap nasib sesama insan. Selain kedermawanan, zakat juga mendidik umat muslim untuk tidak egois dan kikir dalam mengelola harta titipan Allah, karena harta yang ada dengan kita hakekatny aadalah hak orang lain yang disalurkan melalui tangan kita, peran yang kita jalankan hanyalah mendisrtibusikan harta tersebut. Sunguh merupakan sebuah kemuliaan jika kita ditakdirkan sebagi penyalur rezeki kepada makluk-makluk Allah,” tutur Fachrori.

Fachrori mengatakan, pandemi Covid-19 saat ini menimbulkan banyak problematika akibat adanya pembatasan aktivitas di hampir seluruh daerah di Indonesia termasuk Provinsi Jambi. Fachrori berharap dengan adanya bantuan ini dapat membantu meringankan beban ekonomi masyarakat saat pandemi yang melanda dunia.

Sebelumnya, Wakil Bupati Tanjung Jabung Timur Robi Nahliansyah menyampaikan, atas nama Pemerintah Kabupaten Tanjung Jabung Timur mengucapkan terima kasih kepada Baznas Provinsi Jambi yang telah penuh perhatian kepada masyarakat di Tanjung Jabung Timur, dan turun langsung menyerahkan bantuan sembako kepada masyarakat yang sangat terdampak Covid-19. “Suatu kehormatan bagi kita semua karena langsung diantar dan Gubernur Jambi langsung turun ketengah masyarakat,” yngkap Wakil Bubati Tanjabtim.

“Pemerintah Kabupaten Tanjung Jabung Timur terus berupaya bekerja sama dengan tim gabuanga Covid-19 dan terus mengimbau masyarakat dalam melaksanakan aktivitas sehari-hari selalu melakukan sesuai dengan anjuran protokol kesehatan yaitu mencuci tangan, pakai masker, jaga jarak dimanapun kita berada,” sambung Robi.

Ketua Bazans Provinsi Jambi Hasan Basri menyampaikan ucapan terima kasih kepada Gubernur Jambi yang langsung turun ketengah masyarakat yang sedang memerlukan bantuan. “Baznas mempunyai banyak program untuk membantu masyarakat terutama fakir miskin dan para pedagang kecil. Baznas akan terus berkoordinasi dengan tim gugus tugas dalam upaya membantu pemerintah dalam percepatan penaggulangan dampak Covid-19. (Muhammad Sidik)

Latest News

Bikin Panik Angin Puting Beliung Terjang Waduk Gajah Mungkur Di Wonogiri

Klik video dibawah untuk menonton berita selengkapnya. https://www.youtube.com/watch?v=IjhNWnaBWIM&feature=emb_title

Bupati Tanjabbar Hadiri Acara Peresmian Koramil 419-03 Tungkal Ilir

KUALA TUNGKAL (SR28) - Bupati Tanjab Barat Dr.Ir.H.Safrial didampingi Wabup Drs.H.Amir Sakib Kamis (21/01/21) Hadiri Acara Peresmian Kantor Koramil 419-03 Tungkal Ilir...

Satpam Tenggelam Di Sugai Batanghari Ditemukan Tanpa Nyawa

Klik video dibawah untuk menonton berita selengkapnya. https://www.youtube.com/watch?v=g5NM1l0TCu0&feature=emb_title

Belum Ada Sanksi Bagi Masyarakat Jambi Yang Menolak Divaksinasi

Klik video dibawah untuk menonton berita selengkapnya. https://www.youtube.com/watch?v=p4ya9PKXxPo&feature=emb_title

Tak Gunakan Masker, 20 Orang Warga Kota Jambi Terjaring Operasi Yustisi

Klik video dibawah untuk nonton berita selengkapnya. https://www.youtube.com/watch?v=QF_Kz28jfKE&feature=emb_title

Music

Wisata Danau Sipin Sepi Pengunjung, Penyewa Perahu Gigit Jari

KOTA JAMBI (SR28) - Sepinya wisatawan di Kota Jambi menjadi keluhan tersendiri bagi para pennyewa perahu ketek di kawasan wisata danau sipin. Pasalnya, pendapatan mereka jauh merosot dari pekan libur panjang biasanya.

Brakkk! Bus VS Truk Tangki Adu Kambing di Jalan Lintas Timur Jambi-Riau

KUALA TUNGKAL (SR28) - Kecelakaan lalulintas kembali terjadi di wilayah Kabupaten Tanjung Jabung Barat, tepatnya dijalan lintas timur, Jambi-Riau tepatnya di Km 82 Merlung, Jum’at (25/9/20) kemarin. Kecelakaan terjadi antara Bus PT Kita Bersama tujuan Medan dengan Truk Tangki tujuan Jambi.

Akibat kejadian tersebut, 2 orang mengalami luka berat, sementara 6 lainnya luka ringan. Sedangkan bus beradu muka dengan truk tangki hingga kondisinya sama-sama rusak parah dan terpental melintang di tepi jalan.

Kapolres Tanjabbar AKBP Guntur Saputro melalui kasat Lantas IPTU Eko Sutoyo, SH membenarkan peristiwa itu.

"Kecelakaan antara bus Kita Bersama dengan Truck Tangki kejadian ini sekitar pukul 15.30 WIB di KM 82,” ujar Kasat saat dikonfirmasi via telpon.

Eko menyebutkan bahwa kronologi kejadian bus Kita Bersama tujuan Medan dari arah berlawanan. Saat kejadian kondisi jalan usai hujan sehingga kondisi jalan licin. Selain itu, kondisi jalan yang menanjak dan menikung juga menjadi salah satu faktor diduga terjadinya kecelakaan itu.

"Kondisi jalan agak licin dan menikung, dengan kondisi tak terkendali maka tabrakan pun tak terhindarkan lagi,” ujar Eko.

Akibat kecelakaan tersebut didapati korban 8 orang, 2 orang mengalami luka berat, 6 luka ringan. Korban telah dibawa ke tempat medis disekitar lokasi dengan menggunakan mobil ambulan. (Sabri)

Bertambah Positif Covid-19 di PT PetroChina, Jubir Gugus Tugas Sebut Penutupan Sementara Akan Dikaji

KUALA TUNGKAL (SR28) - Terkait belasan orang karyawan PT. Petrochina yang positif terkena covid-19 (korona) hingga kini perusahaan tersebut masih mempekerjakan karyawan hal tersebut menimbulkan tanda tanya dikalangan masyarakat Tanjab Barat.

Jubir gugus Tugas Covid-19 H. Taharuddin ketika dikonfirmasi melalui ponselnya terkait belasan orang karyawan PT. Petro China posiitf Covid-19 membenarkan hal tersebut, namun ketika ditanyakan akankah ada upaya penutupan terhadap perusahaan tersebut, pihaknya masih mengkaji terleih dahulu.

"Kita masih mempelajari dan mengkaji hal itu, akan tetapi saat ini kita minta perusahaan tersebut mengikuti protokol kesehatan, dan itu sudah dilakukan, saat pihak perusahaan masih melakukan tes sweb dengan mengandek pihak Rumah Sakit Seloam Jambi," ujar H. Taharuddin, Senin (27/7/2020).

Taharuddin juga menjelasan positifnya belasan karyawan PT. Petrochina saat ini, menurutnya tidak menutupi kemungkinan akan terus bertambah, karena saat ini pihak perusahaan masih melakukan test swab kepada semua karyawan di perusahaan tersebut.

Terhadap masyarakat sekitar Desa pematang Lumut, Gugus Tugas menghimbau untuk mengikuti imbauan Tim Gugus Tugas Covid-19 Tanjab Barat dengan mengurangi perkumpulan jam malam, gunakan masker bila keluar rumah, cuci tangan pakai sabun.

"Hal tersebut harus masyarakat lakukan demi menjaga dan memutus mata rantai penyebaran Covid-19," pungkasnya. (Sabri)

Fachrori Umar Support Budidaya Mangrove di Tanjung Jabung Barat

KUALA TUNGKAL (SR28) – Gubernur Jambi Dr.Drs.H.Fachrori Umar.M.Hum menegaskan bahwa hutan mangrove harus dilestarikan karena manfaatnya sangat penting, baik untuk menjaga ekosistem air dan fauna dalam ekosisten tersebut maupun manfaat terhadap udara, karena memiliki kemampuan menyimpan karbon 5 kali lebih baik dari hutan daratan, serta dapat mereduksi besarnya gelombang tsunami. Fachrori mengajak masyarakat dan semua pemangku kepentingan untuk bersama-sama melestarikan hutan mangrove. Hal tersebut disampaikan Fachrori dalam Peringatan Hari Mangrove se Dunia Tingkat Provinsi Jambi Tahun 2020, bertempat di Pelabuhan Roro Kuala Tungkal, Kabupaten Tanjung Jabung Barat, Senin (03/08/2020).Fachrori mengatakan, kegiatan penanaman mangrove dalam rangka Hari Mangrove se Dunia kali ini dilaksanakan di 10 provinsi di Pulau Sumatera yaitu Provinsi Jambi, Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Riau, Kepualauan Riau, Bengkulu, Sumatera Selatan, Bangka Belitung, dan Lampung. ”Penaman mangrove dipusatkan di Provinsi Bangka Belitung, yang akan dipimpin langsung oleh Bapak Presiden Republik Indonesia Ir.H.Joko Widodo dengan penanaman mangrove sebanyak 2.020 batang di setiap provinsi, yang melibatkan jajaran  pemerintah daerah dan kelompok tani,” kata Fachrori.Pada kesempatan ini Fachrori mengajak seluruh kelompok tani dan nelayan untuk ikut menggelorakan semangat menanam mangrove, untuk memberikan kontribusi dalam rehabilitasi dan pelestarian hutan mangrove di Provinsi Jambi.“Ekosistem mangrove merupakan sumber daya lahan basah wilayah pesisir dan sistem penyangga kehidupan dan kekayaan alam yang nilainya sangat tinggi. Untuk itu, perlu upaya perlindungan, pelestarian, dan pemanfaatan secara lestari untuk kesejahteraan masyarakat,” ujar Fachrori.Fachrori mengatakan bahwa Pemerintah Provinsi Jambi sangat menaruh perhatian akan kelestarian ekosistem mangrove, karena mangrove banyak memiliki fungsi dan manfaat, diantaranya pelindung erosi dan abrasi air laut, penyangga dan pencegah intrusi air laut, tempat berlindung dan berkembang biaknya berbagai jenis fauna dan biota laut, sumber pendapatan masyarakat, penyimpan karbon serta sebagai mitigasi bencana. ”Provinsi Jambi memiliki sebaran ekosistem mangrove seluas 9.347,61 hektar terdapat di Kabupaten Tanjung Jabung Barat seluas 4.165,65 hektar dan Kabupaten Tanjung Jabung Timur seluas 5.181,99 hektar,” tutur Fachrori.Fachrori menjelaskan, dari hasil penelitian bahwa hutan mangrove memiliki kemampuan menyimpan karbon 5 kali lebih baik dari hutan daratan serta dapat mereduksi besarnya gelombang tsunami, maka ekosistem mangrove perlu tetap terus dipertahankan sebagai bagian dari upaya untuk menangani masalah lingkungan. ”Perlu kita sadari bahwa kebiasaan dalam keseharian kita yang turut menyebabkan kerusakan ekosistem mangrove diantaranya konservasi lahan menjadi area pengunaan lain, perambahan, pencemaran, perluasan tambak, serta praktek budidaya yang tidak berkelanjutan. Perubahan bentang lahan terutama menjadi tambak menyebabkan terlepasnya emisi karbon yang dapat berkontribusi dalam peningkatan suhu bumi,” jelas Fachrori.“Bagi daerah pesisir pantai yang panjang seperti Kabupaten Tanjung Jabung Barat, mangrove (bakau) sangat penting, selain untuk kelestarian ekosistem, juga berperan menjaga daratan jika gelombang besar, terutama tsunami yang ditakuti, melanda,” pungkas FachroriMenteri Lingkungan Hidup RI yang diwakili Staf Khusus Menteri LHK Bidang Koordinasi Jaringan LSM dan Analis Dampak Lingkungan Ir.Hanna Adiati,M,Si mengatakan, setiap tanggal 26 Juli diperingati sebagai Hari Mangrove se Duniia, dan Indonesia sebagai negara maritim dengan dua pertiga luas wilayahnya adalah lautan serta Indonesia memiliki luas hutan mangrove terbesar di dunia. “Luas bakau Indonesia menurut data pada tahun 2019 mencapai 3,31 juta hektar, dimana seluas 2,67 juta hektar atau 81 persen merupakan mangrove dalam kondisi baik. Sudah sewajarnya kita mensyukuri karunia Tuhan Yang Maha Esa atas segala limpahan rahmat yang terkandung dalam mangrove yang dikelola selama ini. Kerusakan mangrove disebabkan alih fungsi menjadi pemukiman, perkebunan, pertambangan ilegal, perkembangan infrastruktur percemaran limbah,” terang Hanna Adiati.Hanna Adiati menjelaskan, hutan mangrove sangat mendukung upaya penurunan emisi gas (gas rumah kaca) rumah tangga penyebab perubahan iklim, untuk itu perlu langkah-langkah untuk pencegahan kerusakan mangrove yang lebih luas supaya dapat dipulihkan secara efisien dengan rutin penanamannya. “Kita menyelenggrakan penanaman ini bertujuan agar masyarakat khususnya di Tanjung Jabung Barat menjadi sadar akan pentingnya menjaga  hutan mangrove yang merupakan benteng pertahanan terhadap potensi bencana, dan sekaligus menjaga ekosistem darat dan laut,” pungkasnya.Bupati Tanjung Jabung Barat, Dr.Ir.H.Safrial,MS menyampaikan, Pemerintah Kabupaten Tanjung Jabung Barat bersama-sama Forkopimda setiap tahunnya selalu mengadakan penanaman mangrove (tanaman bakau) sebagai pelindung bagi hewani. Ada tiga manfaat hutan mangrove di Tanjung Jabung Barat: pertama, tempat pelindungan udang ketak, kedua tempat berkembang biaknya kerang, dan ketiga tempat berkembang biaknya kepiting“Selama ini, hutan mangrove ini ditebang, dijadikan arang untuk dijual sebagai penambah ekonomi masyarakat, tapi sekarang sudah dilarang selama 3 tahun ini. Kita harus melestarikan hutan mangrove ini karena banyak manfaatnya” ujar bupati. Danrem 042/Garuda Putih, Brigjen TNI M.Zulkifli turut hadir dalam acara tersebut.

Humas Pemprov Jambi

Bupati Rapat Kembali Fasilitasi Tuntutan Masyarakat Teluk Nilau

KUALA TUNGKAL (SR28) - Bupati Tanjung Jabung Barat Dr Safrial kembali memimpin rapat fasilitasi lanjutan tuntutan masyarakat Kelurahan Teluk Nilau dan Komite Pimpinan Wilayah Serikat Tani Nasional (KPWSTN) terhadap areal APL di wilayah Kelurahan Teluk Nilau Kecamatan Pengabuan, Rabu (15/07).

Kegiatan yang diselenggarakan di Balai Pertemuan Kantor Bupati ini turut diikuti oleh Forkompimda, Kasdim, Kapolsek Teluk Nilau, Staf Ahli, Asisten Perekonomian dan pembangunan, Kadis PMD Tanjab Barat, Kesbangpol, Kadis Dukcapil, Camat Tebing Tinggi, Camat pengabuan, Kabag SDA, Kabag Tata pemerintahan, Camat Tebing Tinggi, Camat Pengabuan, Kepala KPHP Kab. Tanjab Barat, Pimpinan PT. WKS, dan 4 kelompok Tani yang bermitra dengan PT Wirakaryasakti, dan serikat Tani nasional (STN).

Usai rapat, Safrial mengatakan bahwa PT. WKS telah menyerahkan 4 bundel dokumen yang berisi MoU Kemitraan, Legalitas Lahan, dan daftar nama anggota dari 4 kelompok tani mitra PT. WKS, namun tidak dilengkapi dengan fotocopy anggota kelompok tani. Sesuai kesepakatan peserta rapat, PT.WKS diminta melengkapi dokumen selambat - lambatnya pada hari Senin 20 Juli 2020 Pukul 15.00 WIB mendatang.

Sementara itu, dari pihak Masyarakat kelurahan Teluk nilau dan Serikat Tani Nasional, dalam rapat ini juga menyerahkan salinan data (fotocopy) yaitu peta dan perda, berita acara rapat di DPRD, dan berita acara di Badan kesbangpol, berita acara pengecekan lapangan, KK, dan KTP kelompok Tani sebanyak 470 KK/KTP kepada Pemkab Tanjab Barat yang diterima oleh Asisten perekonomian dan pembangunan.

"Nantinya, Dinas PM dan PTSP Kabupaten Tanjab Barat akan melakukan verifikasi terhadap legalitas lokasi yang dimitrakan antara PT WKS dan empat kelompok tani," ujar Bupati.

Selanjutnya, kata Bupati, tim terpadu penanganan konflik sosial Kabupaten Tanjab Barat juga akan memverifikasi data yang disampaikan tersebut selama dua minggu terhitung mulai tanggal 20 juli 2020.

"Dan hasil verifikasi akan disampaikan pada pertemuan selanjutnya, selanjutnya hasilnya akan ditindaklanjuti sesuai aturan yang berlaku" tutur Safrial.

"Fungsi kami hanya sebagai fasilitator, kalau kurang puas dengan hasil kami, ditempuh jalur hukum lebih baik," tambahnya.

Sementara itu, dari Serikat Tani Nasional Provinsi Jambi, Cristian Napitupulu menuturkan bahwa pihaknya masih menunggu hasil verifikasi data dari Dinas PM dan PTSP serta Tim Terpadu Penanganan Konflik Sosial.

"Kita masih menghormati pemerintah daerah kita," ujarnya singkat. (Sabri)

Culture

- Advertisement -

Target Partisipasi Pemilih di Jambi Hanya 75 Persen

JAMBI - Pihak Kesbangpol Provinsi Jambi menyatakan bahwa partisipasi pemilih yang dipatok sebesar 75 persen itu merupakan angka yang cukup tinggi. Berdasarkan pengamatan, pihak Kesbangpol menilai bahwa angka partisipasi masyarakat untuk mengikuti Pilkada serentak tahun 2020 ini malah lebih meningkat jika dibandingkan Pilkada serentak tahun 2019 lalu yang hanya mencapai 72 persen dari keseluruhan DPT saat itu.

Wabup Salurkan dan Tebar Benih Ikan Bantuan BPBAT

MERANGIN - Wabup Merangin H Mashuri didampingi Kadis Perikanan Kabupaten Merangin Moh Damay, menyalurkan sebanyak 40 ribu benih ikan bantuan Balai Perikanan Budidaya Air Tawar ( BPBAT ) Sungai Gelam-Jambi, Jumat (03/7).

Benih ikan jenis Nila dan Mas itu disalurkan kepada para Kelompok Budidaya Ikan dari sejumlah kecamatan dalam Kabupaten Merangin, pada acara yang berlangsung di areal kolam yang berada di Kawasan Waskita Karya Bangko.

‘’Bantuan benih ikan dari BPBAT Sungai Gelam-Jambi ini, sangat membantu keberadaan kelompok budidaya ikan di Merangin. Terimakasih atas bantuan benih ikan ini,’’ujar Wabup.

Diakui wabup, kebutuhan ikan untuk Kabupaten Merangin perbulannya mencapai 50 ton. Dari 50 ton itu jelas wabup, terpenuhi dari para kelompok budidaya ikan di Merangin baru sekitar 10 sampai 15 ton, selebihnya dari kabupaten lain seperti Solok.

Padahal terang Wabup, Kabupaten Merangin sangat luas terdapat rawa-rawa yang  bisa dijadikan kolam-kolam ikan. Untuk itu wabup berharap bantuan benih iklan tersebut bisa terus bergulir.

Kedepan wabup yakin, melalui bantuan benih ikan itu, kebutuhan ikan Kabupaten Merangin sudah bisa terpenuhi dari daerahnya sendiri, sehingga tidak perlu lagi didatangkan dari kabupaten lain.

Pada kesempatan itu, wabup didampingin Staf Ahli Bupati H Syafri, H Arwan dan Dedi Darmantias, berkesempatan  menabur ratusan benih ikan ke dua kolam yang berada di lokasi acara.

Sementara itu menurut Kadis Perikanan Merangin Moh Damay, benih ikan yang disalurkan wabup kepada para kelompok budidaya ikan tersebut, merupakan benih ikan unggul kualitas super.

‘’Ini merupakan bantuan benih ikan kedua yang kita terima dan kita harapkan akan terus bergulir. Benih ikan bantuan dari BPBAT Sungai Gelam-Jambi ini, merupakan benih super yang ikannya cepat besar,’’terang Moh Damay.

BPBAT Sungai Gelam-Jambi jelas Moh Damay, merupakan Balai Perikanan Budidaya Air Tawar  milik Pemerintah Pusat, yang wilayah kerjanya melayani kebutuhan benih ikan di seluruh Sumatera.

Ini Dia Aturan Baru Untuk Pasien Konfirmasi Covid-19 Tanpa Gejala

JAMBI - Pasien dengan konformasi positif Covid-19 tanpa gejala dapat dinyatakan sembuh apabila telah menjalani isolasi diri selama 10 hari sejak pengambilan spesimen diagnosis konfirmasi. Bahkan, tanpa perlu adanya pemeriksaan swab ke dua setelah dinyatakan terkonfirmasi positif Covid-19.

Hal ini, tentunya berbeda dnegan penangnan kasus pasien konfirmasi dengan gejala ringan, sedang maupun berat yang harus mendapatkan penangaan medis lebih serius. Pedoman tersebut seluurhnya sudah diatur melalui keputusan menteri tentang kriteria pasien yang dapat dipulangkan atau selesai isolasi.

- Advertisement -

Must Read

Walikota Jambi Sesalkan Tidak Sinkronnya Data Pasien Corona yang Meninggal

KOTA JAMBI - Pemerintah Kota Jambi sesalkan tidak sinkronnya data terkait meninggalnya pasien terkonfirmasi positif Covid-19 di Kota Jambi dengan data pasien meninggal yang diumumkan oleh Satgas penanganan Covid-19 Provinsi Jambi.

Pasalnya, berdasarkan data Satgas penanganan Covid-19 Kota Jambi, sedikitnya ada 35 orang pasien meninggal dengan status terkonfirmasi positif Covid-19.

Sedangkan, berdasarkan daya yang dirilis oleh Satgas penanganan Covid-19 Provinsi Jambi. Pasien terkonfirmasi positif Covid-19 asal Kota Jambi yang kemudian dinyatakan meninggal dunia hanya sebanyak 5 orang.

Brakkk! Bus VS Truk Tangki Adu Kambing di Jalan Lintas Timur Jambi-Riau

KUALA TUNGKAL (SR28) - Kecelakaan lalulintas kembali terjadi di wilayah Kabupaten Tanjung Jabung Barat, tepatnya dijalan lintas timur, Jambi-Riau tepatnya di Km 82 Merlung, Jum’at (25/9/20) kemarin. Kecelakaan terjadi antara Bus PT Kita Bersama tujuan Medan dengan Truk Tangki tujuan Jambi.

Akibat kejadian tersebut, 2 orang mengalami luka berat, sementara 6 lainnya luka ringan. Sedangkan bus beradu muka dengan truk tangki hingga kondisinya sama-sama rusak parah dan terpental melintang di tepi jalan.

Kapolres Tanjabbar AKBP Guntur Saputro melalui kasat Lantas IPTU Eko Sutoyo, SH membenarkan peristiwa itu.

"Kecelakaan antara bus Kita Bersama dengan Truck Tangki kejadian ini sekitar pukul 15.30 WIB di KM 82,” ujar Kasat saat dikonfirmasi via telpon.

Eko menyebutkan bahwa kronologi kejadian bus Kita Bersama tujuan Medan dari arah berlawanan. Saat kejadian kondisi jalan usai hujan sehingga kondisi jalan licin. Selain itu, kondisi jalan yang menanjak dan menikung juga menjadi salah satu faktor diduga terjadinya kecelakaan itu.

"Kondisi jalan agak licin dan menikung, dengan kondisi tak terkendali maka tabrakan pun tak terhindarkan lagi,” ujar Eko.

Akibat kecelakaan tersebut didapati korban 8 orang, 2 orang mengalami luka berat, 6 luka ringan. Korban telah dibawa ke tempat medis disekitar lokasi dengan menggunakan mobil ambulan. (Sabri)

Besok KPU Tanjabbar Akan Tertibkan Baliho Alat Sosialisasi Paslon Pikada 2020

KUALA TUNGKAL (SR28) - Setelah penetapan dan pengambilan Nomor Urut pasangan Calon (Paslon) Kepala Daerah Atau Pilkada selanjutnya KPU Tanjung Jabung Barat besok, Jumat (25/09/2020) akan menertibkan Baliho Pasangan Calon Kepala Daerah (Paslon) yang merupakan Alat Sosialisasi yang terpasang disetiap Sudut kota Kuala Tungkal  dan pelosok-pelosok.

Hal tersebut seperti dikatakan  oleh Hairuddin, Ketua KPU Tanjab Barat, Kamis (24/09/2020) kepada sejumlah wartawan usai melaksanakan Pengambilan Nomor Urut Paslon,Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) di aula Tungkal Hotel.

"KPU juga sudah mengimbau kepada pasangan calon untuk penertiban alat peraga sosialisasi atau Alat Peraga Kampanye (APK) berupa baliho yang dipasang Kami memohon kepada pasangan calon itu di turunkan secepat nya dan paling lambat besok,” ujar Hairuddin.

Adapun terkait penertiban dan keamanan KPU Tanjabbar akan berkoordinasi dengan Satpol PP untuk memantau alat sosialisasi dari masing-masing calon kepala daerah.

"Apabila masih terpasang dengan waktu yang kita tentukan maka itu akan ditertibkan,dan untuk pasangan nanti alon itu akan diganti dengan alat peraga, tempatnya tulisannya dibuat oleh KPU setelah dicetak nanti akan dipasang oleh Pasangan calon,” jelasnya.

Mengenai jumlah jumlah APK-nya nanti yang dicetak oleh KPU Tanjab Barat dimana setiap pasangan calon dapat menambah sebesar 200% dari yang lainnya.

"Untuk masa pemasangan APK akan dimulai tanggal 26 September 2020 sampai tanggal 5 Desember 2020,dan harinya nanti akan kita atur lagi dan selama tiga hari tanggal 9 Desember,” pungkasnya. (Sabri)

Merdeka Belajar: Apakah Benar Sudah Merdeka?

SR28JAMBINEWS - Perayaan kemerdekaan Indonesia tahun ini tidak sama dengan tahun-tahun sebelumnya. Tidak ada lomba balap karung, tidak ada lomba makan kerupuk, tidak ada lomba panjat pinang, dan tidak ada lomba-lomba tradisional lainnya. Kalaupun ada persentasinya pasti sangat sedikit. Upacara kemerdekaanpun tidak akan meriah seperti biasa. Pasukan pengibar bendera banyak dikurangi kuantitasnya. Gegap gembita karnaval yang selalu ditunggu-tunggu masyarakat dan pelajarpun tak akan digelar.

Covid-19 telah memaksa hampir seluruh aktifitas perayaan kemerdekaan lumpuh total. Lalu, jika gegap gempita perayaan kemerdekaan sepi, bagaimana dengan tututan pendidikan di sekolah? Karena seperti halnya Indonesia yang tengah merayakan hari kemerdekaan, pendidikan di tanah air juga telah mencanangkan program Merdeka Belajar. Program Merdeka Belajar sendiri dilahirkan oleh Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan pada akhir tahun 2019. Program Merdeka Belajar episode satu ditandai dengan hilangnya ujian akhir nasional, pembaharuan konsep ujian sekolah, penyederhanaan rencana pelaksanaan Pembelajaran (RPP), dan program zonasi.  Lalu, apakah konsep merdeka belajar ini dapat membantu siswa di masa pandemic? Apakah pelajar Indonesia telah benar-benar merdeka?

Siswa dan Merdeka Belajar di Tengah Pandemi

Beberapa minggu yang lalu saya menyebar survey pada siswa tentang kendala dalam belajar online. Mayoritas siswa berharap untuk kembali belajar tatap muka di sekolah. 90% dari total responden (150 responden) memberikan kendala teknis dan kendala non-teknis. Kendala teknis seperti listrik yang sering mati, harga kuota internet yang mahal, dan sinyal internet yang hilang timbul. Kendala non-teknis misalnya guru yang sekedar memberi tugas, tanpa memberi materi yang interaktif, serta tidak adanya fleksibilitas pelaksanaan pembelajaran dan penugasan. Lalu timbul pertanyaan, apakah mereka sudah merdeka di tengah jargon merdeka belajar?

A.      Kondisi listrik yang seperti minum obat

Ada banyak siswa tinggal di pinggiran yang tidak begitu memperoleh akses listrik yang memadai. Seringnya gangguan bahkan dalam satu hari bisa mencapai tiga kali (mirip seperti minum obat), tentu menjadi penghambat pembelajaran jarak jauh (PJJ). Berikut adalah salah satu quote dari siswa saya, Toni (nama samaran) “Saya tinggal di desa kecil dan terkadang mati lampu seharian, otomatis di sini tidak ada jaringan seharian.” Bukan hanya itu, data KEMENDES (2010) menunjukkan bahwa masih terdapat 2.275 desa yang belum teraliri listrik. Jika di negara kita masih ada dua ribuan desa yang belum teraliri listrik; atau ada aliran listrik namun sering terjadi gangguan, maka kemerdekanan dalam merdeka belajar sulit untuk diwujudkan.

B.      Harga kuota internet mahal dan terbatasnya akses internet

“…kendala jaringan internet, karna tidak semua anak tinggal di tempat yang ada jaringan internet yang bagus. Ketiga, tidak semua anak memiliki hp dan kuota.” (Doni, nama samaran). Tidak sedikit siswa kami yang mengembalikan survey mengeluhkan banyaknya biaya yang harus mereka keluarkan untuk sekedar mengikuti kelas online. Bukan hanya itu, sudah harganya mahal, sinyal internet sering pula hilang timbul.  Setiap hari, Senin s.d Jumat mereka harus “On” dari pukul 7.30 s.d pukul 12.00, tentu menggunakan aplikasi yang bervariasi mulai dari WhastApp, Youtube, Google Classroom, Google Meet, Quiziz, Ruang Guru, Zoom, dsb. Tentu, pulsa yang dibutuhkan tidaklah sedikit.

Belum lagi di sore dan malam hari, siswa dituntut untuk aktif mencari sumber referensi yang juga menggunakan pulsa internet. Kebijakan pusat baru sekedar memberikan kebebasan dalam menggunakan dana BOS untuk PJJ. Namun, dari berbagai informasi yang saya peroleh dari media masa dan sosial media, dana BOS sudah terkuras untuk biaya operasional sekolah dan gaji guru. Andaipun uang itu harus dibagi pada siswa dan guru, pasti tidak akan mencukupi dan malah akan memunculkan polemik dikemudian hari. Sebelum pemerintah mampu menggandeng BUMN telekomunikasi untuk memberikan diskon khusus untuk guru dan siswa selama PJJ, maka kemerdekaan dalam merdeka belajar akan sulit diwujudkan.

C.      Tugas menumpuk, kadang tidak dikoreksi

Jasmine (nama samara) menuliskan bahwa 90% pembelajaran online adalah berbentuk tugas, sementara hanya 10% saja guru yang mengajar dengan membuat materi yang interaktif. Parahnya lagi, banyak siswa yang mengungkapkan bahwa guru hanya sekedar memberikan tugas tanpa mengembalikan feedback kepada siswa. Bayangkan jika di suatu sekolah, setiap siswa mempunyai 14 mata pelajaran, dan setiap mata pelajaran memberikan tugas kepada siswa; maka dapat kita bayangkan betapa tertekannya siswa-siswa kita. Bahkan saya sering mendengar keluhan dari siswa bahwa ada beberapa oknum guru, baru pertemuan pertama, langsung memberikan tugas/PR. Padahal mereka belum berdiskusi tentang silabus dan topik pelajaran. Tentu hasil survey dari siswa yang mayoritas mengeluhkan pembelajaran daring tidak efektif dikarenakan guru hanya memberikan tugas, dapat menjadi cambuk tersendiri bagi kami para guru. Tentu, juga koreksi dan masukan untuk program merdeka belajar.

D.      Pembelajaran yang Non-Student Centered

“Kendala dari belajar online menurut saya yaitu kurangnya pembelajaran tatap muka jarak jauh, yang sebenarnya sangat membantu untuk dapat mempelajari lebih dalam lagi tentang materi tersebut” (Sari, nama samara). Pembelajaran satu arah dengan menggunakan WA atau google classroom dengan guru memberikan ringkasan materi, kemudian memberikan tugas terkesan kembali pada pengajaran konvensional yang berpusat pada guru. Padahal generasi milenial/generasi Z yang hidup di abad 21 membutuhkan kecakapan hidup yang kritis, inovatif, dan kolaboratif. Survey yang kami dapatkan, memberikan masukan berharga bagi kami agar guru dapat lebih memberikan porsi diskusi melalui google classroom stream. Atau jika memungkinkan dapat belajar dengan zoom atau google meet yang memantik diskusi kelompok secara live. Tentu pembelajran yang mengedepankan diskusi dan kolaborasi lebih efektif ketimbang selalu memberikan tugas kepada siswa terus menerus.

E.       Tidak Fleksibel

“..kami merasa kebingungan dengan tugas yang belum selesai sudah ditambah dengan tugas lain dan waktu tenggat yang kadang sangat singkat.” Begitulah petikan suara pelajar dari Bunga (nama samaran). Memang betul tugas yang bertubi-tubi muncul, dalam waktu yang berdekatan tidak malah membuat siswa tertantang untuk mengerjakan, namun malah sebaliknya menjadi kesal dan akhirnya ter-demotivasi untuk sekedar membaca tugasnya. Hasilnya tentu dapat diprediksi, nilai siswa akan semakin merosot di tengah pandemi ini.

Oleh karenanya, saya selalu mengingatkan diri saya sendiri untuk memebrikan fleksibilitas dalam tiga hal. Yang pertama, waktu: saya selalu memberi penjelasan yang detail tentang tugas yang dikerjakan anak didik saya. Saya hanya memberi tugas satu saja dalam empat kali pertemuan, dan saya memberi waktu minimal 14 hari dalam menyelesaikan satu tugas tersebut. Yang kedua, tugas yang saya beri, memberikan banyak pilihan untuk siswa; contohnya saya memberi tugas tentang topic “asking, giving, and responding to suggestion” maka saya memberi kebebasan jenis project yang siswa dapat kerjakan: bisa berupa video Tik Tok, bisa berupa postingan youtube, bisa berupa video pembelajaran, bisa berupa poster, bisa berupa komik, dan bisa juga berupa postingan di blog internet. Terakhir, saya juga memberi fleksibilitas untuk siswa memilih dalam mengerjakannya: boleh dalam kelompok (minimal lima anggota) dan bisa juga dikerjakan sendirian. Alhamdulillah, dari feedback yang saya terima anak didik saya sangat berterimakasih atas tiga kelonggaran yang saya berikan.

Suara Pelajar yang saya dapat dari survey meninggalkan pekerjaan rumah bagi kita guru, orangtua, masyarakat dan tentunya pemerintah. Tentu kita harus cepat belajar dan beradaptasi agar dapat terus mendampingi putra-putri kita dalam mendapatkan pengajaran dan pendidikan yang efektif di masa pandemi. Tidak berlebihan rasanya jika saya mengulas kembali rekomendasi dari siswa-siswi Amerika dan Indonesia yang pada tanggal 29 Juli 2020 mengadakan pertukaran pemuda secara virtual. Diskusi siswa Indonesia-Amerika tersebut menyepakati beberapa poin tentang pembelajaran online. Berikut adalah rekomendasinya:

1.Untuk guru agar tidak memberikan banyak tugas dan PR selama Pandemi. Karena siswa sudah merasa berat dengan pembelajaran online, maka guru harus secara ikhlas mengurangi intensitas pemberian PR dan tugas.

2.Jika memang terpaksa harus memberikan tugas, maka guru harus memberikan fleksibilitas yang tinggi.

3.Agar guru dapat memberikan materi secara menarik dan mudah dipahami, bukan hanya sekedar memberikan tugas.

4.Untuk siswa/i agar dapat terus mematuhi aturan pemerintah termasuk untuk tetap menjaga physical distancing dan disiplin dalam menggunakan masker ketika harus ke luar rumah.

5.Untuk siswa/i agar dapat memanfaatkan waktu belajar dari rumah untuk memaksimalkan penelitian dan penemuan jati diri, contohnya dengan secara mandiri mempelajari bahasa asing, atau mempelajari budaya dari negara lain yang tentunya tidak diajarkan di sekolah.

Akhirnya, momen kemerdekaan Republik Indonesia harus dapat kita jadikan momentum untuk  berbenah dalam mewujudkan cita-cita luhur “merdeka belajar.” Tentu kebijakan merdeka belajar ini tidak dapat menjadi seperti “silver bullet”, namun perlu waktu dan usaha ikhlas dan pantang menyerah dari semua pihak: siswa, guru, orang tua, masyarakat, dan pemerintah. Semoga kita semua dapat berkomitmen dalam menyongsong kemajuan pendidikan tanah air. Dirgahayu Republik Indonesia ke 75.

Penulis: Dion Ginanto, Guru/Dosen, dan Pengamat Pendidikan

Bupati Tanjabbar Safrial Buka Pelatihan Dasar CPNS Secara Virtual

KUALA TUNGKAL (SR28) - Bupati Tanjung Jabung Barat Dr. Ir. H. Safrial MS secara virtual buka kegiatan pelatihan dasar (latsar) Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Golongan II dan III dengan pola pembelajaran jarak jauh (Distance Learning) Kabupaten Tanjung Jabung Barat 2020, Senin (05/10).

Kegiatan yang dilaksanakan di Ruang Rapat Bupati, juga turut dihadiri oleh Sekretaris Daerah, Asisten Administrasi Umum, Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Provinsi Jambi, serta Kepala BKPSDM Kabupaten Tanjung Jabung Barat.

Dalam laporkan Kepala BKPSDM Tanjab Barat, H. R. Gatot suwarso, SH. MM pelatihan dasar CPNS Golongan III dan II ini diikuti 145 orang, dengan rincian peserta golongan II sebanyak 26 orang, dan golongan III berjumlah 119 orang.

"Tujuan penyelenggaraan pelatihan dasar cpns golongan II dan III ini adalah untuk membentuk karakter dan kompetensi pns yang memiliki pengetahuan dan wawasan sebagai pelayanan masyarakat yang baik dan profesional," ujar Gatot Suwarso.

Ditambahkan Gatot Suwarso, kurikulum materi pelajaran yang akan disampaikan kepada peserta telah di sesuaikan dengan kurikulum yang dikeluarkan oleh lembaga administrasi negara, dengan 511 jam pelatihan yang dialokasikan untuk pembelajaran klasikal online sebanyak 117 jam pelatihan.

"Pembelajaran non klasikal sebanyak 320 jam pelatihan dan pembimbingan dan aktualisasi sebanyak 14 jam pelatihan," paparnya.

Sementara itu, Bupati Tanjung Jabung Barat dalam sambutannya menyampaikan bahwa dasar pelaksanaan kegiatan pelatihan dasar CPNS ini telah di atur dalam peraturan kepala kembang administrasi negara republik indonesia nomor 12 tahun 2018 tentang pelatihan dasar calon pegawai negeri sipil, yang mana pelatihan dasar calon pegawai negeri sipil adalah syarat untuk pengangkatan dati CPNS ke PNS.

"Pelatihan dasar cpns ini sebagai salah satu jenis pelatihan yang strategis pasca undang-undang ASN dalam rangka pembentukan karakter pns dengan menggunakan perspektif whole of government atau one government yang didasari nilai-nilai dasar pns berdasarkan kedudukan dan peran pns dalam NKRI ada setiap pelaksanaan tugas jabatannya sebagai pelayan masyarakat," tambah Safrial.

Bupati juga sampaikan apresiasi dan ucapan terima kasih kepada kepala BPSDM provinsi jambi beserta jajarannya yang telah bermitra dengan Pemerintah Kabupaten Tanjung Jabung Barat dalam penyelenggaraan pelatihan dasar cpns ini.

Mengakhiri sambutannya, Bupati berharap agar peserta dapat mengikuti pelatihan ini dengan baik. Menurutnya, keikutsertaan peserta dalam setiap materi dan kegiatan akan dijadikan sebagai penilaian baik bagi panitia ataupun widyaiswara.

"Pelatihan ini hendaknya dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya untuk memperoleh bekal sebanyak-banyaknya, menjadi aparat yang profesional dan berdedikasi, serta membentengi diri dengan kekuatan mental yang tangguh sebagai aparat yang siap mewujudkan pemerintahan yang baik dan dipercaya oleh masyarakat," ujar bupati.

"Saya berharap panitia dapat melihat dan mengamati juga peserta yang proaktif dan mempunyai kesungguhan untuk memahami setiap sesi pembelajaran sebagai penambahan nilai dalam evaluasi penilaian peserta," pungkasnya. (Sabri)

H Al Haris Salurkan Bantuan 140 Ribu Benih Ikan

MERANGIN - Bupati Merangin H Al Haris, menyalurkan bantuan benih ikan dari BPBAT Sungai Gelam Jambi, kepada sebanyak 10 kelompok tani yang tersebar di lima kecamatan dalam Kabupaten Merangin, Kamis (11/6).

Sebanyak 10 kelompok tani itu berada di Kecamatan, Bangko Barat, Bangko, Tabir Lintas, Tabir Barat dan Jangkat. Masing-masing kelompok tani mendapatkan bantuan antara 10 ribu sampai 25 ribu benih ikan.

Ada tiga jenis benih ikan air tawar yang diberikan secara simbolis oleh bupati di halaman depan Kantor Dinas Perikanan Kabupaten Merangin tersebut, benih ikan Nila, Jelawat dan benih ikan Mas.

‘’Jadi ada sebanyak 140 ribu benih ikan yang disalurkan pada hari ini. Bantuan ini akan berlanjut untuk ke kelompok tani di kecamatan lainnya. Terimakasih BPBAT Sungai Gelam Jambi atas bantuan yang sangat bermanfaat ini,’’ujar Bupati.

Diakui bupati, sampai sejauh ini baru 30 persen kebutuhan ikan terpenuhi dari daerah sendiri, sedangkan sebanyak 70 persen lagi masih harus didatangkan dari daerah luar Merangin.

Diharapkan bupati dengan pemberian bantuan benih ikan tersebut, kedepannya kekurangan 70 persen kebutuhan ikan itu akan terpenuhi dari Kabupaten Merangin sendiri.

Bupati mengajak masyarakat, untuk memanfaatkan lahan tidur seperti rawa-rawa dijadikan kolam ikan, sehingga bisa bermanfaat untuk meningkatkan ekonomi kerakyatan.

Kelompok tani yang mendapatkan bantuan benih ikan itu, Kelompok Tani Mekar Sari Desa Sungai Putih, Griya Mina Berkah Desa Bukit Beringin, Harapan Jaya Desa Pulau Rengas Ulu, Suka Makmur Pematang Kandis Mina Lego Lestari Desa Sidolego.

Selain itu, Kelompok Tani Satria Mina Mandiri Desa Koto Baru Seling, Mina Mekar Muda Desa Mampun Baru, Mina Tunas Muda Desa Mampun Baru, Mekarti Mina Utama Desa Pinang Merah dan Sungai Mengkeruh Desa Renah Alai.

Lifestyle Magazine

Jenderal Muchlis Siap Pimpin Perbakin Jambi

JAMBI (SR28) - Jenderal Muchlis yang juga diketahui hobi menembak, kini mendapat dukungan dari berbagai pihak untuk meneruskan kepemimpinan Perbakin Jambi. Berbagai program sudah disiapkannnya jika ia dipercaya oleh para penembak Jambi untuk memimpin Perbakin Jambi.

Satu Orang Diamankan Polda JambiTerkait Insiden Pembakaran Motor Polisi

JAMBI (SR28) - Hingga saat ini, Polda Jambi setidaknya sudah berhasil mengamankan satu orang terkait insiden itu untuk dimintai keterangannya. Kendati demikian Polda Jambi belum berhasil menangkap aktor utama dalam insiden pembakaran motor tersebut dan masih terus melakukan tahapan penyelidikan.

Proyek Jalan Semau Dana Dak Reguler APBD Tanjabbar Tahun 2020 Baru Hitungan Bulan Rusak Parah

KUALA TUNGKAL (SR28) - Proyek Peningkatan Jalan Semau yang katanya merupakan (Dak Reguler) dari Simpang 3 Parit 4 Sungai Saren sampai Simpang...

Haris-Sani Goyah, Partai Berkarya Versi Tommy Soeharta Tak Diakui Kemenkumham

KOTA JAMBI (SR28)- Kedinamisan politik terus terjadi di pusat hingga daerah menjelang Pilkada 2020 mendatang. Kabar teranyar datang dari Partai Berkarya. Partai yang disebut-sebut punya keluarga mantan presiden RI ke-2 tersebut mengalami dualisme hingga berujung pada sengketa keabsahan siapa yang memiliki legitimasi menjadi ketua partai.

Konflik runcing antara Tommy dan Muchdy PR berujung pada Munaslub yang digelar pada 11-13 juli 2020 kemarin. Dalam munas tersebut, Muchdy terpilih sebagai ketua umum yang sah Partai Berkarya.

Pada rabu siang (5/8), Kementerian Hukum dan HAM resmi memutuskan ketua umum Partai Berkarya adalah Muchdy PR.

Pergantian Ketum Partai Berkarya tersebut disebut-sebut berimplikasi pada dukungan disejumlah daerah, termasuk Jambi. Untuk Provinsi Jambi, Partai Berkarya telah resmi memutuskan bahwa mereka mendukung Alharis-Sani.

Menyikapi hal tersebut, tim sukses Alharis Hasan Mabruri mengaku jika dia dan tim telah memiliki plan lain jika akhirnya dukungan diarahkan ke pasangan lainnya.

"langkah antisipasi sudah kita siapkan" katanya kepada wartawan

Hasan juga optimis jika dukungan Partai Berkarya tidak akan berpaling dari Alharis mengingat hubungan Alharis dengan ketua Partai Provinsi Jambi sangat akrab.

Jurnalis: Muhammad Sidik

Bupati Tanjabbar Safrial Pimpin Langsung Penanggulangan dan Pencegahan Covid-19

KUALA TUNGKAL (SR28) - Menyikapi adanya penambahan pasien Covid-19 di lingkup Tanjung Jabung Barat yang terbilang cukup tinggi belakangan ini, Bupati Tanjung Jabung Barat, Dr. Ir. H. Safrial MS pimpin langsung rapat satuan gugus tugas penanggulangan dan pencegahan covid 19 yang diselenggarakan di Balai Pertemuan Kantor Bupati, Rabu (30/09).

Dalam rapat tersebut, Bupati menegaskan tim gugus tugas segera mengambil langkah antisipasi agar penyebaran covid 19 tidak semakin meluas. Menurutnya, pendirian pos pengawasan dan penegakan protokol kesehatan di terminal  pembengis, Pelabuhan Roro dan Lansdap dapat menjadi salah satu alternatif pencegahan penyebaran covid 19 di Tanjab Barat.

"Selain itu, perlu juga dilakukan penyiapan sarana prasarana ruang isolasi di gedung BLK, lembaga adat dan rumah sakit Surya Khairudin sebagai langkah antisipasi," tegas Bupati.

Lanjut Bupati,"Selain itu juga tingkatkan patroli dan himbauan kepada masyarakat, menutup tempat keramaian seperti WFC dan Alun-Alun yang berpotensi terjadinya penularan covid," tegas bupati.

Sementara SK Bupati terkait pembentukan Satuan Tugas Covid akan selesai dalam waktu dekat, termasuk Peraturan Bupati terkait pelaksanaan Peraturan Daerah Nomor 4 Tahun 2020 tentang penerapan dan penegakan protokol kesehatan di masyarakat

"Kedepannya, kita lakukan patroli dan berlakukan jam malam," tambahnya.

Bupati juga beharap jasa petugas medis sebagai garda terdepan dalam penanggulangan covid 19, dapat dibayarkan sesuai dengan ketentuan dan peraturan yang ada.

Bupati kembali menegaskan agar Gugus Tugas juga menyiapkan peti mati sebagai langkah antisipasi jika ada pasien covid 19 yang meninggal.

"Hal ini mengingat peti mati yang disediakan telah terpakai habis," pungkasnya.

Rapat Gugus Tugas ini turut dihadiri oleh Forkopimda, Kapolres Tanjab Barat, Dandim 0419 Tanjab, Asisten, Staf Ahli, Kepala OPD, Camat, Kepala RSUD, dan Kepala Puskesmas di lingkup Kabupaten Tanjab barat, serta undangan lainnya.(Sabri)

Video News

- Advertisement -

Lepas Atlet PABBSI Ikuti Uji Tanding, Bupati Tanjabbar: Jaga Nama Baik Daerah

KUALA TUNGKAL (SR28) - Bupati Tanjung Jabung Barat Dr. Ir. H. Safrial, MS lepas atlet Persatuan Angkat Besi dan Berat Seluruh Indonesia (PABBSI) yang akan berangkat ke Kota Jambi untuk mengikuti Try Out dan Uji Tanding bersama PABBSI Kota Jambi, Kamis (17/9/2020).

Dalam pelepasan yang diadakan di Ruang Rapat Bupati tersebut, Bupati Safrial berpesan agar para atlet PABSSI Tanjab Barat bertanding dengan sportif dan bisa menjaga nama baik daerah.

"Dalam sebuah pertandingan juara itu penting, tapi sportifitas tetap harus dijaga. Jaga nama baik daerah. Selamat berjuang, mudah-mudahan sukses. Teriring doa dari kami secara pribadi. Semoga adek-adek memperoleh medali yang banyak," ujarnya.

Bupati juga berjanji akan meminta OPD terkait untuk bisa meningkatkan insentif atlet di Tanjab Barat.

"Insentif harus disesuaikan, upayakan lebih tinggi dari daerah lain, minimal sama. Agar atlet-atlet berprestasi tidak pindah ke daerah lain," tambah Safrial.

Sebelumnya ketua PABBSI Tanjab Barat H. M. Arif mengungkapkan try out dan latih tanding ini diadakan untuk menjaga kebugaran atlet karena banyak kegiatan terhenti disebabkan pandemi covid-19 sekaligus persiapan bagi atlet yang lolos PON Papua.

"Atlet PABBSI kita termasuk berprestasi Pak, ada dua yang ikut PON Papua, tapi tertunda karena Covid. Untuk itu kita adakan kegiatan ini agar kondisi atlet PABBSI tetap bugar," paparnya

Sementara Ketua KONI Tanjab Barat, Syarifuddin yang ikut serta dalam pelepasan berpesan agar atlet PABBSI bisa mengikuti kegiatan dengan semangat dengan tetap mengikuti protokol kesehatan. Ketua KONI juga minta maaf tidak bisa membantu dengan maksimal karena pandemi covid-19. (Sabri)

3 Hari Hilang Di Sungai Kumpeh, Korban Tenggelam Berhasil Dievakuasi Tim Basarnas

MUARO JAMBI (SR28) - Kantor SAR Jambi berhasil menemukan satu orang korban yang dikabarkan telah 3 hari hilang di sungai Kumpeh, desa Pemunduran, kabupaten Muaro Jambi, Jambi. Saat ditemukan, korban dalam keadaan tersangkut diantara tumpukan sampah dan rumput di tepi sungai. Oleh tim SAR jasad korban kemudian langsung dibawa ke rumah duka untuk kemudian dimakamkan.

Nonton berita menarik lainnya di JAMBI28 TV

Al Haris Nikmati Kebersamaan Bakar Ikan

MERANGIN - Bupati Merangin bersama Wabup Mashuri serta Sekda Merangin bersama jajaran menikmati ikan bakar serta makanan seafood lainnya.

Nampak tak ragu, orang nomor satu di kabupaten Merangin itu membakar sendiri ikan di pemanggangan ikan tersebut, meskipun panasnya kayu bakar tak menyurutkan Al Haris untuk terus membakar ikan dengan bumbu beraroma sedap tersebut.

Setelah ikan bakar telah matang, Al haris langsung memotong ikan bakar untuk dinikmati bersama. Terlihat suasana kekeluargaan dan kebersamaan Al Haris dengan para jajarannya tersebut, apalagi sembari duduk sambil bercerita untuk kemajuan bersama.

Kebersamaan pun semakin kentara tatkala mereka bernyanyi bersama yang membuat suasana menjadi semakin akran dan penuh kehangatan.

"Saya sangat senang sekali hari ini, bisa berkumpul bersama sambil menikmati ikan bakar yang kezat ini," ujar Al Haris.

Dua Perawat Positif Covid-19, Pelayanan RSUD Daud Arif Tanjabbar Tutup Sementara

KUALA TUNGKAL (SR28) - Minggu (16/08) dengan positifnya dua perawat RSUD Daud Arif terpapar covid-19, membuat pelayanan Instalasi Gawat Darurat (IGD) di RSUD Daud Arif ditutup sementara. Hal tersebut merupakan upaya pemutusan mata rantai Covid-19.

Jubir Covid-19, Taharuddin Tahir mengatakan, pihak rumah sakit Daud Arif mengambil langkah menutup sementara pelayanan IGD untuk melakukan kegiatan Tracking. Dari hasil swab test diketahui dua perawat RSUD Daud Arif terkonfirmasi setelah adanya kontak erat pasien 209 inisial SA yang saat ini sedang dalam proses perawatan.

"Setelah dilakukan Rapid Test kepada 3 org perawat ternyata hasilnya reaktif,” beber Taharuddin.

"Kemudian dari hasil swab test tersebut ada 2 orang perawat yang terkonfirmasi positif, namun hasil resminya belum diterima oleh Gugus Tugas Kabupaten Tanjab Barat,” jelas Taharuddin.

Elfry Syahril, Direktur RSUD Daud Arif, melalui surat edarannya menjelaskan bahwa penutupan pelayanan IGD dilakukan karena pihak RSUD KH. Daud Arif ingin melakukan Tracking dan Screening Swab, TCM/PCR pada karyawan RSUD KH. Daud Arif secara bertahap.

"Penutupan dimulai Senin (17/08/20) hingga batas waktu yang belum bisa ditentukan. Untuk pelayanan rawat jalan tetap berjalan seperti biasanya dengan tetap mematuhi protokol kesehatan,” pungkas nya. (Sabri)

Catat Tanggalnya, Pemprov Jambi Kembali Gelar Pemutihan Jilid 2

JAMBI (SR28)- Pemprov Jambi kembali melaksanakan pemutihan pajak kendaraan tahap 2. Dalam pemutihan pajak tahap II ini Pemprov Jambi resmi menggelar pemutihan dari tanggal 1 Agustus sampai 30 November 2020.

Pemutihan tahap 2 ini dilakukan atas pertimbangan Gubernur Jambi Fachrori Umar yang prihatin melihat kondisi perekonomian masyarakat yang kian sulit saat pandemi ini.

Adapun untuk pemutihan tahap 2 ini, Pemprov Jambi menargetkan pendapatan pajak kendaraan bermotor diangka 30 Milyar. angka tersebut dinilai realistis mengingat target awal sebelum Covid 19 lalu adalah 120 Milyar.

"saat tahap 1 kemarin kita baru tercapai 90 milyar, kan target awal kita 120 milyar" terang Ahmad Subhan Kabid Pajak Daerah dan Dana Perimbangan ke awak media


Beberapa keringanan pajak kendaraan bermotor dengan ketentuan adalah menunggak Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) selama 2 tahun ke atas yang hanya dipungut pokok tunggakan satu tahun terakhir, dan satu tahun berjalan sesuai dengan jatuh tempo pajak.

"Selain itu bebas sanksi administrasi PKB, Bea Balik Kendaraan Bermotor, bebas Bea Balik Nama kendaraan bermotor II dan kendaraan lelang," tutupnya

Jurnalis Muhammad Sidik

Selamat!!! Nanda-Dorel Terpilih Jadi Presiden dan Wakil Presiden BEM KBM UNJA 2020-2021

MENDALO (SR28)- Setelah melewati dinamika panjang sejak 2019, akhirnya Pemilu Raya Mahasiswa (PEMIRA) Universitas Jambi membuahkan hasil pada siang ini (Senin, 24 Agustus 2020)

Dalam kontestasi yang berlangsung alot dan bertensi  panas tersebut, terpilihlah pasangan calon presiden dan wakil presiden yang diusung oleh Partai Bintang Mahasiswa yaitu Nanda-Dorel.
Keduanya mendapat  5886 suara dan disusul rivalnya Syahrial- Tobi dengan 5181 suara.

Menyikapi hal itu, Presiden Partai Bintang Mahasiswa (PBM) UNJA Aviv Ramadya mengaku jika tahun ini adalah salah satu PEMIRA yang sangat menyita energi dan strategi pada partai besutannya tersebut.

Aviv Ramadya Akbar, Presiden Partai Bintang Mahasiswa (PBM)

"ini adalah kemenangan paling tipis sepanjang sejarah dari torehan partai  UNJA Partai Bintang Mahasiswa, persaingan dilapangan sangat alot, apalagi saat ini semua berbasis online. Tentu ini jadi tantangan tersendiri bagi PBM yang selama bertahun-tahun terbiasa dengan PEMIRA offline. Namun demikian kami puas dengan hasil ini dan saat ini tugas kami adalah merealisasikan janji-janji politik kami kepada mahasiswa uang telah memandatkan dukungan kepada pasangan Nanda-Dorel" Ungkap Aviv

Sementara itu, Kurnia Nanda selaku Presiden Mahasiswa terpilih menyatakan terima kasih atas ribuan dukungan dari mahasiswa UNJA untuk dirinya.

Calon Pemenang Presiden dan Wakil Presiden Mahasiswa UNJA 2020-2021

"Terima kasih kepada seluruh kader PBM, simpatisan , teman-teman komunitas dan seluruh mahasiswa UNJA yang telah memilih kami. Kami membuka ruang kolaborasi sebesar-besarnya untuk kita membangun UNJA bersama-sama" Ungkap Nanda

Selain pemilihan Presiden dan Wakil Presiden Mahasiswa, PEMIRA tahun ini juga turut memilih suara Majelis Aspirasi Mahasiswa tingkat Universitas hingga Fakultas serta Gubernur dan Wakil Gubernur Mahasiswa di level fakultas.

PEMIRA tahun ini juga menggunakan metode terbaru yaitu e-vooting dan diselenggarakan selama 3 hari.

- Advertisement -

Music

RSUD Raden Mattaher Jambi Jamin Pembuangan Limbah B3 Aman

KOTA JAMBI (SR28) - Ditengah melonjaknya kasus baru Covid-19, pembuangan limbah hasil medis itu mejadi hal krusial. Kendati demikian, RSUD Raden Mattaher Jambi menjamin bahwa pengelolaan limbah B3 tersebut aman terkendali.

Sumber: JAMBI28 TV

Pemprov Jambi Perkuat Struktur Satgas Covid-19 HIngga ke Level RT

KOTA JAMBI (SR28) - Pemprov Jambi menginginkan Satgas Penanganan Covid-19 bisa hadir hingga ke level RT termasuk di kecamatan dan kelurahan ataupun desa di seluruh wilayah Jambi. hal tersebut diperlukan untuk percepatan berbagai penanganan Covid-19.

Update Pilgub Jambi (02), Berikut Peta Sebaran Suara Masing-Masing Cagub-Cawagub

Hitung Cepat Quick Count menurut lembaga survei  Puspoll

Data masuk : 98.67%
01 = 38.39%
02 = 24.59%
03 = 37.02%

Kota Jambi
Data Masuk= 100%
01 = 31.57%
02 = 15.99%
03 = 52.44%

Kabupaten Muaro Jambi
Data Masuk= 100%
01 = 40.93%
02 = 16.57%
03 = 42.51%

Kabupaten Tebo
Data Masuk= 100%
01 = 40.53%
02 = 30.47%
03 = 29%

Kota Sungai Penuh
Data Masuk = 87.5%
01 = 19.33%
02 = 68.74%
03 = 11.93%

Kab. Tanjabtim
Data Masuk = 100%
01 = 43.21%
02 = 18.08%
03 = 38.71%

Kab. Merangin
Data Masuk = 100%
01 = 25.08%
02 = 11.97%
03 = 62.95%

Kab. Bungo
Data Masuk = 93.1%
01 = 35.67%
02 = 45.3%
03 = 19.03%

Kab. Tanjab Barat
Data Masuk = 96.15%
01 = 47.85%
02 = 22.39%
03 = 29.76%

Kab. Batang Hari
Data Masuk = 100%
01 = 45.64%
02 = 18.23%
03 = 36.12%

Kab. Sarolangun
Data Masuk = 100%
01 = 60.67%
02 = 9.04%
03 = 30.29%

Kab. Kerinci
Data Masuk = 100%
01 = 26.75%
02 = 46.82%
03 = 26.43%

Seluruh Objek Wisata di Jambi Kembali Diizinkan Beroperasi

JAMBI - Seluruh objek wisata di Provinsi Jambi sudah diizinkan utuk kembali beroperasi. Namun, izinnya sendiri akan dikeluarkan oleh Satgas Penanganan Covid-19 kabupaten Kota dengan syarat penerapan protokol kesehatan yang ketat.

Sport News

Bupati Safrial Terima Audiensi dan Silaturahim Forum Jurnalis Tanjung Jabung Barat

KUALA TUNGKAL (SR28)- Bupati Tanjung Jabung Barat Dr. Ir. H. Safrial MS sambut langsung kunjungan Ketua beserta Pengurus Forum Jurnalis Tanjab Barat (FJ-TJB) dalam rangka audiensi sekaligus silaturahmi di Ruang Rapat Bupati, Selasa (15/09).

Dalam arahannya Bupati menyampaikan, penberdayaan pers lokal sudah tercantum dalam visi misinya sebagai Bupati Tanjung Jabung Barat. Menurutnya, salah satu fungsi Media merupakan kontrol terhadap jalannya pemerintahan.

Dirinya juga menyatakan tidak anti kritik, dan siap menerima kritikan asalkan berdasarkan data dan fakta.

"Kerjasama dengan pemkab tidak harus memberikan pujian kepada saya. Saya tidak butuh popularitas. Saya butuh kritik dan saran yang membangun," ungkapnya.

Bupati Safrial juga memaparkan capaiannya selama hampir 5 tahun menjabat sebagai Bupati.

"Air bersih sudah mengalir ke Tungkal walaupun belum sempurna, masalah listrik sebentar lagi gardu induk selesai, pelabuhan Roro sudah selesai, insfrastruktur juga tinggal beberapa yang masih belum. SDM juga kita tingkatkan lewat beasiswa dan pengiriman ratusan putra-putri daerah ke berbagai sekolah vokasi," jelas Safrial.

Ditempat yang sama Ketua Forum Jurnalis Tanjab Barat, Sabri mengungkapkan kunjungannya bertujuan untuk silaturahmi, memperkenalkan pengurus, ikut serta mensukseskan pilkada dan meminta arahan Bupati agar organisasi berjalan sebagaimana mestinya.

Lebih lanjut ketua FJ-TJB juga memaparkan, Organisasi Forum Jurnalis Tanjabbar terbentuk sejak maret 2017.

"Ini merupakan periode kedua, di bawah pengurus yang baru saat ini kami ingin bersilaturahmi dan memperkenalkan pengurus kepada Bapak. Anggota kami ada 15 orang yang terdiri dari 12 media, selain itu juga FJ-TJB siap menjalin kerjasama yang baik dan bersinergi dengan Pemkab Tanjab Barat," tegasnya.

Dalam pertemuan penuh keakraban tersebut juga di bahas banyak isu-isu aktual seputar Tanjab Barat.

Ikut serta mendampingi Bupati Asisten Administrasi Umum, Jeter Simamora, S.IP dan Kasubbag Komunikasi Pimpinan, Ari Kresna Wisnu Nenggar, S.Pd. (Sabri)

Bupati Tanjabbar Bersama Danlanal Palembang Tanam Mangrove di Kawasan Pelabuhan Roro

KUALA TUNGKAL (SR28) - Bupati Tanjung Jabung Barat Dr. Ir. H. Safrial, MS bersama Danlanal Palembang Kolonel Laut (P) Filda Malari CTMP, tanam mangrove di kawasan Pelabuhan Roro, Jum'at (18/09). Hadir mendampingi Bupati, Forkopimda, Sekda, Asisten, Staf Ahli para kepala OPD serta Kabag di lingkup Sekretariat Daerah.

Diawali dengan sarapan bersama di Rumah Dinas Bupati bersama Sekda dan beberapa Kepala OPD, kemudian Bupati mengajak Danlanal menuju Pelabuhan Roro untuk melaksanakan penanaman mangrove. Bupati juga mengajak Danlanal meninjau Kantor Pos AL Kuala Tungkal yang merupakan hibah dari Pemkab Tanjab Barat.

Ditemui di sela pemantauan Pos AL, Bupati H. Safrial mengatakan penanaman Mangrove merupakan wujud kepedulian terhadap lingkungan terutama terhadap pengurangan estimasi gas rumah kaca atau lebih dikenal Global Warning.

"Mudah Mudahan dengan penanaman mangrove ini yang menurut teorinya dapat menyerap Karbondioksida,"ucap bupati Safrial.

Lebih lanjut Bupati menawarkan Danlanal untuk membuat Cabang Lanal Palembang di Tanjab Barat.

"Kalau bersedia Pemkab siap menyediakan lahan untuk pembangunan Lanal di Tanjab Barat, kita siapakan Kantor dan Rumah Dinas disini, harapan kami disini ditempatkan yang jabatannya setara Kapolres atau Dandim, minimal berpangkat Letkol sehingga komunikasi pengamanan pantai kita berjalan baik," harap Bupati.

Sementara Danlanal Palembang Kolonel Fildamalari mengatakan Lanal Palembang memiliki Daerah yang cukup luas dikarenakan Lanal Palembang memiliki 19 Pos, 2 Posal dan 17 Posmad.

"Akan sangat sulit jika hanya di pantau dari Palembang, penawaran pak Bupati tadi akan jadi pertimbangan kami untuk menempatkan perwakilan Danlanal Palembang disini yang berpangkat Minimal Letkol, sehingga akan memudahkan Koordinasi dan komunikasi dengan Forkopimda disini," tandasnya. (Sabri)

Rehab Rumah Dinas Kejaksaan Negeri Kuala Tungkal Disoalkan Aktivis Tanjabbar

KUALA TUNGKAL (SR28) - Rehab rumah Dinas Kejaksaan Negeri Kuala Tungkal dengan menggunanakan dana APBD-P tahun anggaran 2020 sebesar Rp. 1.237.354.000, oleh Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Tanjab Barat, di soalkan aktvis Tanjab Barat pasal rehap yang dilaksanakan itu sangat janggal.

Aktivis Tanjab Barat Anand Viqriza, SH.MH, menduga ada upaya penutupan kasus di PUPR sehingga mengagarkan rehap Rumah Dinas Kejaksaan Negeri itu dilakukan, padahal kita tau Rumah Dinas Kejaksaan negri kuala tungkal merupakan kewajiban pemerintah pusat dimana Kejaksaan itu merupakan Pertikal, dan tidak sepatut mengunakan Dana Daerah. "Ujar Anand Viqriza.

"Terlebih lagi Rekanan yang bekerja Rehap Rumah Dinas Kejaksaan Negeri Kuala Tungkal juga merupakan kontraktor nya bermasalah terkait pembangunan Jembatan Sebrang Kota parit 20 yang baru seumur Jagung jembatan yang dibangun sudah retak dan lantai jembatan juga lentur, disini kita menduga ada penutup kasus yang saat sudah menyeruak kepermukaan umum, " papar Anand Viqriza.

"Kita minta Kejaksaan Negeri kuala Tungkal ini bekerja lah secara provisional, sehingga kasus Korupsi yang ada di Tanjab Barat ini bisa diselesaikan," pungkasnya. (Sabri)

- Advertisement -

Empat UPR Merangin Mendapat Sertifikat CPIB

MERANGIN  - Empat Unit Pembenihan Rakyat (UPR) di Kabupaten Merangin, diberi Sertifikat Cara Pembenihan Ikan  yang Baik (CPIB) dari Kementerian Kelautan Perikanan Republik Indonesia.

UPR  yang menerima sertifikat CPIB itu, Andika Hidayah dari UPR Andik Lele, Desa Sungai  Kapas Kecamatan Bangko,  Triswanto dari UPR Berkah Mina Desa Tambang Mas Kecamatan Pameneng Selatan.

Selain itu, Dwi Purwanto dari UPR Fadel Fish, Desa Tambang Mas Kecamatan Pamenang Selatan dan Sutar dari UPR Sahabat, Desa Tambang Mas Kecamatan Pamenang Selatan.

‘’Jadi kualitas pembenihan ikan kempat UPR ini, telah diakui secara nasional. Artinya mereka mempunyai kemampuan mengelola pembenihan ikan secara baik,’’ujar Bupati Merangin H Al Haris didampingi Wabup H Mashuri di halaman kantor bupati, Senin 13-7-2020.

Semakin banyak memiliki Sertifikat CPIB lanjut bupati, akan semakin menciptakan kepercayaan publik terhadap UPR tersebut, karena akan semakin membuktikan kalau hasil pembenihan yang dilakukan itu semakin baik.

Pada kesempatan itu, bupati juga menyerahkan sertifikat gratis lahan usaha budidaya perikanan (Prasehatkan) kepada sebanyak 20 orang anggota kelompok budidaya ikan di Kecamatan Tabir Ilir.
Sertifikat Prasehatkan itu terang Kadis Perikanan Merangin M Damai, merupakan kegiatan program pemberdayaan masyarakat, kerjasama Kementerian Kelautan Perikanan RI dengan Badan Pertanahan Nasional.

‘’Pemkab Merangin sebagai ‘penyambung tangan’ melalui Dinas Perikanan telah mengusulkan sertifikat kolam ini ke Pusat. Alhamdulillah telah dikabulkan langsung kita bagikan,’’ terang M Damai.

Bupati menambahkan, Sertifikat Prasehatkan itu akan mematenkan lahan perikanan milik seseorang secara hukum. Selain itu Sertifikat Prasehatkan juga digunakan pemiliknya untuk agunan pinjaman modal usaha.

Dinas Kesehatan Provinsi Jambi Ajukan Pembelian 15 Ribu Unit Alat Rapid Test

JAMBI (SR28) - Guna mnegoptimalkan penanganan Covid-19 di Jambi. Dinas Kesehatan Provinsi Jambi kembali mnegajukan 15 ribu unit alat Rapid Test. Hal tersebut dilakukan pada pengajuan ke empat penggunaan anggran refocusing.

Dinkes ajukan pembeloan 15 ribu rapid test

Buruh Anggap UU Cipta Kerja Merugikan dan Menindas Pekerja

JAMBI (SR28) - Dalam orasinya, para buruh dengan tegas menolak UU Omnibuslaw Cipta Kerja khususnya klaster ketenagakerjaan. Buruh menilai UU janggal tersebut dirasa sangat merugikan dan menindas para pekerja maupun buruh.

Kota Sungai Penuh Duduki Posisi Pertama Se Indonesia Indeks Kerawanan Pemilu

JAMBI28TV - Badan pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) RI telah merilis Indeks Kerawanan Pemilu Pilkada Serentak Tahun 2020. Dimana, Kota Sungai Penuh menduduki posisi pertama daerah kabupaten kota terawan se Indonesia.

TV

Aktivis Tanjab Barat Terus Soalkan Rehab Rumah Dinas Kejari

KUALA TUNGKAL (SR28) - Proyek rehab rumah dinas Kejaksaan Negeri (Kejari) Kuala Tungkal yang menggunakan Dana APBD-P Tanjab Barat Tahun Anggaran 2020 sebesar Rp. 1.237.354.000 yang sedang dikeerjakan CV Dinamika Metro Technology, Konsultan pengawas CV Rekanns Tri Prakasa terus disoalkan aktivis Tanjab Barat.

Aktivis Tanjab Barat Anand Viqriza. SH.MH menduga ada kelaborasi dan konspirasi terselubung di proyek Rehab rumdis Kejari Kuala Tungkal tersebut.

"Kita menduga ada konspirasi terselubung sehingga proyek tersebut melenggang bebas dan tanpa pengawasan oleh instansi terkait demikian juga dengan kunsultan pengawas, hal ini sangat kita sayangkan, ada apa, " demikian tutur Anand Viqriza. SH. MH kepada SR28.

Terkait hal ini, oknum Dinas PUPR hingga kini belum dapat ditemui awak media,untuk dimintai keterangan terkait rehab Rumah Dinas Kejari Kuala tungkal namun ternyata dilokasi didapati unit bangunan baru, demikian terkait diameter cerucup yang digunakan rekanan. (Sabri)

Astaga! Kecanduan Filler Pipi, Bentuk Wajah Wanita Ini jadi Aneh

Wanita bernama Anastasiia Pokreshchuk ini, nekat melakukan injeksi filler sendiri di bagian wajahnya, demi menonjolkan tulang pipinya.

Namun, kecanduan Anastasiia terhadap injeksi filler itu malah membuat bentuk wajahnya jadi terlihat aneh. Tulang pipinya tampak begitu menonjol, tak seperti pada umumnya.

Walaupun terlihat aneh di mata banyak orang, namun wanita asal Ukraina ini mengaku sangat puas dengan penampilan wajahnya yang sekarang.

"Setelah aku mendapatkan injeksi filler dan aku melihat perubahan di pipiku, aku jatuh cinta dengan bentuknya. Aku suka pipiku, aku ingin bentuknya seperti itu dan aku sangat senang," ungkap Anastasiia, dilansir dari Daily Star.

Anehnya, Anastasiia nekat menginjeksi filler dengan bahan hyaluronic acid filler ke pipinya, tanpa pernah belajar ilmu kesehatan dan kedokteran.

"Aku sering menyuntikkan beberapa bagian di wajahku sendiri. Aku memahami bahwa terlihat aneh bagi orang lain tapi aku tidak memikirkannya," sambungnya.

Anastasiia mengaku, filler pipi yang dilakukannya seorang diri malah membuatnya jadi lebih percaya diri. Sebelum melakukan filler, Anastasiia mengaku sangat tidak percaya diri, ia bahkan malu untuk mengunggah foto di media sosial.

"Aku sangat malu dengan segalanya, suaraku, penampilanku. Aku bekerja keras untuk itu," jelasnya. (Indozone)

Fachrori Umar Support Budidaya Mangrove di Tanjung Jabung Barat

KUALA TUNGKAL (SR28) – Gubernur Jambi Dr.Drs.H.Fachrori Umar.M.Hum menegaskan bahwa hutan mangrove harus dilestarikan karena manfaatnya sangat penting, baik untuk menjaga ekosistem air dan fauna dalam ekosisten tersebut maupun manfaat terhadap udara, karena memiliki kemampuan menyimpan karbon 5 kali lebih baik dari hutan daratan, serta dapat mereduksi besarnya gelombang tsunami. Fachrori mengajak masyarakat dan semua pemangku kepentingan untuk bersama-sama melestarikan hutan mangrove. Hal tersebut disampaikan Fachrori dalam Peringatan Hari Mangrove se Dunia Tingkat Provinsi Jambi Tahun 2020, bertempat di Pelabuhan Roro Kuala Tungkal, Kabupaten Tanjung Jabung Barat, Senin (03/08/2020).Fachrori mengatakan, kegiatan penanaman mangrove dalam rangka Hari Mangrove se Dunia kali ini dilaksanakan di 10 provinsi di Pulau Sumatera yaitu Provinsi Jambi, Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Riau, Kepualauan Riau, Bengkulu, Sumatera Selatan, Bangka Belitung, dan Lampung. ”Penaman mangrove dipusatkan di Provinsi Bangka Belitung, yang akan dipimpin langsung oleh Bapak Presiden Republik Indonesia Ir.H.Joko Widodo dengan penanaman mangrove sebanyak 2.020 batang di setiap provinsi, yang melibatkan jajaran  pemerintah daerah dan kelompok tani,” kata Fachrori.Pada kesempatan ini Fachrori mengajak seluruh kelompok tani dan nelayan untuk ikut menggelorakan semangat menanam mangrove, untuk memberikan kontribusi dalam rehabilitasi dan pelestarian hutan mangrove di Provinsi Jambi.“Ekosistem mangrove merupakan sumber daya lahan basah wilayah pesisir dan sistem penyangga kehidupan dan kekayaan alam yang nilainya sangat tinggi. Untuk itu, perlu upaya perlindungan, pelestarian, dan pemanfaatan secara lestari untuk kesejahteraan masyarakat,” ujar Fachrori.Fachrori mengatakan bahwa Pemerintah Provinsi Jambi sangat menaruh perhatian akan kelestarian ekosistem mangrove, karena mangrove banyak memiliki fungsi dan manfaat, diantaranya pelindung erosi dan abrasi air laut, penyangga dan pencegah intrusi air laut, tempat berlindung dan berkembang biaknya berbagai jenis fauna dan biota laut, sumber pendapatan masyarakat, penyimpan karbon serta sebagai mitigasi bencana. ”Provinsi Jambi memiliki sebaran ekosistem mangrove seluas 9.347,61 hektar terdapat di Kabupaten Tanjung Jabung Barat seluas 4.165,65 hektar dan Kabupaten Tanjung Jabung Timur seluas 5.181,99 hektar,” tutur Fachrori.Fachrori menjelaskan, dari hasil penelitian bahwa hutan mangrove memiliki kemampuan menyimpan karbon 5 kali lebih baik dari hutan daratan serta dapat mereduksi besarnya gelombang tsunami, maka ekosistem mangrove perlu tetap terus dipertahankan sebagai bagian dari upaya untuk menangani masalah lingkungan. ”Perlu kita sadari bahwa kebiasaan dalam keseharian kita yang turut menyebabkan kerusakan ekosistem mangrove diantaranya konservasi lahan menjadi area pengunaan lain, perambahan, pencemaran, perluasan tambak, serta praktek budidaya yang tidak berkelanjutan. Perubahan bentang lahan terutama menjadi tambak menyebabkan terlepasnya emisi karbon yang dapat berkontribusi dalam peningkatan suhu bumi,” jelas Fachrori.“Bagi daerah pesisir pantai yang panjang seperti Kabupaten Tanjung Jabung Barat, mangrove (bakau) sangat penting, selain untuk kelestarian ekosistem, juga berperan menjaga daratan jika gelombang besar, terutama tsunami yang ditakuti, melanda,” pungkas FachroriMenteri Lingkungan Hidup RI yang diwakili Staf Khusus Menteri LHK Bidang Koordinasi Jaringan LSM dan Analis Dampak Lingkungan Ir.Hanna Adiati,M,Si mengatakan, setiap tanggal 26 Juli diperingati sebagai Hari Mangrove se Duniia, dan Indonesia sebagai negara maritim dengan dua pertiga luas wilayahnya adalah lautan serta Indonesia memiliki luas hutan mangrove terbesar di dunia. “Luas bakau Indonesia menurut data pada tahun 2019 mencapai 3,31 juta hektar, dimana seluas 2,67 juta hektar atau 81 persen merupakan mangrove dalam kondisi baik. Sudah sewajarnya kita mensyukuri karunia Tuhan Yang Maha Esa atas segala limpahan rahmat yang terkandung dalam mangrove yang dikelola selama ini. Kerusakan mangrove disebabkan alih fungsi menjadi pemukiman, perkebunan, pertambangan ilegal, perkembangan infrastruktur percemaran limbah,” terang Hanna Adiati.Hanna Adiati menjelaskan, hutan mangrove sangat mendukung upaya penurunan emisi gas (gas rumah kaca) rumah tangga penyebab perubahan iklim, untuk itu perlu langkah-langkah untuk pencegahan kerusakan mangrove yang lebih luas supaya dapat dipulihkan secara efisien dengan rutin penanamannya. “Kita menyelenggrakan penanaman ini bertujuan agar masyarakat khususnya di Tanjung Jabung Barat menjadi sadar akan pentingnya menjaga  hutan mangrove yang merupakan benteng pertahanan terhadap potensi bencana, dan sekaligus menjaga ekosistem darat dan laut,” pungkasnya.Bupati Tanjung Jabung Barat, Dr.Ir.H.Safrial,MS menyampaikan, Pemerintah Kabupaten Tanjung Jabung Barat bersama-sama Forkopimda setiap tahunnya selalu mengadakan penanaman mangrove (tanaman bakau) sebagai pelindung bagi hewani. Ada tiga manfaat hutan mangrove di Tanjung Jabung Barat: pertama, tempat pelindungan udang ketak, kedua tempat berkembang biaknya kerang, dan ketiga tempat berkembang biaknya kepiting“Selama ini, hutan mangrove ini ditebang, dijadikan arang untuk dijual sebagai penambah ekonomi masyarakat, tapi sekarang sudah dilarang selama 3 tahun ini. Kita harus melestarikan hutan mangrove ini karena banyak manfaatnya” ujar bupati. Danrem 042/Garuda Putih, Brigjen TNI M.Zulkifli turut hadir dalam acara tersebut.

Humas Pemprov Jambi

Rumah Warga Ambruk Akibat Hujan Deras

KOTA JAMBI (SR28) - Rumah warga ambruk akibat curah hujan yang tinggi. Tampak tanah pada bagian bawah rumah panggung tersebut retak-retak dan amblas hingga ke dalam sungai. Selain merusak rumah, amblasnya tanah juga mrusak satu pos ronda yang ada dis ebelah bangunan rumahnya.