Kamis, Januari 28, 2021

Gunung Merapi Kembali Erupsi, Keluarkan Awan Panas Guguran

YOGYAKARTA (SR28) - Gunung Merapi kembali erupsi pada 27 Januari 2021 siang. Jarak luncur awan panas mencapai 3 kilometer. Saat ini, Merapi di...

Jambi Kembali Terima 17.240 Dosis Vaksin Covid-19

JAMBI (SR28) - Berdasarkan rencana pemerintah Jambi, jumlah vaksin Covid-19 itu akan mulai di distribusikan ke 9 kabupaten kota lainnya yang belum...

Belum Ada Laporan Bencana, Status Provinsi Jambi Masih Kesiapsiagaan

JAMBI (SR28) - Berdasarkan pemantauan BPBD Provinsi Jambi, ketinggian muka air sungai Batanghari disejumlah daerah masih berada pada kisaran 12 hingga 13...

Sudah Ada 430 Pasien Covid-19 Tanpa Gejala Yang Dirawat Di Rumah isolasi Milik Pemprov Jambi

JAMBI (SR28) - Sejauh ini sedikitnya sudah ada 430 pasien yang dirawat di 2 rumah isolasi milik pemerintah provinsi Jambi itu sejak...

Technology

Bupati Tanjabbar Bersama Gubernur Jambi Tanam Mangrove di Sekitar Pelabuhan Roro

KUALA TUNGKAL (SR28) - Bupati Tanjung Jabung Barat Dr. Ir. H. Safrial MS bersama Gubernur Jambi Fachrori Umar menanam pohon Mangrove di sekitaran pelabuhan Roro Kuala Tungkal dalam rangka peringatan Hari Mangrove Sedunia Tahun 2020, Senin (03/08/2020).

Kegiatan penanaman mangrove turut diikuti oleh Staf Khusus Menteri Lingkungan hidup bidang koordinasi dampak lingkungan, Kapolda Jambi, Danrem 042 Gapu, Forkompimda Provinsi Jambi, Kepala OPD Provinsi/ Kabupaten, Asisten, Pramuka, dan undangan lainnya.

Dalam sambutannya, Bupati Safrial memapaparkan singkat tentang kondisi geografis Tanjung Jabung Barat. Bupati juga sampaikan, Kabupaten Tanjung Jabung Barat merupakan salah satu Kabupaten di Provinsi Jambi yang memiliki hutan Mangrove yang cukup luas.

"Keberadaan hutan Mangrove di Tanjung Jabung Barat sangat berharga sebagai sumber daya alam yang menyimpan banyak manfaat yang dan harus dijaga kelestariannya," ungkap Safrial.

Selain itu, Pemkab Tanjab Barat didukung Kementerian Pariwisata telah berupaya secara maksimal untuk mengangkat hutan mangrove di Kabupaten Tanjung Jabung Barat.

"Salah satunya dengan menjadi sebuah objek wisata tematik, yang memiliki nilai tambah yaitu dengan membuka dan membangun sarana dan prasarana penunjang ekowisata mangrove pangkal babu agar dapat dikunjungi dengan mudah dan nyaman oleh para wisatawan baik dalam maupun dari luar negeri bahkan juga para peneliti lingkungan hidup yang terkait dengan hutan mangrove untuk pengembangan ilmu pengetahuan," jelas Safrial.

"Jauh lebih penting kedepannya ekowisata hutan mangrove pangkal babu ini dapat senantiasa kita kembangkan dan memberikan dampak yang positif terhadap pertumbuhan ekonomi bagi masyarakat luas melalui tumbuh kembangnya industri kecil yang menyediakan berbagai kerajinan cenderamata kuliner laut yang khas dan sebagainya," ujarnya.

Selain itu Safrial berharap  pemerintah provinsi Jambi dan pemerintah pusat melalui Kementerian Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI dapat mendukung pembangunan dan mendorong perkembangan ekowisata hutan mangrove pangkal babu itu.

Sementara itu, Gubernur Jambi H. Fachrori Umar M. Hum dalam sambutannya menyampaikan saat ini Pemerintah sangat menaruh perhatian terhadap kelestarian hutan mangrove, mengingat banyaknya manfaat hutan mangrove khususnya bagi masyarakat sekitar.

Fachrori berharap melalui kegiatan peringatan hari mangrove sedunia ini, dapat menambah motivasi dalam rehabilitasi dan menjaga kelestarian hutan mangrove, khususnya di Provinsi Jambi.

"Provinsi Jambi memiliki hutan mangrove seluas 9.300 hektar, di Tanjung Jabung Barat 4.166, 65 hektar, melalui kegiatan ini, mari kita gelorakan semangat menanam mangrove untuk memberikan kontribusi dalam rehabilitasi dan kelestarian hutan mangrove," ujar Gubernur. (Sabri)

- Advertisement -

Pegawai Positif Corona, Kantor Samsat Kota Jambi Sementara Tutup

KOTA JAMBI (SR28) - Pelayanan pembayaran pajak kendaraan di kantor Samsat Kota Jambi terpaksa ditutup seentara selama 3 hari kedepan. Penutupan layanan itu dilakukan setelah adanya seorang pegawai ASN di kantor samsat yang terkonfirmasi positif terpapar virus corona.

Sumber: JAMBI28.TV

Bupati Tanjabbar Dampingi Gubernur Salurkan JPS

TANJAB BARAT (SR28) - Bupati Tanjung Jabung Barat Drs. Ir. H Safrial  MS, dampingi Gubernur Jambi Fachrori Umar salurkan bantuan Jaring Pengaman Sosial (JPS) tahap kedua untuk warga terdampak Covid-19 di Kecamatan Tebing Tinggi, Senin (12/07/2020).

Disampaikan Kadis Sosial, Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dinsosdukcapil) Provinsi Jambi, Arif Munandar, penyaluran bantuan Jaring Pengaman Sosial (JPS) tahap kedua ini  sama seperti alokasi tahap pertama, yaitu 3523 Kelompok Penerima Manfaat (KPM).

Arif Munandar juga mengatakan, keterlambatan penyaluran JPS tahap kedua ini disebabkan terkendala pada tumpang tindihnya data yang diterima. Namun, dikatakan Arif, Kabupaten Tanjung Jabung Barat adalah data yang terbaik. Selain itu ditambahkannya, Kabupaten Tanjab Barat sudah mendapat apresiasi dari BPKP dalam melakukan rinsing data.

"Karena datanya terbaik, yang kedua kemarin BPKP juga sudah mengapresiasi Kabupaten Tanjung Jabung Barat," ujar Arif.

Pada kesempatan yang sama Bupati Safrial juga mengatakan, terlambatnya penyaluran JPS di Tanjab Barat memang disebabkan adanya tumpang tindih data. Namun dijelaskan Safrial, bahwa permasalahan data dapat diselesaikan dengan kerjasama yang baik antara Dinas Sosial, Camat, Kades dan ketua RT sehingga didapatkan data Kelompok Penerima Manfaat (KPM) yang akurat untuk tahap kedua ini.

"Alhamdulillah, di Tanjab Barat ini, dengan kerjasama yang baik antara Dinas Sosial, Camat, Kades dan ketua RT, sehingga tidak banyak terjadi kesalahan data," ujarnya.

Terkait era new normal, Bupati juga mengajak kepada masyarakat untuk mengikuti himbauan Pemerintah dalam disiplin penerapan protokol kesehatan.

"Kalau kita ingin pandemi ini cepat berlalu, ya kita harus disiplin ikuti himbauan pemerintah dalam penerapan protokol kesehatan," ajak Safrial.

Sementara itu, Gubernur Jambi Fachrori Umar dalam penyampaiannya mengatakan, dengan diserahkannya JPS bagi masyarakat yang terdampak covid 19 ini diharapkan mampu meredam lonjakan permintaan bahan pangan, dan meringankan beban kelompok penerima manfaat.(Sabri)

Bupati Tanjabar Safrial MS Salurkan Bantuan Sosial Beras Untuk PKH

KUALA TUNGKAL (SR28) - Bupati Tanjung Jabung Barat, Dr. Ir. H. Safrial MS serahkan langsung secara simbolis Bantuan sosial beras (BSB) Tahun 2020 kepada perwakilan keluarga penerima manfaat program keluarga harapan (PKH) Di Gudang Bulog Kuala Tungkal, Selasa(20/10).

Disampaikan Kadis Sosial Drs. Syarifudin MM dalam laporannya, bantuan beras kepada keluarga penerima manfaat program keluarga harapan (KPM PKH) ini, diperentukan bagi keluarga harapan yang terdampak covid 19 yang mencapai 11. 435 KPM.

"Beras yang disiapkan yaitu kualitas premium dengan kemasan 15 kilogram, dan penyaluran bantuan sosial tersebut akan dilaksanakan selama tiga bulan terhitung sejak Agustus sampai Oktober 2020," jelas Syarifudin.

Sementara itu Bupati H. Safrial dalam sambutannya berharap bantuan ini dapat mengurangi beban masyarakat, khususnya yang terdampak pandemi covid 19. Namun, Bupati juga ingatkan kepada masyarakat untuk tetap produktif selama masa pandemi.

"Kita berharap dengan bantuan ini dapat mengurangi beban ekonomi, yang paling penting kita tekankan, selain bantuan ini kita harus bekerja, karena di era new normal ini kita harus bekerja, ekonomi berjalan dan kesehatan harus dijaga" katanya

Bupati H. Safrial juga menghimbau masyarakat untuk selalu patuhi protokol kesehatan dalam menjalankan aktifitas sehari-hari, terlebih dengan adanya Perda yang mengatur tentang pelaksanaan dan penerapan protokol kesehatan di masyarakat.

"Saya menghimbau kepada seluruh masyarakat Kabupaten Tanjab Barat untuk selalu patuhi protokol kesehatan apalagi kita sudah ada perda tentang Covid 19, artinya jika ada Peraturan Daerah pasti ada sanksinya, jadi saya berharap masyarakat betul-betul menyadari Covid 19 ini sangat berbahaya maka Protokol kesehatan harus dilaksanakan" tegas Bupati.

Ditanya soal persedian Beras di Gudang Bulog , Bupati Safrial langsung Gudang Beras Bulog mengatakan, persedian beras yang tersedia di Gudang Bulog diperkirakan cukup untuk 3 bulan kedepan."hadir dalam acara ini, Para Kepala OPD, Camat, Ka Bulog, Masyarakat Penerima Bantuan serta tamu undangan lainnya. (Sabri)

Jambi Kembali Terima 17.240 Dosis Vaksin Covid-19

JAMBI (SR28) - Berdasarkan rencana pemerintah Jambi, jumlah vaksin Covid-19 itu akan mulai di distribusikan ke 9 kabupaten kota lainnya yang belum...

Latest News

Pemkab Luruskan Soal Zona Merah COVID-19 Di Tanjabbar

KUALA TUNGKAL (SR28) - Pemerintah Kabupaten Tanjung Jabung Barat melalui Juru Bicara Satgas COVID-19 bantah jika Tanjab Barat saat ini masuk ke...

TEGA! Bapak Ini Disiram Saat Sedang Tertidur Pulas

Seorang Pria renta disiram orang tak dikenal saat tengah tertidur pulas. Tak diketahui apa maksud dari seseorang yang mneyiram tersebut.

UNIK! Band Ini Gelar Konser Di Dalam Balon, Tetap Patuhi Protokol Kesehatan

Sebuah grup band asal Amerika Serikat yakni The Flaming Lips Band menggelar sebuah konser di dalam balon. Uniknya mereka tetap mematuhi protokol...

Belasan Rumah Terbakar Di Palembang, Pengakuan Tersangka Bikin Geram

PALEMBANG (SR28) - Tangis histeris mewarnai proses pemadam kebakaran yang terjadi di pemukiman padat penduduk di Jalan KH Ahmad Dahlan Palembang, Senin...

Misteri Kematian Rapper K-Pop Iron, Diduga Tewas Dibunuh?

KOREA SELATAN (SR28) - Polisi sebelumnya sempat menyatakan bahwa mereka belum menemukan kecurigaan atau bukti adanya kemungkinan pembunuhan. Karena...

Music

Target Partisipasi Pemilih di Jambi Hanya 75 Persen

JAMBI - Pihak Kesbangpol Provinsi Jambi menyatakan bahwa partisipasi pemilih yang dipatok sebesar 75 persen itu merupakan angka yang cukup tinggi. Berdasarkan pengamatan, pihak Kesbangpol menilai bahwa angka partisipasi masyarakat untuk mengikuti Pilkada serentak tahun 2020 ini malah lebih meningkat jika dibandingkan Pilkada serentak tahun 2019 lalu yang hanya mencapai 72 persen dari keseluruhan DPT saat itu.

Lepas Atlet PABBSI Ikuti Uji Tanding, Bupati Tanjabbar: Jaga Nama Baik Daerah

KUALA TUNGKAL (SR28) - Bupati Tanjung Jabung Barat Dr. Ir. H. Safrial, MS lepas atlet Persatuan Angkat Besi dan Berat Seluruh Indonesia (PABBSI) yang akan berangkat ke Kota Jambi untuk mengikuti Try Out dan Uji Tanding bersama PABBSI Kota Jambi, Kamis (17/9/2020).

Dalam pelepasan yang diadakan di Ruang Rapat Bupati tersebut, Bupati Safrial berpesan agar para atlet PABSSI Tanjab Barat bertanding dengan sportif dan bisa menjaga nama baik daerah.

"Dalam sebuah pertandingan juara itu penting, tapi sportifitas tetap harus dijaga. Jaga nama baik daerah. Selamat berjuang, mudah-mudahan sukses. Teriring doa dari kami secara pribadi. Semoga adek-adek memperoleh medali yang banyak," ujarnya.

Bupati juga berjanji akan meminta OPD terkait untuk bisa meningkatkan insentif atlet di Tanjab Barat.

"Insentif harus disesuaikan, upayakan lebih tinggi dari daerah lain, minimal sama. Agar atlet-atlet berprestasi tidak pindah ke daerah lain," tambah Safrial.

Sebelumnya ketua PABBSI Tanjab Barat H. M. Arif mengungkapkan try out dan latih tanding ini diadakan untuk menjaga kebugaran atlet karena banyak kegiatan terhenti disebabkan pandemi covid-19 sekaligus persiapan bagi atlet yang lolos PON Papua.

"Atlet PABBSI kita termasuk berprestasi Pak, ada dua yang ikut PON Papua, tapi tertunda karena Covid. Untuk itu kita adakan kegiatan ini agar kondisi atlet PABBSI tetap bugar," paparnya

Sementara Ketua KONI Tanjab Barat, Syarifuddin yang ikut serta dalam pelepasan berpesan agar atlet PABBSI bisa mengikuti kegiatan dengan semangat dengan tetap mengikuti protokol kesehatan. Ketua KONI juga minta maaf tidak bisa membantu dengan maksimal karena pandemi covid-19. (Sabri)

Ekslusif!!! Menelisik Peta Kontestasi Pilwako Jambi 2023

KOTA JAMBI (SR28)- Meski periode jabatan Walikota Jambi saat ini baru akan berakhir 3 tahun lagi, namun...

Bupati Tanjabbar Dampingi Gubernur Salurkan JPS

TANJAB BARAT (SR28) - Bupati Tanjung Jabung Barat Drs. Ir. H Safrial  MS, dampingi Gubernur Jambi Fachrori Umar salurkan bantuan Jaring Pengaman Sosial (JPS) tahap kedua untuk warga terdampak Covid-19 di Kecamatan Tebing Tinggi, Senin (12/07/2020).

Disampaikan Kadis Sosial, Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dinsosdukcapil) Provinsi Jambi, Arif Munandar, penyaluran bantuan Jaring Pengaman Sosial (JPS) tahap kedua ini  sama seperti alokasi tahap pertama, yaitu 3523 Kelompok Penerima Manfaat (KPM).

Arif Munandar juga mengatakan, keterlambatan penyaluran JPS tahap kedua ini disebabkan terkendala pada tumpang tindihnya data yang diterima. Namun, dikatakan Arif, Kabupaten Tanjung Jabung Barat adalah data yang terbaik. Selain itu ditambahkannya, Kabupaten Tanjab Barat sudah mendapat apresiasi dari BPKP dalam melakukan rinsing data.

"Karena datanya terbaik, yang kedua kemarin BPKP juga sudah mengapresiasi Kabupaten Tanjung Jabung Barat," ujar Arif.

Pada kesempatan yang sama Bupati Safrial juga mengatakan, terlambatnya penyaluran JPS di Tanjab Barat memang disebabkan adanya tumpang tindih data. Namun dijelaskan Safrial, bahwa permasalahan data dapat diselesaikan dengan kerjasama yang baik antara Dinas Sosial, Camat, Kades dan ketua RT sehingga didapatkan data Kelompok Penerima Manfaat (KPM) yang akurat untuk tahap kedua ini.

"Alhamdulillah, di Tanjab Barat ini, dengan kerjasama yang baik antara Dinas Sosial, Camat, Kades dan ketua RT, sehingga tidak banyak terjadi kesalahan data," ujarnya.

Terkait era new normal, Bupati juga mengajak kepada masyarakat untuk mengikuti himbauan Pemerintah dalam disiplin penerapan protokol kesehatan.

"Kalau kita ingin pandemi ini cepat berlalu, ya kita harus disiplin ikuti himbauan pemerintah dalam penerapan protokol kesehatan," ajak Safrial.

Sementara itu, Gubernur Jambi Fachrori Umar dalam penyampaiannya mengatakan, dengan diserahkannya JPS bagi masyarakat yang terdampak covid 19 ini diharapkan mampu meredam lonjakan permintaan bahan pangan, dan meringankan beban kelompok penerima manfaat.(Sabri)

Fachrori: Pendidikan Prioritas Dalam Pembangunan SDM

JAMBI (SR28) - Gubernur Jambi, Dr.Drs.H.Fachrori Umar,M.Hum., menyatakan, Pemerintah Provinsi Jambi telah menempatkan pendidikan sebagai prioritas dalam pembangunan Sumber Daya Manusia (SDM) di Provinsi Jambi agar kedepannya lebih meningkat lagi. Hal tersebut disampaikan Fachrori pada Wisuda Santri Akhir Pondok Karya Pembangunan (PKP) Al Hidayah Pemerintah Provinsi Jambi Tahun Ajaran 2019/2020, yang berlangsung di Lapangan PKP Al Hidayah Pemerintah Provinsi Jambi, Sabtu (25/07).

“Pembangunan SDM menjadi sangat penting sekali, karena SDM yang akan melaksanakan pembangunan di Provinsi Jambi. Pembangunan SDM saat ini, diarahkan kepada terbentuknya insan yang memiliki kecerdasan intelektual, emosional dan spiritual yang harus melebur dalam setiap jiwa manusia,” ujar Fachrori.

Fachrori menjelaskan, ketiga kecerdasan tersebut harus benar benar seimbang, karena saat ini banyak SDM yang cerdas secara intelektual tetapi tidak cerdas secara emosional dan spiritual, sehingga sangat mudah sekali terprovokasi. SDM seperti wisudawan dan wisudawati ini sebagai pelaku pembangunan sudah seharusnya lebih mengasah potensi intelektual agar menjadi seorang cendikia yang cerdas, melatih kepekaan rasa agar memiliki ketajaman spiritual dan lebih mengolah daya imajinasi agar dapat lebih berkreasi dan berinovasi.

“Saya berpesan kepada semuanya, untuk bersikap optimis dan penuh percaya diri terhadap kemajuan yang sangat cepat saat ini, sehingga bisa menggapai masa depan yang lebih baik. Kita harus menyikapi kemajuan pengetahuan dan teknologi yang sangat cepat saat ini secara arif, sehingga dapat memberikan manfaat bagi kebutuhan manusia,” jelas Fachrori.

Selanjutnya Fachrori mengingatkan kepada seluruh wisudawan dan wisudawati untuk terus semangat dalam belajar sepanjang hayat, karena saat ini akan memasuki masa pembelajaran yang sesungguhnya dalam kehidupan masyarakat. Hal yang sangat penting adalah harus bisa memanfaatkan peluang dan kesempatan yang ada, karena peluang dan kesempatan tidak datang dua kali, sedangkan tantangan hidup yang ada akan semakin bertambah berat.

“Kita harus mempersiapkan diri dengan baik dalam pengembangan diri yang berorientasi pada peningkatan produktivitas, kinerja dan harus didukung dengan teknologi informasi yang terus berkembang dengan cepat. Tantangan kedepannya menjadi lebih kompleks lagi dalam menghadapi berbagai kultur dan budaya yang masih mengakar kuat di masyarakat dan masih lemahnya dalam akses terhadap teknologi informasi,” pesan Fachrori.

“Saya sangat mengharapkan lulusan PKP Al Hidayah ini mampu menjawab dan mengantisipasi berbagai tantangan saat ini, terutama dalam upaya meningkatkan pembangunan SDM di Provinsi Jambi. Saya juga mengharapkan lulusan PKP Al Hidayah memiliki berbagai keterampilan dan nilai tambah lainnya, sehingga mampu bersaing dan sejajar dengan lulusan lulusan dari sekolah lainnya,” pungkas Fachrori.

Direktur PKP Al Hidayah Pemerintah Provinsi Jambi, Ustadz H.Hasan Basri Husein,SH., mengatakan, sejak berdirinya PKP Al Hidayah Pemerintah Provinsi Jambi sampai saat ini, baru pada kesempatan ini Gubernur Jambi menghadiri acara wisuda santri akhir. Semoga dengan kedatangan Bapak Gubernur Jambi, menjadi motivasi tersendiri bagi PKP Al Hidayah Pemerintah Provinsi Jambi untuk kedepannya menjadi lebih baik lagi.

“Semoga kedepannya, PKP Al Hidayah Pemerintah Provinsi Jambi kedepannya bisa melahirkan santriwan dan santriwati yang lebih berprestasi lagi, sehingga mendukung program Pemerintah Provinsi Jambi dalam menciptakan SDM yang berkualitas dan berakhlak serta dapat membantu pembangunan di Provinsi Jambi,” kata Ustadz Hasan. (Sidik)

Culture

- Advertisement -

Puluhan Ribu Massa Sambut Kedatangan Habib Rizieq Shihab di Bandara 3 Soetta

TANGERANG (SR28)- Hari ini (10/11) tepat pukul 09.00 WIB, Pesawat Saudi Arabian yang dinaiki Habib Rizieq mendarat di Bandara Soekarno Hatta. Baik didalam maupun diluar bandara terlihat ribuan massa memadati lokasi dimana imam besar FPI itu akan menaiki kendaraannya.

Kedatangan Habib Rizieq sendiri juga turut mendapat pengawalan dari ribuan TNI dan POLRI. Jumlah ini diterjunkan untuk memastikan massa yang jumlahnya mencapai ratusan ribu dalam keadaan tertib.

Sesampainya di Terminal 3 Soetta, Habib Rizieq tampak langsung menaiki mobil berwarna putih dan dikawal ribuan laskar.

"Allahuakbar, Allahuakbar, Allahuakbar" pekik Habib Rizieq kepada puluhan ribu massa yang menjemputnya.

Ada Apa??? Anggaran 2020 Sudah Tutup Buku Peningkatan Kawasan MTQ Masih Dikerjakan

KUALA TUNGKAL (SR28) - Pembangunan kawasan MTQ di desa Tungkal Satu dengan menggunakan anggaran Tahun 2020 kemarin hingga kini masih dilakukan pekerjaannya....

Sejumlah Petugas Medis Positif Covid-19, 4 Layanan RSUD Raden Mattaher Ditutup

JAMBI (SR28) - Empat unit layanan kesehatan di RSUD Raden Mattaher Jambi terpaksa ditutup hingga satu minggu kedepan. lantaran, sejumlah petugas medis di rumah sakit tersebut terkonfirmasi positif Covid-19 berdasarkan uji swab mandiri yang dilakukan pihak rumah sakit.

Nonton berita menarik lainnya di JAMBI28 TV
- Advertisement -

Must Read

Polda Jambi Teruskan Penyelidikan Insiden Pembakaran Motor Petugas Kepolisian

JAMBI (SR28) - Hingga saat ini Polda Jambi terus melakukan penyelidikan terhadap insiden pebakaran motor yang terjadi saat demo Mahasiswa beberapa waktu lalu. Walaupun, belum satu orang pun diamankan dalam aksi tersebut.

Aliansi Muslim Jambi Serukan Boikot Produk Prancis

KOTA JAMBI - Setelah Selesai melakukan shalat Jum’at ratusan masa yang tergabung dalam Aliansi Muslim Indonesia yang berjumlah ratusan umat muslim berkumpul di masjid agung al falah broni kota jambi,dan melakukan konvoi menuju tugu juang Sipin,tampak aksi tersebut dikawal oleh aparat kepolisian. Dalam orasinya, dihimbau untuk masyarakat muslim untuk tidak membeli dan memboikot produk – produk Prancis yang ada di Indonesia khususnya daerah Jambi.

Jon Kenedi Nahkodai Karang Taruna Kelurahan Sungai Binjai

BUNGO (SR28) - Jon Kenedi terpilih menjabat Ketua Karang Taruna kelurahan Sungai Binjai periode 2020 - 2025, ditetapkan sesuai hasil musyawarah bersama di kantor kelurahan Sungai Binjai pada 29 Juli 2020.

Jon Kenedi sangat berterima kasih kepada semua unsur tokoh masyarakat yg terlibat didalam musyawarah pemilihan ketua karang taruna kelurahan Sungai Binjai.

"Sayo mengucapkan terima kasih banyak,atas dipercayoinyo sayo untuk menjabat sebagai Ketua karang taruna kelurahan Sungai Binjai," ujarnya.

Ari Gondrong sangat berbangga hati adanya kader Pejuang Siliwangi Indonesia Cabang Bungo memimpin karang taruna dilingkup kabupaten Bungo terkhusus di kelurahan Sungai Binjai.

"Sayo selaku ketua ormas Pejuang Siliwangi Indonesia cabang Bungo, sangat bangga ado kader dari Pejuang Siliwangi Indonesia cabang Bungo yang duduk di kursi ketua karang taruna kelurahan," ungkapnya.

Selain itu Ari Gondrong berharap Jon Kenedi selaku ketua bisa amanah dan bertanggung jawab atas jabatannya.

"Semoga Jon Kenedi biso amanah dengan tanggung jawabnyo,dan memberikan peran yang iyo nian nyato dimato masyarakat, " tutupnya.

Status Siaga Karhutla Tetap Diperpanjang, Masih Ada Potensi Titik Panas

JAMBI - Perpanjangan masa status siaga Karhutla di Provinsi Jambi untuk yang ketiga kalinya itu, dilakukan mengingat masih banyaknya potensi titik panas ataupun hotspot yang bisa saja klimatologi dan geofisika Sultan Thaha Jambi. Khususnya,  yang bisa terjadi di kawasan gambut yang tersebar di beberapa wilayah di provinsi Jambi.

Gara-gara Klaster Covid-19 di Lapas, Warga Binaan Terancam Tak Bisa Nyoblos

JAMBI  - Beberapa kelompok masyarakat belum bisa terdaftar dalam DPT Pemilu tersebut lantaran terkendala beberapa hal. Contohnya seperti yang terjadi di Lembaga Permasyarakatan atau Lapas Kelas II A Jambi yang belum bisa diakomodir. Ini disebabkan karena telah terjadinya klaster penularan Covid-19 di lapas.

KPU Matangkan Sistem Aplikasi Si Rekap

JAMBI - Melalui aplikasi berbasis online Si Rekap diharapkan dapat mempercepat proses rekapitulasi data hasil pemungutan suara pada Pilkada serentak 2020 ini yang kahirnya akan berimplikasi memepercepat proses pengumuman pemenang pemilu.

Lifestyle Magazine

Curhat Ustad Yusuf Mansur, Kepedihan Terinfeksi Corona

Ustad Yusuf Mansur curhat soal dirinya yang positif virus corona (Covid-19). Deretan sakit pernapasan dirasakan, bahkan untuk baca Al-Quran saja terasa sulit. Mengawali curhatnya, Ustaz Yusuf Mansur menerangkan kondisinya sudah lebih baik. Namun napasnya belum bisa kembali seperti semula.

Kendati dalam kondisi tersebut, Ustaz Yusuf Mansur masih bersyukur. Lewat kisahnya, baru terungkap apa yang dirasakan da'i kondang selama Covid-19. Sebab selama ini sang putri, Wirda Mansur kerap mengabarkan sang ayah dalam kondisi baik.

Organ pernapasannya seperti paru-paru terasa sakit. Inilah yang membuat lelaki 43 tahun ini mengatur betul pernapasannya. Latihan pernapasan terus dilakukan. Salah satunya dengan membaca Al-Quran walau dengan napas terbata-bata.

Langgar Protokol Kesehatan Saat Kampanye, 2 Paslon Gubernur Jambi Kena Tegur Bawaslu

JAMBI (SR28) - Dimasa awal kampanye Pilkada serentak 2020. Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Jambi sudah melakukan teguran keras terhadap dua paslin Gubernur Jambi lantaran mengabaikan protokol kesehatan Covid-19 saat kampanye.

Nonton berita menarik lainnya di JAMI28.TV

Lagi Marak! Kejahatan Seksual Di Kota Jambi

Kota Jambi (SR28) -Masyarakat Kota Jambi dibuat khawtir bila hendak pulang pada malam hari. Mereka cemas akan bertemu para pelaku kejahatan begal payudara.

Tercatat sudah ada 4 lokasi tempat kejahatan seksual ini biasa dilakukan. Di Pasar Angso Duo Jambi, daerah Sungai Kambang, daerah sd excellent  Kecamatan Alam Barajo dan juga jalan Auduri 1 menuju Jambi Luar Kota.

Kejadian ini dilaporkan oleh beberapa korban, salah satu korban mengaku telah terkena kejahatan seksual ini sebanyak 2 kali. Penampakan fisik para pelaku selalu berbeda-beda, hal ini membuat dugaan bahwa pelaku bukanlah orang yang sama.

Maraknya kejadian begal payudara di Kota Jambi membuat resah dan cemas masyarakat, khususnya para wanita bekerja yang diharuskan pulang saat malam.

Diharapkan pihak berwajib dapat menangkap pelakunya dengan segera yaa

Kasus Baru Covid-19 Melonjak, Filipina Lockdown Lagi

MANILA - Filipina menjadi negara ke dua di Asia Tenggara, setelah Indonesia, dengan jumlah pasien positif dan kematian akibat dari COVID19. Minggu, 2 Agustus 2020, pemerintah Filipina mengumumkan ada 5.032 kasus baru yang terjadi dalam 24 jam.

Sehingga jumlah keseluruhan mencapai angka di atas 100.000 jiwa. Melihat grafik angka penambahan postif COVID19 di negaranya, Presiden Filipina Rodrigo Duterte, menyetujui akan memberlakukan lagi lockdown di ibu kota negera, Manila, selama dua pekan. Dimulai dari Selasa, 4 Agustus 2020 dan berakhir pada 18 Agustus 2020.

Sumber: JAMBI28 TV

Aneh!! Pembubaran Aktivitas Malam Hari

OLEH: AGUSTIA GAFAR

Sebelumnya penulis mau bercerita terlebih dahulu pada jum'at malam tepatnya pada tanggal 31-oktober-2020 menuju tanggal 1-november-2020 penulis berkumpul dengan teman-teman di sebuah Kafe di bilangan Telanai Pura Kota Jambi.

Maksud kami berkumpul yaitu ingin diskusi mengenai kegiatan  paguyuban ke depan atau kegiatan yang akan dilakukan kedepan, namun waktu asik diskusi datanglah segerombolan Polisi. Polisi itu pun masuk ke cafe tersebut dan meminta kami bubar. Karena hari sudah malam terpaksa kami bubar dengan pembahasan yang belum tuntas.

Hal pembubaran aktivitas dimalam hari ternyata bukan hanya terjadi di kota jambi juga terjadi di kota-kota lainya atau daerah lain yang berada di provinsi jambi.

Hampir setiap daerah melakukan pembubaran aktivitas pada malam hari dengan alasan untuk memutuskan rantai penyebaran virus corona atau covid-19,  namun menurut penulis sangat aneh dan banyak pertanyaan tentang pembubaran aktivitas masyarakat pada malam hari.

Jika alasan hanya untuk memutuskan rantai penyebaran covid19 pertanyaaannya kenapa pembubaran aktivitas masyarakat cuma pada malam hari? Lalu bagaimana dengan aktivitas siang hari? Tentu ini sangat bertentangan sekali dengan pikiran penulis.

Apa yang membedakan aktivitas siang dan malam hari? Bahkan aktivitas siang hari lebih ramai perkumpulan masyarakat dari pada malam hari, di mall contohnya banyak sekali terjadi perkumpulan dan tidak ada petugas yang melakukan pembubaran.

Bahkan pembubaran pada malam hari yang sering terjadi di cafe dan warung-kopi dan dimana di cafe dan diwarung kopi penulis sering berkumpul berdiskusi dengan teman-teman.

Mari kita lihat undang-undang yang mengatur tentang perkumpulan.
Pasal 28 ayat 3 UUD 1945 berbunyi:
“Setiap orang berhak atas kebebasan berserikat, berkumpul, dan mengeluarkan pendapat.”

Sangat jelas sekali penjelasan dalam UUD 1945 ini, kecuali perkumpulan yang membuat keributan, kegaduhan baru boleh dibubarkan dan bahkan bisa dipidana, jika hanya duduk ngopi sambil diskusi, bercerita, dan canda tawa dengan teman perkumpulan maka tidak pantas untuk dibubarkan dan jika memang alasan untuk memutus penyebaran covid 19 maka perlu juga pembubaran pada siang hari.

Selain UUD 1945, hal ini juga diatur dalam Pasal 24 ayat (1) Undang-undang no.39 tahun 1999 tentang hak asasi manusia (“UU HAM”) yang berbunyi:
“Setiap orang berhak untuk berkumpul, berapat, dan berserikat untuk maksud-maksud damai".

Jelas sekali berkumpul dengan damai mempunyai dasar yang jelas dan dilindungi oleh undang-undang.

Video News

- Advertisement -

Sekolah Tatap Muka Diizinkan Mulai Januari 2021, Sekolah Diminta Persiapkan Diri

JAKARTA - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Anwar Makarim mengizinkan kepala derah dan kantor wilayah Kementerian Agama untuk menentukan sendiri pembelajaran tatap muka di wilayahnya.

Kebijakan tersebut mulai berlaku pada semester genap tahun ajaran 2020/2021 atau mulai Januari 2021. Maka dari itu, ia meminta sekolah-sekolah mempersiapkan hal itu dengan baik.

Sekda Tanjabbar Pimpin Apel Komitmen Sukseskan Pilkada 2020, ASN Ikrarkan Netralitas

KUALA TUNGKAL (SR28) - Seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) Pemkab Tanjung Jabung Barat gelar Apel Ikrar Netralitas pada Pilkada Serentak 2020 di Kantor Organisasi Perangkat Daerah (OPD) masing-masing, Rabu (14/10/2020).

Sekretariat Daerah saat gelar apel yang dipimpin langsung oleh Sekretaris Daerah Ir. H. Agus Sanusi, M.Si. di Balai Pertemuan Kantor Bupati.

Mengangkat ikrar yang mana Poin ikrar tersebut dibaca langsung oleh ASN dan Non ASN Tanjab Barat,untuk berkomitmen aktif mensukseskan pilkada serentak 2020 serta menjunjung netralitas selama masa kampanye.

Dalam ikrar yang dibaca ada 4 poin yang menjadi janji sekaligus komitmen penting dari seluruh ASN dan Non ASN dalam gelaran pilkada 2020. Pemkab juga siap mendukung KPU dan Panwaslu demi keberlangsungan pilkada yang damai dan demokratis.

Sekda H. Agus Sanusi saat ditemui setelah Apel Ikrar Netralitas ASN berharap seluruh ASN dan Non ASN di lingkup Pemkab Tanjab Barat komit dengan ikrar yang telah di baca. Semua poin-poin dalam ikrar agar dilaksanakan sehingga seluruh aparatur pemkab tidak ada yang tersandung kasus hukum."tegas sekedar.

Lanjut sekda, "Ikrar Netralitas ASN ini sebagai bentuk komitmen Pemkab Tanjab Barat untuk mensukseskan Pilkada Serentak 2020. Saya harap seluruh ASN dan Non ASN komit dengan ikrar yang telah dibaca. Jadi jangan ada yang menyebar berita bohong, memihak salah satu pasangan calon dan juga bijak dalam menggunakan media sosil," harap Sekda.

Terkait sanksi bagi ASN dan Non ASN yang ditemukan tidak netral Sekda akan bertindak tegas sesuai aturan perundang-undangan.

"Bagi ASN dan Non ASN yang tidak netral serta mendapat laporan dari berbagai pihak akan kita tindak sesuai tingkat kesalahannya. Sudah ada aturan yang tegas mulai dari SKB 5 Kepala Lembaga tentang Netralitas, UU ASN dan PP 53/2010 tentang Disiplin PNS," tutup Sekda.

Apel ditandai dengan penandatanganan naskah ikrar secara simbolis oleh Sekda bersama Asisten Administrasi Umum dan Staf Ahli Bupati bidang Politik dan Hukum. Untuk seluruh ASN ditandatangani di ruangan masing-masing.

Hadir dalam Apel Ikrar Netralitas ASN para Asisten Setda, Staf Ahli Bupati, Kepala Bagian dan Kasubbag lingkup Sekretariat Daerah. (Sabri)

Warga Desa Tungkal 1 Keluhkan Kelapa Dijarahi Ratusan Monyet Liar

KUALA TUNGKAL (SR28) - Diperkirakan ribuan hektare kebun kelapa milik warga Desa Tungkal 1, Kecamatan Tungkal Ilir, Kabupaten Tanjung Jabung Barat dijarahi ratusan monyet liar.

Gangguan hama monyet liar yang meresahkan petani kelapa ini membuat petani merugi. Akibatnya hasil buah kelapa pun berkurang saat panen, akibat buah dan daun kelapa yang dirusak oleh monyet. Hal ini seperti dikatakan oleh Salim selaku Badan Perangkat Desa (BPD) Tungkal.

"Petani merugi, akibatnya hasil buah kelapa pun berkurang saat panen, akibat buah dan daun kelapa yang dirusak oleh monyet," ujarnya kepada SR28, Senin (28/09).

Terpisah, Sekdes Tungkal 1, Lukman Hakim mengatakan, pihaknya sudah menyurati Dinas Perkebunan dan Peternakan Tanjabbar krena gangguan monyet ini sangat berpengaruh dengan hasil perkebunan warga petani kelapa.

"Bayangkan saja kalau satu monyet sampai makan 3 buah kelapa dalam berapa banyak buah yang habis dimakan ratusan monyet itu. Kalau buah yang jatuh itu rusak tidak mau dimakannya, diambilnya lagi yang baru," ujar Sekdes.

"Untuk itu kita berharap dengan apa yang terjadi saat ini, dinas istansi terkait, dapat membantu kami untuk mengusir hamonyet yang hingga kini makin menjadi dan merusak kebun kelapa warga," pungkasnya. (Sabri)

Breaking News! Gedung Plasa Telkom Pekan Baru Terbakar, Sinyal Dari Jambi ke Aceh Gangguan

KOTA JAMBI (SR28)- Celoteh warga pengguna Telkomsel selama 2-3 jam belakangan bermunculan di media sosial. Mereka mengaku kesulitan menelpon dan menggunakan internet.Agus misalnya, warga Kota Jambi mengaku kesulitan menggunakan layanan provider terbesar di Indonesia tersebut.
"aku hilang total internet dan nelpon dak bisa" ungkapnya kepada SR28
“Sudah satu jam saya gak bisa menelfon, sedangkan untuk internet bisa,” kata Dicky di Kota Padang.
Berbagai informasi terkait terganggunya jaringan internet ini juga bermunculan dimedia sosial.
Adapun yang paling santer terindikasi menjadi penyebab terganggunya jaringan Telkomsel adalah adanya kebakaran Gedung di area Plasa Telkom Pekanbaru pada hari ini (Selasa 11 Agustus 2020).
Namun hingga saat ini belum ada informasi apapun dari Telkomsel terkait hubungan terganggunya jaringan dengan terbakarnya gedung Telkom Pekanbaru.
Berbagai pesan berantai yang berisikan pernyataan pihak Telkomsel melalui Twitter dan sosial media juga mulai muncul pasca cuitan dari para pengguna yang tersebar di Jambi, Sumbar, Kepri, Riau, Sumut dan Aceh. Berikut petikan visualnya.

DPRD Tebo Gelar Sidang Paripurna Dengar Pendapat Akhir Fraksi Tentang 8 Ranperda dan APBD 2021

TEBO (SR28) - DPRD Tebo menggelar Sidang Paripurna tentang pendapat akhir fraksi - fraksi terhadap rancangan Peraturan Daerah APBD Tebo 2021 dan 8 Perda lainnya, Senin (16/11/2020).

Tampak Bupati Tebo Dr. H. Sukandar, S. Kom, M.Si bersama Wabup Syahlan, SH menghadiri Sidang Paripurna DPRD Tebo tersebut dengan tetap mengikuti protokol kesehetan.

Ketua DPRD, Mazlan memimpin jalannya sidang paripurna

Sidang Paripurna dibuka langusng oleh Ketua DPRD Tebo Mazlan, S.Kom yang didampingi Wakil Ketua Aivandri, AB  dan Syamsurizal, SE, M.Si serta diikuti Anggota Dewan lainnya.

"Sidang paripurna hari ini untuk memberikan kejelasan dan ketegasan kepada seluruh anggota DPRD Tebo apakah rancangan peraturan daerah Kabupaten Tebo tentang APBD 2021 dan 7 ranperda eksekuitf serta 1 ranperda inisiatif tahun 2020 dapat disetujui untuk dijadikan Perda Tebo," ujar Mazlan dalam persidangan.

Penandatangan dokumen oleh Ketua DPRD Tebo, Mazlan S.Kom

Semenatara itu, Bupati Tebo H. Sukandar dalam pidatonya mengatakan, Paripurna kali ini merupakan momentum strategis bagi Pemkab Tebo dan DPRD Tebo.

"Paripurna kali ini menjadi momentum strategis, sebab di tengah pandemi Covid-19 kita dapat menyusun dan membahas rancangan Perda tentang APBD Tebo 2021 dan 8 Ranperda lainnya,' papar bupati Sukandar.

Penandatanganan dokumen oleh Bupati Tebo, H. Sukandar

Atas penyusunan Ranperda tersebut,Pemkab. Tebo memberikan apresiasi dan ucapan terimakasih yang setinggi- tingginya kepada Pimpinan dan anggota Dewan.

"Kami menyadari bahwa dalam pembahasan ini ada dinamika, namun atas dasar kepentingan dan kebutuhan masyarakat Kabupaten Tebo maka pembahasan Ranperda berjalan dengan kondusip, terarah dan sesuai tahapan ", ungkap Bupati H. Sukandar.

Seluruh anggota dewan dan undangan tetap mematuhi protokol kesehatan

Jalannya sidang paripurna dapat berjalan dengan tertib dimana setiap anggota dan undangan yang hadir tetap mematuhi protokol kesehatan yakni dengan tetap menggunakan masker dan berjaga jarak antara satu dan lainnya.

Kena Covid-19, Aktris Nirina Zubir Sempat Drop

JAKARTA - Aktris dan presenter Nirina Zubir kini tengah menjalani isolasi bersama keluarganya karena sama-sama terinfeksi COVID-19. Bukan hal yang mudah baginya menerima kenyataan...
- Advertisement -

Music

Penumpang Angkot Hanya Bayar 200 Rupiah, Supir : Tak Usah Bayar

Klik video dibawah untuk menonton berita selengkapnya. https://www.youtube.com/watch?v=5cO4INqitE4&feature=emb_title

Bupati Tanjabbar Sampaikan Pengantar Laporan Pertanggungjawaban APBD 2019

KUALA TUNGKAL (SR28) - Bupati Tanjung Jabung Barat Dr Safrial sampaikan nota pengantar penyampaian laporan pertanggungjawaban pelaksanaan APBD tahun 2019 pada Rapat Paripurna Pertama DPRD Tanjab Barat yang diselenggarakan di ruang rapat paripurna, Selasa (14/07/20).

Mengawali sambutannya, Safrial sampaikan perolehan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) atas laporan keuangan pemerintah daerah Kabupaten Tanjung Jabung Barat telah di peroleh dua tahun berturut-turut. Lanjutnya, perolehan opini WTP ini berdampak pada bertambahnya penerimaan daerah berupa Dana Intensif Daerah (DID). "Mudah-mudahan dana insentif tersebut di tahun 2021 atas perolehan opini WTP tahun 2019 dapat kita peroleh kembali dengan nilai yang lebih besar dari tahun sebelumnya," ucap Safrial.

Bupati mengatakan, walaupun LKPD tahun 2019 sudah memperoleh opini WTP, namun masih terdapat beberapa catatan BPK yang perlu mendapat perhatian dan tidak lanjut yang tidak signifikan berpengaruh terhadap opini atas laporan keuangan tahun 2019. Permasalahan tersebut, lanjutnya, meliputi sistem pengendalian intern dan kepatuhan terhadap perundang-undangan.Untuk itu kami sedang dan telah melakukan langkah-langkah konkrit untuk menyelesaikan permasalahan tersebut agar opini di masa yang akan datang dapat dipertahankan dan dengan harapan lebih baik dari tahun sebelumnya," jelasnya.

Safrial menyebutkan, laporan keuangan yang telah di audit tersebut, diharapkan dapat dipergunakan sebagai bahan evaluasi atas kinerja keuangan pemerintah daerah, baik oleh internal pemerintah daerah maupun oleh eksternal pemerintah daerah.

"Bagi internal pemerintah daerah, hasil evaluasi digunakan untuk melakukan perbaikan atau peningkatan kinerja yang belum optimal pada tahun berikutnya, sehingga apa yang direncanakan pemerintah dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah (RPJM) diharapkan dapat dicapai sesuai target yang telah ditetapkan," terangnya.

Sedangkan bagi pihak eksternal pemerintah daerah, katanya menambahkan, laporan keuangan tersebut menjadi pertanggungjawaban pemerintah daerah atas pelaksanaan keuangan. Sekaligus menjadi dasar bagi berbagai pihak untuk memberikan masukan ataupun saran kepada pemerintah daerah atas pelaksanaan pembangunan.

"Apakah sudah sesuai dengan visi misi serta program yang telah ditetapkan dalam RPJMD, khususnya program yang langsung bisa rasakan oleh masyarakat Tanjung Jabung Barat," tuturnya.

Safrial berharap, hal ini dapat berguna untuk menentukan arah kebijakan Umum Kabupaten Tanjung Jabung Barat lebih baik untuk masa yang akan datang.

"Semoga kita semua selalu diberikan kekuatan oleh Allah subhanahu wa taala untuk melanjutkan amanah yang dipercayakan kepada kita, demi terwujudnya Kabupaten Tanjung Jabung Barat yang maju adil makmur dan bermartabat,"pungkasnya.

Rapat Paripurna pertama ini diakhiri dengan penandatanganan nota kesepakatan tentang persetujuan Raperda diluar Propemperda yaitu tentang penegakan protokol kesehatan Covid 19 yang disaksikan peserta rapat. (Sabri)

Bupati Rapat Kembali Fasilitasi Tuntutan Masyarakat Teluk Nilau

KUALA TUNGKAL (SR28) - Bupati Tanjung Jabung Barat Dr Safrial kembali memimpin rapat fasilitasi lanjutan tuntutan masyarakat Kelurahan Teluk Nilau dan Komite Pimpinan Wilayah Serikat Tani Nasional (KPWSTN) terhadap areal APL di wilayah Kelurahan Teluk Nilau Kecamatan Pengabuan, Rabu (15/07).

Kegiatan yang diselenggarakan di Balai Pertemuan Kantor Bupati ini turut diikuti oleh Forkompimda, Kasdim, Kapolsek Teluk Nilau, Staf Ahli, Asisten Perekonomian dan pembangunan, Kadis PMD Tanjab Barat, Kesbangpol, Kadis Dukcapil, Camat Tebing Tinggi, Camat pengabuan, Kabag SDA, Kabag Tata pemerintahan, Camat Tebing Tinggi, Camat Pengabuan, Kepala KPHP Kab. Tanjab Barat, Pimpinan PT. WKS, dan 4 kelompok Tani yang bermitra dengan PT Wirakaryasakti, dan serikat Tani nasional (STN).

Usai rapat, Safrial mengatakan bahwa PT. WKS telah menyerahkan 4 bundel dokumen yang berisi MoU Kemitraan, Legalitas Lahan, dan daftar nama anggota dari 4 kelompok tani mitra PT. WKS, namun tidak dilengkapi dengan fotocopy anggota kelompok tani. Sesuai kesepakatan peserta rapat, PT.WKS diminta melengkapi dokumen selambat - lambatnya pada hari Senin 20 Juli 2020 Pukul 15.00 WIB mendatang.

Sementara itu, dari pihak Masyarakat kelurahan Teluk nilau dan Serikat Tani Nasional, dalam rapat ini juga menyerahkan salinan data (fotocopy) yaitu peta dan perda, berita acara rapat di DPRD, dan berita acara di Badan kesbangpol, berita acara pengecekan lapangan, KK, dan KTP kelompok Tani sebanyak 470 KK/KTP kepada Pemkab Tanjab Barat yang diterima oleh Asisten perekonomian dan pembangunan.

"Nantinya, Dinas PM dan PTSP Kabupaten Tanjab Barat akan melakukan verifikasi terhadap legalitas lokasi yang dimitrakan antara PT WKS dan empat kelompok tani," ujar Bupati.

Selanjutnya, kata Bupati, tim terpadu penanganan konflik sosial Kabupaten Tanjab Barat juga akan memverifikasi data yang disampaikan tersebut selama dua minggu terhitung mulai tanggal 20 juli 2020.

"Dan hasil verifikasi akan disampaikan pada pertemuan selanjutnya, selanjutnya hasilnya akan ditindaklanjuti sesuai aturan yang berlaku" tutur Safrial.

"Fungsi kami hanya sebagai fasilitator, kalau kurang puas dengan hasil kami, ditempuh jalur hukum lebih baik," tambahnya.

Sementara itu, dari Serikat Tani Nasional Provinsi Jambi, Cristian Napitupulu menuturkan bahwa pihaknya masih menunggu hasil verifikasi data dari Dinas PM dan PTSP serta Tim Terpadu Penanganan Konflik Sosial.

"Kita masih menghormati pemerintah daerah kita," ujarnya singkat. (Sabri)

Waduh, Kabupaten Tanjab Barat Zona Merah Pelaksanaan Kampanye Pilkada

JAMBI (SR28) - Kabupaten Tanjung Jabung Barat ditetapkan sebagai zona merah pelaksanaan kampanye serentak tahun 2020. Hal tersebut berdasarkan hasil analisa dan evaluasi terbaru yang telah ditetapkan pemerintah pusat.

Sport News

Tak Hanya Wartawan, Rapid Test Masal Juga Akan Sasar Seluruh Wilayah di Jambi

JAMBI (SR28) - Tidak hanya terhadap wartawan di Jambi. Satgas penanganan Covid-19 Provinsi Jambi juga akan melkaukan rapid test masal ke seluruh wilayah kabupaten kota se Provinsi Jambi. Yang tujuan utamanya, terlebih dahulu mengakali rendahnya testing uji swab yang bisa dilakukan  Pemprov Jambi lantaran amsih bergantung pada Balai POM Jambi yang kapasitas ujinya masih rendah.

Tak Hanya Wartawan, Rapid Test Masal Juga Akan Sasar Seluruh Wilayah di Jambi

Tak Hanya Wartawan, Rapid Test Masal Juga Akan Sasar Seluruh Wilayah di Jambi

Posted by JAMBI28 TV on Friday, September 18, 2020
Sumber: JAMBI28.TV

Penting, Wajib Lihat Rekam Jejak Calon Gubernur Jambi

Minggu ini diskusi membahas pentingnya melihat rekam jejak Calon Gubernur Jambi bersama Mahyudi, Ketua DPW Partai Gelora Provinsi Jambi dan Kasmadi, Direktur Eksekutif Batanghari Institut.

Tonton video lengkapnya disni: https://jambi28.tv/penting-wajib-lihat-rekam-jejak-calon-gubernur-jambi-talkandcoffee/

Status Siaga Karhutla Masih Diperpanjang Hingga Akhir Oktober

JAMBI (SR28) - Satuan tugas kebakaran hutan danlahan (Karhutla) hingga akhir bulan Oktober berdasarkan data sepanjang tahun 2020 ini sudah ada sebanyak 200 Hektare lahan terbakar.

- Advertisement -

Pemkab Tanjabbar Bangun Gedung Instansi Vertikal Pakai APBD-P, Ini Kata Ketua LSM Petisi “Pemkab Miskin tapi Sok Kaya”

KUALA TUNGKAL (SR28) - Langkah Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tanjab Barat merehab Rumah Dinas Kejari Kuala Tungkal yang merupakan lembaga vertikal menggunakan Dana Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD-P) 2020 kembali dipersoalkan oleh ketua Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) dari Peneliti Anti Korupsi (LSM-Petisi) Syarifuddin AR.

Dia menuturkan bahwa dari dananya terlihat janggal karena kondisi keuangan daerah saat ini yang diketahui sangat minim.

"Sama-sama kita ketahui minim, namun anehnya bisa-bisanya  Pemkab merehab rumah dinas Kejari Kuala Tungkal yang merupakan instansi vertikal itu," ujar Syarifuddin kepada SR28.

"Ya kita aneh saja sudah jelas anggaran daerah kita saat ini minim malah bantu instansi vertikal, ini membuat kita berasumsi  besak pasak dari pada tiang, awak miskin tapi belagak sok kaya," tambahnya.

"Memang  di dalam Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) diperbolehkan instansi vertikal dibantu pemerintah daerah,namun lihat dulu kondisi keuangan daerah," ucapnya.

Lanjut dia, "Jika kita mengacu memoratorium , sebagaimana yang di tuangkan kebijakan Presiden Joko Widodo sebagai salah satu langkah untuk efisiensi anggaran di dalam belanja-belanja agar anggaran yang ada untuk dapat digunakan lebih berdampak kepada masyarakat," paparnya.

Adapun pembangunan yang mendesak tersebut dicontohkan Syarifuddin adalah seperti pembangunan jalan,sarana pendidikan, kesehatan yang langsung bisa lebih dirasakan masyarakat.

"Ini kalau kita nilai rehab rumah dinas kejaksaan terkesan pemborosan, terlebih lagi kondisi bangunan rumdis yang ada masih bagus dan masih layak di pergunakan ,namun aneh kok mengunanakan Dana APBD-P ,” jelasnya.

"Instansi vertikal itu semestinya cukup dibiayai dengan anggaran-anggaran yang dari pusat, jangan lagi membebani anggaran daerah seperti APBD dan APBD-P, gunakanlah uang daerah itu sebaik mungkin dan secara efektif dan efisien jangan di foya-foyakan," tegas Syarifuddin.

"Tidak perluhlah daerah juga ikut  memikirkan instansi vertikal, karena hal-hal itu menurut kita cukup menguras uang daerah, untuk ke depannya, kita minta pemerintah daerah fokus untuk pembangunan skala prioritas yang menyentuh kemasyarakat. Karena akses jalan, sarana pendidikan dan kesehatan kita masih banyak kekurangan dan masih perlu di benahi," bebernya.

"Masyarakat kita saat ini masih butuh itu, apa tidak lihat keluhan masyarakat selama ini dan kita minta juga kepada instansi vertikal juga  untuk memahami itu, selain itu kita beharap instansi vertikal dan pemkab bisa memahami itu semua, jangan memaksakan kehendak, pikirkan kepentingan masyarakat," tandasnya. (Sabri)

Belum Ada Sanksi Bagi Masyarakat Jambi Yang Menolak Divaksinasi

Klik video dibawah untuk menonton berita selengkapnya. https://www.youtube.com/watch?v=p4ya9PKXxPo&feature=emb_title

Usai Gelaran Debat Pilgub Putaran Pertama, Partai Gelora Se-Provinsi Jambi Kembali Gelar Konsolidasi

JAMBI (SR28) - Berlangsung di RM.Pondok Purnamana yang terletak di bilangan Kota Baru Jambi, para pengurus ada ada pada level Kabupaten/Kota menggelar konsolidasi tingkat Provinsi Jambi.

Konsolidasi digelar seiring dengan telah digelarnya debat putaran pertama sekaligus penggodokan semua informasi dan penyusunan  langkah-langkah strategis pemenangan pasangan Fachrori Umar-Syafril Nursal.

Dalam pertemuan tersebut turut hadir tim dari Berkah 5, Anggara. Berbekal pengalaman berjibaku di lembaga survei Indobarometer, pria berdarah Kerinci tersebut juga memberikan informasi terbaru seputar peta politik pemilihan Gubernur Provinsi Jambi terbaru.

Ketua DPW Partai Gelora Jambi Mahyudi dalam keterangan persnya menyebut konsolidasi digelar seiring dengan peta Pilgub yang telah mulai tampak peta basis-basis seluruh kandidat.

"Ini adalah kali kesekian kami menggelar konsolidasi Partai, Alhamdulillah setiap konsolidasi selalu ada informasi terbaru yang bisa kita himpun dan segera kita sikapi" Ungkap Mahyudi (Minggu 25 Oktober 2020).

Mahyudi juga melanjutkan, jika hasil konsolidasi tersebut akan terus dia laporkan pada tim pemenangan FU-SN.

"Kami ingin langkah kami base on data, kami mau semua valid. Jadi konsolidasi inilah ajang kami menghimpun informasi diakar rumput dan mengkombinasikannya dilevel yang lebih tinggi lagi. Goalnya jelas, memenangkan pasangan FU-SN.

Dalam pertemuan tersebut turut hadir disemua perwakilan tiap Kabupaten/Kota, kecuali Sungai Penuh yang berhalangan hadir. (Muhammad Sidik)

Dua Paslon Gubernur Jambi Saling Klaim Kemenangan

JAMBI - Paslon Gubenrur Jambi Nomor Urut 1 Cek Endra - Ratu dan Palson Nomor urut 3 Haris-Sani saling klaim kemenangan. Namun klaim kemenangan tersebut berdasarkan hasil hitung cepat sejumlah lembaga survey.

TV

Ardy Daud : Pancasila Falsafah Kehidupan Berbangsa dan Bernegara

JAMBI (SR28) - Penjabat Sementara (Pjs) Gubernur Jambi, Ir Restuardy Daud bersama forkompimda Provinsi Jambi mengikuti secara virtual peringatan Hari Kesaktian Pancasila di Monumen Pancasila Sakti, Lubang Buaya, Jakarta Timur, dari Ruang Kerja Gubernur Jambi, Kamis (1/10/2020).

Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) bertindak sebagai inspektur dalam upacara yang mengusung tema “Indonesia Maju Berlandaskan Pancasila.” Dalam upacara tersebut, dilakukan Pembacaan Teks Pancasila oleh Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat RI Bambang Soesatyo, serta Pembacaan dan Penandatangan Ikrar oleh Ketua Dewan Perwakilan Rakyat RI Puan Maharani.

Usai mengikuti upacara secara virtual, dalam sesi wawancara, Restuardy Daud-familiar dipanggil Ardy Daud-menegaskan bahwa peringatan Hari Kesaktian Pancasila ini merupakan wujud komitmen seluruh Bangsa Indonesia bahwa Pancasila adalah falsafah kehidupan berbangsa dan bernegara. Falsafah Pancasila ini merupakan suatu pandangan hidup yang telah diyakini bangsa Indonesia sebagai suatu kebenaran, oleh karena itu dijadikan falsafah hidup bangsa.

“Hari ini kita memperingati Hari Kesaktian Pancasila, hari ini kita kembali memperkuat komitmen kita menjadikan Pancasila sebagai dasar negara, falsafah negara, dan cara memandang kita sebagai negara besar, cara berbangsa dan bernegara itu yang perlu terus kita gelorakan. Pancasila sebagai falsasah dalam kehidupan kita sehari-hari, hal tersebut yang harus kita ingat dan kita tanamkan” ujar Ardy Daud.

Selain itu, Ardy Daud mengingatkan sekaligus mengajak masyarakat untuk menyikapi pandemi Covid-19 secara bijak. “Mari kita taati protokol kesehatan. Kita akan terus bersinergi dengan menerapkan tata kelola kesehatan mulai dari test, tracing, dan treatment (pemeriksaan, pelacakan, dan pengobatan). Kami sedang bekerja, dan saya yakin kita bisa menekan jumlah dengan disiplin menjalankan protokol kesehatan,” jelas Ardy Daud.

Release Pers KAMI Provinsi Jambi

Koalisi Aksi Menyelamatkan Indonesia (KAMI) Provinsi Jambi dideklarasikan, Jumat, 30 Oktober 2020. Acara deklarasi dilaksanakan di Sekretariat KAMI Provinsi Jambi di Jl Prof Muhammad Yamin, SH, Kel. Lebak Bandung, Kec. Jelutung, Jambi.

Deklarasi diikuti sekitar 40 anggota KAMI. Sebenarnya, ada lebih dari 200 anggota, namun panitia sengaja membatasi jumlah peserta deklarasi mengingat saat ini sedang pandemi Covid-19.

Dalam deklarasi ini turut bergabung tiga presidium KAMI nasional : Jend (Purn) Gatot Nurmantyo, Prof Dr Din Syamsuddin, dan Prof Dr Din Rochmat Wahab. Ketiganya tergabung secara virtual melalui aplikasi Zoom Meeting. Mereka dijadwalkan menyampaikan pidato kebangsaan.

Deklarasi dimulai sekitar pulul 14.00 WIB. Usai pembukaan dilanjutkan dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya, pembacaan teks Pancasila oleh Anwarsyah (Presidium KAMI Provinsi Jambi), pembacaan deklarasi oleh Amrizal Ali Munir (Presidium KAMI Provinsi Jambi), dan pembacaan Jati Diri KAMI oleh Muhamad Usman (Komite Eksekutif KAMI Provinsi Jambi).

Kemudian, Presidium KAMI nasional Din Syamsudin menyampaikan pidato kebangsaan. Dalam pidatonya, Din menyatakan saat ini ada gejala yang mengarah pada kediktatoran konstitusional di pemerintahan.

"Adanya gejala dan gelagat kekuasaan yang di negara kita mengarah pada constitutional dictatorship atau kediktatoran konstitusional," kata Din.

Menurut mantan ketua umum PP Muhammadiyah ini kediktatoran konstitusional adalah tindakan menyimpang dari nilai-nilai dasar negara untuk mengukuhkan kekuasaan. Saking kuatnya kediktatoran akan berpengaruh pada bergesernya sistem demokrasi menjadi otokrasi.

"Sekarang Indonesia jadi otokrasi bukan demokrasi. Otokrasi yaitu kekuasaan yang berpusat pada satu orang. Ini yang disebut dalam literatur ilmu politik sebagai democratic centralizm, demokrasi yang terpusat seperti dulu," ujarnya.

Din menyebutkan munculnya Undang-Undang (UU) Nomor 2 Tahun 2020 tentang Kebijakan Keuangan Negara dan Stabilitas Sistem Keuangan Untuk Penanganan Pandemi Covid-19 sebagai gejala kediktatoran. Dalam UU tersebut, hak dan fungsi DPR dalam penganggaran ditarik ke presiden.

Untuk itu, tegas Din, sekarang harus ada kelompok masyarakat yang mau mengoreksi jalannya pemerintahan.

" KAMI hadir untuk itu. Oleh karena itu, gerakan moral kami tidak boleh berhenti, harus terus kita suarakan. Seberapa besar hambatan itu," ucapnya.

Usai Din Syamsuddin menyampaikan pidato kebangsaan, Prof Dr Rochmat Wahab juga memberikan pidato kebangsaan. Rochmat Wahab mengkritik penanganan pandemi Covid-19, diantaranya adalah penanganan di lapangan atas izin diterbitkan oleh Satgas Covid-19.

“Yang diberi izin maupun yang tidak diberi izin penanganan di lapangan sama saja, tidak ada bedanya,” ujar Rochmad Wahab.

Belum lama Rochmad Wahab menyampaikan pidato kebangsaan, petugas Satgas Covid-19 Kota Jambi yang didalamnya ada unsur kepolisian mendatangi lokasi deklarasi. Petugas melakukan monitoring untuk memastikan pelaksanaan deklarasi menerapkan protokol kesehatan.

Kemudian dicapai kesepakatan, deklarasi langsung ditutup dengan acara pemotongan tumpeng. Karena acara dihentikan, Jend (Purn) Gatot Nurmantyo batal memberikan pidato kebangsaan.

Atas kejadian tersebut, KAMI Provinsi Jambi menyampaikan point-poin sebagai berikut :

  1. KAMI Provinsi Jambi sudah resmi berdiri dengan ditandai deklarasi yang dilaksanakan 30 Oktober 2020.
  2. KAMI Provinsi Jambi mengkritik keras segala bentuk diskriminasi, intimidasi, dan tindakan yang menghalang-halangi kebebasan berserikat, berkumpul, dan mengemukakan pendapat oleh pemerintah.
  3. KAMI Provinsi Jambi menyampaikan apreasiasi dan penghormatan kepada Satgas Covid 19 dan kepolisian, yang telah menjalankan tugasnya. Namun demikian, KAMI Provinsi Jambi menyampaikan protes kepada Satgas Covid-19 yang tidak menegakkan keadilan dalam penegakan aturan. Saat dilaksanakan demo besar-besaran yang jumlah pesertanya mencapai ribuan orang, Satgas tidak melakukan penindakan. Namun, kepada KAMI yang melakukan deklarasi dengan jumlah peserta kurang dari 50 orang, Satgas melakukan penindakan.

Demikian, rilis pers kami, untuk informasi lebih lanjut bisa menghubungi kami.

AMRIZAL ALI MUNIR
Presidium KAMI Provinsi Jambi
No HP : 082371118009

Update Data Corona di Provinsi Jambi Per 3 Agustus 2020

JAMBI - Juru Bicara Gugus Tugas penanganan Covid-19 Johansyah menyampaikan update data Corona Provinsi Jambi per 3 Agustus 2020.

Sumber: JAMBI28 TV

Daftar 15 Bank Dapat Jaminan Kredit Korporasi Rp100 Triliun

JAKARTA - Pemerintah akhirnya resmi meluncurkan penjaminan pinjaman untuk segmen korporasi non-UMKM dan non-BUMN sebesar Rp100 triliun. Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani mengatakan, penjaminan kredit korporasi ini mengandeng bank-bank di Tanah Air dengan target kredit sebesar Rp100 triliun hingga 2021.

Sumber: JAMBI28 TV