Minggu, Februari 28, 2021

Pejabat: Mesin meledak, tembakan menewaskan 10 warga sipil Afghanistan

Seorang pejabat polisi mengatakan sebuah minivan yang membawa warga sipil terbakar setelah mesinnya meledak di Afghanistan selatan menewaskan 10 anggota keluarga, termasuk tiga anak.Oleh...

Anjing Bulldog Milik Lady Gaga yang Dicuri Sudah Ditemukan

Dua anjing berjenis Bulldog Prancis milik Lady Gaga telah berhasil ditemukan setelah sebelumnya dicuri. Dilansir dari Billboard, seorang perempuan membawa pulang dua anjing itu ke Olympic Community Police...

Technology

Waduh! 97 Napi Lapas Kota Jambi Reaktif Corona Saat Rapid Test

KOTA JAMBI (SR28) - Sebanyak 95 warga binaan termasuk2 petugas Lapas Kelas II A Kota Jambi dinyatakan reaktif peemriksaan rapid test. Hal tersebut diketahui setelah tim satgas penanganan Covid-19 Provinsi Jambi melakukan rapid test masal, lantaran salah satu warga binaan terindikasi Covid-19.

- Advertisement -

RTH Di Kota Jambi Belum Memenuhi Syarat, Walhi: Revisi Alih Fungsi Lahan

Wahana Lingkungan Hidup Indonesia (Walhi) Jambi menilai kejadian banjir dadakan yang merendam sedikitnya 26 kecamatan di Kota Jambi pada penghujung tahun 2020 lalu terjadi akibat bencana ekologi, bukan bencana alam.

Hasil Liga Eropa tadi malam: Man United Menang Besar, Arsenal dan Milan Compact untuk Bermain Seri: Okezone the Ball

TOTAL Laga seru dan menarik tersaji dalam kelanjutan babak 32 besar Liga Eropa 2020-2021. Beberapa tim besar menang pada leg pertama yang berlangsung...

Pemprov Jambi Pastikan Hasil Pemeriksaan Swab Rampung Paling Lama 3 Hari

JAMBI - Atas banyaknya laporan masyarakat, Pemerintah Provinsi Jambi mulai Senin depan atau tanggal 23 November 2020 memastikan setelah 287 spesimen swab yang belum di uji rampung diperiksa. Hasil peemriksaan swab Covid-19 sudah bisa diketahui paling lama tiga hari setelah pengujian.

Kantor Gubernur dan Wagub DKI Ditutup Sementara Pasca Anies dan Riza Positif Covid-19

JAKARTA - Kantor Gubernur DKI Jakarta yang berada di Kompleks Balai Kota DKI Jakarta, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, ditutup sementara pada Selasa (1/12/2020).

Selasa (1/12) sore, Pemprov DKI Jakarta melalui Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Gulkarmat) Provinsi DKI Jakarta mengerahkan 150 petugas untuk melakukan penyemprotan disinfektan di seluruh gedung komplek Balai Kota.

Latest News

WOW! Kolaborasi dengan 3 Rapper, Raisa Isi OST ‘Raya and The Last Dragon’

JAKARTA - Raisa Andriani akan menyuguhkan sesuatu yang berbeda di karya terbarunya yang berjudul Trust Again. Ibu satu anak itu akan berkolaborasi dengan tiga rapper untuk mengisi...

BLT Subsidi Gaji Cair Bos! Cek Rekening, Ini Syarat Penerimanya

JAKARTA - Pemerintah pada 2020 memberikanBLT subsidi gaji yang merupakan bantuan saat pandemi untuk para pekerja dengan pendapatan di bawah Rp5 Juta yang disalurkan dalam dua...

Pengadilan Jerman menghukum imam radikal keanggotaan di ISIS

Seorang mantan imam di sebuah masjid radikal di Jerman pada hari Rabu menjadi anggota kelompok Negara Islam dan dijatuhi hukuman 10 1/2 tahun penjara.OlehThe...

Penting!Ini Tips Aman Bertransaksi Perbankan Saat Pandemi, Cegah Skimming

JAKARTA - Kondisi pandemi menuntut nasabah untuk membiasakan diri bertransaksi secara non-tunai (online). Namun ada kalanya, nasabah perlu melakukan tarik tunai di ATM terdekat. Oleh...

2 Pemain Asing Persib Bandung Absen di Latihan Pertama, Kenapa? : Okezone Bola

BANDUNG - Pelatih Persib Bandung, Robert Rene Alberts memastikan timnya tidak akan diperkuat dua pemain asingnya, Wander Luiz dan Nick Kuipers. Saat itulah...

Music

Ustaz Yahya Waloni Diancam akan Memenggal Kepala Jemaat saat Kuliah

Di hadapan jemaah, Ustaz Yahya Waloni mengancam akan memenggal salah satu jemaahnya. ...

Bawaslu Jambi Ingatkan Paslon Serahkan Laporan Penggunaaan Dana Kampanye

JAMBI - Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Provinsi Jambi minta seluruh pasangan calon kepala daerah di Jambi baik itu Gubernur, Bupati maupun Walikota untuk tidak lupa melaporkan setuap detil penggunaaan dana kampanye.

Pelaporan penggunaan dana kampanye tersebut, wajib dilakukan oleh seluruh paslon pilkada Jambi sebagai bentuk salahs atunya upaya mewujudkan akuntabilitas pelaksanaan Pilkada serentak tahun 2020.

Danrem 042 Gapu: Vaksinasi Covid-19 Tidak Menimbulkan Reaksi Berarti

JAMBI (SR28) - Danrem 042 Garuda Putih Brigjen TNI M Zulkifli mengaku tidak merasakan reaksi berarti setelah...

2 Pemain Asing Persib Bandung Absen di Latihan Pertama, Kenapa? : Okezone Bola

BANDUNG - Pelatih Persib Bandung, Robert Rene Alberts memastikan timnya tidak akan diperkuat dua pemain asingnya, Wander Luiz dan...

Culture

- Advertisement -

Maaf, begitulah penjelasan Rachland Nashidik terkait kicauan makam Gus Dur

Jakarta - Politisi Partai Demokrat (PD) Rachland Nashidik dianiaya oleh Barisan (Barikade) Gus Dur karena...

Pembangunan Jalan Kelurahan Tungkal Harapan Asal Jadi, Baru Seumur Jagung Sudah Retak dan Berlubang

KUALA TUNGKAL (SR28) – Pembangunan jalan atau peningkatan skala di kawasan Kelurahan Tungkal Harapan, Kecamatan Tungkal Ilir, KabupatenTanjung Jabung Barat oleh Dinas...

PM Lebanon Bersumpah Untuk Menghukum Mereka yang Bertanggung Jawab Atas Ledakan Besar

Perdana Menteri Lebanon, Hassan Diab bersumpah akan mencari siapa orang yang membuat ledakan ini. Dia akan meminta pertanggungjawaban atas ledakan besar yang menewaskan puluhan orang dan ribuan orang luka-luka.

Sumber: JAMBI28 TV
- Advertisement -

Must Read

Sembuh dari Covid-19, Walikota Jambi Syarif Fasha Langsung Pimpin Apel

KOTA JAMBI (SR28) - Setelah dinyatakan sembuh usai menjalani perawatan dan isolasi guna pemulihan kesehatan pasca terkonfirmasi positif Covid-19. Walikota Jambi Syarif Fasha kni sudah mulai kembali beraktivitas dan menjalankan tugasnya sebagai walikota.

Brace Cristiano Ronaldo Membawa Juventus untuk Membantai Crotone

WISATA - Juventus menjalani kelanjutan Liga Italia Musim 2020-2021 dengan menjamu Crotone di Allianz Stadium, Selasa (23/2/2021) dini hari WIB. Tampil menekan, Juve berhasil...

25 Orang Terjaring Razia Masker, Langsung Dihukum Ditempat

KOTA JAMBI (SR28) - Pasca Walikota Jambi Syarif Fasha menyatakan diri terpapar virus Covid-19. Satgas penanganan Covid-19 Kota Jambi meningkatkan kegiatan razia penggunaan masker di Jalan Raya. Setidaknya dalam razia tersebut ada 25 orang terjaring razia masker dan langsung dihukum ditempat.

25 Orang Terjaring Razia Masker, Langsung Dihukum Ditempat

25 Orang Terjaring Razia Masker, Langsung Dihukum Ditempat

Posted by JAMBI28 TV on Wednesday, September 16, 2020
Tak gunakan masker langsung dihukum ditempat

Pemkab Merangin Dapat Bantuan Lima Mobil Sampah Dari Pemerintah Pusat

MERANGIN - Bupati Merangin H Al Haris didampingi Wabup H Mashuri dan Pj Sekda H Hendri Maidalef, secara resmi mengoperasionalkan lima mobil sampah baru dan tiga unit kendaraan roda tiga pengangkut sampah.

Acara ditandai dengan pemecahan kendi berisi air kembang, persis di bemper salah satu mobil sampah yang resmi dioperasionalkan. Pada acara yang berlangsung di halaman Dinas Lingkungan Hidup (LH) Merangin itu, juga hadir Kadis LH Zulhifni.

‘’Sebanyak lima unit mobil, terdiri dari tiga damtruk, dua mobil amrol dan tiga unit kendaraan roda tiga pengangkut sampah ini, merupakan bantuan dari Pemerintah Pusat yang bersumber dari dana DAK. Terimakasih atas bantuan ini,’’ujar Bupati.

Bupati minta armada sampah yang dititipkan ke petugas kebersihan Pemkab Merangin tersebut, digunakan dengan benar dan benar-benar dirawat serta dijaga dengan baik.

Dengan dioperasionalkannya armada baru itu, bupati berharap kepada petugas kebersihan, jangan ada lagi keluhan dari masyarakat ada sampah yang belum diangkut dan menumpuk.

‘’Kita harus jeli dan sigap dalam menyikapi sampah di daerah kita. Mobil sampah ini kapan saja harus stand by. Jika ada masyarakat yang menghubungi minta untuk mengangkut sampah, harus selalu siap,’’pinta Bupati.

Jangan sampai lanjut bupati, muncul paradigma bahwa hanya saat penilaian Adipura saja, sibuk mengurusi sampah. Jadikan pengangkuan sampah itu, sebagai tugas dan kewajiban rutin yang dilaksanakan setiap hari.

Begitu juga sambung bupati, himbauan larangan menggunakan kantong plastik yang pada akhirnya menciptakan sampah plastik, hendaknya jangan hanya menjadi slogan saja, tapi harus diaplikasikan dalam kehiduapn masyarakat sehari-hari.

‘’Didapatkan bantuan mobil ini juga berkat kerja keras para bapak dan ibu petugas kebersihan yang telah melaksanakan tugasnya dengan baik, sehingga Kota Bangko selalu terlihat bersih dan indah,’’terang Bupati.

Pada kesempatan itu, bupati juga minta petugas kebersihan dapat menjaga dengan baik Tempat Pembuangan Akhir (TPA) sampai di kawasan Langling,  yang menjadi TPA terbaik di Sumatera.

Sementara itu menurut Kadis LH Merangin Zulhifni, Merangin menjadi kabupaten pertama yang mendapatkan bantuan tersebut. Bantuan tersebut, menyusul bantuan-bantuan sebelumnya yang telah diserahkan Pemerintah Pusat.

‘’TPA sampah yang dimiliki Kabupaten Merangin sudah mendapatkan bantuan Pemerintah Pusat sebesar Rp 25 miliar, termasuk alat berat untuk TPA dan satu unit mobil penyedot tinda pada 2019 lalu,’’ujar Zulhifni.

Al Haris bersama Satpol PP Merangin Tertibkan ODGJ

MERANIN  - Bupati Merangin Al Haris, memimpin penertiban orang dengan gangguan jiwa (ODGJ) yang berkeliaran di sejumlah ruas-ruas jalan protokol dan sekitar pasar, (2/6/2020).

Penertiban yang dilakukan pihaknya tersebut merupakan program Bebas dari Orang dengan Gangguan Jiwa (Jalur Bisa) di Merangin yang berkeliaran secara bebas diluar.

"Ini kami lakukan untuk memanusiakan manusia," kata bupati Merangin Al Haris  kepada wartawan di sela-sela kegiatannya.

Kami laksanakan bakti sosial berupa penertiban ODGJ dengan menggandeng Satpol PP dan Dinas Sosial

Jadi, nanti bakal ketahuan kalau di daerah lain jumlah ODGJ berkurang, mereka pindahnya ke mana," tutur bupati.

Direncanakan penertiban ODGJ akan dilakukan berkesinambungan. Sehingga, ke depan wilayah Merangin terbebas dari ODGJ.

Pembangunan Jalan Mayang RT.09 Baru Sebulan Selesai Sudah Menimbulkan Debu

KUALA TUNGAKAL (SR28) – Pembangunan atau peningkatan Jalan Mayang Rt.09 di Kelurahan Sungai Nibung, Kecamatan Tungkal Ilir, Kabupaten Tanjab Barat oleh Dinas...

Lifestyle Magazine

Pemkab Merangin Tinjau Rumah Isolasi Covid-19

MERAGIN - Bupati Merangin, Al Haris meninjau rumah isolasi Najmi di kompleks BLK Bangko, Merangin.

"Di rumah isolasi ini semua unit kerja perangkat daerah (UKPD) terkait dilibatkan untuk pelayanan jika ada warga yang terpapar COVID-19, " ujar Bupati.

Selain menyiapkan  tempat isolasi di rumah sakit, Pemkab Merangin juga menyiapkan rumah isolasi terkendali untuk mengantisipasi jika ada warganya yang terpapar COVID-19 agar tidak melakukan isolasi mandiri.

Dikatakan bupati, jika rumah isolasi ini nantinya difungsikan, akan ada petugas piket yang mengawasi, membantu kebutuhan pasien, dari mulai pengobatan hingga pemberian makan dan minumnya selama menjalani isolasi.

"Fungsi rumah isolasi  ini agar tidak ada isolasi mandiri dan tidak ada lagi kluster keluarga," katanya.

KPU Tanjab Barat Laksanakan Rapat Pleno Terbuka Hasil Pemilihan Gubernur dan Wagub Jambi, Bupati dan Wabup Tanjab Barat

KUALA TUNGKAL (SR28) - KPU Tanjung Jabung Barat, Rabu (16/12) laksanakan Rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi penghitungan Suara dan Penetapan Hasil Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jambi, Bupati dan Wakil Bupati Tanjab Barat pemilihan Serentak tahun 2020 yang dilaksanakan digedung Pola kantor Bupati Tanjab Barat.

Kegiatan tersebut dihadiri Ketua KPU Tanjab Barat dan Jajarannya, Ketua Bawaslu Tanjab Barat dan jajarannya, PPK Kecamatan Sekabupaten Tanjab Barat, saksi pasangan Calon gubernur dan wakil gubernur jambi, saksi paslon bupati dan wakil bupati Tanjab Barat.

Ketua KPU Tanjab Barat Hairuddin mengatakan, "Kegiatan Rapat Pleno Terbuka ini akan dilaksanakan selama 2 hari rabu 16 sampai dengan Kamis 17 Desember 2020 hingga selesai, " ujar Hairuddin.

"Selain itu kita berharap Rapat Pleno ini dapat berjalan lancar aman hingga selesai,sehingga Rapat Pleno Terbuka berlangsung sukses nantinya," pungkas Hairuddin. (Sabri)

Front cuaca dingin melanda Yunani, dengan salju di Athena

Athena, Yunani - Cuaca dingin telah melanda Yunani, mengirim suhu turun dari 20-an Celcius (sekitar 70 Fahrenheit) pada hari Jumat menjadi jauh di bawah...

Pembangunan Jalan Rabat Beton Desa Sungai Baung RT-07 Tahun 2020 Terkesan Janggal dan Diduga Pengurangan Volume

KUALA TUNGKAL (SR28) - Pembangunan Jalan Rambat Beton RT. 07, Desa Sungai Baung, Kecamatan Pengabuan, Kabupaten Tanjung Jabung Barat,bersumberkan Dana Desa, silpa...

DPRD Tanjabbar Gelar Rapat Paripurna Pergantian Antar Waktu

KUALA TUNGKAL (SR28) - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) kabupaten Tanjung Jabung Barat, menggelar Rapat Paripurna Istimewa Pengucapan Sumpah/Janji Pengganti Antarwaktu (PAW)...

Video News

- Advertisement -

Fachrori Dorong Ekonomi Kerakyatan Melalui Peremajaan Sawit Rakyat

BATANGHARI (SR28) - Gubernur Jambi Dr.Drs.H.Fachrori Umar,M.Hum mengemukakan, perkebunan sawit memiliki potensi yang cukup besar di Provinsi Jambi, yang merupakan bagian dari aset serta modal dasar bagi pembangunan ekonomi masyarakat dalam mensejahterakan masyarakat. Sejalan dengan hal tersebut, Fachrori mendukung dan mendorong ekonomi kerakyatan, salah satunya melalui replanting (peremajaan) sawit rakyat. Hal itu dikemukakannya dalam Pembukaan Rapat Anggota Tahunan (RAT) KUD Barokah Tahun Buku 2019 dan Penanaman Perdana Peremajaan/Replanting Kelapa Sawit Anggota KUD Barokah Desa Karya Mukti Kecamatan Muaro Sebo Ilir Kabupaten Batanghari, Senin (20/07/2020.)

Sebelumnya, Gubernur Jambi yang didampingi Bupati Batanghari Syahirsyah dan Wakil Ketua DPRD Batanghari Yunita Asmara melakukan penanaman kelapa sawit secara simbolis, peremajaan sawit rakyat seluas 212 hektar, bantuan Badan Pengelolaan Dana Perkebunan Kelapa Sawit (BPDPKS).

Fachrori menyampaikan, RAT dipadukan dengan penanaman peremajaan kelapa sawit, cerminan bahwa seluruh pengurus KUD Barokah telah berusaha menfasilitasi kepentingan anggotanya untuk kelanjutan usaha perkebunan kelapa sawit untuk jangka panjang.

Fachrori menyampaikan ucapan terima kasih dan apresiasi kepada ketua dan seluruh jajaran Koperasi Barokah yang telah berhasil mengharumkan nama Provinsi Jambi di tingkat nasional, yang telah berhasil menjadi koperasi berprestasi di tinggkat nasional tahun 2020.”Iini bisa menjadi motivasi bagi para pengurus koperasi lainnya yang ada di Provinsi Jambi, untuk senantiasa berinovasi dalam melaksanakan kegiatan koperasi, dengan tujuan kita bersama agar perekonomian masyarakat dapat meningkat,” ujar Fachrori.

“Perkembangan koperasi di Provinsi Jambi saat ini cukup menggembirakan, terlihat dari jumlah masyarakat yang menjadi anggota koperasi dari tahun ke tahun terus mengalami peningkatan, tetapi belum diikuti dengan kualitas, dapat terlihat dari data jumlah koperasi tahun 2020 posisi per 30 Juni 2020, sebanyak 3.652 unit yang terdiri dari 2.126 koperasi aktif dan 1.526 koperasi tidak aktif. Koperasi aktif yang bisa melaksanakan rapat tahunan baru mencapai 652 unit koperasi baru mencapai 24 persen. Ini tantangan bagi kita semua, baik pemerintah daerah maupun pemangku kepentingan yang terlibat dalam sektor perkoperasian,” ungkap Fachrori.

Selain itu, Fachrori mengimbau seluruh pemangku kepentingan koperasi dan UMKM di provinsi maupun kabupaten/kota se Provinsi Jambi untuk dapat memberikan pendampingan dan pelayanan kepada masyarakat yang akan mendirikan koperasi. ”Pada saat ini, pemerintah memberikan kemudahan, dimana proses pelayanan akan dilakukan secara online, jika persyaratannya sudah lengkap, paling lama 3 hari nomor Badan Hukum dan Nomor Induk Koperasi (NIK) sudah diterbitkan,” kata Fachrori.

“Sejalan dengan implementasi Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah, pengesahan Badan Hukum Koperasi dilakukan oleh Kepala daerah, untuk sekarang ini pengesahan Badan Hukum Koperasi dilakukan oleh Kementerian Hukum dan HAM Republik Indonesia melalui sistem Administrasi Badan Hukum,” tutur Fachrori.

Sebelumnya, Bupati Batanghari Ir.H.Syahirsyah.Sy menyampaikan, penanaman perdana kelapa sawit petani anggota KUD Barokah sebagai peremajaan kebun sawit rakyat yang difasilitasi oleh Dinas Perkebunan Kabupaten dan Provinsi Jambi dengan mengunakan anggaran APBN, yang sepenuhnya dipergunakan sebagai replanting sawit yang perlu didukung sepenuhnya agar para petani bisa menjadi petani mandiri yang bukan tergantung dengan perusahan-perusahan besar.

Selain itu, Syahirsyah minta para petani bisa mendirikan pabrik kelapa sawit di Kabupaten Batanghari. ”Melalui koperasi, kita bisa berkerjasama untuk mendirikan pabrik kelapa sawit, dengan adanya pabrik bisa menopang perekonomian masyarakat,” pungkas Syarhirsyah.

Sementara itu, Ketua KUD Barokah Rafles menyampaikan ucapan terima kasih atas kehadiran Gubernur Jambi berserta rombongan atas penanaman perdana kebun kelapa sawit, guna meningkatkan pendapatan masyarakat sebagai peningkatan ekonomi masyarakat. Pada peremajaan tahap pertama seluas 212 hektar dan tahap kedua nanti seluas 334 hektar yang berkerja sama dengan PT Sentia Abadi selaku kontraktor pengerjaan. (Muhammad Sidik)

Polres Muaro Jambi Berhasil Tindak Tegas Pelaku Ilegal Drilling dan Logging

MUARO JAMBI (SR28) - Keberhasilan Polres Muaro Jambi dalam menindak secara hukum pelaku ilegal drilling dan ilegal logging , mendapat apresiasi Masyarakat...

Wabup Resmikan Pertashop Desa Tambang Emas

MERANGIN - Wabup Merangin H Mashuri, meresmikan Pertashop (Stasiun Pengisian Bahanbakar Umum untuk Desa) di Desa Tambang Emas Kecamatan Pamenang Selatan, Kamis (16/7).

Dikatakan Wabup, keberadaan Pertashop tersebut, merupakan kerjasama Kementerian Dalam Negeri dengan Pertamina. Jadi lanjutnya Pertashop merupakan pembinaan dari Pertamina.

‘’Tujuan dari keberadaan Pertashop dengan SK Mendagri ini,  untuk meningkatkan perekonomian masyarakat pedesaan. Untuk tahap awal ini baru Desa Tambang Emas, tanti akan didirikan di desa-desa lainnya,’’ujar Wabup.

Pada kesempatan itu, wabup mengucapkan terimakasih kepada Pertamina Fuel Jambi yang telah menjadikan Desa Tambang Emas menjadi salah satu desa dari 13 desa di Provinsi Jambi yang mendapatkan program tersebut.

‘’Kedepannya untuk pengelolaannya nanti, Pertashop ini akan diserahkan ke Badan Usaha Milik Desa (BUMDes). Baik pengelolaan pendistribusian ke masyarakat maupun pengelolaan administrasinya,’’terang Wabup.  

Diakui wabup, selama ini warga Tambang Emas bisa mendapatkan BBM hanya dari para pengecer yang membeli di SPBU di Ibukota Kabupaten. Namun sekarang warga sudah bisa mendapkan BBM dari Pertahsop di desanya.

Sementara itu, Alan Budi Kusuma Perwakilan Fuel Pertamina FBBM Jambi mengatakan,  untuk tahap awal ini BBM yang dijual di Pertahsop Pertamina ini baru jenis  Pertamax, tapi kedepannya akan banyak pilihan jenis BBM.

‘’Keberadaan Pertashop Pertamina di Desa Tambang Emas ini merupakan SK dari Mendagri. Alhamdulillah sekarang warga Tambang Emas sudah bisa mendapatkan Pertamax berkualitas,’’ujar Alan Budi Kusuma.

Selain berkualitas lanjut Alan, harga  Pertamax di Pertashop harganya juga sama dengan di SPBU Rp 9.200 perliternya. Ini berbeda dengan harga di tingkat pengecer yang tentunya lebih tinggi dari harga Pertamax di SPBU.

Begitu juga untuk pengiriman Pertamax tersebut lanjut Alan. Pengiriman Pertamax langsung dikirim dari Fiul Pertamina Jambi. ‘’Intinya kita berupaya bagaimana warga desa bisa sejahtera,’’ tegasnya.

Breaking News: Presiden Prancis Macron Positif Corona

PERANCIS - Presiden Prancis Emmanuel Macron, positif terinfeksi corona (Covid-19). Ini dinyatakan secara resmi oleh kantor kepresidenan Prancis, Kamis (17/12/2020).

Macron diuji setelah menderita gejala Covid-19. Saat ini ia tengah menjalani isolasi hingga pekan depan.

Sesuai peraturan nasional di Prancis mereka yang terinfeksi harus dikarantina tujuh hari. "Dia akan terus bekerja dan melakukan aktivitasnya dari jarak jauh.

Dilema Penggunaan Masker Dalam Lanjutan Rekrutmen CPNS Kemenkumham Jambi

JAMBI (SR28) - Penggunaan masker pada saat pelaksanaan tes fisik seleksi CPNS di lingkup kemnkumham Jambi menjadi dilema. Pasalnya, seluruh peserta harus melepaskan masker untuk mendapatkan banyak oksigen. Sementara saat ini penularan Covid-19 dalam taraf yang menghawatirkan.

Nonton berita menarik lainnya hanya di JAMBI28.TV

Jaringan Fiber Optic Jakarta-Singapura Terputus, Internet Terganggu

Jakarta - Pada siang hari, pengguna internet di Indonesia kesulitan mengakses beberapa...
- Advertisement -

Music

Santri Positif Corona di Ponpes Al Hidayah Jambi Berambah 13 Orang

KOTA JAMBI - Beberapa waktu lalu, sebanyak 16 santri di Ponpes Al Hidayah Kota Jambi telah terkonfirmasi positif Covid-19. Namun, jumlah tersebut kini kian bertambah. Setidaknya ada sebanyak 13 orang yang kembali dinyatakan terkonfirmasi positif virus corona.

Hasil ini, diketahui setelah Satgas Penanganann Covid-19 Provinsi Jambi melakukan kontak tracking terhadap 16 santri yang sebelumnya telah terlebih dahulu dinyatakan positif virus corona.

Mesin Boeing 747 terbakar di udara, puing-puing berjatuhan dan melukai 2 orang

Amsterdam - Insiden mesin terbakar di udara menimpa pesawat kargo Boeing 747 yang terbang ke...

Wisuda Unik ala Unama, Mahasiswa ‘Drive Thru’ Naik Andong

KOTA JAMBI - Sebuah video prosesi wisuda drive thru Universitas Dinamika Bangsa (Unama) Jambi menjadi perbincangan di jagat maya lantaran menaiki kendaraan unik. Di antaranya, para wisudawan menaiki kereta kuda atau andong, saat melangsungkan prosesi wisuda.

Momen unik para wisudawan ini banyak diabadikan dalam sebuah video hingga menjadi ramai diperbincangkan. Dari video yang beredar, para wisudawan terlihat mengenakan pakaian toga seperti biasa.

Vaksinasi Massal Awak Media di Jabodetabek

JAKARTA - Wartawan dan segenap insan pers menjadi target prioritas berikutnya dalam program nasional vaksinasi Coronavirus Disease 2019 (Covid-19) tahap kedua. Insan pers termasuk...

Sport News

Peringatan HPN Secara Virtual di Tanjabbar Berlangsung Khidmat

KUALATUNGKAL (SR28) - Selasa (09/02/21) adalah hari bersejarah bagi Pers di Indonesia (HPN) karena pada tanggal 9 Februari ditetapkan sebagai hari lahirnya Pers di...

Lupakan hasil imbang, Man United diminta fokus menghadapi babak 16 besar: Okezone menguasai bola

MANCHESTER - Hasil kurang memuaskan Manchester United diraih saat menghadapi Real Sociedad, pada leg kedua babak 32 besar Liga Eropa 2020-2021, Jumat (26/2/2021) dini...

HUT IDI, Ardy Daud: Terima Kasih Atas Dedikasi Dokter Bagi Negeri

JAMBI (SR28) - Sehubungan dengan ulang tahun ke-70 Ikatan Dokter Indonesia (IDI) pada (25/10/2020), Penjabat sementara (Pjs) Gubernur Jambi Ir.Restuardy (Ardy) Daud,M.Sc mengapresiasi kerja keras dan perjuangan para dokter dalam memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat.

Ardy Daud mengatakan, segala upaya yang dilakukan para dokter sangat bermanfaat dalam pelayanan kesehatan publik, apalagi ditengah pandemi Covid-19 dimana para dokter bersinergi dengan para medis lainnya berjibaku dalam membantu pemulihan para pasien Covid-19, dan bahkan tidak sedikit dokter yang harus kehilangan nyawa saat menolong para pasien Covid-19.

“Saya mengucapkan terima kasih kepada para dokter atas kerja keras, perjuangan, pegorbanan yang diberikan. Mereka adalah para pejuang kemanusiaan yang telah memberikan dedikasi sangat tinggi untuk negeri,” ujar Ardy Daud.

Ardy Daud berharap agar IDI terus memberikan masukan kepada Pemerintah Daerah dalam upaya peningkatan pelayanan kesehatan publik, dan pemerintah akan terus berupaya meningkatkan pelayanan kesehatan, untuk Provinsi Jambi yang lebih maju dan lebih sehat.

- Advertisement -

Tak Sampai Dua Pekan, Dua Menteri Jokowi Tertangkap KPK

JAKARTA - Menteri Sosial Juliari Peter Batubara resmi ditetapkan sebagai tersangka pengadaan bantuan sosial Covid-19 oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Dia diduga menerima suap senilai Rp 17 miliar dari dua pelaksanaan paket bantuan sosial terkait sembako untuk penanganan Covid-19.

Juliari menjadi menteri kedua pemerintahan Presiden Jokowi yang ditangkap karena kasus dugaan korupsi. Sebelumnya, Menteri Kelautan dan Perikanan (KKP) non aktif Edhy Prabowo juga ditetapkan sebagai tersangka atas dugaan korupsi izin ekspor benih.

Proyek Pengecatan Mess Tanjabbar di Provinsi Jambi Dikerjakan CV Siluman

KUALA TUNGKAL (SR28) – Proyek pengecatan Mess Tanjab Barat di Provinsi Jambi disoalkan aktivis di Tanjabbar. Pasalnya, dalam pengecatan proyek tersebut yang dikerjakan dengan sumber dana dari APBD Tanjab Barat  Tahun Anggaran 2020 tidak ada plang merek yang dipasang dilokasi pengecatan hingga diduga dikerjakan CV Siluman.

Yantok, seorang aktivis di Kuala Tungkal mengaku dirinya sudah mengecek proyek tersebut dilokasi pekerjaan pengecatan mess Tanjab Barat tersebut disana memang tidak ada Plang merek yang dipasang oleh pihak rekanan.

"Tidak ada plangmerek saat melaksanakan pekerjaan, padahal planng merek itu ada dalam kontrak namun seperti rekanan tersebut sengaja tidak diapasang,melihat itu kita menduga pekerjaan  itu dikerjakan CV Siluman," ungkap Yantok kepada SR28, Selasa (4/8/2020)

Selain itu kata Yantok, pihak rekanan yang mengerjakan proyek tersebut sangat tidak proffesional.

"Rekanan tidak proffesional, karena dari pantauan kita dilapangan sisa cat yang melekat di mess Tanjab Barat itu tidak dikerik atau pun di amplas dan langsung dicat saja oleh rekanan sehingga membuat hasilnya asal jadi saja dan proyek pengecatan ini juga sepertinya tanpa ada pengawasan," papar Yantok.

Tekait hal tersebut dirinya meminta kepada intsansi terkait untuk tidak memproses pembayaran proyek pengecatan tersebut karena hasil kerja yang tidak maksimal.

"Hasil kerjanya gak maksimal dan memang asal-asalan saja, kalau ini dibayarkan maka kita tidak akan segan-segan untuk melaporkan hal ini ke pihak penegak hukum," pungkasnya. (Sabri)

Terjawab Sudah, Pasangan Alharis-Sani Menangi Pilgub Jambi

JAMBI (SR2)- Setelah saling salip dalam Quick Count hingga diangka 0,2% selama 2 hari terakhir, sore ini (Senin 15 Desember 2020) tim Media Centre Alharis-Sani menyatakan sikap resmi terkait perolehan suara.

Dari hasil resmi pleno 141 Kecamatan yang ada di Provinsi Jambi, teka-teki siapa yang memenangkan Pilgub Jambi 2020 terjawab sudah. Drama seru perebutan suara antara pasangan CE-Ratu dan Haris-Sani yang mendebarkan bagi pendukung, kini boleh dibilang berakhir. Al Haris sang birokrat dan Abdullah Sani sang kiyai, menang!

Direktur Center Haris-Sani, Hasan Mabruri, merilis data, kemenangan Haris-Sani dibuktikan dari Form (Formulir) pengesahan D-Hasil Kecamatan-KWK seluruh kecamatan. Rangkuman semua itu menunjukkan, pasangan dengan jargon Jambi Mantap berhasil menjadi juara dengan meraup 596.589 Suara (38,1 Persen).

Sementara, di posisi kedua ditempati pasangan CE-Ratu dengan jargon Jambi Cerah yang mendapatkan 587.172 suara (37,5 Persen), sedangkan pasangan Fachrori-Syafril dengan jargon Jambi Berkah berhasil mengumpulkan 383.639 suara (24,5 persen).

Bila dilihat dari jumlah total kemenangan Kabupaten, pasangan CE-Ratu berhasil unggul di 5 Kabupaten. Yakni; Sarolangun, Tebo, Batanghari, Tanjabbar dan Tanjabtim. Berikutnya, pasangan Fachrori-Syafril unggul di 3 Kabupaten/Kota, yakni; Bungo, Kerinci dan Sungai Penuh. Sementara pasangan Haris-Sani juga unggul di 3 Kabupaten Kota, yakni; Merangin, Muaro Jambi dan Kota Jambi.

Meski hanya unggul di 3 Kabupaten Kota, strategi pasangan Haris-Sani boleh dibilang jitu. Sebab, keunggulan tersebut diraih pada kabupaten/kota yang memiliki suara “gemuk”, alias memiliki pemilih paling banyak berdasarkan DPT (Daftar Pemilih Tetap). Seperti Kota Jambi dengan pemlilih terbanyak pertama, Muaro Jambi pemlih terbanyak kedua dan Merangin pemilih terbanyak ketiga.

Di Kota Jambi, pasangan Haris-Sani berhasil meraup 126.334 suara (52,8 persen), jauh unggul dari pasangan CE-Ratu yang meraih 74.407 (31,1 persen), sementara Fachrori-Syafril meraih 38.421 suara (16,1 persen). Kemenangan terbesar Haris-Sani terjadi di Kabupaten Merangin, di mana pasangan nomor urut 3 ini berhasil meraih 116.070 suara atau 69,7 persen, disusul pasangan CE-Ratu 34.443 suara (20,6 persen) dan pasangan nomor urut 3 dengan perolehan 16.122 suara.

Direktur Centre Haris-Sani, Hasan Mabruri S.Sos mengucapkan rasa syukur atas kemenangan ini. Menurutnya, kemenangan ini bukanlah kemenangan Haris-Sani saja, tapi kemenangan seluruh elemen pencinta demokrasi dan rakyat Jambi.

”Bapak Al Haris dan Bapak Abdullah Sani mengucapkan rasa syukur terkait hasil ini. Ini adalah kemenangan demokrasi di Jambi, ini adalah kemenangan seluruh masyarakat, kemenangan ini adalah awal kebangkitan kita untuk membangun Jambi dimasa akan dating,” tutur pria yang akrab disapa Bohok ini.

Ia juga mengimbau kepada seluruh pendukung dan pemilih Haris-Sani untuk tetap menjaga suasana kondusif sampai proses penetapan nanti.

”Tentu kita semua merasa gembira dengan kemenangan ini, dan sangat wajar bila masyarakat merasa senang. Meski begitu, satu hal yang lebih penting adalah, kita harus kembali merajut kebersamaan, kembali merangkai semangat, kembali menyulam rasa saling memliki, karna sikap ini adalah kekuatan bagi Haris-Sani nantinya dalam menyukseskan pembangunan Jambi untuk kesejahteraan masyarakat,” tambahnya.

Terkait merebaknya isu akan ada gugatan dari pasangan lain ke Mahkamah Konstitusi (MK), ia mengaku tidak ingin berspekulasi.

”Saya kira semua kandidat diberi ruang yang sama untuk berekspresi, saya tidak ingin berspekulasi terkait isu tersebut. Namun satu keyakinan saya, semua kandidat adalah orang-orang besar dan tokoh kunci panutan masyarakat Jambi, para panutan kita tersebut saya yakini tidak ingin ada kegaduhan lebih lanjut, karena semua mencintai Propinsi Jambi dan semua pasti ingin Jambi segera membangun dan melaju untuk mengejar ketertinggalan. Sekarang mari kita semua berpikir positif untuk kemaslahatan,” tandasnya.

*rilis

TV

Fachrori Lepas Ekspor Perdana Kopi Kerinci melalui Pelabuhan Talang Duku

KERINCI (SR28) - Gubernur Jambi Dr.Drs.H.Fachrori Umar,M.Hum, menaruh harapan besar akan pembangunan perkebunan serta peningkatan ekonomi masyarakat saat melakukan Pelepasan Ekspor Perdana Kopi Kerinci melalui Pelabuhan Talang Duku, Selasa (28/7/2020).

Fachrori mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah menyukseskan kegiatan ekspor perdana Kopi Kerinci melalui Pelabuhan Talang Duku yang tentunya dapat memberi dampak positif bagi pembangunan serta perekonomian Jambi.

Gubernur Jambi, H. Fachrori Umar saat penyerahan dokumen

"Dampak positif pada nilai jual dan nilai tambah Kopi Kerinci juga dapat meningkatkan kesejahteraan secara langsung maupun tidak langsung bagi petani dan keluarga," ungkap Fachrori.

Hadirnya Kopi Kerinci di Belgia memberi ruang dan kesempatan bagi petani dalam hal pemasaran yang terkadang menjadi kendala saat masa panen tiba.

"Mengurangi tingkat kejenuhan pasar kopi dalam negeri dan harapan lain kita dapat menjaga ekosistem lingkungan dengan mengikuti arahan pihak terkait yang melakukan pendampingan bagi petani," sambung Fachrori.

Selanjutnya, Gubernur Jambi menegaskan kepada semua pihak untuk berupaya menjamin iklim pertanian yang kondusif dan stabilisasi harga ditingkat petani dengan terus berinovasi agar tata niaga tetap stabil, serta harus berinovasi termasuk mencari pembeli baru dari luar negeri.

"Saat kopi melimpah, tidak terjadi penurunan harga dan ini momentum kebangkitan Kopi Kerinci dan kopi daerah Jambi lainnya," ujar Fachrori.

Fachori Umar menyatakan bahwa Provinsi Jambi memiliki potensi besar untuk mengembangkan komoditas perkebunan rakyat, seperti kopi, kayu manis, karet, pinang, dan kelapa. “Pendampingan organisasi petani oleh Rikolto salah satunya membantu menjembatani petani kopi di Jambi untuk memasuki pasar Eropa. Kami ingin mengajak organisasi petani untuk terus meningkatkan kualitas kopi, juga praktik budidaya yang lebih baik dan ramah lingkungan, sehingga pendapatan petani juga meningkat secara berkelanjutan.”

Bupati Kerinci, H.Adi Rozal mengaku sangat senang dengan kegiatan yang langsung dirasakan masyarakat Kerinci, khususnya petani kopi dengan terealisasinya ekspor tersebut. "Kata tidak cukup untuk ungkapkan terima kasih atas kegiatan ini yang telah memberi perhatian serta pemasaran yang mempermudah penjualan dan peningkatan harga di masyarakat," ungkap Bupati Kerinci.

Bupati Kerinci, H.Adi Rozal saat menyampaikan sambutan

Adi Rozal mengatakan, pelepasan ekspor perdana Kopi Kerinci melalui pelabuhan Talang Duku memberi semangat bagi petani kopi yang menunggu masa tanam 2,5 - 3 tahun menjelang masa panen. "Dulu, harga empat ribu sekarang bisa 20 ribu sekilo, dan Kopi Kerinci tingkat keasaman yang sangat baik setelah dites labor. Untuk itu, jaga kualitas dan ikuti standar eksportir," terang Adi Rozal.

Kepala Badan Karantina Pertanian Provinsi Jambi Kelas I, Guntur,SP,MM menyampaikan bahwa komoditas ekspor yang dilepas perdana ke Benua Eropa ini bernilai Rp1,4 miliar yang selama ini ekspor Kopi Kerinci dan juga komoditas lainnya dilakukan melalui pelabuhan yang ada di luar Provinsi Jambi.

"Akhirnya bisa lakukan ekspor langsung melalui Jambi, biasanya melalui Belawan Medan, Teluk Bayur Padang, bahkan Teluk Panjang Lampung dan harapan kita tambah volume, frekuensi guna meningkatkan perekonomian. Kita masih ada kayu manis, cangkang sawit/PKE, sarang burung walet, kelapa. Ada 24 jenis dengan tujuan 32 negara," ujar Guntur.

Guntur menambahkan, Jambi yang memiliki komoditas unggulan yang telah laris di pasar global, namun selama ini masih dilalulintaskan melalui pelabuhan di luar Jambi. Produk pertanian tersebut antara lain kulit kayu manis (Cassiavera) yang juga berasal dari Kabupaten Kerinci dan Merangin, cangkang sawit, sarang burung walet, dan kelapa bulat asal Tanjung Jabung Timur.

Kopi Kerinci berdasarkan data dari sistem perkarantinaan, IQFAST di Karantina Pertanian sepanjang Januari hingga Juli 2020 telah difasilitasi ekspornya sebanyak dua kali pengiriman dengan total 16,25 kilogram tujuan Hongkong.

Koperasi Koerintji Barokah Bersama yang berlokasi di Kabupaten Kerinci, Provinsi Jambi, mengekspor 15,9 ton kopi Arabika Spesialti ke Belgia, dengan pendampingan LSM Rikolto. Koperasi Koerintji Barokah akan mengirimkan sebanyak 290 karung kopi (15,9 ton) Arabika Spesialti dalam 5 varian proses ke ‘Sucafina Specialty’, perusahaan kopi berbasis di Antwerp, Belgia, yang menghubungkan kopi berkualitas dari organisasi petani dengan roaster di kawasan Asia Pasifik, Amerika, Eropa, Timur Tengah, dan Afrika. Meskipun ekspor kali ini merupakan ekspor perdana yang dilakukan secara mandiri oleh Koperasi Koerintji Barokah, namun Koperasi ini telah berhasil menjual kopinya ke pasar internasional sejak 2017 yaitu sebanyak tiga kali ke Belgia, serta ke Amerika Serikat dan Hong Kong. (Muhammad Sidik)

Paslon Mulya Disahkan Nomor Urut 1 Dimaknai Mudah Dikenal

‌‌KUALA TUNGKAL (Sr28) – Penetapan Nomor Urut yang dilaksana oleh KPU Tanjab Barat, Kamis (24/09) di Tungkal Hotel, Jalan Panglima Camar, Kecamatan Tungkal Ilir, Kabupaten Tanjung Jabung Barat. Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati, Mulyani –Amin (Mulya) ditetapkan Nomor Urut 1.‌‌

Atas penetapan Nomor Urut 1 pasangan Mulyani – Amin (Mulya) pun mengucapkan rasa syukur.

"Kami yang dapat Nomor Urut 1 bersyukur Alhamdulillah, karena nomor 1 lebih mudah untuk mengenal kami,dengan  Nomor  Urut 1,mudah-mudahan kedepan kita bersatu untuk memajukan Tanjab Barat ini, beda kandidat itu hal yang biasa  tetap kita bersama saudara,” ujar Paslon Mulya.‌‌

Lanjut Paslon 1 (Satu),Mulyani-Amin (Mulya) dengan ditetapkan sebagai Nomor Urut  1 kedepan dalam tahapan Pilkada 2020 ini dirinya akan menjaga kesehatan.

"Kita wajib mematuhi Protokol Kesehatan,mengingat di pilkada 2020 ini kita masih dihadapkan dengan Virus Covid-19 yang hinga kini belum juga hilang," imbuhnya.

"Dengan tahapan Pilkada yang sangat riskan akan virus Covid-19 semoga dari awal tahapan ini hingga akhir pemilihan semua berjalan dengan lancer aman dan damai dan tidak didapati Klaster Baru Covid -19 dalam Pilkada ini, baik sebelum maupun sesudahnya," pungkas Paslon nomor urut 1 usai prosesi pencabutan nomor.(Sabri)

Kecewa karena Milan hanya bermain imbang, Donnarumma mengalihkan fokus ke Inter: Okezone bola

BELGRADE - Kekecewaan dirasakan kiper AC Milan tersebut, Gianluigi Donnarumma, setelah pertandingan babak I Babak 32 Besar Liga...

Pulau Jawa Dikabarkan Memiliki Potensi Terkena Tsunami Setinggi 20 Meter

Pulau Jawa dikabarkan memiliki potensi terkena tsunami setinggi 20 meter. Selengkapnya dirangkum dalam Indonesia 24 Jam.

Sumber: JAMBI28 TV