Kamis, Januari 28, 2021

Gunung Merapi Kembali Erupsi, Keluarkan Awan Panas Guguran

YOGYAKARTA (SR28) - Gunung Merapi kembali erupsi pada 27 Januari 2021 siang. Jarak luncur awan panas mencapai 3 kilometer. Saat ini, Merapi di...

Jambi Kembali Terima 17.240 Dosis Vaksin Covid-19

JAMBI (SR28) - Berdasarkan rencana pemerintah Jambi, jumlah vaksin Covid-19 itu akan mulai di distribusikan ke 9 kabupaten kota lainnya yang belum...

Belum Ada Laporan Bencana, Status Provinsi Jambi Masih Kesiapsiagaan

JAMBI (SR28) - Berdasarkan pemantauan BPBD Provinsi Jambi, ketinggian muka air sungai Batanghari disejumlah daerah masih berada pada kisaran 12 hingga 13...

Sudah Ada 430 Pasien Covid-19 Tanpa Gejala Yang Dirawat Di Rumah isolasi Milik Pemprov Jambi

JAMBI (SR28) - Sejauh ini sedikitnya sudah ada 430 pasien yang dirawat di 2 rumah isolasi milik pemerintah provinsi Jambi itu sejak...

Technology

Haris-Sani Goyah, Partai Berkarya Versi Tommy Soeharta Tak Diakui Kemenkumham

KOTA JAMBI (SR28)- Kedinamisan politik terus terjadi di pusat hingga daerah menjelang Pilkada 2020 mendatang. Kabar teranyar datang dari Partai Berkarya. Partai yang disebut-sebut punya keluarga mantan presiden RI ke-2 tersebut mengalami dualisme hingga berujung pada sengketa keabsahan siapa yang memiliki legitimasi menjadi ketua partai.

Konflik runcing antara Tommy dan Muchdy PR berujung pada Munaslub yang digelar pada 11-13 juli 2020 kemarin. Dalam munas tersebut, Muchdy terpilih sebagai ketua umum yang sah Partai Berkarya.

Pada rabu siang (5/8), Kementerian Hukum dan HAM resmi memutuskan ketua umum Partai Berkarya adalah Muchdy PR.

Pergantian Ketum Partai Berkarya tersebut disebut-sebut berimplikasi pada dukungan disejumlah daerah, termasuk Jambi. Untuk Provinsi Jambi, Partai Berkarya telah resmi memutuskan bahwa mereka mendukung Alharis-Sani.

Menyikapi hal tersebut, tim sukses Alharis Hasan Mabruri mengaku jika dia dan tim telah memiliki plan lain jika akhirnya dukungan diarahkan ke pasangan lainnya.

"langkah antisipasi sudah kita siapkan" katanya kepada wartawan

Hasan juga optimis jika dukungan Partai Berkarya tidak akan berpaling dari Alharis mengingat hubungan Alharis dengan ketua Partai Provinsi Jambi sangat akrab.

Jurnalis: Muhammad Sidik

- Advertisement -

Pemprov Jambi Perkuat Struktur Satgas Covid-19 HIngga ke Level RT

KOTA JAMBI (SR28) - Pemprov Jambi menginginkan Satgas Penanganan Covid-19 bisa hadir hingga ke level RT termasuk di kecamatan dan kelurahan ataupun desa di seluruh wilayah Jambi. hal tersebut diperlukan untuk percepatan berbagai penanganan Covid-19.

Aktivis Terus Sorot Pembangunan Rumah Dinas Kejari Kuala Tungkal

KUALA TUNGKAL  (SR28) - Rehab Rumah Dinas Kejaksaan Negeri Kuala Tungkal terus jadi sorotan aktivis Tanjab Barat. Proyek APBD-P 2020 tersebut bukan hanya janggal tapi juga kurang pengawasan.

Pasalnya, cerucup diameter kecil terus ditanam oleh rekanan untuk pondasi bangunan baru perumahan Kejaksaan Negeri kuala Tungkal. Hal ini terkesan didiamkan dan kurangnya pengawasan. Demikian pula dengan judul Plang merek yang terpasang nampak janggal.

Aktivis Tanjab Barat Anand Viqrija, SH, MH kembali berkomentar keras, terkait bangunan yang ada di tanah vertikal Rumah Dinas Kejaksaan Negeri Kuala Tungkal tersebut.

"Sangat disayangkan, karena masih bayak lagi rehab rumah dinas yang membutuhkan dana APBD-P tersebut, " ujar Anand Viqriza, SH. MH. Kamis (12/11) kepada SR28.

"Terlebih dari judul plang merek yang dipasang itu diduga merupakan pembodohan dan pembohongan publik, karena selain rehap ada bangun Baru, " timpal Anand Viqriza, SH.MH. (Sabri)

Bersama MUI, Bupati di Jambi Ini Islamkan 30 Warga Suku Anak Dalam

MERANGIN - Sekitar 30 warga Suku Anak Dalam (SAD) Jambi memutuskan untuk memeluk agama Islam atau menjadi mualaf. Mereka terdiri dari orang dewasa dan anak-anak, baik laki-laki atau pun perempuan.

Untuk sembilan anak SAD, prosesi pengucapan dua kalimat Syahadat dibimbing langsung oleh ketua MUI Merangin Dr Joni Musa bersama Bupati Merangin Jambi Dr Al Haris, Senin (7/7/2020) malam.

Rumah Zuhadi, Kepala Desa Nalo Gedang, Kecamatan Nalo Tantan, Kabupaten Merangin menjadi tempat sembilan anak SAD dari Temenggung (kepala) Karim dan warga SAD lainnya mengucapkan Syahadat.

Bupati Merangin Al Haris mengaku sangat bangga dan bersyukur atas hidayah yang diterima anak- anak keturunan Temenggung Karim dan warga SAD lainnya.

"Saya, ketua MUI dan warga di sini menerima anak-anak kita dari SAD dengan hidayah Allah memeluk agama islam dipimpin ketua MUI membacakan dua kalimat syahadat, saya tentunya sangat berbahagia," kata Al Haris.

Al Haris menyebutkan akan memberikan bimbingan ilmu agama dan berharap anak-anak SAD yang baru mualaf tersebut menjadi muslim yang taat.

"Insya Allah kita membimbing dan mendidik mereka bagai mana mendidik anak Merangin lainnya. Mereka harus dibekali ilmu agama dan saya harap masyarakat membantu kami jika ketemu di jalan tegur sapalah mereka. Saya minta petugas kesehatan menyunat mereka," ujarnya.

"Mereka harus ada tempat mengaji, sekolah dan berbaur dengan masyarakat, semoga ada yang hafiz. Karena sudah ada anak-anak SAD yang di pesantren umur enam tahun sudah khatam Alquran dan saat ini belajar hafiz. Kita juga berharap yang lainnya juga mendapat hidayah," tambah Al Haris lagi.

Bupati Merangin dua priode ini juga mengapresiasi Pemdes Nalo Gedang dan Camat Nalotantan yang sudah memfasilitasi anak-anak dari SAD memeluk Islam.

"Alhamdulillah orang tuanya setuju anaknya Islam. Dunia terus berkembang, ilmu terus berkembang dan teknelogi juga berkembang dak mungkin selamanya mereka di rimba. Semoga niat masuk Islam untuk merubah diri agar lebih baik lagi," sebut Al Haris.

Sementara itu ketua MUI Merangin Dr Joni Musa mendoakan agar anak-anak SAD tersebut istiqamah dan menjadi Islam yang taat, menjadi muslim yang baik dan menjadi teladan di tengah komunitas mereka.

"Mereka ini butuh perhatian kita semua, semoga yang lainnya juga diberikan hidayah. Tentu ini menjadi sejarah besar karena barang siapa yang mengislamkan orang laki mau pun perempuan maka wajib baginya surga," katanya.

Sementara itu Temenggung Karim mengatakan tidak ada paksaan terhadap sembilan keturunannya mengucapkan dua kalimat syahadat, meski dirinya belum memeluk agama Islam. "Ya mereka mau masuk Islam. Saya tidak masalah," kata Temenggung Karim.

Selain Bupati, Ketua MUI, Camat Nalotantan dan Kades Nalo Gedang pengislaman sembilan anak SAD juga disaksikan warga setempat.

Usai sembilan anak SAD mengucapkan dua kalimat syahadat, mereka juga diberi nama Islam yakni Abdurrahman Efendi, Abdurrahim Kembar, Abdul rozak Ambul, Sholeh Tanga, Fatimah Vivi, Eva Solehah, Budi Abdul Fattah, Ganang Zainudin dan Muhammad Supri. Kemudian dilanjutkan bimibingan syahadat terhadap 21 warga SAD lainnya.

558,43 Hektare Lahan Di Provinsi Jambi Terbakar

JAMBI (SR28) - Sejak 1 Januari 2020 hingga tanggal 17 Oktober 2020, setidaknya seluas 558,43 hektare lahan di Provinsi Jambi terbakar. Luasnya sendiri terbagi dibeberapa  wilayah di Provinsi Jambi yang kekurangan curha hujan.

Latest News

Pemkab Luruskan Soal Zona Merah COVID-19 Di Tanjabbar

KUALA TUNGKAL (SR28) - Pemerintah Kabupaten Tanjung Jabung Barat melalui Juru Bicara Satgas COVID-19 bantah jika Tanjab Barat saat ini masuk ke...

TEGA! Bapak Ini Disiram Saat Sedang Tertidur Pulas

Seorang Pria renta disiram orang tak dikenal saat tengah tertidur pulas. Tak diketahui apa maksud dari seseorang yang mneyiram tersebut.

UNIK! Band Ini Gelar Konser Di Dalam Balon, Tetap Patuhi Protokol Kesehatan

Sebuah grup band asal Amerika Serikat yakni The Flaming Lips Band menggelar sebuah konser di dalam balon. Uniknya mereka tetap mematuhi protokol...

Belasan Rumah Terbakar Di Palembang, Pengakuan Tersangka Bikin Geram

PALEMBANG (SR28) - Tangis histeris mewarnai proses pemadam kebakaran yang terjadi di pemukiman padat penduduk di Jalan KH Ahmad Dahlan Palembang, Senin...

Misteri Kematian Rapper K-Pop Iron, Diduga Tewas Dibunuh?

KOREA SELATAN (SR28) - Polisi sebelumnya sempat menyatakan bahwa mereka belum menemukan kecurigaan atau bukti adanya kemungkinan pembunuhan. Karena...

Music

Gubernur Jambi Buka Ruang Aspirasi Masyarakat Terkait UU Cipta Kerja

JAMBI (SR28) - Penjabat Gubernur Jambi Restuardy Daud, bersama Forkopimda secara virtual Mengikuti Rapat Koordinasi Kebijakan Pemerintah Pusat dan Daerah dalam Pelaksanaan Regulasi Omnibus Law di Ruang Rapat Gubernur Jambi, Rabu (14/10).

Hadir Menko Perekonomian, Mendagri, Menaker, Menkeu, Menteri LHK, Menteri ATR/Kepala BPN, Polri, Panglima TNI, Kapolri, Jaksa Agung, Kepala BIN.

Menko Polhukam Mahfud MD menegaskan tugas menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat dengan cara memberi pengertian tentang latar belakang UU Cipta Kerja dengan materi sebenarnya bukan hoax.

"Undang-Undang Cipta Kerja sudah dibahas secara umum makanya ada beberapa naskah Omnibus Law dari beberapa UU menjadi satu hingga seperti pada bagian perizinan bisa lebih sederhana," jelas Mahfud MD.

Dalam keterangan Resmi Menko Polhukam terkait Undang-Undang Cipta Kerja dibentuk justru untuk melaksanakan tugas Pemerintah dalam membangun kesejahteraan masyarakat melalui penciptaan lapangan kerja yang semakin banyak, perlindungan terhadap buruh, penyederhanaan birokrasi dan kemudahan berusaha serta pemberantasan pungli dan pencegahan tindak pidana korupsi.

Menko Polhukam Mahfud MD menyampaikan keberadaan Pemerintah menghormati kebebasan berpendapat dan menyampaikan aspirasi terkait UU Cipta Kerja sepanjang itu dilaksanakan dengan damai dan menghormati hak-hak warga yang lain dan tidak mengganggu ketertiban umum.

"Unjuk rasa silakan dan yang anarkis ditangani dan negara harus diselamatkan," kata Mahfud MD.

Hadir Kapolda Jambi Irjen.Pol.Drs.Firman Santyabudi,M.Si, Danrem 042/Gapu Jambi Brigjen TNI M.Zulkifli, Ketua DPRD Provinsi Jambi Edi Purwanto, Pj.Sekda Provinsi Jambi Sudirman, Pihak Kejaksaan Tinggi Jambi.

Pjs. Gubernur Jambi dan jajaran Forkopimda Provinsi Jambi menyimak penjelasan Undang-Undang Omnibus Law Cipta Kerja yang secara urgensi dan substansi disampaikan Menteri Ketenagakerjaan, Menko Perekonomian, Mendagri, Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Menteri Keuangan, Pejabat dari Mabes Polri, juga yang mewakili Panglima TNI dan Wakil Jaksa Agung serta dari pihak BIN.

"Pemerintah daerah tadi diwakili oleh asosiasi gubernur, asosiasi wali kota dan asosiasi bupati karena kita juga sama-sama terus mempelajari juga turut mencermati itu bersama teman-teman di provinsi," ungkap Ardy Daud.

Pjs. Gubernur Jambi akan menindaklanjuti terkait hal tersebut di daerah untuk membangun komunikasi dengan seluruh elemen masyarakat sebelum diimplementasikan atau akan diturunkan dalam beberapa regulasi atau Peraturan Pemerintah, Kepres, Permen, Peraturan Daerah.

"Tentunya perlu masukan dari kita semua jadi ada ruang bagi kita untuk memberikan masukan terhadap hal-hal yang terkait dengan aspirasi yang disampaikan selama ini kami di Provinsi Jambi mengajak seluruh masyarakat Jambi khususnya yang memiliki masukan atau aspirasi silakan nanti akan ada tim yang akan mengakomodir itu akan kami tindaklanjuti beberapa hari kedepan diharapkan sudah bisa berjalan," jelas Ardy Daud.

Menyikapi beberapa opini yang berkembang terkait UU Cipta Kerja ditengah masyarakat, selaku Pjs. Gubernur Jambi mengimbau kepada semua pihak untuk mencermati penerimaan informasi karena masih ada opini yang terbentuk tidak sesuai kondisi terkait.

"Mari kita pelajari bersama dan betul-betul cermati manakala ada hal-hal yang tidak sesuai dengan kondisi dan kami juga akan menginformasikan materi yang betul-betul sesuai dengan yang aslinya dan terakhir kepada pihak-pihak yang aspirasinya ingin disampaikan ada jalur melalui Uji Materi MK itu juga silahkan digunakan manakala itu diperlukan," kata Pjs.Gubernur Jambi.

Apresiasi Pjs.Gubernur Jambi kepada jajaran Forkopimda dan masyarakat atas situasi aman, terkendali, kondusif di Provinsi Jambi selama masa penyampaian aspirasi dari masyarakat.

"Saya menyampaikan terima kasih kepada semua elemen masyarakat kemaren yang dapat menahan diri pada waktu menyampaikan aspirasi dan pendapat tidak bertindak bersifat anarkis berlebihan dan apresiasi kepada jajaran Forkopimda yang sigap di lapangan dalam beberapa hari terakhir dan kita juga berjuang menekan angka penyebaran Covid-19 ini merupakan tanggung jawab kita semua dan jangan dilupakan karena ini penting untuk kesehatan kita semua," ungkap Pjs.Gubernur Jambi.

Rapat virtual tersebut berlangsung empat jam lebih mendengarkan beberapa penjelasan Pemerintah Pusat untuk kemudian disosialisasikan kepada masyarakat serta membuka ruang penyampaian aspirasi daerah.

Pejuang Covid-19 Merangin Diberi Penghargaan

MERANGIN - Bupati Merangin H Al Haris didampingi Wabup H Mashuri, memberi penghargaan dan bingkisan kepada para pejuang Covid-19 dan masyarakat yang berdisiplin dalam menegakan protokol kesehatan Covid-19.

Piagam Penghargaan untuk pejuang Covid-19 yang telah bekerja setulus hati melakukan pencegahan dan penanggulangan Corona di Kabupaten Merangin tersebut, diberikan bupati usai Upacara Kedisipinan di halaman Kantor Bupati, Senin (06/7).

‘’Mereka ini telah banyak membantu dalam pencegahan, penanganan dan penanggulangan Covid-19, sehingga sangat layak diberikan penghargaan. Terimakasih kepada teman-teman yang telah bekerja tulus dan iklas,’’ujar Bupati.

Para pejuang Covid-19 yang menerima Piagam Penghargaan dari Bupati Merangin tersebut, utusan dari pedagang atas nama Dasria R Putra dan Al Madani, Tomi utusan dari Ojek, dr.Derallah Ansusa dan Ns.Joko Prayoso dari Tenaga Medis.

Selain itu, AIPDA Toip, SERTU Marzuwin Alpandi dan Noprianto dari petugas Posko Covid-19. Bupati juga memberikan Piagam Penghargaan kepada pihak ketiga  yang sangat peduli dalam penanganan Covid-19.

‘’Saya juga berterimakasih yang sebesar-besarnya kepada Tim Gugus Tugas Covid-19 Merangin yang telah bekerja ekstra keras. Begitu juga pejuang Covid-19 yang bertugas di RSD Kol Abundjani Bangko dan Puskesmas-puskesmas,’’terang Bupati.

Berkat kerja keras semua pihak itu lanjut bupati, sebanyak 21 orang pasien Covid-19 di Kabupaten Merangin sekarang sudah sembuh semua, sehingga untuk saat ini Merangin nol pasien Covid-19.

Pegawainya Ada yang Positif Covid 19, RSUD Raden Mattaher Jambi Panik

KOTA JAMBI (SR28)- Usai salah satu pegawainya terkena Covid 19, manajemen RSUD Jambi melakukan sederet kebijakan penutupan layanan kesehatan bagi masyarakat. Melalui Surat Edaran yang dikeluarkan hari ini, Direktur RSUD Raden Mattaher Jambi dr.Ferry resmi menutup sejumlah layanan kesehatan seperti Poliklinik, Kamar Pelayanan Elektif serta memerintahkan agar pejabat yang berusia diatas 50 tahun agar bekerja dari rumah.

Berikut visualisasi lengkap dari Surat Edaran tersebut.

Jurnalis Muhammad Sidik

LSM Petisi: Hasil Kerja Pembangunan Sarana Dan Prasarana MTQ Didesa Tungkal 1 Tanggung Jawab PPK-PPTK

KUALA TUNGKAL (SR28) – Terkait hasil kerja pembangunan Sarana dan Prasarana MTQ Tingkat Provinsi Jambi yang berada...

Gokil! China Punya Matahari Buatan, 10 Kali Lebih Panas

JAMBI - China sukses menyalakan 'Matahari' buatan, menandai perkembangan tenaga nuklir Negeri Tirai Bambu. China punya penelitian fusi nuklir yang menciptakan reaktor HL-2M atau Matahari buatan.

Mengapa julukannya demikian? Sebab, reaktor tersebut menggunakan medan magnet kuat yang mengombinasikan plasma panas sehingga suhunya melampaui 150 juta derajat Celcius. Suhu itu, 10 kali lebih panas dari inti Matahari.

Culture

- Advertisement -

Seorang Anak Tega Habisi Nyawa Orang Tua Kandung

MUARO JAMBI - Seorang  anak berinisial RD (40) tega membunuh ibunya berinisial WT (65) dan menganiaya ST, ayahnya yang sudah renta. Peristiwa ini terjadi di Desa Penyigat Olak, Kecamatan Jalulo, Kabupaten Muaro Jambi, Jambi, Kamis malam  (10/2020) sekira pukul jam 22.00 WIB.

Peristiwa tragis anak kandung yang membunuh ibu dan melukai ayahnya itu sontak membuat geger warga setempat.

WC dan Mushola di WFC Masih Dikunci Rapat, Pengunjung Kecewa Tak Bisa Gunakan

KUALA TUNGKAL (SR28) - Meski sudah rampung dikerjakan, namun WC dan Mushola yang berada di Water Front City (WFC) Kuala Tungkal tidak bisa dimanfaatkan oleh pengunjung dan masyarakat setempat. Pasalnya, hingga kini WC dan Mushola tersebut masih dikunci rapat.

Akibatnya, membuat kondisinya berbau dikarenakan kotoran air kencing tidak dapat disaluran ke tempat pembuangan yang layak, begitu pun kotoran buang air besar (BAB) juga berserakan di lokasi tersebut.

Salah seorang pengunjung WFC, Rudi warga Pendatang dari Jambi, yang sempat dimintai keterangannya saat ingin buang Air Kecil di dekat WC dan Mushola yang baru dibangun tersebut merasa kecewa, karena WC dan Mushola masih digembok rapat sehingga dirinya membatalkan buang air kecil dan ingin sholat ditempat tersebut.

"Parahnya lagi dilokasi itu berserakan kotoran bekas buang air besar dan air kecil hingga membuat lokasi WC dan Mushola itu bau aroma tidak sedap sekali, mungkin dikarenakan tidak dibuka pintu WC tersebut hingga membuat orang yang ingin buang air kecil dan air besar jadi sembarangan," ujarnya, Minggu (8/11).

Terpisah pedagang yang ada di WFC enggan menyebutkan namanya juga menyayangkan hal tersebut dimana sejak selesai dibangun, kondisi WC dan Mushola di WFC memang tidak pernah dibuka sehingga membuat kondisi WC dan Musolah itu berbau aroma tidak sedap bahkan cenderung bau busuk.

"Bau busuk, karena pengunjung yang tedesak ingin buang air kecil membuangnya tidak ditempatnya yang layak dan sembarangan," ujarnya.

"Kita berharap kepada Istanasi terkait mau pun pengelola WFC ini untuk segera membuka WC dan Musolah tersebut, sehingga pengunjung merasa nyaman dan bau aromanya tida menyebabkan kemana-mana, tempat kan lah satu orang untuk mengelola WC dan Musolah tesebut sehingga keberhasihan nya terjaga," pungkasnya. (Sabri)

Provinsi Jambi Terima 64 SK Hutan Sosial Dari Pemerintah Pusat

Provinsi Jambi hanya mendapatkan SK hutan sosial sebanyak 64 SK dengan luasan sebesar 32.500 hektar bagi 9.424 Kepala Keluarga.
- Advertisement -

Must Read

Tak Ada Pembatasan Warga Luar Daerah Masuk ke Kota Jambi

KOTA JAMBI (SR28) - Pemkot Jmabi tetap memberikan izin warga luar kota Jambi untuk berkunjung ke kota Jambi walaupun ditengah wabah Covid-19 yang masih berlangsung.

Operasi Yustisi Perketat Protokol Kesehatan di Kota Jambi

KOTA JAMBI (SR28) - Pemerintah Kota Jambi kembali memperketat penerapan protokol kesehatan. Tindakan tersebut menyusul meningkatnya kasus baru positif Covid-19 dalam beberapa hari terakhir.

Sumber: JAMBI28 TV

IDAI Keberatan Dengan Keputusan Nadiem Makarim Terkait Sekolah Tatap Muka

JAKARTA (SR28)-Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) menyampaikan pendapatnya mengenai transisi pembelajaran tatap muka di sekolah mulai Januari tahun depan. Menurut IDAI, pelaksanaan kegiatan belajar dari rumah seperti saat ini adalah format terbaik sekalipun banyak kendala disana sini.

Alasannya, jumlah kasus Covid-19 yang masih meningkat di Indonesia. Data yang disertakan dalam pendapatnya itu menyebutkan satu dari sembilan kasus positif Covid-19 di tanah air adalah mereka yang berusia 0-18 tahun.

"Sedapatnya keputusan membuka kembali sekolah dalam waktu singkat dihindari karena berdampak pada rutinitas keseharian anak dan keluarga," kata Aman, Pengurus IDAI dalam keterangannya, Selasa (1/12).

IDAI mencatat setidaknya 3,2% dari total korban Covid-19 di Indonesia adalah anak-anak. Jumlah ini menempatkan Indonesia sebagai Negara terbesar dengan jumlah korban yang berusia anak-anak.

IDAI juga mengkhawatirkan akan terjadi lonjakan kasus dalam jumlah yang besar jika kebijakan sekolah tatap muka tetap dilaksanakan.

"Bukti-bukti menunjukkan bahwa anak juga dapat mengalami gejala Covid-19 yang berat dan mengalami suatu penyakit peradangan hebat akibat terinfeksi Covid-19 yang ringan sebelumnya," lanjut Aman.

Di luar itu, Aman menyatakan IDAI mendapati fakta bahwa tingkat stres pada anak juga meningkat selama 10 bulan pembelajaran jarak jauh (PJJ) akibat pandemi Covid-19. Itu, sambungnya, membutuhkan perhatian dan penanganan khusus dari banyak pihak.

Selain itu, IDAI pun memberikan imbauan kepada para orang tua untuk memberi edukasi penerapan protokol kesehatan pada buah hati mereka.

"Ketika anak-anak belum mampu hendaknya tidak dimarahi, melainkan diberi apresiasi ketika ia mampu melakukan dengan benar, serta terus diberikan contoh, kesempatan, dan bimbingan secara berulang-ulang hingga lancar dan menjadi kebiasaan," tutup Aman

Wabup: Senin, 13 Juli Sekolah Mulai Dibuka

MERANGIN - Senin (13/7)  sekolah-sekolah di Kabupaten Merangin mulai dibuka. Ini setelah hampir lima bulan anak-anak sekolah diliburkan karena mewabahnya virus Corona melanda dunia, termasuk di Bumi Tali Undang Tambang Teliti.

Hal tersebut ditegaskan Wabup Merangin H Mashuri usai memimpin jalannya rapat persiapan masuk sekolah tahun ajaran 2020/2021, yang berlangsung di ruang rapat kerja bupati Merangin, Kamis (09/7).

’’Jadi mulai Senin itu, baru masa transisi bagi anak-anak sekolah. Proses belajar mengajar yang dilakukan belum normal seperti biasa. Bisa saja nanti untuk satu jam pelajaran yang biasanya 45 menit menjadi 30 menit,’’ujar Wabup.

Begitu juga dengan jumlah siswa untuk setiap kelasnya lanjut wabup, dibatasi dan harus wajib menerapkan protokol kesehatan Covid-19, memakai masker, menjaga jarak dan mencuci tangan dengan sabun di air mengalir.

Nanti proses belajar mengajarnya sambung Wabup, juga akan diberlakukan shift. Jadi dalam seminggu itu tidak utuh belajar enam hari. ‘’Jelasnya kita mengacu ke Surat Keputusan Bersama (SKB) empat menteri itu,’’terang Wabup.

Kadis Dikbud Merangin M Jubir menambahkan, setelah masa transisi itu berlangsung dua bulan, nanti akan diterapkan sistem kebiasaan new normal. Kurikulum yang akan diterapkan juga menyesuikan kebiasaan new normal.

‘’Jadi untuk Senin itu, anak-anak baru kelas satu akan mengikuti orientasi sekolah yang wajib menerapkan protokol kesehatan Covid-19. Sekolah-sekolah di setiap kelasnya wajib menyediakan tempat cuci tangan dengan air mengalir,’’terang M Jubir.

Kemenag Merangin H Marwan Hasan juga mengungkapkan hal yang sama. Mulai diberlakukannya belajar tatap muka tersebut jelasnya, mengacu ke SKB empat Menteri. Disamping itu juga telah ditetapkannya Merangin sebagai Zona Hijau.

‘’Nanti sebelum masuk ke perkarangan sekolah, suhu anak-anak yang harus memakai masker itu dites terlebih dahulu oleh petugas di pintu gerbang sekolah. Sebelum masuk ke kelas, anak-anak juga wajib mencuci tangan,’’ujar H Marwan Hasan.

Plt Sekda H Hendri Maidalef mengungkapkan, ditetapkannya Kabupaten Merangin sebagai Zona Hijau, serentak dengan sebanyak 104 kabupaten/kota lainnya di Indonesia. ‘’Kalau di petanya itu berubah otomatis wilayah Merangin jadi warna hijau,’’ujarnya.

Untuk diketahui SKB empat menteri itu, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Menteri Agama, Menteri Kesehatan dan Menteri Dalam Negeri RI nomor 01/KB/2020, nomor 516 tahun 2020, nomor HK.03.03/Menkes/363/2020, nomor 440-882 tahun 2020.

SKB empat menteri itu, tentang Panduan penyelenggaraan pembelajaran pada tahun ajaran 2020/2021 dan tahun akademik 2020/2021 di masa pandemic Corona virus disease 2019 (Covid-19).

Target Penggunaan Gedung Super VVIP RSUD Raden Mattaher Untuk Ruang Isolasi Covid-19 Molor

JAMBI (SR28) - Target penyelesaian gedung super VVIP RSUD Raden Mattaher yang direncanakan untuk menjadi ruang rujukan dan isolasi pasien Covid-19 molor dari jadwal awal. Bahkan targetnya kembali direvisi higga akhir bulan November baru akan bisa dipergunakan lantaran berbagai kendala.

Laporan Dana Kampanye Pasangan Haris-Sani Paling Tinggi

JAMBI - Pasangan nomor urut 3 yakni Haris-Sani dengan laporan LPSDK tertinggi yakni sebesar Rp.789.250.000. Dana tersebut bersumber dari dana pribadi calon sebesar Rp.152 Juta dan Rp.357.250.000 dari dana perorangan.

Lifestyle Magazine

7 Fraksi DPRD Tebo Setujui Ranperda APBD TA 2020 dan Perumda Air Minum Tirta Muaro

TEBO (SR28) - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Tebo, Selasa (06/08/2019) sekitar pukul 14:00 wib menggelar rapat paripurna dalam rangka penyampaian pendapat akhir Fraksi-fraksi DPRD Kab. Tebo Terhadap nota pengantar rancangan perda Kabupaten Tebo tentang anggaran pendapatan dan belanja daerah tahun anggaran 2020 dan ranperda kabupaten Tebo tentang Perumda air minum Tirta Muaro.

Rapat langsung dipimpin oleh ketua DPRD Tebo, Agus Rubyanto. Hadir dalam rapat paripurna tersebut, Bupati Tebo, H. Sukandar, Ketua DPRD Agus Rubyanto, SE dan wakilnya Wartono Triankusumo, para anggota dewan, Asisten dan para Staf Ahli Bupati, serta para tamu undangan lainnya

Dalam kesempatan tersebut, Wakil Ketua DPRD Tebo Wartono mewakili 7 fraksi di DPRD Tebo dalam penyampaian pendapat akhir Fraksi-fraksi DPRD Kab. Tebo Terhadap nota pengantar rancangan perda Kab. Tebo tentang anggaran pendapatan dan belanja daerah tahun anggaran 2020 dan ranperda kab Tebo tentang Perumda air minum tirta muaro.

Ketujuh Fraksi di DPRD Tebo Yaitu Fraksi Golongan Karya, Frakasi PDI Perjuangan, Fraksi Demokrat, Fraksi Gerindra, Fraksi PAN, Fraksi Nasional Demokrat Kebangkitan Bangsa dan Fraksi Nurani Sejahtera menyetujui Rancangan Peraturan Daerah tentang APBD Tahun Anggaran 2020 dan Rancangan Peraturan Daerah tentang Perusahaan Umum Daerah Air Minum Tirta Muaro Kabupaten Tebo menjadiPeraturan Daerah.

Pengusngsi Banjir di Jambi Mulai Terserang Penyakit Gatal-gatal Hingga Kekurangan Air Bersih

BATANGHARI - Banjir yang melanda 7000 rumah warga di 7 kecamatan di kabupaten Batanghari, Jambi membuat sebagian warga telah mengungsi ke tenda-tenda pengungsian yang sudah disiapkan petugas BPBD dan Dinas Sosial.

Warga mengaku telah mengungsi sejak 3 hari terakhir, mulai kesulitan untuk mendapatkan air bersih serta mulai terserang berbagai penyakit, terutama penyakit gatal-gatal, flu dan muntah-muntah karena masuk angin.

Tok-Tok…Seluruh Fraksi DPRD Tebo Setujui Ranperda Pelaksanaan APBD T.A. 2019

TEBO (SR28)- Seluruh Fraksi di DPRD Kabupaten Tebo menerima dan menyetujui Nota Pengantar Rancangan Peraturan Daerah Kabupaten Tebo tentang Pertangungjawaban Pelaksanaan APBD Tahun Anggaran 2019. Hal tersebut disampaikan Aivandri AB, Juru Bicara sekaligus Wakil Ketua DPRD Tebo saat membacakan pendapat akhir fraksi fraksi  pada Rapat Paripurna yang dilaksanakan di Aula Rapat DPRD Kabupaten Tebo, Senin (27/07/2020).

Delapan fraksi yang dibacakan pendapat akhirnya, seluruhnya dapat menerima dan menyetujui Ranperda Pelaksanaan APBD T.A. 2019 tersebut. Selain itu fraksi fraksi yang ada juga mengapresiasi pencapaian pemerintah dalam mempertahankan Predikat WTP untuk ke- Lima Kali secara berturut.Wakil Bupati, Syahlan, SH., dalam sambutannya mengucapkan terima kasih kepada seluruh anggota dewan atas kerja keras dan menerima semua catatan dan rekomendasi yang disampaikan setiap fraksi untuk perubahan yang lebih baik.

"Kami ucapkan terima kasih dan apresiasi untuk kerja keras semua pihak baik eksekutif maupun legislatif. Hal itu merupakan wujud kontribusi untuk membawa Kabupaten Tebo lebih baik lagi kedepannya." ungkapnya.

Kedepannya menurut Wabup Syahlan setelah dievaluasi oleh Pemerintah Provinsi, Perda akan menjadi pendoman dan panduan untuk melakukan perbaikan agar WTP dapat dipertahankan dan akan jadi instrumen dalam melaksanakan pembangunan.Ranperda yang telah disetujui akan diserahkan dalam waktu tiga hari kedepan kepada Gubernur Jambi untuk kemudian dievaluasi. Hasil evaluasi tersebut akan disahkan menjadi Perda.Rapat dipimpin langsung oleh Ketua DPRD Mazlan, S. Kom., didampingi Wakil Ketua Syamsul Rizal, SE., M. Si, Unsur Forkopimda, Sekretaris Daerah Drs. Teguh Arhadi, MM, Asisten Sekda dan Staf Ahli Bupati, Kepala OPD dan Camat serta peserta lainnya.

disadur dari pemkab tebo

Jurnalis: Rd Ari

Provinsi Jambi Berstatus Zona Kuning Covid-19

KOTA JAMBI (SR28) - Atas zona kuning penyebaran Covid-19 yang kini disandang provinsi Jambi. Bahkan zona oranye bagi kabupaten Bungo. Pemerintah Provinsi Jambo mengambil keputusan untuk tidak menerapkan pembelajaran tatap muka bagi siswa SMA di seluruh wilayah Provinsi Jambi.

Provinsi Jambi Berstatus Zona Kuning Covid-19

Provinsi Jambi Berstatus Zona Kuning Covid-19

Posted by JAMBI28 TV on Wednesday, September 23, 2020
Sumber: JAMBI28.TV

Laporan Dana Kampanye Pasangan Haris-Sani Paling Tinggi

JAMBI - Pasangan nomor urut 3 yakni Haris-Sani dengan laporan LPSDK tertinggi yakni sebesar Rp.789.250.000. Dana tersebut bersumber dari dana pribadi calon sebesar Rp.152 Juta dan Rp.357.250.000 dari dana perorangan.

Video News

- Advertisement -

Bupati Tanjabbar Serahkan Bantuan Spesifik Perempuan Dan Anak

KUALA TUNGKAL (SR28) - Dalam rangka meringankan serta membantu warga yang terdampak covid 19 di Kabupaten Tanjab Barat, Bupati DR. Ir. H. Safrial, MS serahkan paket bantuan spesifik perempuan dan anak Kabupaten Tanjung Jabung Barat bertempat di aula Kantor Dinas P3AP2KB, Kamis (01/10).

Bupati Tanjab Barat melalui Kadis P3AP2KB Yunus dalam keterangannya mengatakan  pemberian bantuan spesifik perempuan dan anak kelompok rentan terpapar covid 19 terdiri dari 9 kelompok yang berjumlah 55 paket dari kementrian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA). Yang kemudian disalurkan melalui Dinas PPA Provinsi ke semua kabupaten/Kota.

Paket bantuan dikelompokkan berdasarkan anak usia 0-2 tahun, kelompok anak usia 3-4 tahun, kelompok anak usia 5-17 tahun, kelompok anak penyandang disabilitas, kelompok perempuan dewasa, kelompok perempuan disabilitas, kelompok perempuan usia lanjut dan kelompok perempuan hamil dan menyusui.

"Isi paket ini disesuaikan dengan kebutuhan dan umur mereka seperti anak anak bantuan berupa pampers, susu dan roti. Begitu juga dengan dewasa. Tujuannya untuk mengurangi beban masyarakat yang terpapar covid 19. Kita melihat dilapangan," ujarnya.

Lanjut kadis, "jadi Bantuan ini ditujukan kepada warga yang terdampak covid khusus anak anak dan perempuan. Bantuannya beragam sesuai kebutuhan masing masing termasuk ibu menyusui ada juga bantuan susu, pampers, roti dan Vitamin," tandas Kadis. (Sabri)

Fachrori Apresiasi Langkah Baznas Bantu Masyarakat Terdampak Covid-19

JAMBI (SR28) - Gubernur Jambi Dr.Drs.H.Fachrori Umar.M.Hum mengemukakan dirinya sangat mengapresiasi langkah Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Provinsi Jambi yang membantu masyarakat yang tidak mampu yang sangat terdampak Covid-19. Hal itu disampaikannya saat Penyerahan Bantuan dari Baznas Provinsi Jambi kepada Masyarakat yang sangat Terdampak Covid-19 di Nipah Panjang Kabupaten Tanjung Jabung Timur, Rabu (29/07/2020).

Sebanyak 300 (tiga ratus) paket sembako dibagikan kepada mustahiq agar dapat meringankan beban ekonomi masyarakat yang sangat terdampak pandemi Korona.

Sebelumnya, gubernur meninjau Lapas Kelas III B Muara Sabak dan menyerahkan satu set bola kaki dan bola voli, serta meninjau Kampung Asimilasi dan Edukasi Kepompong di lapas tersebut, dilanjutkan peninjauan Pondok Pesantren Al-Hidayah Rantau Rasau. Pada kesempatan ini Fachrori menyerahkan bantuan pribadi.

Fachrori menyampaikan ucapan terima kasih kepada Baznas Provinsi Jambi yang telah penuh perhatian kepada masyarakat, serta berharap agar Baznas meningkatkan peran dan fungsinya dalam pelayanan optimalisasi zakat, sehingga zakat dapat menjadi stimulan dalam menggerakkan keswadayaan masyarakat, guna mengurangi beban masyarakat dalam menghadapi pandemi Covid-19.

“Sebagaimana kita ketahui bahwa zakat merupakan ibadah wajib bagi umat Islam, ibadah zakat tidak saja menyangkut hubungan hamba dengan Rabb-nya, tetapi mengandung nilai-nilai sosial yang mengatur hubungan sesama manusia. Mengingat arti penting ibadah zakat begitu banyak dalil didalam Al-Qur’an maupun hadis-hadis Nabi Sholallahu’alaihi Asallam yang menekankan kewajiban berzakat diantaranya firman Allah Subhanathu Wa Taala dalam surat At-Taubat ayat 103 dan surat Al-Baqarah ayat 43,” ujar Fachrori.

Facrori menjelaskan, zakat merupakan filantropi Islam yang tidak ditemukan dalam ajaran agama lain sebagai bentuk kedermawanan. “Zakat menanamkan nilai-nilai kemanusiaan dan rasa tanggung jawab sosial terhadap nasib sesama insan. Selain kedermawanan, zakat juga mendidik umat muslim untuk tidak egois dan kikir dalam mengelola harta titipan Allah, karena harta yang ada dengan kita hakekatny aadalah hak orang lain yang disalurkan melalui tangan kita, peran yang kita jalankan hanyalah mendisrtibusikan harta tersebut. Sunguh merupakan sebuah kemuliaan jika kita ditakdirkan sebagi penyalur rezeki kepada makluk-makluk Allah,” tutur Fachrori.

Fachrori mengatakan, pandemi Covid-19 saat ini menimbulkan banyak problematika akibat adanya pembatasan aktivitas di hampir seluruh daerah di Indonesia termasuk Provinsi Jambi. Fachrori berharap dengan adanya bantuan ini dapat membantu meringankan beban ekonomi masyarakat saat pandemi yang melanda dunia.

Sebelumnya, Wakil Bupati Tanjung Jabung Timur Robi Nahliansyah menyampaikan, atas nama Pemerintah Kabupaten Tanjung Jabung Timur mengucapkan terima kasih kepada Baznas Provinsi Jambi yang telah penuh perhatian kepada masyarakat di Tanjung Jabung Timur, dan turun langsung menyerahkan bantuan sembako kepada masyarakat yang sangat terdampak Covid-19. “Suatu kehormatan bagi kita semua karena langsung diantar dan Gubernur Jambi langsung turun ketengah masyarakat,” yngkap Wakil Bubati Tanjabtim.

“Pemerintah Kabupaten Tanjung Jabung Timur terus berupaya bekerja sama dengan tim gabuanga Covid-19 dan terus mengimbau masyarakat dalam melaksanakan aktivitas sehari-hari selalu melakukan sesuai dengan anjuran protokol kesehatan yaitu mencuci tangan, pakai masker, jaga jarak dimanapun kita berada,” sambung Robi.

Ketua Bazans Provinsi Jambi Hasan Basri menyampaikan ucapan terima kasih kepada Gubernur Jambi yang langsung turun ketengah masyarakat yang sedang memerlukan bantuan. “Baznas mempunyai banyak program untuk membantu masyarakat terutama fakir miskin dan para pedagang kecil. Baznas akan terus berkoordinasi dengan tim gugus tugas dalam upaya membantu pemerintah dalam percepatan penaggulangan dampak Covid-19. (Muhammad Sidik)

Satu Orang Diamankan Polda JambiTerkait Insiden Pembakaran Motor Polisi

JAMBI (SR28) - Hingga saat ini, Polda Jambi setidaknya sudah berhasil mengamankan satu orang terkait insiden itu untuk dimintai keterangannya. Kendati demikian Polda Jambi belum berhasil menangkap aktor utama dalam insiden pembakaran motor tersebut dan masih terus melakukan tahapan penyelidikan.

Masjid Istiqlal Bersolek, Tampung Hingga 200 Ribu Jemaah

JAKARTA - Setelah 42 tahun berdiri, Masjid Istiqlal kini bersolek lebih megah setelah direnovasi besar-besaran oleh Kementerian PUPR dengan biaya Rp475 miliar. Inilah wajah terbaru masjid terbesar di Asia Tenggara berkapasitas 200.000 jamaah itu.

Wajah baru masjid Istiqla, masjid tebesar di Asia Tenggara mampu menampung hingga 200 Ribu Jemaah

Kapolda Jambi Pimpin Operasi Patuh Siginjai 2020

KOTA JAMBI (SR28) - Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Jambi Irjen Pol Drs Firman Shantyabudi memimpin langsung Apel operasi patuh Siginjai 2020 dengan mengangkat tema “Polri Siap melaksanakan kebijakan pemerintah dalam penanganan Covid 19 , mengedepankan kegiatan Preventif , guna mewujudkan Kamseltibcar lantas dalam rangka pencegahan penularan Covid 19 dijalan, yang bertempat di lapangan Mapolda Jambi, Kamis (23/7).

Dalam amanatnya, Kapolda Jambi Irjen Pol Firman Shantyabudi menyampaikan bahwa, Pasukan operasi Mandiri tahun 2020 permasalahan di bidang lalu lintas saat ini berkembang dengan cepat dan dinamis hal ini sebagai konsekuensi dari meningkatnya jumlah kendaraan bermotor dan populasi penduduk yang memerlukan alat transportasi sebagai sarana mobilitas dalam memenuhi kebutuhan hidupnya, sebutnya.

“Perkembangan transportasi di era digital gimana operasional penggunaan jasa angkutan publik sudah berada dalam genggaman cukup menggunakan handphone, hal ini perlu diikuti dengan inovasi dan kinerja Polri khususnya polisi lalu lintas,” ujarnya.

Sehingga mampu mengantisipasi dampak yang akan timbul dari modernisasi transportasi tersebut sesuai amanat undang-undang nomor 22 tahun 2009 tentang lalu lintas dan angkutan jalan.

“Kita diharapkan untuk mewujudkan dan memelihara keamanan keselamatan dan kelancaran serta ketertiban berlalu lintas, dan jajaran Polda Jambi menurunkan 442 personil dan didukung seluruh personil Polda Jambi pada kegiatan Operasi Patuh Siginjai Polda Jambi 2020 kali ini,” ujar Kapolda.

Ditambahkan Kapolda, ada beberapa yang di prioritaskan dalam operasi patuh Siginjai kali ini, diantaranya adalah, meningkatkan kualitas keselamatan, menurunkan tingkat fatalitas korban kecelakaan lalu lintas, membangun budaya tertib berlalu lintas dan tempat, serta meningkatkan kualitas pelayanan publik. (ANK/Agus)

wikipedia

https://id.wikipedia.org/wiki/Sr28jambinews

Kecanduan Judi Online, Pegawai Rumah Makan Sikat Duit Bos

KOTA JAMBI (SR28) - Anggota Unit Reskrim Polsek Kota Baru, Kota Jambi meringkus seorang pemuda bernama Elveny Saputra (27) saat sedang mengamen di jalan.

Pelaku ditangkap lantaran terbukti mencuri yang di rumah makan selero Bundo, di kawasan jalan Patimura, kelurahan Kenali Besar, kecamatan Alam Barajo, Kota Jambi.

Pelaku merupakan karyawan rumah makan tersebut dan baru dua minggu bekerja disana. Sebelum melakukan aksinya, pelaku terlebih dahulu memantau situasi dn memantau gerak gerik pemilik rumah makan serta karyawan lainnya.

Dari pengakuan pelaku, ia nekat mencuri karena terlanjur kecanduan judi online. Karena ingin bermain judi namun tak punya uang, ia pun kemudian nekat melakukan aksi pencurian.

"Itu uang dihabiskan langsung buat main game online," ujar pelaku.

Pada hari kejadian, situasi rumah makan tengah ramai pengunjung, di sanalah pelaku memanfaatkan situasi tersebut untuk mencuri uang majikannya yang disimpan dilaci kasir rumah makan. Akibat pencurian tersebut, korban mengalami kerugian hingga 6 Juta Rupiah.

"Pelaku ini merupakan karyawan di Rumah Makan Selero Bundo, pelaku mengambil uang di laci kasir rumah makan," jelas AKP Afrito Marbaro kepada awak media.

Selain pelaku, petugas juga menyita barang bukti berupa satu unit Handphone hasil uang curian yang digunakan pelaku selain untuk berjudi.

Atas perbuatannya, pelaku dikenakan pasal 362 KUHP tentang pencurian dengan ancaman 5 tahun kurungan penjara. (ANK)

- Advertisement -

Music

Proyek Jembatan Parit Yusuf Tuai Kritikan, Hingga Kini Didapati Pengerasan Jalan

KUALA TUNGKAL (SR28) – Peningkatan Jembatan Parit Yusuf Desa Harapan Jaya, Kecamatan Seberang Kota, Kabupaten Tanjung Jabung Barat dengan Dana Anggaran Tahun...

Aksi Unjuk Rasa PMII Kota Jambi Menolak UU Cipta Kerja

KOTA JAMBI (SR28) - Ratusan Masa dari Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Kota Jambi menggelar aksi unjuk rasa menolak pengesahan UU Cipta Kerja Omnibuslaw di kawasan Tugu Keris Siginjei dan DPRD Kota Jambi.

Polda Jambi Grebek Gudang Produksi BBM Oplosan

KOTA JAMBI (SR28) - Tim Direktorat Reserse Kriminal Khusus (Ditreskrimsus) Polda Jambi menggerebek gudang yang memproduksi BBM Oplosan di Kecamatan Jambi Timur, Kota Jambi. Dari penggerebekan itu polisi berhasil mengamankan sebanyak 50 ribu liter bahan bakar minyak (BBM) yang sudah dioplos oleh para pelaku.

Sumber: JAMBI28 TV

Hebat, Kota Jambi Peringkat 8 Se Indonesia Kinerja Penyelenggaraan Pemerintah Daerah

KOTA JAMBI - Pemerintah Kota Jambi menerima penghargaan dari kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) RI atas capaian terhadap laporan penyelenggaraan pemerintah daerah atau LPPD tahun 2018 atas evaluasi kinerja penyelenggaraan peemrintah daerah atau EKPPD kota Jambi tahun 2019 dengan perolehan status sangat tinggi dengan skor 3,4420.

Sport News

Debit Air Sungai Batanghari Mulai Surut

KOTA JAMBI - Ketinggian muka air sungai Batanghari yang terpantau di Pos Duga Air Otomatis Tanggo Rajo Kota Jambi itu kini perlahan mulai mengalami penyusutan yang signifikan.

Berdasarkan laporan petugas pantau pos Duga Air Tanggo Rajo, ketinggian muka air sungai Batanghari sudah surut hingga mencapai ketinggian 10,75 meter dari permukaan dasar sungai.

Bahkan, dalam seharinya, debit air sungai terpanjang di pulau Sumatra ini mengalami penyusutan mulai dari 20 sampai dengan 5o centi meter perharinya.

Masyarakat Desa Mersam Dapat Bantuan Mobil Ambulan

JAMBI (SR28) - Gubernur Jambi, H.Fachrori Umar, dalam kunjungannya di Kabupaten Batanghari menyerahkan bantuan dana Corporate Social Responsibility (CSR) Bank Jambi, berupa...

DPRD Tebo dan Bupati Ikuti Upacara Kenegaraan Secara Virtual

TEBO (SR28)- Dewan Perwakilan Rakyat (DPRD) Kabupaten Tebo bersama Bupati dan Wakil Bupati mengikuti Rapat Paripurna DPRD Kabupaten Tebo dalam rangka mendengarkan Pidato Kenegaraan Presiden RI secara virtual. Kegiatan setahun seklai tersebut digelar di Aula Rapat DPRD pada hari  Jum'at (14/08/2020).

Rapat tersebut langsung dipimpin oleh Ketua DPRD Tebo, Mazlan dan Wakilnya Aivandri serta diikuti anggota DPRD Kabupaten Tebo lainnya.

Dalam sambutannya pada sidang tersebut, Mazlan mengajak kepada seluruh masyarakat untuk menjadikan HUT RI Ke-75 ini sebagai momentum instrospeksi diri dan mengisi kemerdekaan dengan hal yang positif.

"Pada peringatan HUT RI Ke-75 ini baiknya kita jadikan momentum untuk memperbaiki diri dan bersyukur karena kita bisa menikmati kemerdekaan. Rasa syukur tersebut diwujudkan dengan memberikan kontribusi nyata untuk perbaikan ditengah masyarakat." ujarnya.

Sementara itu Presiden RI Joko Widodo pada Pidato Kenegaraan mengatakan meskipun peringatan pada tahun ini berbeda dengan tahun sebelumnya dikarenakan pandemi Covid-19, namun semangat untuk mengisi kemerdekaan harus semakin baik.

"Mari kita jadikan momentum musibah pandemi sebagai kebangkitan baru untuk melakukan lompatan besar di berbagai aspek. Inilah saatnya kita membenahi diri secara fundamental, melakukan transformasi besar." ajaknya.

Kemudian Presiden Jokowi juga mengajak seluruh elemen masyarakat untuk menjadikan krisis yang disebabkan pandemi ini dijadikan pembelajaran. Dia mengibaratkan kondisi saat ini seperti sebuah komputer dimana ketika ada kendala akan memiliki kesempatan menyetting ulang semua sistemnya.

"Jangan sia siakan pelajaran yang diberikan oleh krisis. Jangan biarkan krisis membuahkan kemunduran. Justru momentum Krisi ini harus kita bajak untuk melakukan lompatan kemajuan." tegasnya.

Rapat Paripurna turut diikuti oleh Sekretaris Daerah, Drs. Teguh Arhadi, MM, Unsur Forkopimda, Asisten Sekda dan Staf Ahli Bupati, dan Kepala OPD dan Bagian Lingkup Pemkab Tebo

Jurnalis Muhammad Sidik

- Advertisement -

Puluhan Kilogram Sabu Dan Ribuan PIL Ekstasi Dikremasi

MUARO JAMBI - Puluhan Kilogram narkotika jenis Sabu dan ribuan butir pol ekstasi hasil penindakan Direktorat Narkoba Polda Jambi selama dua bulan terakhir dimusnahkan dengan cara dibakar yakni di kremasi di pondok Meja, Muaro Jambi, Jambi. Pemusnahan barang bukti narkotika tersbeut merupakan barang bukti dari 22 tersangka yang berhasil diamankan Polda Jambi saat berupaya menyelundupkan narkoba ke Jambi.

Pemprov Jambi Siapkan Rp20 M untuk Pembelian Vaksin Covid-19

JAMBI - Anggaran sebesar Rp20 Miliar itu akan diambil dari APBD Murni Provinsi Jambi tahun 2021 yang nantinya disiapkan pada pos anggaran belanja tak terduga atau BTT Provinsi Jambi. Hal tersebut merupakan bagian dari intruksi pemerintah pusat yang harus dianggarkkan oleh settiap daerah tak terkecuali Provinsi Jambi.

Bupati Tanjabbar Hadiri Paripurna Penyampaian Keuangan dan Raperda Perubahan APBD 2020

KUALA TUNGKAL (SR28) - Rapat Paripurna DPRD Kabupaten Tanjung Jabung Barat dengan agenda Penyampaian Pemandangan Umum Anggota Dewan dengan Membawa Suara Fraksi-Fraksi DPRD terhadap Nota Keuangan dan Raperda tentang Perubahan APBD Tahun anggaran 2020 yang digelar di Ruang Rapat Paripurna, DPRD Tanjab Barat, Kamis (17/9) dihadiri langsung Bupati Dr. Ir. H. Safrial, MS ikut serta dalam paripurna Sekda H. Agus Sanusi, Asisten Setda dan Para Kepala OPD lingkup Kabupaten  Tanjab Barat.

Dalam rapat paripurna yang dipimpin Ketua DPRD Mulyani Siregar, SH, didampingi Wakil Ketua H. Muh. Sjafril Simamora, SH tersebut semua fraksi di DPRD setuju Raperda Perubahan APBD 2020 lanjut ke tahap berikutnya. Meskipun ada beberapa fraksi yang memberikan catatan dan saran.

Fraksi PDI-P lewat juru bicara Tubagus menyampaikan menyetujui nota keuangan APBD-P 2020 untuk dilanjutkan dan dibahas ke tahap selanjutnya dengan catatan mengoptimalkan untuk kesejahtraan rakyat, seperti kesehatan, pendidikan dan infrastruktur lainnya.

Juru bicara Fraksi Golkar, Budi Azwar juga menyetujui perubahan APBD 2020 untuk dibahas lebih lanjut dengan saran skala prioritas infrastruktur di jalan desa, kelurahan dan sekolah. Optimalisasi peningkatan jalan di Seberang Kota, Poros Jalan di Kuala Betara, Jalan Senyerang ke Tebing Tinggi agar ekonomi masyarakat bisa ada peningkatan.

Fraksi PAN lewat jubir Nova Anggun Sari menyetujui nota keuangan perubahan APBD 2020 dibahas ke tahap selanjutnya. Kemudian fraksi PKB lewat M. Zaki juga menyetujui dengan beberapa catatan dan pertanyaan diantaranya: Persentase program padat karya, persentase peningkatan target jangka menengah daerah dan program yang tidak selaras dengan RPJMD. Serta kesejahteraan guru honorer Madrasah Diniyah di Tanjab Barat.

Sutejo, juru bicara fraksi Gerindra menanggapi  kondisi Covid-19 di Tanjab Barat, dan meminta kepada Bupati agar serius dalam pencegahan covid 19. Gerindra juga mengingatkan prioritas pembangunan diTanjab Barat. Kemudian fraksi Nasdem dan PPP juga menyetujui untuk dibahas ke tingkat selanjutnya.

Bupati Tanjab Barat H. Safrial usai paripurna mengatakan apa yang disampaikan Fraksi-fraksi DPRD terhadap Nota Keuangan dan Raperda tentang Perubahan APBD Tahun Anggaran 2020 Kabupaten Tanjab Barat telah dilaksanakan seperti infrastruktur, kesehatan hingga pendidikan. Bahkan untuk pendidikan banyak pelajar Tanjab Baray yang telah dikirim sekolah vokasi ke luar daerah.

"Kemudian anggaran masih fokus ke infrastruktur, kemaren yang sempat di pangkas kita tambah lagi, misalnya jembatan opritnya dipotong sekarang kita anggarkan lagi supaya bermanfaat. Kebanyakan proyek -proyek yang sudah ditenderkan kemaren tapi tidak selesai, kita selesaikan. Kalau pendidikan dan kesehatan semua ada perubahan, tapi untuk beasiswa tidak boleh dipotong, yang dipangkas itu tentunya yang tidak penting aja,Agar target RPJMD yang telah kita janjikan kepada masyarakat terlaksana," pungkas Safrial. (Sabri)

Golput pilihan ditengah wabah Covid 19

Oleh: Effi Marleni S.H,M.H

Keputusan pemerintah terkait penyelenggaraan Pilkada ini secara potensial memunculkan masyarakat Golput (Golongan Putih) karena alasan kesehatan dan keselamatan warga. Seruan Golput pertama dilontarkan oleh Azyumardi Azra, guru besar UIN Syarif Hidayatullah, salah satu tokoh intelektual Muslim ini menyatakan diri secara terbuka untuk tidak akan berpartisipasi dalam Pilkada 2020 atau memilih menjadi golput (golongan putih). Golput ini pernah terjadi di beberapa negara yang tetap memutuskan untuk menyelenggarakan Pemilu di tengah kondisi pandemi yang belum mereda. Merujuk Pemilu di Queensland-Australia yang diselenggarakan Maret lalu.

Banyak warga yang memutuskan untuk tidak memilih demi terhindar dari penularan Covid-19. Mereka rela membayar denda yang ditetapkan oleh pemerintah karena menjadi Golput. Hal yang sama juga terjadi di Perancis yang dalam pemilihan lokal hanya 44,7 persen warga yang berpartisipasi. Demikian juga dengan pemilu di Iran yang hanya diikuti oleh sekitar 40 persen. Ini merupakan kondisi terburuk sejak Revolusi Iran di tahun 1979. Dalam situasi pandemi menjadi Golput adalah pilihan yang paling rasional mengingat kesehatan dan keselamatan publik tengah terancam. Situasi ini diperparah dengan maraknya spekulasi tentang kolusi dan menguatnya politik dinasti di kalangan pemerintah serta maraknya politik uang karena perekonomian Indonesia yang semakin terpuruk. Jangan sampai pesta demokrasi hanya dinikmati oleh segelintir kelompok elite politik tertentu yang mencari kekuasaan dan keuntungan namun harus berakhir dengan mengorbankan nyawa rakyat.


TV

Bupati Al Haris Pimpin Rapat Evaluasi Tim Gugus Tugas Penanganan Covid-19

MERANGIN - Terkait dengan penambahan Pasien Positif Covid-19, Tim Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten Merangin gelar Rapat Koordinasi dan Evaluasi di Posko Penanganan Covid-19 Merangin (2/6/2020).

Rapat dipimpin Bupati Merangin Dr. H. Al Haris, S.Šos, M.H. yang didampingi Ketua DPRD Merangin Herman Effendi, ST. MM, Dandim 0420/Sarko Letkol Inf Tomi Radya Diansyah Lubis, S.A.P., M.Han., Kapolres Merangin AKBP M. Lutfi, SIK, Kadis Kesehatan dan dihadiri anggota Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten Merangin.

Saat dikonfirmasi usai rapat Bupati Al Haris menjelaskan penambahan pasien positif Covid-19 dan upaya rujukan pasien Positif ke RSUD Hanafie Bungo dan RSUD Raden Mattaher Jambi mendapat penolakan (keberatan) dengan alasan pasien mereka pun sudah banyak.

“Berkenaan dengan hal tesebut maka untuk pasien positif akan tetap di rawat di RSUD Kol. Abundjani Bangko, sehingga RSUD menjadi Rumah Sakit Rujukan Postif Covid-19 di Jambi, " ujarnya.

Selain itu dihasilkan kesepakatan Tegas menolak dengan tegas seluruh warga tujuan Merangin yang tidak memiliki KTP Merangin untuk tidak memasuki Merangin, melalui penjagaan di Posko Batas, “tambahnya.

Selanjutnya seluruh warung untuk menutup kiosnya batas pukul 22.00 WIB.

Melakukan Rapid Test terhadap seluruh keluarga Pasien positif (RSUD) Tim gugus Covid- 19 Kecamatan dan desa segera merapatkan barisannya untuk seluruh keluarga Pasien postif dan melakukan Isolasi mandiri serta memantau dengan ketat (Tim Gugus Kec/Desa)

Melakukan penyemprotan gabungan BPBD, TNI dan Polri di lokasi lokasi Zona Merah

Menyusun sistem kerja dalam penanganan Pasien positif di RSUD Kol Abunjani berkerjasama denga Dinas Kesehatan untuk penambahan Tenaga Medis.

Pencairan dana covid melalui SKPD dengan memenuhi persyaratan.

Membuat surat edaran ke Camat, Lurah dan Kades untuk seluruh PNS dan Perangkat Desa agar mematuhi Peraturan Pemerintah terkait Larangan Sholat di Mesjid dan membantu menyampaikan peraturan ini kepada warga dengan menghimbau untuk mematuhi Peraturan Pemerintah tersebut.

Langgar Protokol Kesehatan, 20 Orang Warga Langsung Kena Sanksi

JAMBI28TV - Puluhan masyarakat Kota Jambi terjaring operasi Yustisi penerapan protokol kesehatan di jalan raya. Setidaknya, ada 20 orang warga yang akhirnya digelandang untuk mendapatkan sanksi lantaran tak menggunakan masker.

Nonton berita menarik lainnya di JAMBI28.TV

Karena Covid-19, IGD RS Abdul Manap Kota Jambi Resmi Ditutup Selama Sepekan

KOTA JAMBI (SR28)- Rumah Sakit milik Pemeritah Kota Jambi RS Abdul Manap resmi menutup salah satu layanan Instalasi Gawat Darurat (IGD) selama sepekan kedepan terhitung Sabtu (26/9) hingga 3 Okober 2020.

Hal tersebut disebabkan karena adanya 3 orang petugas medis yang dinyatakan positif Covid-19.

Namun demikian, untuk layanan Rawat Inap dan Rawat Jalan tetap buka seperti biasa.

Berikut petikan resmi surat yang ditandatangani oleh Dirut RS Abdul Manap dr Rudi Maruli

surat pemberitahuan resmi

Aliansi Muslim Jambi Serukan Boikot Produk Prancis

KOTA JAMBI - Setelah Selesai melakukan shalat Jum’at ratusan masa yang tergabung dalam Aliansi Muslim Indonesia yang berjumlah ratusan umat muslim berkumpul di masjid agung al falah broni kota jambi,dan melakukan konvoi menuju tugu juang Sipin,tampak aksi tersebut dikawal oleh aparat kepolisian. Dalam orasinya, dihimbau untuk masyarakat muslim untuk tidak membeli dan memboikot produk – produk Prancis yang ada di Indonesia khususnya daerah Jambi.