Kamis, Januari 28, 2021

Gunung Merapi Kembali Erupsi, Keluarkan Awan Panas Guguran

YOGYAKARTA (SR28) - Gunung Merapi kembali erupsi pada 27 Januari 2021 siang. Jarak luncur awan panas mencapai 3 kilometer. Saat ini, Merapi di...

Jambi Kembali Terima 17.240 Dosis Vaksin Covid-19

JAMBI (SR28) - Berdasarkan rencana pemerintah Jambi, jumlah vaksin Covid-19 itu akan mulai di distribusikan ke 9 kabupaten kota lainnya yang belum...

Belum Ada Laporan Bencana, Status Provinsi Jambi Masih Kesiapsiagaan

JAMBI (SR28) - Berdasarkan pemantauan BPBD Provinsi Jambi, ketinggian muka air sungai Batanghari disejumlah daerah masih berada pada kisaran 12 hingga 13...

Sudah Ada 430 Pasien Covid-19 Tanpa Gejala Yang Dirawat Di Rumah isolasi Milik Pemprov Jambi

JAMBI (SR28) - Sejauh ini sedikitnya sudah ada 430 pasien yang dirawat di 2 rumah isolasi milik pemerintah provinsi Jambi itu sejak...

Technology

Hadir di Pemakaman, Walikota Jambi Sy Fasha dan Istri Lepas Kepergian Putra Bungsunya

KOTA JAMBI (SR28) - Wali Kota Jambi Syarif Fasha bersama istri dan kedua anaknya menghadiri prosesi pemakaman menggunakan APD. Bahkan sesaat peti jenazah di masukkan ke dalam liang lahat Syarif Fasha mengazani putra bungsunya untuk yang terakhir kalinya.

Hadir di Pemakaman, Walikota Jambi Sy Fasha dan Istri Lepas Kepergian Putra Bungsunya

Hadir di Pemakaman, Walikota Jambi Sy Fasha dan Istri Lepas Kepergian Putra Bungsunya

Posted by JAMBI28 TV on Tuesday, September 22, 2020
Sumber: JAMBI28.TV
- Advertisement -

Pjs Gubernur Jambi Harapkan Pilkada Aman dari Covid-19

JAMBI (SR28) - Penjabat Sementara (Pjs) Gubernur Jambi Ir.Restuardy (Ardy) Daud,M.Sc mengharapkan agar seluruh rangkaian tahapan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak Tahun 2020 bisa dilaksanakan dengan lancar dan aman dari Covid-19. Harapan itu disampaikannya saat menerima audiensi Ketua KPU Provinsi Jambi H.M. Subhan berserta komisioner KPU Provinsi Jambi, di Ruang Kerja Gubernur, Kantor Gubernur Jambi, Senin (02/11/2020).

Ardy Daud didampingi Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Apani Saharudin, Kepala Biro Pemerintahan dan Otonomi Daerah Rahmad Hidayat, Kepala Kesbangpol yang diwakil Kabid Muhamad Nur Agus.

Dalam pertemuan tersebut, komisioner KPU Provinsi Jambi membahas progres tahapan Pemilhan Kepala Daerah (Pilkada) serentak tahun 2020 serta kesiapan daerah. Di Provinsi Jambi, akan diselenggarakan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jambi, Bupati dan Wakil Bupati Batanghari, Bupati dan Wakil Bupati Bungo, Bupati dan Wakil Bupati Tanjung Jabung Barat, Bupati dan Wakil Bupati Tanjung Jabung Timur, serta Wali Kota dan Wakil Wali Kota Sungai Penuh.

Ardy Daud mengarahkan agar seluruh persiapan Pilkada segera diselesaikan. Ia juga menekankan pentingnya memberikan edukasi kepada masyarakat terkait pemilihan.

Ardy Daud mengharapkan tingkat partisipasi masyarakat pada Pilkada mendatang dapat meningkat dari tahun-tahun sebelumnya. “Mudah-mudahan Pilkada tahun 2020 ini bisa berjalan lancar dan partisipasi masyarakat dapat meningkat,” harapnya.

Selanjutnya, Ardy Daud berharap agar penyelenggaraan Pilkada serentak yang dilaksanakan ditengah situasi pandemi tetap berjalan secara demokratis, langsung, umum bebas dan rahasia (luber), jujur dan adil (jurdil), dan paling penting tetap aman dari Covid-19. ”Sehingga, ada dua hal yang menjadi penekanan utama bahwa Pilkada 2020 ini harus semakin berkualitas dan juga aman dari Covid-19. Jadi, aspek kesehatan, aspek keselamatan petugas, peserta dan juga tentu saja pemilih harus menjadi prioritas,” tutur Ardy Daud. (Sidik)

Totalitas Menangkan Fadhil-Bakhtiar, Ketua DPW Partai Gelora Keluarkan Maklumat Juang

JAMBI (SR28)- Usai menyatakan dukungan resmi kepada pasangan Fadhil-Bakhtiar pada hari Sabtu 9 Agustus 2020 lalu, Partai Gelora kembali menegaskan sikap tegak lurus pada Pilbup Batanghari tahun ini. Bentuk semakin all out-nya Partai Gelora tersebut adalah dengan dikeluarkannya Maklumat yang berisi intruksi tegas kepada kader untuk mulai bergerak ke simpul-simpul basis suara disuruh wilayah dalam Kabupaten Batanghari.

"Sikap kami bulat, menangkan Fadhil-Bakhtiar sampai akhir. itu saja" Tegas Mahyudi, Ketua DPW Partai Gelora Provinsi Jambi.

Dalam maklumatnya, Mahyudi menegaskan jika mulai saat ini pengurus dan kader harus mulai berkonsolidasi dan aktif mengampanyekan Fadhil-Bakhtiar.

Adapun alasan utama Partai Gelora mendukung Fadhil-Bakhtiar adalah sebagai bentuk spirit agar Batanghari bisa berubah menuju Kabupaten yang lebih maju lagi.

"selama ini kan 2 dinasti yang memimpin Batanghari, maka untuk mendobrak itu semua, dibutuhkan sosok pemimpin yang diluar dinasti tersebut. Kami juga meyakini kapasitas Fadhil-Bakhtiar dalam memimpin. mereka orang-orang handal dan profesional" Tutup Mahyudi

H Al Haris: New Normal, ASN Jadi Panutan

MERANGIN - Pada penerapan New Normal, para Aparatur Sipil Negara (ASN) menjadi panutan dan contoh bagi masyarakat Kabupaten Merangin. Untuk itu para ASN harus berdisiplin keprotokolan kesehatan.

Hal tersebut ditegaskan Bupati Merangin H Al Haris, ketika memimpin jalannya apel Gelar Pasukan dalam rangka menghadapi tatanan kehidupan baru (New Normal) di halaman depan kantor bupati Merangin, (04/6).

‘’Jadi sekarang ini, tidak ada ASN maupun masyarakat  yang tidak memakai masker. Semua harus saling mengingatkan, demi kepentingan kita bersama memutuskan matarantai Covid-19,’’ujar Bupati.

Selain harus memakai masker dalam menjalankan aktivitasnya, para ASN dan masyarakat juga harus rajin mencuci tangan dengan sabun di air  yang mengalir, menjaga  jarak dan dilarang berkumpul-kumpul.

Semua pinta bupati, jangan segan-segan dengan bahasa yang santun, untuk menegur satu sama lainnya, bila ada ASN atau masyarakat yang kedapatan tidak mengenakan masker.

‘’Jangan lupa memakai bahasa yang santun, misalnya begini, ‘Bapak dan ibu mau tidak virus Corona hilang dari kita, maka tolonglah pakai maskernya’,’’dicontohkan Bupati ketika akan menegur orang yang tidak mengunakan masker.

Untuk memastikan seluruh masyarakat dan ASN mengenakan masker, bupati akan mendirikan posko di titik-titik keramaian. Bagi masyarakat atau ASN yang ditemukan tidak memakai masker, akan diberi sanksi.

‘’Nanti mereka  yang tidak mengenakan masker, akan kita suru memungut sampah di titik-titik keramaian tersebut. Semua ini untuk kepentingan kita bersama, sehingga kita bisa menormalkan kondisi kembali ke semula,’’tegas Bupati.

Bupati Rapat Kembali Fasilitasi Tuntutan Masyarakat Teluk Nilau

KUALA TUNGKAL (SR28) - Bupati Tanjung Jabung Barat Dr Safrial kembali memimpin rapat fasilitasi lanjutan tuntutan masyarakat Kelurahan Teluk Nilau dan Komite Pimpinan Wilayah Serikat Tani Nasional (KPWSTN) terhadap areal APL di wilayah Kelurahan Teluk Nilau Kecamatan Pengabuan, Rabu (15/07).

Kegiatan yang diselenggarakan di Balai Pertemuan Kantor Bupati ini turut diikuti oleh Forkompimda, Kasdim, Kapolsek Teluk Nilau, Staf Ahli, Asisten Perekonomian dan pembangunan, Kadis PMD Tanjab Barat, Kesbangpol, Kadis Dukcapil, Camat Tebing Tinggi, Camat pengabuan, Kabag SDA, Kabag Tata pemerintahan, Camat Tebing Tinggi, Camat Pengabuan, Kepala KPHP Kab. Tanjab Barat, Pimpinan PT. WKS, dan 4 kelompok Tani yang bermitra dengan PT Wirakaryasakti, dan serikat Tani nasional (STN).

Usai rapat, Safrial mengatakan bahwa PT. WKS telah menyerahkan 4 bundel dokumen yang berisi MoU Kemitraan, Legalitas Lahan, dan daftar nama anggota dari 4 kelompok tani mitra PT. WKS, namun tidak dilengkapi dengan fotocopy anggota kelompok tani. Sesuai kesepakatan peserta rapat, PT.WKS diminta melengkapi dokumen selambat - lambatnya pada hari Senin 20 Juli 2020 Pukul 15.00 WIB mendatang.

Sementara itu, dari pihak Masyarakat kelurahan Teluk nilau dan Serikat Tani Nasional, dalam rapat ini juga menyerahkan salinan data (fotocopy) yaitu peta dan perda, berita acara rapat di DPRD, dan berita acara di Badan kesbangpol, berita acara pengecekan lapangan, KK, dan KTP kelompok Tani sebanyak 470 KK/KTP kepada Pemkab Tanjab Barat yang diterima oleh Asisten perekonomian dan pembangunan.

"Nantinya, Dinas PM dan PTSP Kabupaten Tanjab Barat akan melakukan verifikasi terhadap legalitas lokasi yang dimitrakan antara PT WKS dan empat kelompok tani," ujar Bupati.

Selanjutnya, kata Bupati, tim terpadu penanganan konflik sosial Kabupaten Tanjab Barat juga akan memverifikasi data yang disampaikan tersebut selama dua minggu terhitung mulai tanggal 20 juli 2020.

"Dan hasil verifikasi akan disampaikan pada pertemuan selanjutnya, selanjutnya hasilnya akan ditindaklanjuti sesuai aturan yang berlaku" tutur Safrial.

"Fungsi kami hanya sebagai fasilitator, kalau kurang puas dengan hasil kami, ditempuh jalur hukum lebih baik," tambahnya.

Sementara itu, dari Serikat Tani Nasional Provinsi Jambi, Cristian Napitupulu menuturkan bahwa pihaknya masih menunggu hasil verifikasi data dari Dinas PM dan PTSP serta Tim Terpadu Penanganan Konflik Sosial.

"Kita masih menghormati pemerintah daerah kita," ujarnya singkat. (Sabri)

Latest News

Pemkab Luruskan Soal Zona Merah COVID-19 Di Tanjabbar

KUALA TUNGKAL (SR28) - Pemerintah Kabupaten Tanjung Jabung Barat melalui Juru Bicara Satgas COVID-19 bantah jika Tanjab Barat saat ini masuk ke...

TEGA! Bapak Ini Disiram Saat Sedang Tertidur Pulas

Seorang Pria renta disiram orang tak dikenal saat tengah tertidur pulas. Tak diketahui apa maksud dari seseorang yang mneyiram tersebut.

UNIK! Band Ini Gelar Konser Di Dalam Balon, Tetap Patuhi Protokol Kesehatan

Sebuah grup band asal Amerika Serikat yakni The Flaming Lips Band menggelar sebuah konser di dalam balon. Uniknya mereka tetap mematuhi protokol...

Belasan Rumah Terbakar Di Palembang, Pengakuan Tersangka Bikin Geram

PALEMBANG (SR28) - Tangis histeris mewarnai proses pemadam kebakaran yang terjadi di pemukiman padat penduduk di Jalan KH Ahmad Dahlan Palembang, Senin...

Misteri Kematian Rapper K-Pop Iron, Diduga Tewas Dibunuh?

KOREA SELATAN (SR28) - Polisi sebelumnya sempat menyatakan bahwa mereka belum menemukan kecurigaan atau bukti adanya kemungkinan pembunuhan. Karena...

Music

Wabup Salurkan dan Tebar Benih Ikan Bantuan BPBAT

MERANGIN - Wabup Merangin H Mashuri didampingi Kadis Perikanan Kabupaten Merangin Moh Damay, menyalurkan sebanyak 40 ribu benih ikan bantuan Balai Perikanan Budidaya Air Tawar ( BPBAT ) Sungai Gelam-Jambi, Jumat (03/7).

Benih ikan jenis Nila dan Mas itu disalurkan kepada para Kelompok Budidaya Ikan dari sejumlah kecamatan dalam Kabupaten Merangin, pada acara yang berlangsung di areal kolam yang berada di Kawasan Waskita Karya Bangko.

‘’Bantuan benih ikan dari BPBAT Sungai Gelam-Jambi ini, sangat membantu keberadaan kelompok budidaya ikan di Merangin. Terimakasih atas bantuan benih ikan ini,’’ujar Wabup.

Diakui wabup, kebutuhan ikan untuk Kabupaten Merangin perbulannya mencapai 50 ton. Dari 50 ton itu jelas wabup, terpenuhi dari para kelompok budidaya ikan di Merangin baru sekitar 10 sampai 15 ton, selebihnya dari kabupaten lain seperti Solok.

Padahal terang Wabup, Kabupaten Merangin sangat luas terdapat rawa-rawa yang  bisa dijadikan kolam-kolam ikan. Untuk itu wabup berharap bantuan benih iklan tersebut bisa terus bergulir.

Kedepan wabup yakin, melalui bantuan benih ikan itu, kebutuhan ikan Kabupaten Merangin sudah bisa terpenuhi dari daerahnya sendiri, sehingga tidak perlu lagi didatangkan dari kabupaten lain.

Pada kesempatan itu, wabup didampingin Staf Ahli Bupati H Syafri, H Arwan dan Dedi Darmantias, berkesempatan  menabur ratusan benih ikan ke dua kolam yang berada di lokasi acara.

Sementara itu menurut Kadis Perikanan Merangin Moh Damay, benih ikan yang disalurkan wabup kepada para kelompok budidaya ikan tersebut, merupakan benih ikan unggul kualitas super.

‘’Ini merupakan bantuan benih ikan kedua yang kita terima dan kita harapkan akan terus bergulir. Benih ikan bantuan dari BPBAT Sungai Gelam-Jambi ini, merupakan benih super yang ikannya cepat besar,’’terang Moh Damay.

BPBAT Sungai Gelam-Jambi jelas Moh Damay, merupakan Balai Perikanan Budidaya Air Tawar  milik Pemerintah Pusat, yang wilayah kerjanya melayani kebutuhan benih ikan di seluruh Sumatera.

Bola Panas Pilkada Makin Memanas B1KWK PBB terbaru Ternyata Dukung ke Cici-Jalil

KUALA TUNGKAL (SR28)- Polemik Dukungan Partai Politik Kepada Bakal Calon Kepala Daerah di Kabupaten Tanjung jabung Barat Semakin menjadi Bola Panas,Hal ini dikarenakan Beredarnya B1-KWK Partai Politik Partai Bulan Bintang (PBB) Yang Menunjukkan Dukungan Kepada Lebih dari 1 Pasang Bakal Calon Bupati/wakil bupati di Kabupaten Tanjung jabung Barat. Setelah PPP yang membatalkan dukungannya ke Paslon Cici - Jalil, Kini Partai Bulan Bintang (PBB) yang di Gawangi Prof Yusril Ihza Mahendra ini mendadak membatalkan Dukungan Dan B1-KWK yang awalnya di Berikan Kepada Pasangan Muklis-Supardi.

B1-KWK yang beredar luas di Media Sosial Menunjukkan Arah Dukungan dan B1-KWK kepada Pasangan Bakal Calon Bupati Hj.Cici Halimah, SE dan Drs.H.Abdul Jalil, MM dimana Pada Frasa SK tersebut DPP PBB Membatalkan Dukungan Kepada Muklis - Supardi dengan alasan Tidak Sesuai dengan Kesepakatan Partai PBB, sehingga Dukungan dan B1-KWK Di Putuskan Di Berikan Kepada Paslon Hj.Cici Halimah, SE dan Drs.H.Abdul Jalil, MM .

Informasi Terkait Pembatalan Surat dukungan dan B1-KWK partai Bulan Bintang ini Di Benarkan Media Center Cici - Jalil yang masih enggan menyebutkan nama nya juga,'dia juga memaparkan Bahwa Tim Koalisi Cici - Jalil telah menerima Putusan Dukungan DPP PBB Yang ditujukan Kepada Pasangan Hj.Cici Halimah, SE dan.Drs.H.Abdul Jalil, tertanggal 1 September 2020  Terkait Hal ini Tim kita Media Center cici - jalil akan mendesak KPUD Tanjung jabung Barat Agar Menganulir Syarat Dukungan Partai Bulan Bintang Kita akan Pertanyakan kepada KPUD Tanjung jabung Barat apalagi pihak KPUD sudah menerima putusan DPP PBB terkait perubahan dan pembatalan Dukungan Partai dan B1-KWK PBB" ujar Media Center Cici - Jalil,"tegasnya.(SAB)

H Al Haris: Enam Ranperda Merupakan Perda Revisi

MERANGIN - Pemerintah Kabupaten Merangin sedang merevisi enam Peraturan Daerah (Perda) yang sudah tidak relevan, untuk disesuaikan dengan kondisi yang terjadi sekarang ini.

Hal ini ditegaskan Bupati Merangin H Al Haris, usai Paripurna ketiga DPRD Merangin, penyampaian pandangan umum fraksi-fraksi Dewan dan penyampaian jawaban Pemerintah terhadap enam Ranperda yang diajukan, Senin (13/7).

‘’Jadi ada enam Perda yang kita evaluasi, seperti  Ranperda tentang pendirian BUMD PT Merangin Bima Tama (Perseroda), Ranperda tentang Penambahan penyertaan modalnya,’’ujar Bupati didampingi Wabup H Mashuri.

Selain itu lanjut bupati, ada Ranperda tentang Perubahan kedua atas Perda nomor 04 tahun 2010 tentang Penyertaan Modal pada Perusahaan Daerah Air Minum Tirta Merangin.

‘’Ranperda tentang Perubahan Atas Perda nomor 01 tahun 2013 tentang Retribusi Pelayanan Tera/Tera Ulang, juga kita ajukan sebagai revisi dari Perda sebelumnya,’’terang Bupati.

Diakui bupati, sekarang ini banyak para pedagang di pasar-pasar yang tidak melakukan tera ulang pada timbangannya, sehingga merugikan konsumen. Pemda juga jadi tidak mendapatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) dari tera ulang itu.

Melalui evaluasi Perda itu lanjut bupati, Pemerintah bisa mengawasi jalannya Perda dan masyarakat juga jadi paham terhadap perubahan aturan daerah yang dilakukan.

Untuk diketahui keenam Perda yang direvisi itu selengkapnya, Ranpeda tentang pendirian BUMD PT Merangin Bima Tama (Perseroda), Ranperda tentang Penambahan penyertaan modal Pemerintah Daerah pada PT Merangin Bima Tama (Perseroda).
Ada juga, Ranperda tentang Perubahan kedua atas Perda nomor 04 tahun 2010 tentang Penyertaan Modal pada Perusahaan Daerah Air Minum Tirta Merangin, Ranperda tentang Perubahan Atas Perda nomor 01 tahun 2013 tentang Retribusi Pelayanan Tera/Tera Ulang.

Selanjutnya, Ranperda tentang retribusi tempat rekreasi dan olahraga dan Ranperda tentang Pencabutan Perda nomor 05 tahun 2011 tentang retribusi pelayanan kesehatan pada RSD Kol Abundjani Bangko.

Tidak hanya itu, pada paripurna tersebut DPRD Merangin juga menyampaikan dua Ranperda inisiatif DPRD Merangin 2020 yang dianggap sangat penting dibahas menjadi Perda.

Kedua Ranperda inisiatif Dewan itu, Ranperda tentang Penyelenggaraan Perlindungan Perempuan dan Anak dari Tindakan Kekerasan, serta Ranperda tentang Perlindungan Produk Unggulan Daerah.

KPU Siapkan Bilik Khusus Bagi Pemilih dengan Suhu Badan Diatas 37,30° C

JAMBI - Pada hari H pencboblosan esok, KPU akan menyiapkan bilik khusus dis eluruh tempat pemungutan suara atau TPS yang nantinya diperuntukkan bagi pemiih dengan suhu tubuh diatas 37,30 derajat celcius.

Ketentuan tersbeut berlaku saat di pemilih mulai terdekteksi memiliki suhu tinggi saat menjalani peemeriksaan suhu tubuh pada pintu masuk TPS oleh petugas Linmas.

Satu Bulan Pemutihan Pajak Kendaraan Jilid 2, Pendapatan Daerah Jambi Capai Rp16 Milyar

KOTA JAMBI (SR28) - Berdasarkan catatan Badan Keuangan Daerah Provinsi Jambi. Baru dilaksanakan satu bulan lebih, penerimaan pendapatan Provinsi Jambi melalui sektor pemutihan pajak kendaraan bermotor untuk yang kedua kalinya pada tahun 2020 ini sudah mencapao angka Rp16 Milyar.

Satu Bulan Pemutihan Pajak Kendaraan Jilid 2, Pendapatan Daerah Jambi Capai Rp16 Milyar

Satu Bulan Pemutihan Pajak Kendaraan Jilid 2, Pendapatan Daerah Jambi Capai Rp16 Milyar

Posted by JAMBI28 TV on Friday, September 18, 2020
Sumber: JAMBI28.TV

Culture

- Advertisement -

Jokowi Resmi Tandatangani UU Cipta Kerja

JAMBI (SR28) Upaya demonstrasi jutaan mahasiswa, buruh, LSM, se-Indonesia kian menemui kebuntuan solusi. Pasalnya meski telah didemo hampir seluruh kabupaten/kota ditanah air, Presiden Republik Indonesia Joko Widodo akhirnya tetap menandatangani RUU Cipta Kerja pada hari Senin (2 November 2020).

Jokowi resmi menandatangani RUU tersebut dalam UU No 11 Tahun 2020 Tentang Cipta Kerja dengan nomor lembar negara 245 dan terdiri dari 1187 halaman dan  Tambahan Lembar Negara (TLN) 6673.

UU ini memuat 11 klaster, 15 bab, 186 pasal, dan merevisi 77 undang-undang yang dibahas sejak April hingga Oktober oleh Badan Legislasi (Baleg) DPR dan pemerintah.

Sejak ditandantangani, salinan UU tersebut sudah dapat diunduh melalui link resmi Pemerintah berikut.

https://jdih.setneg.go.id/Terbaru

Bertambah Positif Covid-19 di PT PetroChina, Jubir Gugus Tugas Sebut Penutupan Sementara Akan Dikaji

KUALA TUNGKAL (SR28) - Terkait belasan orang karyawan PT. Petrochina yang positif terkena covid-19 (korona) hingga kini perusahaan tersebut masih mempekerjakan karyawan hal tersebut menimbulkan tanda tanya dikalangan masyarakat Tanjab Barat.

Jubir gugus Tugas Covid-19 H. Taharuddin ketika dikonfirmasi melalui ponselnya terkait belasan orang karyawan PT. Petro China posiitf Covid-19 membenarkan hal tersebut, namun ketika ditanyakan akankah ada upaya penutupan terhadap perusahaan tersebut, pihaknya masih mengkaji terleih dahulu.

"Kita masih mempelajari dan mengkaji hal itu, akan tetapi saat ini kita minta perusahaan tersebut mengikuti protokol kesehatan, dan itu sudah dilakukan, saat pihak perusahaan masih melakukan tes sweb dengan mengandek pihak Rumah Sakit Seloam Jambi," ujar H. Taharuddin, Senin (27/7/2020).

Taharuddin juga menjelasan positifnya belasan karyawan PT. Petrochina saat ini, menurutnya tidak menutupi kemungkinan akan terus bertambah, karena saat ini pihak perusahaan masih melakukan test swab kepada semua karyawan di perusahaan tersebut.

Terhadap masyarakat sekitar Desa pematang Lumut, Gugus Tugas menghimbau untuk mengikuti imbauan Tim Gugus Tugas Covid-19 Tanjab Barat dengan mengurangi perkumpulan jam malam, gunakan masker bila keluar rumah, cuci tangan pakai sabun.

"Hal tersebut harus masyarakat lakukan demi menjaga dan memutus mata rantai penyebaran Covid-19," pungkasnya. (Sabri)

Tahun 2020 Polda Jambi Hanya Tangani 13 Kasus Kebakaran Hutan dan Lahan

JAMBI - Bedasarkan data yang dihimpun Polda Jambi, jumlah kasus yang masuk dalam daftar pemeriksaan juga turun signifikan. Setidaknya, untuk kasus kebakaran hutan di provinsi Jambi ahun 2020 ini, Polda Jambi hanya menangani 1 3 kasus Karhutla dan seluruhnya merupakan kasus perorangan dan tak ada satupun kasus yag melibatkan perusahaan.

- Advertisement -

Must Read

7 Fraksi DPRD Tebo Setujui Ranperda APBD TA 2020 dan Perumda Air Minum Tirta Muaro

TEBO (SR28) - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Tebo, Selasa (06/08/2019) sekitar pukul 14:00 wib menggelar rapat paripurna dalam rangka penyampaian pendapat akhir Fraksi-fraksi DPRD Kab. Tebo Terhadap nota pengantar rancangan perda Kabupaten Tebo tentang anggaran pendapatan dan belanja daerah tahun anggaran 2020 dan ranperda kabupaten Tebo tentang Perumda air minum Tirta Muaro.

Rapat langsung dipimpin oleh ketua DPRD Tebo, Agus Rubyanto. Hadir dalam rapat paripurna tersebut, Bupati Tebo, H. Sukandar, Ketua DPRD Agus Rubyanto, SE dan wakilnya Wartono Triankusumo, para anggota dewan, Asisten dan para Staf Ahli Bupati, serta para tamu undangan lainnya

Dalam kesempatan tersebut, Wakil Ketua DPRD Tebo Wartono mewakili 7 fraksi di DPRD Tebo dalam penyampaian pendapat akhir Fraksi-fraksi DPRD Kab. Tebo Terhadap nota pengantar rancangan perda Kab. Tebo tentang anggaran pendapatan dan belanja daerah tahun anggaran 2020 dan ranperda kab Tebo tentang Perumda air minum tirta muaro.

Ketujuh Fraksi di DPRD Tebo Yaitu Fraksi Golongan Karya, Frakasi PDI Perjuangan, Fraksi Demokrat, Fraksi Gerindra, Fraksi PAN, Fraksi Nasional Demokrat Kebangkitan Bangsa dan Fraksi Nurani Sejahtera menyetujui Rancangan Peraturan Daerah tentang APBD Tahun Anggaran 2020 dan Rancangan Peraturan Daerah tentang Perusahaan Umum Daerah Air Minum Tirta Muaro Kabupaten Tebo menjadiPeraturan Daerah.

Gubernur Jambi Semakin Aktif Olahraga Ajak Masyarakat Jaga Kesehatan

JAMBI (SR28) - Mengisi kegiatan pagi diwaktu luang dengan berolahraga semakin giat dilakukan terutama ditengah Pandemi Covid-19 guna penguatan imun tubuh olahraga semakin aktif dicontohkan sosok Gubernur Jambi Dr.Drs.H.Fachrori Umar,M.Hum, mengikuti dan memulai acara Gowes Santuy Harhubnas 2020 dengan tema Wujudkan Asa Majukan Indonesia di Terminal Lama Bandara Sultan Thaha Syaifuddin, Sabtu (12/9/20) pagi.

Acara yang diselenggarakan pihak terkait perhubungan juga menyediakan begitu banyak hadiah bagi para pencinta olahraga sepeda dari berbagai kalangan termasuk para pejabat Organisasi Perangkat Daerah Pemerintah Provinsi Jambi.

Disaat akhir acara Pj.Sekda H.Sudirman menyampaikan ucapan selamat Hari Perhubungan Nasional Tahun 2020 termasuk kepada seluruh peserta Gowes Santuy,"Mudah-mudahan kegiatan ini menjadikan diri kita semakin sehat karena kita pahami betul Pandemi Covid-19 ini kepatuhan kita pada protokol kesehatan menggunakan masker, jaga jarak, cuci tangan," ungkap Pj.Sekda.

Pemerintah Provinsi Jambi begitu kuat menggalakkan olahraga guna mengajak masyarakat semakin antusias pada kegiatan positif menyehatkan badan serta perekonomian khususnya olahraga sepeda dapat membantu menggerakkan bidang bengkel sepeda, pihak penjual sepeda hingga badan sehat ekonomi kuat,"Kita juga perlu untuk berolahraga karena olahraga mengkondisikan badan menjadi sehat, memberikan kekuatan, ketangguhan dalam menghadapi atau menangkal Covid-19," jelas Pj.Sekda.

Pj.Sekda menyampaikan atas nama Pemerintah Provinsi Jambi pada rangkaian kegiatan Hari Perhubungan Nasional 2020 diharapkan insan-insan perhubungan menjadi contoh yang baik dalam rangka mematuhi protokol kesehatan,"Semoga apa yang kita lakukan pada hari ini memberi manfaat bagi kita semua dan tadi pagi Gubernur sempat hadir dalam rangka Gowes Santuy namun karena ada agenda lain tidak bisa menghadiri sampai selesai," kata Pj.Sekda. (Post Amirzan, Raihan,Foto Adi Putra Merangin

Perempuan Tanah Jahanam Wakili Indonesia di Piala Oscar 2021

Terpilihnya film “Perempuan Tanah Jahanam” atau “Impetigore” sebagai perwakilan film Indonesia untuk bersaing meraih nominasi di kategori film internasional terbaik di ajang Academy Awards 2021 atau Oscar ke-93 mendatang merupakan sebuah kejutan bagi insan perfilman Indonesia.

Pasalnya, ini adalah film horor pertama dalam sejarah, yang pernah diikutsertakan oleh Indonesia, dalam perhelatan ajang bergengsi ini. Prestasi film “Perempuan Tanah Jahanam” di industri film memang tidak perlu dipertanyakan lagi. Film ini telah memborong 17 nominasi di ajang Festival Film Indonesia (FFI) 2020 mendatang, jumlah nominasi terbanyak yang pernah diraih oleh sebuah film dalam sepanjang sejarah FFI.

Gelora untuk FU-SN

Oleh:Mahyudi
Ketua DPW Gelora Indonesia Provinsi Jambi.

Pilkada Jambi 2020 bisa dikatakan sebagai Pilkada tersulit sejak era pemilihan langsung kepala daerah di terapkan. Pandemic Covid19 membawa efek "rusak" luar biasa terhadap tatanan kehidupan. Pertumbuhan ekonomi melambat dan cenderung negatif, masyarakat terpenjara dalam kehidupan sosial ekonominya. Korban terus berjatuhan terinfeksi Covid19 tanpa bisa di bendung. Pemerintahpun menghadapi dilema pelik antara memilih menghidupkan sektor ekonomi atau melaksanakan protokol kesehatan secara ketat. Benar-benar pada posisi memakan buah simalakama.

Pun dalam kehidupan politik negeri ini, juga terkena imbas yang tak kalah berat. Pesta demokrasi yang seyogyanya di helat September 2020 harus ikut menyesuaikan di undur hingga 9 Desember 2020. Itupun tetap menyisakan sikap pro dan kontra di tengah publik. Namun keputusan bersama antara Pemerintah dan DPR telah di buat, dan Partai Gelora Indonesia sebagai bagian entitas politik menyatakan siap memberikan andil terbaik untuk berpartisipasi dalam momen suksesi kepemimpinan daerah tahun ini. Dan ini di buktikan dengan turut berpartisipasi dalam 190 Pilkada dari 270 Pilkada yang akan berlangsung.

Khusus untuk Pilkada Jambi 2020, Partai Gelora Indonesia Provinsi Jambi ikut mendukung dalam 5 dari 6 Pilkada yang bakal di gelar. Antara lain Pilgub Jambi, Pilkada Batang Hari, Bungo, Tanjabbar dan Pilwako Sei Penuh.

Terkait dengan Pilgub Jambi, Partai Gelora memutuskan mendukung paslon Bapak Dr. Drs. H. Fachrori Umar - Irjen Pol. Drs. H. Syafril Nursal, SH. MH (FU-SN). Yang dalam perjalanannya melalui proses berliku bahkan sempat terjadi klaim dukungan sepihak dari timses salah satu kandidat.

Meskipun berstatus partai politik baru, Partai Gelora telah memiliki modal yang patut di perhitungkan guna memenangkan paslon FU-SN.

Modal pertama, Partai Gelora Indonesia Provinsi Jambi memiliki kekuatan struktur yang kokoh. Hingga saat ini Gelora Jambi telah memiliki 6.591 pengurus mulai struktur di tingkat DPW, DPD, DPC hingga PAC. Bahkan saat ini pun fungsionaris Gelora terus bekerja melengkapi barisan strukturnya hingga tingkat RT. Coba di bayangkan jika Gelora melakukan program aktivasi konsolidasi struktur untuk penjaringan pemilih dimana setiap kader Gelora membawa 3 anggota keluarganya ke TPS untuk mencoblos FU-SN maka di dapat 19.773 suara. Pun jika di hitung margin error 5% maka masih di kisaran angka 18 ribuan suara rill. Tidak cuma ini saja, masih ada beberapa program kerja pemenangan Gelora untuk FU-SN lainnya yang tentunya menargetkan suara semaksimal mungkin. Namun setidaknya ini bisa memberikan gambaran betapa solidnya struktur tempur di darat dari partai Gelora. Belum lagi jika di tinjau dari usia para pengurus Gelora yang di kisaran 20-45 tahun. Ini juga menjadi keuntungan tersendiri. Sosok-sosok muda yang enerjik, bertenaga dan didalam benaknya terpatri visi semangat Indonesia menjadi kekuatan 5 besar dunia plus familiar dengan teknologi menjadikan ini benar-benar paket komplit karakter tangguh kader maupun partai.

Modal kedua adalah struktur tempur di udara. Sebagai parpol yang menasbihkan diri sebagai partai digital, tidak heran jika partai Gelora memiliki struktur media yang mumpuni terutama dalam platform media sosial. Akun-akun medsos Gelora tumbuh bak jamur di musim hujan di setiap level struktur. Belum lagi akun-akun medsos yang dimiliki masing-masing kader. Makanya tidak heran jika jagad medsos selalu di ramaikan oleh aksi "serangan udara" dari cyber army Gelora yang mengajak masyarakat Jambi memilih paslon FU-SN. Oiya, yang menjadi salah satu "rahasia" mengapa dalam tempo 5 bulan Gelora bisa menyiapkan struktur hingga level terbawah, ini tak lain juga di support dengan program rekrutmen kader yang dilakukan secara online. Dimana proses pendaftarannya simpel dan langsung mendapatkan kartu tanda anggota (KTA) dalam bentuk digital.

Modal ketiga, memiliki tokoh dengan julukan Singa Parlemen yang sudah tidak di ragukan memiliki magnet kuat sebagai news maker. Statemen dan buah pikirannya selalu konsisten dan berani melawan arus. Dan dalam perhelatan Pilgub Jambi kali ini, Bung Fahri Hamzah  mengirimkan video dukungan kepada pasangan FU-SN dan mengajak kepada segenap masyarakat Jambi untuk mempercayakan suaranya kepada 2 sosok paslon yang memiliki jam terbang tinggi baik di pemerintahan Provinsi Jambi maupun di institusi Polri. Guna melanjutkan program kerja pembangunan Jambi BERKAH. Disini pas rasanya adagium melanjutkan itu lebih mudah dari pada memulai dr awal/baru.

Namun terlepas dari itu semua, kerja pemenangan ini adalah kerja bersama semua elemen tim pemenangan paslon FU-SN. Pola kolaborasi apik Gelora dengan Partai Demokrat, Gerindra, PPP dan Hanura yang tergabung dalam parpol koalisi beserta semua organisasi sayap pemenangan baik dari pihak keluarga besar FU-SN, kalangan milenial,  paguyuban dan forum alumni hingga komunitas sosial lainnya semakin kokoh dan memberi hasil kemenangan di tanggal 9 Desember nanti. Terus berikhtiar maksimal dan berdoa hingga aroma kemenangan kian hari semakin terasa harumnya. Semoga.

Pemprov Jambi Butuh Dukungan Komisi V DPR RI untuk Pembangunan Infrastruktur

JAMBI (SR28) - Penjabat Sementara (Pjs) Gubernur Jambi, Ir Restuardy (Ardy) Daud M.Sc berharap dukungan pembangunan infrastruktur dan transportasi di Provinsi Jambi dari Komisi V DPR RI.

Hal itu disampaikannya saat menerima kunjungan kerja Komisi V DPR RI di Provinsi Jambi, di Auditorium Rumah Dinas Gubernur Jambi, Senin siang, 12 Oktober 2020.

Ardy Daud mengparesiasi kunjungan kerja Komisi V DPR RI ke Provinsi Jambi pada Reses Masa Persidangan I Tahun 2020 – 2021, sebagai perhatian terhadap pembangunan di daerah, sekaligus menjaring aspirasi daerah terkait program dan kegiatan pemerintah.

Ardy mengatakan, pembangunan infrastruktur dan penyediaan sarana prasarana transportasi menjadi salah saru prasyarat penting, untuk meningkatkan daya saing saerah, karena ketersediaan infrastruktur dan sarana prasarana transporttasi yang memadai dapat memperlancar berbagai aktivitas serta menjadi katalisator bagi pergerakan dan perkembangan sektor-sektor lain, dan Pemerintah Provinsi Jambi terus berupaya meningkatkan kualitas dan kuantitas infrastruktur wilayah serta sarana dan prasarana transportasi.

Ardy Daud mengharapkan dukungan Komisi V DPR RI terhadap pembangunan Kawasan Ekonomi Ujung Jabung, yang diproyeksikan menjadi pusat produksi sekaligus distribusi produk unggulan Provinsi Jambi dan sekitarnya, dengan harapan dapar meningkatkan nilai tambah produk, diversifikasi usaha, dan penyerapan tenaga kerja, serta menjadi kawasan perekonomian andalan Provinsi Jambi di masa depan.

Ardy menjelaskan, pembangunan Kawasan Ujung Jabung diinisiasi sejak 2010. Pemerintah Provinsi Jambi sudah menyiapkan beberapa dokumen dan kerangka legal, penyusunan masterplan, penetapan Perda Kawasan, pembebasan lahan untuk jalan dan Pelabuhan.
Kementerian Perhubungan telah mengalokasikan Rp 231 miliar sejak tahun 2014 sampai 2019, namun saat ini pembangunan pelabuhan terhenti. Kementerian PUPR juga memberikan dukungan dalam pembangunan jalan ke Kawasan Ujung Jabung.

Ardy mengatakan, dukungan pembangunan Jembatan Sungai Rambut sebagai bagian jalan akses menuju Pelabuhan Ujung Jabung juga sangat diharapkan. “Terlebih, kedua kegiatan ini sudah masuk dalam Program Prioritas Nasional dalam RPJMN 2020 – 2024,” ujar Ardy.

Kedua, Pembangunan subbidang Sumber Daya Air, khususnya lanjutan pembangunan prasarana pengendalian banjur Kota Jambi, berupa pembangunan dan Revitalisasi Drainase Utama Kota Jambi, serta lanjutan revitalisasi Danau Sipin Kota Jambi.

Ketiga, untuk sub bisang Keciptakaryaan, prioritas kegiatan adalah penurunan luasan kawasan kumuh perkotaan Jambi, berupa perbaikan kualitas Kawasan kumuh Danau Sipin Kota Jambi, Pembagunan Sistem Pengolahan Air Limbah Kota Jambi, serta Sistem Penyediaan Air Minum untuk Kebupaten Tebo dan Kabupaten Kerinci.

Keempat, untuk sub bidang perumahan, selain kegiatan rutin Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) dalam rangka meningkatkan jumlah Rumah Layak Huni di seluruh kabupaten/kota, juga untuk merealisasikan pembangunan Rumah Susun Pekerja RSUD Raden Mattaher Jambi.

Kelima, untuk sub bidang Kebinamargaan, pembangunan jalan ruas Jambi – Muara Sabak agar dapat dituntaskan sepenuhnya. Selain itu, beberapa ruas jalan nasional lainnya serta beberapa jembatan, serta memohon kiranya beberapa ruas jalan kewenangan provinsi dapat ditingkatkan statusnya menjadi jalan kewenangan nasional, sesuai dengan kondisi terkini dan kebutuhan.

Keenam, untuk sektor transportasi, pengembangan bandara-bandara yang ada di Provinsi Jambi, seperti rencana perpanjangan runway Bandara Sultan Thaha, serta pengembangan dan penambahan fasilitas Bandara Depati Parbo Kerinci dan Bandara Bungo.

Selain itu, pembangunan Halte Sungai di Kabupaten Muaro Jambi, Kabupaten Tanjung Jabung Barat, Kabupaten Tanjung Jabung Timur, serta pembangunan dermaga di Danau Kerinci untuk menunjang transportasi dan pariwisata.

Wakil Ketua Komisi V DPR RI yang juga Ketua Rombongan Kunjungan Kerja Komisi V, H Syarief Abdullah Alkadrie mengatakan, pembangunan infrastruktur dan peningkatan konektivitas sangat berdampak terhadap semua sektor, termasuk untuk membantu ketahanan pangan.

Syarief Abdullah Alkadrie menngemukakan, pembangunan infrastruktur juga untuk membantu penyerapan tenaga kerja di tengah pandemi.

Syarief minta mitra Komisi V DPR RI yang ikut dalam kunjungan kerja ini menampung usuan-usulan dari Pemerintah Provinsi Jambi.

Usai pertemuan di Rumah Dinas Gubernur Jambi, Pjs.Gubernur Jambi mendampingi Komisi V DPR RI dan rombongan meninjau prasarana pengendali banjir Kota Jambi di Sungai Tembuku, yang dibangun oleh Kementerian PUPR Direktorat Jenderal Sumber Daya Air Balai Wilayah Sungai Sumatera VI, dilanjutkan dengan pembangunan jalan ruas Jembatan Batanghari II – Muara Sabak.

Pjs Gubernur Jambi dan rombongan tim Komisi V DPR RI singgah di Candi Muaro Jambi. Gubernur Jambi Periode 2010 – 2015, H Hasan Basri Agus (HBA) yang saat ini menjadi anggota Komisi V DPR RI memperkenalkan Candi Muaro Jambi kepada rombongan Komisi V DPR RI, yang pada tahun 2011 ditetapkan oleh Presiden Republik Indonesia sebagai Kawasan Wisata Sejarah Budaya Terpadu.

Peninjauan Perpanjangan Landasan Pacu Bandara Sultan Thaha

Sebelum pertemuan di Rumah Dinas Gubernur Jambi, Ardy Daud menyambut kedatangan rombongan Komisi V DPR RI di Bandara Sultan Thaha, yang dilanjutkan dengan peninjauan pembangunan perpanjangan runway (landasan pacu) Bandara Sultan Thaha.

Komisi V DPR RI mendapatkan pemaparan dari pihak Angkasa Pura tentang progres kerja yang dilakukan oleh Angkasa Pura II. Lingkup pekerjaan yang dilakukan adalah perpanjangan runway 2.220 X 45 m menjadi 2.602 X 45m beserta pendukungnya.

Lingkup pekerjaan pendukung yang dilakukan adalah clearing include strip, perbaikan tanah dasar, urug tanah, runway strip dan runway safety area, pekerjaan saluran, pekerjaan flexible pavement, pekerjaan airfield lighting, dan pekerjaan marka.

Tidak hanya akan memperluas terminal dan perpanjangan runway, rencananya sekaligus akan diperluas apron dari eksisting 38.000 meter persegi menjadi 46.500 meter persegi.

WC dan Mushola di WFC Masih Dikunci Rapat, Pengunjung Kecewa Tak Bisa Gunakan

KUALA TUNGKAL (SR28) - Meski sudah rampung dikerjakan, namun WC dan Mushola yang berada di Water Front City (WFC) Kuala Tungkal tidak bisa dimanfaatkan oleh pengunjung dan masyarakat setempat. Pasalnya, hingga kini WC dan Mushola tersebut masih dikunci rapat.

Akibatnya, membuat kondisinya berbau dikarenakan kotoran air kencing tidak dapat disaluran ke tempat pembuangan yang layak, begitu pun kotoran buang air besar (BAB) juga berserakan di lokasi tersebut.

Salah seorang pengunjung WFC, Rudi warga Pendatang dari Jambi, yang sempat dimintai keterangannya saat ingin buang Air Kecil di dekat WC dan Mushola yang baru dibangun tersebut merasa kecewa, karena WC dan Mushola masih digembok rapat sehingga dirinya membatalkan buang air kecil dan ingin sholat ditempat tersebut.

"Parahnya lagi dilokasi itu berserakan kotoran bekas buang air besar dan air kecil hingga membuat lokasi WC dan Mushola itu bau aroma tidak sedap sekali, mungkin dikarenakan tidak dibuka pintu WC tersebut hingga membuat orang yang ingin buang air kecil dan air besar jadi sembarangan," ujarnya, Minggu (8/11).

Terpisah pedagang yang ada di WFC enggan menyebutkan namanya juga menyayangkan hal tersebut dimana sejak selesai dibangun, kondisi WC dan Mushola di WFC memang tidak pernah dibuka sehingga membuat kondisi WC dan Musolah itu berbau aroma tidak sedap bahkan cenderung bau busuk.

"Bau busuk, karena pengunjung yang tedesak ingin buang air kecil membuangnya tidak ditempatnya yang layak dan sembarangan," ujarnya.

"Kita berharap kepada Istanasi terkait mau pun pengelola WFC ini untuk segera membuka WC dan Musolah tersebut, sehingga pengunjung merasa nyaman dan bau aromanya tida menyebabkan kemana-mana, tempat kan lah satu orang untuk mengelola WC dan Musolah tesebut sehingga keberhasihan nya terjaga," pungkasnya. (Sabri)

Lifestyle Magazine

Rahima Minta DWP Provinsi Jambi Tingkatkan Peranan Bangun Jambi

JAMBI (SR28) - Penasehat Dharma Wanita Persatuan (DWP) Provinsi Jambi Hj.Rahima Fachrori berharap agar kinerja DWP terus meningkat terutama dalam membangun Provinsi Jambi. Harapan tersebut dikemukakannya dalam Serah Terima Jabatan (Sertijab) Ketua Dharma Wanita Persatuan UIN, DWP Dinas Nakertrans, DWP Bakesbangpol, DWP RSUD Raden Mattaher, dan DWP Rumah Sakit Jiwa Daerah, di Aula DWP Provinsi Jambi, Rabu (23/9/2020).Rahima berpesan agar DWP dapat menjalankan peran dan fungsinya, terutama menjadi mitra pemerintah dalam membangun Provinsi Jambi.

"Saya menaruh harapan yang cukup besar terhadap Dharma wanita Persatuan Provinsi Jambi untuk dapat memainkan peran dan fungsinya secara baik dan terarah. Bekerjalah dengan baik dan profesional," ungkap Rahima.

Rahima juga berharap agar DWP dapat mendorong kaum perempuan di Provinsi Jambi secara umum  dan anggota DWP khususnya untuk terus berkiprah dan berkarya, mampu mandiri secara ekonomi dan berperan lebih luas untuk turut serta menggerakkan roda pembangunan di Provinsi Jambi.

"Saya meminta DWP Persatuan Provinsi Jambi  menciptakan hubungan harmonis dengan dinas/instansi terkait di Povinsi Jambi, maupun dinas/instansi terkait lainnya di jajaran pemerintah pusat, serta masyarakat Provinsi Jambi.  Dharma wanita Persatuan Provinsi Jambi selama ini telah memberikan warna bagi proses perjalanan pembangunan bidang pemberdayaan perempuan di Provinsi Jambi," ujar Rahima.

Rahima mengatakan, tujuan utama pendirian DWP yang kuat adalah meningkatkan sumber daya anggota keluarga Aparatur Sipil Negara (ASN) untuk mencapai kesejahteraan nasional.

"Sebagai organisasi yang diusung untuk tujuan kesejahteran bersama, Dharma Wanita memiliki tugas pokok yaitu membina anggota, memperkokoh rasa persatuan dan kesatuan, meningkatkan kemampuan dan pengetahuan, menjalin hubungan kerja sama dengan berbagai pihak, serta meningkatkan kepedulian sosial serta melakukan pembinaan sosial," kata Rahima.

Ketua Dharma Wanita Persatuan Provinsi Jambi Hj.Iin Kurniasih Sudirman menyampaikan bahwa Dharma Wanita adalah sebuah organisasi kemasyarakatan yang menghimpun dan membina istri pegawai negeri sipil/ASN.

"Dharma wanita persatuan wajib bersyukur dan patut berbangga karena telah menjadi sebuah organisasi perempuan yang besar dan semoga tujuan organisasi DWP sebagai center of excellent bisa tercapai,” kata IIn Kurniasih.

Iin Kurniasih mengemukakan, DWP Provinsi Jambi harus yakin dan optimis dalam membangun organisasi yang lebih modern, profesional, disertai dengan program-program pengembangan dan peningkatan kualitas anggota DWP yang berkesinambungan, dan menjadikan anggota DWP secara aktif memberikan kontribusi, pemikiran, gagasan, dan pandangan terhadap pembangunan di negeri yang kita cintai.

Iin Kurniasih Sudirman mengajak para pengurus dan anggota DWP Provinsi Jambi untuk selalu berupaya meningkatkan kualitas, sebagai organisasi istri ASN agar mampu bekerja secara profesional dan menjalankan program kerja secara terintegrasi.

"Untuk itu dibutuhkan komitmen dan kerja sama yang solid, menyamakan gerak dan langkah untuk mencapai tujuan," jelas Iin Kurniasih (Humas)

Fachrori Apresiasi Langkah Baznas Bantu Masyarakat Terdampak Covid-19

JAMBI (SR28) - Gubernur Jambi Dr.Drs.H.Fachrori Umar.M.Hum mengemukakan dirinya sangat mengapresiasi langkah Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Provinsi Jambi yang membantu masyarakat yang tidak mampu yang sangat terdampak Covid-19. Hal itu disampaikannya saat Penyerahan Bantuan dari Baznas Provinsi Jambi kepada Masyarakat yang sangat Terdampak Covid-19 di Nipah Panjang Kabupaten Tanjung Jabung Timur, Rabu (29/07/2020).

Sebanyak 300 (tiga ratus) paket sembako dibagikan kepada mustahiq agar dapat meringankan beban ekonomi masyarakat yang sangat terdampak pandemi Korona.

Sebelumnya, gubernur meninjau Lapas Kelas III B Muara Sabak dan menyerahkan satu set bola kaki dan bola voli, serta meninjau Kampung Asimilasi dan Edukasi Kepompong di lapas tersebut, dilanjutkan peninjauan Pondok Pesantren Al-Hidayah Rantau Rasau. Pada kesempatan ini Fachrori menyerahkan bantuan pribadi.

Fachrori menyampaikan ucapan terima kasih kepada Baznas Provinsi Jambi yang telah penuh perhatian kepada masyarakat, serta berharap agar Baznas meningkatkan peran dan fungsinya dalam pelayanan optimalisasi zakat, sehingga zakat dapat menjadi stimulan dalam menggerakkan keswadayaan masyarakat, guna mengurangi beban masyarakat dalam menghadapi pandemi Covid-19.

“Sebagaimana kita ketahui bahwa zakat merupakan ibadah wajib bagi umat Islam, ibadah zakat tidak saja menyangkut hubungan hamba dengan Rabb-nya, tetapi mengandung nilai-nilai sosial yang mengatur hubungan sesama manusia. Mengingat arti penting ibadah zakat begitu banyak dalil didalam Al-Qur’an maupun hadis-hadis Nabi Sholallahu’alaihi Asallam yang menekankan kewajiban berzakat diantaranya firman Allah Subhanathu Wa Taala dalam surat At-Taubat ayat 103 dan surat Al-Baqarah ayat 43,” ujar Fachrori.

Facrori menjelaskan, zakat merupakan filantropi Islam yang tidak ditemukan dalam ajaran agama lain sebagai bentuk kedermawanan. “Zakat menanamkan nilai-nilai kemanusiaan dan rasa tanggung jawab sosial terhadap nasib sesama insan. Selain kedermawanan, zakat juga mendidik umat muslim untuk tidak egois dan kikir dalam mengelola harta titipan Allah, karena harta yang ada dengan kita hakekatny aadalah hak orang lain yang disalurkan melalui tangan kita, peran yang kita jalankan hanyalah mendisrtibusikan harta tersebut. Sunguh merupakan sebuah kemuliaan jika kita ditakdirkan sebagi penyalur rezeki kepada makluk-makluk Allah,” tutur Fachrori.

Fachrori mengatakan, pandemi Covid-19 saat ini menimbulkan banyak problematika akibat adanya pembatasan aktivitas di hampir seluruh daerah di Indonesia termasuk Provinsi Jambi. Fachrori berharap dengan adanya bantuan ini dapat membantu meringankan beban ekonomi masyarakat saat pandemi yang melanda dunia.

Sebelumnya, Wakil Bupati Tanjung Jabung Timur Robi Nahliansyah menyampaikan, atas nama Pemerintah Kabupaten Tanjung Jabung Timur mengucapkan terima kasih kepada Baznas Provinsi Jambi yang telah penuh perhatian kepada masyarakat di Tanjung Jabung Timur, dan turun langsung menyerahkan bantuan sembako kepada masyarakat yang sangat terdampak Covid-19. “Suatu kehormatan bagi kita semua karena langsung diantar dan Gubernur Jambi langsung turun ketengah masyarakat,” yngkap Wakil Bubati Tanjabtim.

“Pemerintah Kabupaten Tanjung Jabung Timur terus berupaya bekerja sama dengan tim gabuanga Covid-19 dan terus mengimbau masyarakat dalam melaksanakan aktivitas sehari-hari selalu melakukan sesuai dengan anjuran protokol kesehatan yaitu mencuci tangan, pakai masker, jaga jarak dimanapun kita berada,” sambung Robi.

Ketua Bazans Provinsi Jambi Hasan Basri menyampaikan ucapan terima kasih kepada Gubernur Jambi yang langsung turun ketengah masyarakat yang sedang memerlukan bantuan. “Baznas mempunyai banyak program untuk membantu masyarakat terutama fakir miskin dan para pedagang kecil. Baznas akan terus berkoordinasi dengan tim gugus tugas dalam upaya membantu pemerintah dalam percepatan penaggulangan dampak Covid-19. (Muhammad Sidik)

Tak Ada Anggaran, Satpol PP Kota Jambi Pungut Biaya Tes Urin dari Pegawai

KOTA JAMBI - 196 pegawai tidak tetap Satpol PP Kota Jambi jalani peemriksaan tes urin narkotika dibawah pengawas BNN Kota Jambi. Anehnya, kegiatan tes urin narkotika ini dilakukan dengan biaya pribadi masing-masng pegawai. Hal tersebut lantaran Satpol PP Kota Jambi tak memiliki anggaran untuk pelaksanaan kegiatan tersebut.

Terbanyak!!! Hari ini Positif Covid 19 di Provinsi Jambi Bertambah 19 Orang

KOTA JAMBI (SR28)- Setelah berbagai relaksasi aktivitas diberbagai sektor, kasus Covid 19 di Provinsi Jambi mulai menunjukkan ledakannya.
Sore ini (4/8/2020) misalnya Juru Bicara Covid 19 Provinsi Jambi Johansyah menyebut ada 19 orang yang dinyatakan positif Covid 19 setelah melewati berbagai tahap uji medis.

Adapun 19 orang tersebut terdiri dari Kota Jambi,  Kabupaten Batanghari, Kota Sungai Penuh dan Kabupaten Tebo.

Berikut inisial mereka

MM (perempuan umur 43 tahun) dirawat di RSUD Raden Mattaher Jambi. Dia dinyatakan positif setelah Contact dengan Tenaga Administrasi RSUD Raden Mattaher Jambi

GD (laki-laki umur 13 tahun) dirawat di RSUD Raden Mattaher Jambi. Dia dinyatakan positif Covid 19 setelah Contact dengan Pasien 152

MCI (perempuan umur 11 tahun) dirawat di RSUD Raden Mattaher Jambi. Dia dinyatakan positif Covid 19 setelah kontak dengan pasien 152.

EM (laki-laki umur 72 tahun) dirawat di RSUD Raden Mattaher Jambi. Dia dinyatakan positif Covid 19 setelah kontak dengan pasien 152

AP (laki-laki umur 18 tahun) dirawat di RSUD Raden Mattaher Jambi. Dia dinyatakan positif Covid 19 setelah kontak dengan pasien 152.

YSR (laki-laki umur 52 tahun). Saat ini dia dirawat di RSUD Raden Mattaher Jambi. Dia dinyatakan positif Covid 19 setelah kontak dengan pasien 151.

NAY (Perempuan umur  21 tahun). Saat ini dirawat di RSUD Raden Mattaher Jambi. Dia dinyatakan positif Covid 19 setelah kontak dengan pasien 151.

NRD (perempuan umur  27 tahun). Saat ini dia dirawat di RSUD Raden Mattaher Jambi. Dia dinyatakan positif Covid 19 setelah kontak dengan pasien 151

AY (laki-laki umur  20 tahun). Saat ini dirawat di RSUD Raden Mattaher Jambi. Dia dinyatakan positif Covid 19 setelah kontak dengan pasien 151.

NAW (Perempuan umur  9 tahun). Saat ini dirawat di RSUD Raden Mattaher Jambi. Dia dinyatakan positif Covid 19 setelah kontak dengan pasien 151.

11.DO (laki-laki umur  31 tahun). Saat ini dirawat di RSUD Raden Mattaher Jambi. Dia dinyatakan positif Covid 19 setelah kontak dengan pasien 151.

MIS (laki laki umur  42 tahun). Saat ini dirawat di RSUD HAMBA. Dia dinyatakan positif Covid 19 setelah kontak dengan pasien 151.

SHY (laki-laki umur  21 tahun). Saat ini dirawat di RSUD HAMBA. Dia dinyatakan positif Covid 19 setelah kontak dengan pasien 151.

JKK (laki laki umur  31 tahun). Saat ini dirawat di RSUD Abdul Thalib. Dia dinyatakan positif Covid 19 setelah pulang dari Babel.

JRD (Perempuan umur  24 tahun). Saat ini dirawat di RSUD Abdul Thalib. Dia dinyatakan positif Covid 19 setelah kontak dengan pasien 127

IN (Perempuan umur  12 tahun). Saat ini dirawat di RSUD HAMBA. Dia dinyatakan positif Covid 19 setelah kontak dengan pasien 127.

17.DHM (Lakilaki umur  48 tahun). Saat ini dirawat di RSUD Abdul Thalib.
. Dia dinyatakan positif Covid 19 setelah kontak dengan pasien 127.

RH (Perempuan umur  25 tahun). Saat ini dirawat di RSUD Abdul Thalib. Dia dinyatakan positif Covid 19 setelah kontak dengan riwayat screening khusus Bappeda.

AAA (Laki-laki umur  13 tahun). Saat ini dirawat di RSUD Sulthan Thaha. Dia dinyatakan positif Covid 19 setelah pulang dari Bogor

Muhammad Sidik

Wow! Baru Diperbaiki Jembatan Parit 20 Lentur Lagi

KUALA TUNGKAL (SR28) – Peningkatan jembatan Parit 20 bersumberkan dana APBD Tahun Anggaran 2020 kemarin sebesar Rp.5.840.000.000,yang lentur, dan katanya sudah diperbaiki...

Video News

- Advertisement -

Gubernur Jambi Buka Ruang Aspirasi Masyarakat Terkait UU Cipta Kerja

JAMBI (SR28) - Penjabat Gubernur Jambi Restuardy Daud, bersama Forkopimda secara virtual Mengikuti Rapat Koordinasi Kebijakan Pemerintah Pusat dan Daerah dalam Pelaksanaan Regulasi Omnibus Law di Ruang Rapat Gubernur Jambi, Rabu (14/10).

Hadir Menko Perekonomian, Mendagri, Menaker, Menkeu, Menteri LHK, Menteri ATR/Kepala BPN, Polri, Panglima TNI, Kapolri, Jaksa Agung, Kepala BIN.

Menko Polhukam Mahfud MD menegaskan tugas menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat dengan cara memberi pengertian tentang latar belakang UU Cipta Kerja dengan materi sebenarnya bukan hoax.

"Undang-Undang Cipta Kerja sudah dibahas secara umum makanya ada beberapa naskah Omnibus Law dari beberapa UU menjadi satu hingga seperti pada bagian perizinan bisa lebih sederhana," jelas Mahfud MD.

Dalam keterangan Resmi Menko Polhukam terkait Undang-Undang Cipta Kerja dibentuk justru untuk melaksanakan tugas Pemerintah dalam membangun kesejahteraan masyarakat melalui penciptaan lapangan kerja yang semakin banyak, perlindungan terhadap buruh, penyederhanaan birokrasi dan kemudahan berusaha serta pemberantasan pungli dan pencegahan tindak pidana korupsi.

Menko Polhukam Mahfud MD menyampaikan keberadaan Pemerintah menghormati kebebasan berpendapat dan menyampaikan aspirasi terkait UU Cipta Kerja sepanjang itu dilaksanakan dengan damai dan menghormati hak-hak warga yang lain dan tidak mengganggu ketertiban umum.

"Unjuk rasa silakan dan yang anarkis ditangani dan negara harus diselamatkan," kata Mahfud MD.

Hadir Kapolda Jambi Irjen.Pol.Drs.Firman Santyabudi,M.Si, Danrem 042/Gapu Jambi Brigjen TNI M.Zulkifli, Ketua DPRD Provinsi Jambi Edi Purwanto, Pj.Sekda Provinsi Jambi Sudirman, Pihak Kejaksaan Tinggi Jambi.

Pjs. Gubernur Jambi dan jajaran Forkopimda Provinsi Jambi menyimak penjelasan Undang-Undang Omnibus Law Cipta Kerja yang secara urgensi dan substansi disampaikan Menteri Ketenagakerjaan, Menko Perekonomian, Mendagri, Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Menteri Keuangan, Pejabat dari Mabes Polri, juga yang mewakili Panglima TNI dan Wakil Jaksa Agung serta dari pihak BIN.

"Pemerintah daerah tadi diwakili oleh asosiasi gubernur, asosiasi wali kota dan asosiasi bupati karena kita juga sama-sama terus mempelajari juga turut mencermati itu bersama teman-teman di provinsi," ungkap Ardy Daud.

Pjs. Gubernur Jambi akan menindaklanjuti terkait hal tersebut di daerah untuk membangun komunikasi dengan seluruh elemen masyarakat sebelum diimplementasikan atau akan diturunkan dalam beberapa regulasi atau Peraturan Pemerintah, Kepres, Permen, Peraturan Daerah.

"Tentunya perlu masukan dari kita semua jadi ada ruang bagi kita untuk memberikan masukan terhadap hal-hal yang terkait dengan aspirasi yang disampaikan selama ini kami di Provinsi Jambi mengajak seluruh masyarakat Jambi khususnya yang memiliki masukan atau aspirasi silakan nanti akan ada tim yang akan mengakomodir itu akan kami tindaklanjuti beberapa hari kedepan diharapkan sudah bisa berjalan," jelas Ardy Daud.

Menyikapi beberapa opini yang berkembang terkait UU Cipta Kerja ditengah masyarakat, selaku Pjs. Gubernur Jambi mengimbau kepada semua pihak untuk mencermati penerimaan informasi karena masih ada opini yang terbentuk tidak sesuai kondisi terkait.

"Mari kita pelajari bersama dan betul-betul cermati manakala ada hal-hal yang tidak sesuai dengan kondisi dan kami juga akan menginformasikan materi yang betul-betul sesuai dengan yang aslinya dan terakhir kepada pihak-pihak yang aspirasinya ingin disampaikan ada jalur melalui Uji Materi MK itu juga silahkan digunakan manakala itu diperlukan," kata Pjs.Gubernur Jambi.

Apresiasi Pjs.Gubernur Jambi kepada jajaran Forkopimda dan masyarakat atas situasi aman, terkendali, kondusif di Provinsi Jambi selama masa penyampaian aspirasi dari masyarakat.

"Saya menyampaikan terima kasih kepada semua elemen masyarakat kemaren yang dapat menahan diri pada waktu menyampaikan aspirasi dan pendapat tidak bertindak bersifat anarkis berlebihan dan apresiasi kepada jajaran Forkopimda yang sigap di lapangan dalam beberapa hari terakhir dan kita juga berjuang menekan angka penyebaran Covid-19 ini merupakan tanggung jawab kita semua dan jangan dilupakan karena ini penting untuk kesehatan kita semua," ungkap Pjs.Gubernur Jambi.

Rapat virtual tersebut berlangsung empat jam lebih mendengarkan beberapa penjelasan Pemerintah Pusat untuk kemudian disosialisasikan kepada masyarakat serta membuka ruang penyampaian aspirasi daerah.

Ardy Daud Titip 3 Pesan Kepada Bupati/walikota Se Provinsi Jambi

JAMBI (SR28) - Penjabat sementara (Pjs) Gubernur Jambi, Restuardy Daud, menitipkan 3 pesan kepada Bupati/Walikota yang perlu mendapatkan perhatian lebih dan menjadi fokus bagi Pemerintah Kabupaten/Kota se Provinsi Jambi pada tahun 2020, yaitu: lebih meningkatkan penyelenggaraan pemerintahan dan pelayanan publik, menyukseskan pilkada serentak di Provinsi Jambi dan lebih meningkatkan upaya pencegahan dan penanganan covid-19.

Hal tersebut disampaikan Ardy Daud saat memimpin Rapat Koordinasi Pemilihan Kepala Daerah (Rakor Pilkada) Serentak dan Penanganan Covid-19 bersama Bupati/Walikota se Provinsi Jambi melalui Video Conference (Vidcon), yang berlangsung di Rumah Dinas Gubernur Jambi, Jumat (09/10).

"Dalam meningkatkan penyelenggaraan pemerintahan dan pelayanan publik, ada beberapa hal yang menjadi fokus kita bersama untuk saat ini yaitu, terkait ketentraman dan ketertiban umum menyikapi penetapan undang undang cipta kerja yang dalam 3 hari terakhir menjadi perhatian publik dengan adanya aksi unjuk rasa secara paralel di 5 Daerah yaitu Kota Jambi, Kabupaten Sarolangun, Kabupaten Merangin, Kabupaten Kerinci dan Kota Sungai Penuh", ujar Ardy Daud.

"Kondisi ini menyebabkan terjadinya gejolak pada ketentraman dan ketertiban umum karena adanya disinformasi antara apa yang tertera dalam undang undang dengan yang beredar luas ditengah tengah masyarakat. Undang undang ini sebenarnya untuk menjawab kebutuhan yang ada pada masyarakat, guna menciptakan lapangan kerja, sehingga bukan hanya bagi para pekerja tetapi juga bagi para pencari kerja," tambah Ardy Daud.

Ardy Daud mengatakan, terkait pelaksanaan APBD Tahun 2020 dan penyusunan rancangan APBD Tahun 2021, yang mana sebagian besar sudah melaksanakan perubahan APBD 2020 serta sedang melakukan penyusunan untuk APBD 2021. Untuk APBD 2020, berdasarkan surat dari Inspektorat Jenderal Kementerian Dalam Negeri, masih ada 2 Kabupaten yang serapan anggarannya masih pada kisaran 32 - 36 persen, sehingga memerlukan tindak lanjut dalam mempercepat realisasi anggaran APBD 2020 dengan mendorong kegiatan yang belum terlaksana dan menentukan prioritas sesuai kondisi daerah.

"Selain itu, kita juga harus turut membantu dalam melakukan pemulihan ekonomi nasional dengan menentukan kebijakan prioritas guna mendukung sektor sektor yang sangat terdampak covid-19 dan lebih mengoptimalkan dana Desa yang ada karena menjadi salah satu instrument untuk menstimulus pemulihan ekonomi, sehingga perekonomian Provinsi Jambi secara perlahan meningkat dan ditengah pandemi covid-19," kata Ardy Daud.

Selanjutnya, Ardy Daud mengajak seluruh Kabupaten/Kota di Provinsi Jambi untuk mendukung dan menyukseskan penyelenggaraan pilkada serentak pada tanggal 09 Desember 2020, yang mana saat ini telah memasuki masa kampanye. Berdasarkan evaluasi dari Pemerintah Pusat, untuk minggu pertama tahapan kampanye di Provinsi Jambi berjalan dengan aman dan tertib, meskipun masih terdapat pelanggaran kampanye tapi masih dalam tingkatan yang rendah.

"Saya minta dukungan dari seluruh Bupati/Walikota dalam penyelenggaraan pilkada serentak ini, karena ada beberapa rangkaian kegiatan yang melakukan mobilisasi besar seperti pendistribusian logistik dan uji rapid test kepada petugas KPPS sebanyak lebih kurang 67 ribu orang," kata Ardy Daud.

Ardy Daud mengungkapkan, dalam hal pencegahan dan penanganan covid-19 yang masih melanda Provinsi Jambi, sangat membutuhkan dukungan bersama karena berdasarkan data per tanggal 08 Oktober 2020 untuk Provinsi Jambi, pasien positif covid-19 semakin meningkat setiap harinya dan menjadi catatan bagi semuanya.

"Hal ini tentunya menjadi catatan tersendiri, dengan semakin meningkatnya pasien positif covid-19 setiap harinya, harus juga dibarengi dengan aspek Penanganan ya seperti menambah tempat bagi pasien positif covid-19, baik itu yang ada gejala maupun yang tanpa gejala," ungkap Ardy Daud.

Ardy Daud mengajak seluruh Bupati/Walikota se Provinsi Jambi untuk menjadi pionir dalam memberikan contoh kepada masyarakat, agar lebih peduli dengan pandemi Covid-19 sebagai hal yang sangat serius. "Kita harus memberikan edukasi kepada masyarakat agar selalu menerapkan protokol kesehatan yaitu dengan selalu mengingat 3M (Menggunakan masker, Mencuci tangan menggunakan sabun dan air mengalir, serta Menjaga jarak)," ajak Ardy Daud.

Pada kesempatan tersebut, Bupati/Walikota se Provinsi Jambi melaporkan perkembangan daerahnya masing masing kepada Pjs.Gubernur Jambi.

Satgas Covid-19 Bersitegang Dengan Pelanggar Protokol Kesehatan

BUNGO (SR28) - Tim gabungan Satgas Covid-19 kabupaten Bungo, Provinsi Jambi menggelar operasi Yustisi dalam rangka penegakan disiplin protokol kesehatan Covid-19. Ironisnya lagi, saat dilakukan penindakan, ada saja warga yang justru marah kepada petugas saat ditanya mengapa tidak mengenakan masker dan malah adu mulut dan saling dorong antara warga yang melanggar dengan petugas.

Gubernur Jambi Harapkan Solusi Permanen Pencegahan Kebakaran Hutan dan Lahan

JAMBI (SR28) - Penjabat Gubernur Jambi Restuardy Daud, mengharapkan kebakaran hutan dan lahan di Provinsi Jambi semakin sedikit dengan adanya tim pencegahan dan pengendalian kebakaran hutan dan lahan semakin menguatkan harapan yang disampaikannya dalam acara Focus Group Discussion (FGD) Mencari Solusi Permanen Penanganan Karhutla di Wilayah Provinsi Jambi di Balai Prajurit Korem 042/Gapu Jambi, Rabu (21/10).

Wilayah Provinsi Jambi dengan solusi permanen penanganan karhutla terutama di daerah-daerah yang memiliki potensi terutama karhutla yang disebabkan oleh aktivitas yang bermotifkan ekonomi menjadi penekanan Presiden Republik Indonesia yang menyampaikan 99% karhutla disebabkan oleh ulah manusia sehingga membutuhkan pengendalian atas unsur kesengajaan dari aktivitas tradisional kegiatan membuka lahan serta aktivitas-aktivitas ekonomi lainnya.

Diperkirakan 4,9 persen luas hutan gambut di Indonesia berada di Provinsi Jambi sekitar 617.562 hektare dan sebagian besar di antaranya memiliki potensi atau rawan terhadap kebakaran antara lain karena aktivitas manusia dan lahan gambut yang terganggu sehingga mudah terbakar.

"Hutan gambut yang terbesar membentang dari Tanjung Jabung Timur-Tanjung Jabung Barat dan Muara Jambi menjadi perhatian bagi kita semua," ungkap Ardy Daud.
Pjs. Gubernur Jambi menjelaskan pada tahun 2015 bencana yang menyebabkan terbakarnya 19.528 hektare lahan menjadikan kabut asap yang menutupi wilayah Jambi dan wilayah sekitarnya bahkan juga disebutkan melintas batas negara Singapura dan Malaysia dan pada tahun 2019 terjadi kembali kebakaran yang cukup besar 11.736 hektare.

"Ini yang perlu kita cermati kedepan terkait dengan indikasi proses alam sehingga ini tidak menjadi semacam siklus lima tahunan yang berkelanjutan dan tahun 2020 pemerintah daerah telah menetapkan status Siaga Darurat Bencana Karhutla tertanggal 29 Juni-26 Sep diperpanjang hingga 31 Oktober ini untuk mengantisipasi munculnya hotspot di beberapa daerah yang curah hujannya belum merata serta langkah antisipasi lainnya," kata Ardy Daud.

Berdasarkan data BPBD Provinsi Jambi mulai tanggal 1 Januari-17 Oktober 2020 tercatat luas karhutla terjadi di 558,43 hektare jika dibanding data tahun 2019 menurun cukup signifikan. "Data kebakaran menurun cukup signifika tapi menuntut kewaspadaan kita semua," tegas Pjs.Gubernur Jambi.

Pjs.Gubernur Jambi menyikapi serta mengungkapkan rasa terima kasih kepada semua unsur terkait yang telah melakukan langkah-langkah antisipasi di lapangan yang dilakukan dan telah bekerja satu bulan sebelumnya dari unsur TNI, Polri, BPBD, Manggala Agni, Masyarakat Peduli Api, dan instansi terkait yang lakukan isolasi daerah terbakar agar tidak merambat, pendinginan area terbakar, dan patroli darat dan juga operasi udara melalui heli water bombing, teknologi modifikasi cuaca kerja sama BPBD BPPT dan Kementerian Lingkungan Hidup.

Pjs. Gubernur Jambi menegaskan beberapa poin:
1.Perusahaan bidang kehutanan dan perkebunan membuat mapping sebaran penggunaan lahan untuk langkah-langkah tindak lanjut
2.Pembentukan Pos Lapangan didaerah-daerah perbatasan Hutan Nasional Berbak
3.Operasi rutin pembalakan-pembalakan kayu
4.Pemantauan aplikasi asap digital
5.Pengecekan aliran air, kanal dan sumur bor yang telah dibuat

Adapun upaya yang telah diinisiasi untuk dilanjutkan diantaranya:

1.Strategi pencegahan karhutla berbasis desa dengan memperkuat upaya pengendalian dan aksi pencegahan karhutla di tingkat desa, untuk Provinsi Jambi telah mengidentifikasi 258 desa di 71 kecamatan yang rawan bencana karhutla diperlukan partisipasi masyarakat secara aktif yaitu mengoptimalkan peran serta masyarakat tingkat desa sebagai upaya pencegahan karhutla termasuk pembalakan liar, perlu alternatif solusi untuk kegiatan masyarakat membuka lahan atau aktivitas lainnya tanpa harus membakar.

2. Gerakan ekosistem yang berkelanjutan dengan manajemen air untuk lahan gambut terutama pada daerah yang mengalami penurunan permukaan air secara signifikan serta upaya untuk mengembalikan ke habitat semula
3. Pemanfaatan lahan gambut serta pengendalian terutama menjaga fungsi air yang berubah menjadi tanaman industri termasuk sinkronisasi dengan perencanaan tata ruang yang terintegrasi dengan wilayah hutan.

4.Evaluasi izin lingkungan perusahaan kehutanan dan perkebunan yang tidak profesional terutama di lahan gambut dengan pemberian sanksi sesuai ketentuan perundang-undangan dan perusahaan pemegang izin konsensi di lahan gambut harus dapat mencegah karhutla .

5.Penegakan hukum bagi pelaku pembakaran hutan dan lahan individu maupun korporasi sesuai ketentuan perundang-undangan yang berlaku

Diakhir sambutan Pjs.Gubernur Jambi Restuardy Daud, mengharapkan kepada semua pihak yang tergabung dalam tim untuk mengoptimalkan pencegahan dan pengendalian karhutla,"Melalui forum ini kita membuahkan pemikiran serta konsep masukan yang konstruktif dikembangkan menjadi alternatif solusi dalam penanganan secara permanen karhutla," harap Pjs.Gubernur Jambi.

Acara dihadiri Forkopimda serta pihak perusahaan yang bergerak disektor perkebunan, hutan dan lahan.

Gubernur Jambi Kepingin Terpilih Lagi Di Pilgub Jambi

JAMBI - Gubernur Jambi Fachrori Umar yang juga calon Gubernur Jambi dengan nomor urut 2 melakukan pencoblosan di TPS 08 yang berada di belakang rumah dinas Gubenrur Jambi.

Dengan didampingi istri sang petahana mengaku kepingin kembali memimpin provinsi Jambi untuk 5 tahun ke depan.

Ardy Daud Harap Semua Elemen Siap Hadapi Bencana

JAMBI (SR28) - Penjabat Sementara (Pjs) Gubernur Jambi Restuardy (Ardy) Daud, mengharapkan agar seluruh elemen dan stakeholder (pemangku kepentingan) siap siaga menghadapi dan menanggulangi bencana, karena setiap bencana akan menimbulkan kerugian dalam berbagai bidang. Untuk itu, antisipasi sedini mungkin perlu dilakukan.

Hal tersebut disampaikannya saat memimpin Apel Gabungan Kesiapsiagaan Tanggap Darurat Menghadapi Bencana Hidrometeorologi (banjir, longsor dan angin puting beliung), Provinsi Jambi Tahun 2020, di lapangan depan Kantor Gubernur Jambi, Senin (26/10).

Apel diawali dengan pemeriksaan pasukan, peralatan, dan persiapan logistik oleh. Pjs Gubernur Jambi.

Ardy Daud menyampaikan, apel kesiapsiagaan menghadapi bencana hidrometeorologi dilaksanakan sebagai bentuk keseriusan dan kesiapan Pemerintah Provinsi Jambi dalam menghadapi dan mengantisipasi kemungkinan terjadinya bencana banjir, longsor dan angin puting beliung, sekaligus sebagai bentuk kepatuhan Pemerintah Provinsi Jambi dalam menyikapi Surat Edaran Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia nomor 440/605/SJ tanggal 8 Oktober 2020 perihal antisipasi dan kesiapsiagaan menghadapi bencana dalam situasi pandemi Covid-19.

”Dalam surat edaran Mendagri tersebut, Pemerintah Daerah segera menyiapkan atau menyiagakan seluruh aparatur daerah dengan mengkoordinasikan dengan TNI, Polri, Basarnas dan instansi vertikal terkait, relawan kebencanaan, serta unsur masyarakat lainnya. Sebagai peningkatan kesiapsiagaan terhadap bencana, kita harus bersinergi dengan kesatuan tugas penanganan Covid-19 di daerah serta menyiapkan sarana dan prasarana yang diperlukan  dalam rangka siaga banjir, tanah longsor, dan risiko  akibat bencana lainnya, personil  sudah siap siaga,” ungkap Ardy Daud.

Pada kesempatan tersebut, Ardy Daud mengucapkan terima kasih dan apresiasi yang tinggi atas kesiapan Kepala Kepolisian Daerah Jambi dan Komandan Korem 042/Garuda Putih Jambi berserta seluruh peserta apel.

Ardy Daud mengatakan bahwa momen apel ini untuk meningkatkan koordinasi dan sinergi dalam upaya penggulangan bencana hidrometeorologi yang meliput banjir, longsor dan agin putting beliung pada puncak musim hujan di Provinsi Jambi.

Paradigma penaggulangan bencana dewasa ini, lanjut Ardy Daud, sudah mulai berubah dari responsif yang menitikberatkan penanganan saat terjadi bencana menjadi preventif, menitikberatkan penanganan sebelum terjadinya bencana.

”Untuk mendukung paradigma tersebut, Pemerintah Provinsi Jambi dalam kesiapan menghadapi bencana hidrometeorologi telah membentuk Satuan Tugas (Satgas) gabungan bencana hidrometeorologi yang melibatkan Pemrov Jambi, Kabupaten/Kota, TNI/Polri, dunia usaha, unsur media, dan akademisi,” jelas Ardy Daud.

Ardy Daud berharap semua stakeholder dapat melaksanakan aksi penguatan kesiapsiagaan dan peringatan dini, seperti melakukan pengecekan atau inspeksi sarana dan prasarana yang diperlukan dalam upaya pengentasan bencana.

”Agar satgas bencana dapat berkerja dengan baik, efektif dan efisien, karena akan fokus pada upaya antisipasi bencana banjir, longsor dan angin puting beliung, dengan harapan apabila bencana terjadi, satgas dengan cepat dan tepat mengatasinya dalam menjaga keselamatan masyarakat,” harap Ardy Daud.

Ardy Daud menyatakan, dalam penagananan bencana di Provinsi Jambi akan menggunakan sistem komando untuk menetapkan suatu wilayah dalam kondisi status siaga, akan mendirikan pos siaga sebagai bentuk kesiagaan menghadapi bencana mengingat akhir-akhir ini potensi hujan mulai meningkat.

“Bulan November, menurut kepala BMKG Provinsi Jambi akan memasuki masa puncak hujan, sangat perlu kita antisipasi, mulai saat ini sudah siap siaga dalam personil dan perlengkapan termasuk logistik harus siap siaga,” tegas Ardy Daud.

”Kita akan mengajak seluruh elemen masyarakat dan stakeholder baik Kabupaten/Kota, sampai ke desa-desa, untuk berkerja sama dalam penaganan bencana. Kita harus membangun sinergi dengan masyarakat,” pungkas Ardy Daud.

- Advertisement -

Music

Bupati Merangin: Narkoba Musuh Utama Kita

MERNAGIN - Semua pihak tidak boleh lengah dengan Narkoba, karena Narkoba adalah musuh utama kita saat ini. Bahaya Narkoba lebih dari Corona dan pintu masuk Narkoba ini melibatkan banyak orang.

Hal tersebut ditegaskan Bupati Merangin H Al Haris ketika membuka acara Sosialisasi Instruksi Presiden nomor 2 tahun 2020, tentang Pencegahan, Pemberantasan, Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika (P4GN), Rabu (24/6).

Pada acara di Ruang Pola Kantor Bupati yang dihadiri Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN) Provinsi Jambi Brigjen Pol Dwi Irianto itu, H Al Haris menegaskan Pemkab Merangin sangat konsisten dalam penanganan Narkoba sedini mungkin.

Narkoba terang bupati, setiap saat dan setiap waktu ada di dekat kita. Terlebih letak geografis Kabupaten Merangin bersis berada di perlintasan jalan Lintas Sumatera, sehingga sangat memungkinkan menjadi pintu masuknya Narkoba.

‘’Saya sudah lama secara resmi meminta BNN, agar di Kabupaten Merangin dibentuk lembaga BNN Kabupaten. Kami sudah menyiapkan gedung untuk Kantor BNN Kabupaten, tetapi sampai hari ini lembaga ini belum juga terbentuk,’’jelas Bupati.

Hari ini Rabu (24/6), bupati secara resmi kembali minta Kepala BNN Provinsi Jambi untuk secepatnya membentuk BNN Kabupaten Merangin, sehingga Pemkab Merangin dan pihak penegak hukum bisa lebih fokus memerangi Narkoba.

Selain itu harap bupati, dengan adanya BNN Kabupaten Merangin, angka pemakai dan pengedar Narkoba bisa lebih ditekan dengan cepat, sehingga kedepannya Kabupaten Merangin akan bersih dari Narkoba.

Sementara itu Brigjen Pol Dwi Irianto mengatakan, ancaman Narkoba sekarang ini sudah sangat memprihatinkan untuk seluruh Indonesia. Dimana letak georafis Indonesia sangat mendukung untuk penyeludupan Narkoba dan kurang sarana prasarana.

Indonesia jelas Brigjen Pol Dwi Irianto, termasuk negara di Asia Tenggara terbesar sebagai penggunaan Narkotika. Pemberantasan Narkoba bukan hanya dilakukan pihak terkait saja, tetapi menjadi tugas semua lapisan masyarakat.

‘’Kami tidak akan bosan-bosannya melakukan penindakan penyeludupan dan pemakai Narkotika. Kami akan terus melakukan pencegahan. Saya minta seluruh elemen masyarakat ikut berpartisipasi dalam pencegahan Narkoba,’’ujar Brigjen Pol Dwi Irianto,

Kepala BNN Provinsi Jambi itu, mengajak seluruh masyarakat dari tingkatan keluarga, dimana orang tua harus aktif membimbing anak-anaknya agar tidak terjerumus ke bahaya pengaruh Narkoba.

Diakui Brigjen Pol Dwi Irianto, banyak peredaran Narkoba di wilayah Jambi, terutama wilayah pertambangan dan perkebunan serta daerah perekonomian yang peredaran Narkobanya meningkat dan ini menjadi tugas bersama.

‘’Pada 2045 nanti, kita akan memasuki modus demografi, untuk itu pencegahan dan memutus matarantai peredaran Narkoba harus cepat dilakukan, agar anak-anak kita tidak terjerumus kedalam pengaruh bahaya Narkoba,’’tegas Brigjen Pol Dwi Irianto.

Tegas! Twitter Akan Blokir Akun yang Sebarkan Konten Kekerasan dan Kebencian

JAKARTA - Twitter akan menutup celah bagi pengguna yang menyebarkan pesan kebencian dan konten kekerasan. Perusahaan telah memperbarui kebijakan untuk melarang tautan konten yang mempromosikan kekerasan dan perilaku penuh kebencian.

Twitter sudah memiliki aturan yang melarang tindakan kebencian dan kekerasan dalam tweet, tetapi kebijakan itu belum mencakup konten yang ditautkan.

Mengenai garis besar jenis tautan yang dapat diblokir oleh Twitter, dan bagaimana Twitter dapat mengidentifikasikannya agar akun Anda tetap aman, Twitter sudah memposting kebijakannya dalam tweetnya (@TwitterSupport).

Kebijakan baru ini akan berlaku mulai 30 Juli. Twitter akan dapat memblokir URL tertentu agar tidak dapat dibagikan di-platform-nya, dan menangguhkan akun yang sering berbagi jenis tautan ini.

"Tujuan kami adalah memblokir tautan dengan cara yang konsisten dengan cara kami menghapus Tweet yang melanggar aturan kami," tulis perusahaan itu dalam sebuah pernyataan. (Okezone)

Kemunculan Seekor Ular Sanca Hebohkan Warga Thehok-Kebun Kopi

KOTA JAMBI (SR28) - Kamis pagi (30/7) puluhan warga yang tinggal di jalan Raden Wijaya Lorong Akimar Kelurahan Thehok Kota Jambi dibuat ketakutan dengan kemunculan seekor ular sanca.

Datang ke Jambi, Mendagri Tito Karnavian Beri Arahan Soal Pilkada dan Covid-19

JAMBI (SR28) - Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Muhammad Tito Karnavian memberikan arahan pada rapat koordinasi persiapan Pilkada 2020 dan Covid19. Tito berpesan kedepan agar dibuat Peraturan Daerah (Perda) protokol kesehatan seperti pemakaian masker yang didalamnya memuat sanksi. Kepada para Calon Kepala Daerah yang akan mengikuti Pilkada Tito juga berpesan agar menjadikan Alat Peraga Kampanye (APK) juga dijadikan sebagai alat pencegahan Covid19.

Sumber: JAMBI28 TV

Sport News

Bupati Tanjabbar Tandatangani Nota Kesepahaman Bidang Hukum Perdata dan Tata Usaha Negara

KUALA TUNGKAL (SR28) - Bupati Tanjung Jabung Barat Dr. Ir. H. Safrial MS tanda tangani nota kesepahaman antara Pemkab Tanjab Barat dengan Kejaksaan Negeri Tanjab Barat terkait bidang hukum perdata dan tata usaha negara yang dilaksanakan di balai pertemuan kantor Bupati, Kamis (16/07).

Perjanjian kerjasama ini juga turut ditandatangani oleh beberapa Organisasi Perangkat Daerah di lingkup Tanjab Barat, antara lain Inspektorat, Bappenda, Dinas Perkebunan dan Peternakan, Dinas Kesehatan, Dinas Perkim, dan Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang.

Bupati Tanjung Jabung Barat Dr. Ir. H. Safrial MS dalam sambutannya mengatakan dalam upaya mempercepat dan memperlancar pembangunan di kabupaten Tanjab Barat, Kerjasama ini penting untuk mengoptimalkan penyelesaian permasalahan di bidang perdata dan tata usaha negara sehingga meningkatkan efektifitas penyelesaian perkara yang pada akhirnya bermuara pada kelancaran pembangunan di Kabupaten Tanjab Barat.

"Saya berharap bahwa percepatan pembangunan akan berjalan lebih efektif dan efesien dan kemakmuran masyarakat Tanjung Jabung Barat sebagaimana yang kita idam idamkan lebih cepat terwujud," ujarnya.

Bupati juga berharap dengan ditandatanganinya naskah kesepakatan ini, para Kepala OPD yang akan mengambil kebijakan terutama kebijakan menyangkut bidang perdata dan tata usaha negara, agar mengikuti peraturan berlaku dan terlebih dahulu meminta advice hukum kepada kejaksaan. Hal ini ditujukan agar dalam pelaksanaan kebijakan yang diambil tidak menjadi sengketa hukum dikemudian hari.

"Demikian juga apabila kebijakan yang telah diambil ternyata menimbulkan permaslahan hukum baik di bidang perdata maupun tata usaha negara yang memerlukan penangan secara profesional, agar para Kepala OPD segera mengkonsultasikan upaya penanganan permasalahan tersebut dengan pihak kejaksaan, jadikan kesepakatan yang kita buat ini sebagai dasar hukum untuk bekerjasama dengan jaksa sebagai pengacara Negara," tambahnya

Sebelum mengakhiri sambutanya Bupati menekan kan kepada para Pimpinan Perangkat Daerah di Kabupaten Tanjung Jabung Barat agar semaksimal mungkin memanfaatkan nota kesepahaman dalam rangka menciptakan aparatur pemerintah yang bersih dab berwibawa serta mewujudkan pengabdian sebagai abdi negara yang melayani.

Sementara itu, Kepala Kejaksaan Negeri Tanjab Barat Tri Joko, SH dalam sambutannya mengatakan Nota Kesepahamannya Bidang Hukum Perdata dan Tata Usaha Negara terdapat lima hal yang menjadi kewenangan Kejaksaan Negeri, diantaranya Penegakan Hukum, Bantuan Hukum, Pelayanan Hukum, Pertimbangan Hukum, dan Tindakan Hukum lainnya.

"Seperti yang disampaikan Kasi Datun tadi, jadi yang kita kerjasamakan hari ini yaitu dalam Bantuan Hukum, Pertimbangan Hukum dan tindakan hukum lainnya, manfaatkan lah institusi Kejaksaan ini, sebagai upaya menyelamatkan keuangan Negara dan meningkatkan Pendapatan Asli Daerah," ujarnya.

Sejalan dengan Bupati, Tri Joko SH juga berharap dengan dilaksanakannya perjanjian Kerja sama ini akan lebih meningkatkan sinergitas antara Kejaksaan Tanjab Barat dengan pemkab Tanjab Barat.

Turut hadir dalam acara ini, Sekretaris Daerah, Asisten, Staf Ahli, para Kepala OPD, Kepala Bagian lingkup Sekretariat Daerah, serta undangan lainnya. (Sabri)

Keluarga Dilarang Jemput Paksa Jenazah Suspect Covid-19

JAMBI (SR28) - Pemerintah provinsi Jambi melarang keluarga jemput paksa jenazah suspect Covid-19. Hal ini agar tak kembali terjadinya penularan virus tersebut dari jenazah ke keluarga maupun masyarakat luas.

Gara-gara Cemburu, Seorang Pria di Jambi Bunuh Mantan Tetangganya

KOTA JAMBI (SR28) - Seorang pria di Kota Jambi tega menghabisi nyawa seorang pria yang adalah mantan tetangganya karena terbakar api cemburu. Kejadian penikaman terjadi di kelurahan Thehok, kecamatan Jambi Selatan, Kota Jambi pada Rabu malam.

Saat kejadian, korban sedang menonton tv di rumahnya dan dengan tiba-tiba pelaku datang dan langsung menikam korban sebanyak 7 tusukan sehingga mengakibatkan korban meninggal dunia.

Gara-gara Cemburu, Seorang Pria di Jambi Bunuh Mantan Tetangganya

Gara-gara Cemburu, Seorang Pria di Jambi Bunuh Mantan Tetangganya

Posted by JAMBI28 TV on Friday, September 18, 2020
Sumber: JAMBI28.TV
- Advertisement -

Si Jago Merah Hanguskan Rumah Bedeng di Tanjabbar

KUALA TUNGKAL (SR28) - Belum selesai penghitungan suara pilkada Tanjab Barat. Kini warga digegerkan dengan mengamuknya Si Jago Merah, yang menghanguskan rumah bedeng di RT. 06 kelurahan Tungkal IV kota, Kecamatan Tungkal Ilir, Kabupaten Tanjung Jabung Barat.

Kadis Damkar Iswardi, SE, ketika ditemukan dilokasi kebakaran saat dikonfirmasikan mengungkapkan, kebakaran yang terjadi di RT. 06 diketahui nya sekitar pukul 20.00 Wib, dan atas laporan warga setempat.

"Kobaran api mulai tampak pukul 20.00 Wib," ujar Iswardi, Kamis malam (10/12).

Saat ditanyakan berapa rumah yang ludes terbakar pihaknya belum tahu berapa rumah yang hangus terbakar, demikian juga asal api kita juga belum diketahui.

"Kita akan selidiki terkait kebakaran ini, dari mana asal api, dan berapa rumah yang terbakar serta berapa krtugian yang dialami korban," ujarnya.

Sementara itu, untuk proses pemadaman api Damkar menurunkan empat unit mobil pemadam kebakaran dan dibantu oleh pemadam dari Yayasan Budi Luhur.

Beruntung dalam kejadian ini tidak ada korban jiwa. (Sabri)

Rehab Rumah Dinas Kejaksaan Negeri Kuala Tungkal Disoalkan Aktivis Tanjabbar

KUALA TUNGKAL (SR28) - Rehab rumah Dinas Kejaksaan Negeri Kuala Tungkal dengan menggunanakan dana APBD-P tahun anggaran 2020 sebesar Rp. 1.237.354.000, oleh Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Tanjab Barat, di soalkan aktvis Tanjab Barat pasal rehap yang dilaksanakan itu sangat janggal.

Aktivis Tanjab Barat Anand Viqriza, SH.MH, menduga ada upaya penutupan kasus di PUPR sehingga mengagarkan rehap Rumah Dinas Kejaksaan Negeri itu dilakukan, padahal kita tau Rumah Dinas Kejaksaan negri kuala tungkal merupakan kewajiban pemerintah pusat dimana Kejaksaan itu merupakan Pertikal, dan tidak sepatut mengunakan Dana Daerah. "Ujar Anand Viqriza.

"Terlebih lagi Rekanan yang bekerja Rehap Rumah Dinas Kejaksaan Negeri Kuala Tungkal juga merupakan kontraktor nya bermasalah terkait pembangunan Jembatan Sebrang Kota parit 20 yang baru seumur Jagung jembatan yang dibangun sudah retak dan lantai jembatan juga lentur, disini kita menduga ada penutup kasus yang saat sudah menyeruak kepermukaan umum, " papar Anand Viqriza.

"Kita minta Kejaksaan Negeri kuala Tungkal ini bekerja lah secara provisional, sehingga kasus Korupsi yang ada di Tanjab Barat ini bisa diselesaikan," pungkasnya. (Sabri)

Polda Jambi Grebek Gudang Produksi BBM Oplosan

KOTA JAMBI (SR28) - Tim Direktorat Reserse Kriminal Khusus (Ditreskrimsus) Polda Jambi menggerebek gudang yang memproduksi BBM Oplosan di Kecamatan Jambi Timur, Kota Jambi. Dari penggerebekan itu polisi berhasil mengamankan sebanyak 50 ribu liter bahan bakar minyak (BBM) yang sudah dioplos oleh para pelaku.

Sumber: JAMBI28 TV

Gubernur Jambi Semakin Aktif Olahraga Ajak Masyarakat Jaga Kesehatan

JAMBI (SR28) - Mengisi kegiatan pagi diwaktu luang dengan berolahraga semakin giat dilakukan terutama ditengah Pandemi Covid-19 guna penguatan imun tubuh olahraga semakin aktif dicontohkan sosok Gubernur Jambi Dr.Drs.H.Fachrori Umar,M.Hum, mengikuti dan memulai acara Gowes Santuy Harhubnas 2020 dengan tema Wujudkan Asa Majukan Indonesia di Terminal Lama Bandara Sultan Thaha Syaifuddin, Sabtu (12/9/20) pagi.

Acara yang diselenggarakan pihak terkait perhubungan juga menyediakan begitu banyak hadiah bagi para pencinta olahraga sepeda dari berbagai kalangan termasuk para pejabat Organisasi Perangkat Daerah Pemerintah Provinsi Jambi.

Disaat akhir acara Pj.Sekda H.Sudirman menyampaikan ucapan selamat Hari Perhubungan Nasional Tahun 2020 termasuk kepada seluruh peserta Gowes Santuy,"Mudah-mudahan kegiatan ini menjadikan diri kita semakin sehat karena kita pahami betul Pandemi Covid-19 ini kepatuhan kita pada protokol kesehatan menggunakan masker, jaga jarak, cuci tangan," ungkap Pj.Sekda.

Pemerintah Provinsi Jambi begitu kuat menggalakkan olahraga guna mengajak masyarakat semakin antusias pada kegiatan positif menyehatkan badan serta perekonomian khususnya olahraga sepeda dapat membantu menggerakkan bidang bengkel sepeda, pihak penjual sepeda hingga badan sehat ekonomi kuat,"Kita juga perlu untuk berolahraga karena olahraga mengkondisikan badan menjadi sehat, memberikan kekuatan, ketangguhan dalam menghadapi atau menangkal Covid-19," jelas Pj.Sekda.

Pj.Sekda menyampaikan atas nama Pemerintah Provinsi Jambi pada rangkaian kegiatan Hari Perhubungan Nasional 2020 diharapkan insan-insan perhubungan menjadi contoh yang baik dalam rangka mematuhi protokol kesehatan,"Semoga apa yang kita lakukan pada hari ini memberi manfaat bagi kita semua dan tadi pagi Gubernur sempat hadir dalam rangka Gowes Santuy namun karena ada agenda lain tidak bisa menghadiri sampai selesai," kata Pj.Sekda. (Post Amirzan, Raihan,Foto Adi Putra Merangin

TV

Bupati Tanjabbar Resmikan Gedung Produksi Kopi Liberika

KUALA TUNGKAL (SR28) - Bupati Tanjung Jabung Barat Dr. Ir. H. Safrial, MS resmikan Gedung Produksi Industri Kopi Liberika Tungkal Jambi yang berada di Kelurahan Mekar Jaya Kecamatan Betara, Minggu (16/08).

Kegiatan peresmian ini juga turut dihadiri oleh, Forkopimda, Sekretaris Daerah, Asisten, Kepala OPD terkait, serta Masyarakat dan undangan lainnya.

Gedung produksi industri kopi liberika tungkal jambi ini difasilitasi dengan showroom tempat promosi dan penjualan kopi,  tempat penjemuran kopi yang cukup luas dengan pengaturan suhu yang baik, kemudian dibelakangnya juga terdapat ruang produksi atau tempat pengolahan kopi. Selain itu, juga masih terdapat lahan kosong sebagai tempat percontohan pembibitan kopi yang nantinya akan bekerjasama dengan pihak Universitas Jambi sebagai tempat pusat penelitian Kopi.

Bupati Safrial, dalam sambutannya mengatakan bahwa pembangunan gedung produksi kopi ini merupakan salah satu upaya Pemerintah dalam mengembangkan salah produk unggulan daerah yaitu kopi liberika tungkal jambi. Ia berharap pembangunan gedung produksi dengan fasilitas yang lengkap ini, dapat menjadi wadah aktifitas ekonomi khususnya masyarakat berkaitan dengan produksi Kopi Liberika.

"Pemkab Tanjab Barat telah menjlin kerjasama dengan Universitas Jambi terkait upaya pengembangan produk Kopi Liberika Tungkal Jambi, kita juga telah menandatangani mou dengan Unja dalam pengembangan kopi liberika, yang nanti pusat penelitiannya dilaksanakan disini,"selain itu juga Dinas terkait juga telah menandatangani perjanjian kerjasama atau mou dengan pihak unja sebagai wujud implementasi kegiatan dilapangan," ujarnya.

Mengakhiri sambutannya, Safrial berharap pembnagunan gedung produksi ini dapat mendorong peningkatan pertumbuhan ekonomi masyarakat meski di tengah pandemi covid 19.

"Ini adalah salah satu wujud dari keseriusan Pemerintah Kabupaten Tanjung Jabung Barat dalam upaya meningkatkan perekonomian masyarakat meski dalam kondisi Pandemi covid 19,"semoga aktivitas ekonomi di Tanjung Jabung barat, bisa segera bergerak, bangkit, serta tumbuh kembali," pungkasnya.(Sabri)

Fachrori Ajak Pelaku Usaha IKM-UKM Tingkatkan Kualitas Produk

JAMBI (SR28) - Gubernur Jambi diwakili Staf Ahli Gubernur Jambi Bidang Ekonomi Keuangan dan Pembangunan, Hj.Ir.Sri Anggunaini, mengajak pelaku usaha Industri Kecil...

Gubernur Jambi Peringati Hari Pahlawan 2020 di Merangin

MERNAGIN (SR28) - Penjabat Sementara (Pjs) Gubernur Jambi Restuardy Daud, memperingati hari Pahlawan 2020 di Kabupaten Merangin. Restuardy Daud menjadi Inspektur Upacara Ziarah Nasional di Taman Makam Pahlawan Patriot Bhakti.

Pada upacara yang dihadiri Staf Ahli Gubernur Jambi H Bastari, Plt Sekda Merangin H Hendri Maidalef dan unsur Forkopimda Merangin tersebut, Pjs Gubernur Jambi meletakan karangan bunga di Tugu Makam Pahlawan Merangin.
Usai upacara, Pjs Gubernur Jambi bersama Plt Sekda Merangin dan pejabat lainnya menabur bunga di makam para pahlawan yang berjuang merebut kemerdekaan di Kabupaten Merangin.

‘’Ini merupakan agenda rutin kita setiap tahunnya. Kebetulan saya ada kunjungan kerja ke Kabupaten Merangin, sekaligus memperingati hari Pahlawan di Bumi Tali Undang Tambang Teliti ini,’’ujar Restuardy Daud.
Di-doa-kan Pjs Gubernur Jambi, para Pahlawan yang telah gugur berjuang merebut kemerdekaan itu, diterima disisi Allah SWT dan diterima seluruh amal dan jasa-jasanya. Restuardy Daud berterimakasih atas pengorbanan Pahlawan Merangin.

‘’Tinggal kita yang meneruskan perjuangan para Pahlawan kita ini. Tugas kita mengisi kemerdekaan ini dengan kerja keras, sehingga Jambi bisa maju dan berkembang sebagaimana yang diharapkan para Pahlawan kita,’’terang Pjs Gubernur Jambi.

Upacara Ziarah Nasional dalam rangka memperingati hari Pahlawan 2020 itu, berlangsung khidmat. Selain diikuti unsur Forkopimda Merangin juga diikuti para pejabat di jajaran Pemkab Merangin.

Terjatuh Saat Dikejar, Pelaku Curanmor Dibekuk Polisi

TEBO (SR28) - Satlantas dan Tim Sultan Satreskrim Polres Tebo berhasil mengamankan satu pelaku pencurian kendaraan bermotor. Pelaku ditangkap petugas, karena terjatuh saat dilakukan pengejaran. Sementara satu pelaku lainnya berhasil kabur ke hutan.