Minggu, Januari 17, 2021

Sriwijaya Air Wajib Ganti Rugi Rp1,25 M per Penumpang SJ182

JAKARTA - Keluarga korban kecelakaan Sriwijaya Air SJ 182 berhak atas ganti rugi dari pihak maskapai. Hal tersebut mengacu pada Pasal 141 ayat (1)...

Besok Divaksin, Begini Kondisi Kesehatan Jokowi

JAKARTA - Sekretariat Presiden memastikan bahwa Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan menjalani vaksinasi Covid-19 pada Rabu (13/1) besok di Istana Kepresidenan Jakarta....

Ini Pertimbangan Hakim Tolak Praperadilan Habib Rizieq

JAKARTA - Hakim Akhmad Sahyuti menolak gugatan praperadilan yang diajukan Habib Rizieq Shihab terkait penetapan tersangka kasus pelanggaran kekarantinaan kesehatan dan penghasutan kerumunan di Petamburan, Tanah...

BREAKING NEWS:Black Box Sriwijaya Air SJ182 Ditemukan!

JAKARTA - Black box atau kotak hitam pesawat Sriwijaya Air SJ182 ditemukan. Kotak hitam itu kemudian dibawa ke daratan. Seperti dikutip dari Antara,...

Technology

Operasi Yustisi Perketat Protokol Kesehatan di Kota Jambi

KOTA JAMBI (SR28) - Pemerintah Kota Jambi kembali memperketat penerapan protokol kesehatan. Tindakan tersebut menyusul meningkatnya kasus baru positif Covid-19 dalam beberapa hari terakhir.

Sumber: JAMBI28 TV
- Advertisement -

BKKBN Jambi Terima Kunjungan Kerja Komisi I DPRD Batanghari

JAMBI (SR28) - Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Jambi, Mukhtar Bakti SH, MA beserta jajaran Selasa (10/3) pagi menerima kunjungan Komisi I DPRD Kabupaten Batanghari. Hadir pada kunjungan ini, Ketua Komisi I DPRD Batanghari Patoni, SE, Wakil Ketua Adison, Anggota Komisi I Aminah, Mardiana, Tarmizi dan Suip. Dalam kunjungan tersebut, Ketua komisi I DPRD Batanghari Patoni mengatakan, kunjungan yang dilakukan ini untuk meminta masukan terkait program Pembangunan Kependudukan, dan Keluarga Berencana (Bangga kencana) BKKBN.

Kehadiran Komisi I DPRD Batanghari ini untuk mengetahui perkembangan kependudukan di Provinsi Jambi khususnya di Kabupaten Batanghari. Kabupaten Batanghari masih butuh perhatian pemerintah daerah dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat, bagaimana kebijakan BKKBN pusat dan daerah dapat bersinergi.

“Kita berharap masukan terkait program Bangga Kencana, karena kita dalam waktu dekat akan ke BKKBN Pusat untuk mengetahui program dan usulan program dari daerah”, katanya.

Pada pertemuan itu Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Jambi menjelaskan kebijakan dan strategi BKKBN tahun 2020-2024, salah satunya mensosialisasikan logo baru dan pentingnya sinergitas semua pihak dalam mensukseskan program kependudukan dari pusat dan daerah.

”Kita masih membutuihkan dukungan pemerintah daerah dalam mengalokasikan dana operasional bagi tenaga akseptor KB, keterpaduan program lintas sektor akan cepat menyelesaikan program kependududkan,” ujar Mukhtar Bakti.

Mukhtar juga menyebutkan, jika saat ini program Bangga Kencana butuh dorongan dan kerjasama lintas sector, sehingga kamping KB ini bisa menjadi kampung yang berkualitas.

”Kita butuh kerjasama yang baik di setiap lini, misal bagaimana infrastruktur kampung itu baik, bagaimana pembangunan akhlak sejak dini, bagaimana pemahaman dan pemberdayaan ekonomi keluarga. Nah ini butuh bantuan dari semua pihak, tidak hanyak BKKBN tetapi pemerintah melalui OPD terkait dan juga Kementrian Agama.” tambahnya.

Untuk itu Mukhtar menitipkan agar DPRD dapat membantu dan mengawasi agar kerja sama antata OPD di daerah dapat sejalan dengan penyuluh KB di lapangan. (Muhammad Sidik

Ardy Daud: Pertanian dan Wisata Harus Tingkatkan Kemajuan Kerinci

JAMBI (SR28) - Penjabat sementara (Pjs) Gubernur Jambi, Ir.Restuardy (Ardy) Daud,M.Sc mengemukakan bahwa potensi pertanian dan pariwisata harus bisa meningkatkan kemajuan dan daya saing daerah Kabupaten Kerinci. Hal tersebut dikemukakan Ardy Daud pada Rapat Paripurna Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Kerinci dalam rangka Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-62 Kabupaten Kerinci Tahun 2020, yang berlangsung di Ruang Rapat Paripurna Gedung DPRD Kabupaten Kerinci, Senin (9/11/2020).

Untuk itu, Ardy Daud meminta Pemerintah Kabupaten Kerinci harus terus memanfaatkan potensi pertanian dan pariwisata yang lebih produktif dan inovatif sesuai dengan karakteristik daerah Kerinci demi kesejahteraan masyarakat.

"Kabupaten Kerinci yang terletak di dataran tinggi memiliki keunggulan dan potensi pertanian dan perkebunan, terutama untuk komoditi teh, kopi, dan kayu manis yang memiliki kualitas ekspor. Kita mengetahui kopi produksi Kerinci telah dikenal oleh para pecinta kopi internasional dan telah memiliki brand kopi Sumatera Koerintji," ujar Ardy Daud.

"Berbekal keunggulan dan karakteristik wilayah Kerinci, kita harus terus mendorong daya saing daerah yang berbasis pertanian dengan didorong sektor industri dan pariwisata untuk lebih menggiatkan perekonomian daerah, menciptakan lapangan pekerjaan, serta meningkatkan kualitas hidup masyarakat dalam mempersiapkan generasi emas Indonesia di tahun 2045," tambah Ardy Daud.

Ardy Daud mengungkapkan, Pemerintah Pusat telah menetapkan Kabupaten Kerinci dalam RPJMN 2019-2024 sebagai kawasan strategis pariwisata nasional dan Taman Nasional Kerinci Seblat sebagai cluster destinasi wisata alam prioritas. Pemerintah Provinsi Jambi juga telah menetapkan kawasan nasional Kerinci Seblat dan sekitarnya dalam rencana induk pembangunan kepariwisataan 2016-2021 sebagai kawasan strategis Provinsi Jambi.

"Hal ini didukung dengan keberadaan Bandara Depati Parbo sebagai salah satu simpul jaringan transportasi yang merupakan pintu gerbang perekonomian masyarakat. Semua itu merupakan suatu modal dalam membangun daerah, yang dapat mendorong percepatan pembangunan Kabupaten Kerinci menjadi lebih maju," ungkap Ardy Daud.

Selanjutnya, Ardy Daud menuturkan, aktivitas masyarakat sepanjang tahun 2020 ini sangatlah terbatas akibat pandemi covid-19 yang tengah melanda, serta mengajak seluruh masyarakat Kabupaten Kerinci untuk sama-sama konsisten dalam menerapkan protokol kesehatan.

Ardy Daud juga mengajak seluruh masyarakat Kabupaten Kerinci untuk meyukeskan pilkada serentak pada tanggal 9 Desember 2020 secara aman, demokratis dan sehat, karena pilkada merupakan sebuah proses untuk mendapatkan pemimpin terbaik, serta memiliki legimitasi di masyarakat.

Bupati Kerinci, Dr.H.Adirozal,M.Si menyampaikan berbagai perkembangan dan kemajuan yang telah diraih oleh pemerintah dan masyarakat Kabupaten Kerinci sejak November 2019 sampai Oktober 2020., terlihat dari berbagai indikator pembangunan, salah satunya pertumbuhan ekonomi Kabupaten Kerinci 5,01 persen pada tahun 2020.Adirozal menjelaskan, Pemerintah Kabupaten Kerinci terus melakukan berbagai terobosan dan inovasi untuk mendukung penyelenggaraan pemerintahan, diantaranya peningkatan infrastruktur jalan untuk memperkuat aktivitas ekonomi masyarakat Kerinci, peningkatan kualitas jaringan irigasi, dan pembangunan infrastruktur pasar.

"Untuk sektor perkebunan, terutama komoditi kopi, Pemerintah Kabupaten Kerinci telah melakukan kerja sama dengan Belgia yang didampingi oleh Lembaga Swadaya Masyarakat internasional Rikolto. Kita telah melakukan ekspor kopi ke Belgia sebanyak 15,9 ton dalam bentuk green bean dan ekspor ke Jepang sebanyak 2,1 ton yang dilakukan oleh Koperasi Koerintji Barokah Bersama," jelas Adirozal.

"Sementara itu, Koperasi Kopi Alam Korintji (Alko) juga telah menjalin kerjasama dengan Starbucks dan diviralkan oleh Menteri BUMN, Menteri  Pariwisata dan Ekonomi Kreatif dan Najwa Shihab. Hal ini telah membuktikan bahwa perkembangan Kopi Kerinci sangat signifikan," lanjut Adirozal. (Sidik)

Breaking News!!! Pemkot Jambi Kembali Liburkan Siswa PAUD, SD dan SMP se-Kota Jambi

KOTA JAMBI (SR28)-  Setelah melaksanakan keputusan Walikota Jambi nomor 245 Tahun 2020 tentang Penetapan Pelaksanaan Relaksasi di Bidang Pendidikan Tahun Ajaran 2020-2021 selama 3 pekan terhitung 13 juli 2020, pada hari Rabu (6/8/2020) Pemerintah Kota Jambi secara resmi kembali meliburkan siswa/i PAUD/TK, SD dan SMP yang ada di Kota Jambi. Keputusan tersebut diambil setelah menyikapi melonjaknya kasus Covid 19 di Kota Jambi dan Provinsi Jambi sebanyak 19 orang. Angka ini tercatat sebagai angka terbesar setelah klaster Gowa yang membuat panik masyarakat Provinsi Jambi pada bulan Mei lalu.

Keputusan untuk meliburkan kembali siswa-siswi ini disampaikan secara langsung oleh Kadis Pendidikan Kota Jambi Mukhlish dengan melalui surat resmi dengan perihal pemberitahuan yang ditujukan kepada seluruh Kepala PAUD, SD dan SMP tetanggal 5 Agustus 2020. Para siswa ini diminta untuk melakukan Pembelajaran Jarak Jauh terhitung 6 Agustus 2020 hingga 19 Agustus 2020.

Berikut surat resminya

Jurnalis: Muhammad Sidik

Wabup: Tujuh Intruksi Presiden di HUT Bhayangkara ke-74

MERANGIN - Pada peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Bhayangkara ke-74, Presiden Republik Indonesia Joko Widodo, memberi tujuh intruksi penting sebagai pedoman dalam pelaksanaan tugas Polri.

Hal tersebut ditegaskan Wabup Merangin H Mashuri, usai mengikuti jalannya peringatan HUT Bhayangkara ke-74 secara virtual pada acara syukuran yang digelar Polres Merangin, Rabu (01/7).

‘’Ketujuh intruksi Presiden ini sangat penting. Tentunya nanti akan diteruskan oleh Kapolres Merangin Bapak AKBP M Lutfi kepada jajaran, sebagai abdi dan pengemban hukum di wilayah Kabupaten Merangin,’’ujar Wabup dibenarkan Kapolres Merangin.

Intruksi itu jelas wabup, pertama Polri diminta Presiden terus memegang teguh dan mengamalkan nilai-nilai luhur Tri Brata dan Catur Prasetya dalam setiap pelaksanaan tugas. Jaga kehormatan, kepercayaan dan kebanggaan sebagai anggota Polri.

Kedua, terus lakukan reformasi diri secara total. Bangun sistem dan tata kelola yang partisipatif, transparan dan akuntabel. Bangun kultur kerja Polri yang profesional, modern dan terpercaya. Ketiga, terus mantapkan soliditas internal.

‘’Tentunya juga harus memperkuat sinergi Polri dengan TNI dan seluruh elemen pemerintah maupun masyarakat untuk menghadapi tantangan yang semakin kompleks,’’sadur Wabup.

Keempat, terus terapkan strategi proaktif serta tindakan persuasif dan humanis dalam menangani masalah sosial yang terjadi di tengah masyarakat. Kelima, terus tingkatkan pelayanan publik yang modern dan profesional.

Lakukan penanganan hukum secara transparan dan berkeadilan, sehingga Polri semakin dipercaya masyarakat. Keenam, terus jaga kedisiplinan masyarakat dalam menerapkan protokol kesehatan agar masyarakat produktif dan aman dari Covid-19.

‘’Ketujuh, Polri diminta Presiden harus ikut mendukung proses pemulihan ekonomi nasional sesuai kewenangan Polri dengan penuh tanggung jawab,’’terang Wabup pada acara syukuran yang dihadiri para pejabat di jajaran Polres Merangin tersebut.

Latest News

Tak Layak Masuk Dalam Pemiliharaan, Aktivis Endus Dugaan Korupsi Uang Negara Di Pembangunan Sarana dan Prasarana MTQ Tanjabbar

KUALA TUNGKAL (SR28) - Terkait hasil kerja pembangunan Sarana dan Prasarana MTQ Tingkat Provinsi Jambi yang berada di Desa Tungkal 1 (Satu)...

Di Akhir Jabatannya, Bupati Safrial Resmikan Proyek Fisik Infrastruktur 2016-2020

KUALA TUNGKAL (SR28) - Bupati Tanjung Jabung Barat, Dr. Ir.H.Safrial didampingi Wabup Drs. H. Amir Sakib, Senin (11/01/21) kemarin di Laman Orang...

Yuk Intip, Ini Daftar Kekayaan 5 calon Kapolri

JAKARTA (SR28)- Perrgantian Kapolri direncanakan akan rampung pada akhir Januari 2021 ini. Sederet nama pun mulai muncul ke publik, mulai dari petinggi...

Nelayan Melihat Pesawat Jatuh Saat Hujan Deras di Sekitar Lokasi Jatuhnya Sriwijaya Air SJ 182

JAKARTA - Berdasarkan informasi dari Kepala Seksi Pemerintahan dan Transit Kecamatan Kepulauan Seribu Selatan, Surachman mengatakan, nelayan Pulau Lancang mendengar ledakan di...

LSM Petisi: Hasil Kerja Pembangunan Sarana Dan Prasarana MTQ Didesa Tungkal 1 Tanggung Jawab PPK-PPTK

KUALA TUNGKAL (SR28) – Terkait hasil kerja pembangunan Sarana dan Prasarana MTQ Tingkat Provinsi Jambi yang berada di Desa Tungkal 1 Kecamatan...

Music

Fachrori Apresiasi Langkah Baznas Bantu Masyarakat Terdampak Covid-19

MUARA SABAK (SR28)- Fachrori Apresiasi Langkah Baznas Bantu Masyarakat Terdampak Covid-19Nipah Panjang, Kab.Tanjabtim (Humas Pemprov Jambi) - Gubernur Jambi Dr.Drs.H.Fachrori Umar.M.Hum mengemukakan dirinya sangat mengapresiasi langkah Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Provinsi Jambi yang membantu masyarakat yang tidak mampu yang sangat terdampak Covid-19. Hal itu disampaikannya saat Penyerahan Bantuan dari Baznas Provinsi Jambi kepada Masyarakat yang sangat Terdampak Covid-19 di Nipah Panjang Kabupaten Tanjung Jabung Timur, Rabu (29/07/2020).Sebanyak 300 (tiga ratus) paket sembako dibagikan kepada mustahiq agar dapat meringankan beban ekonomi masyarakat yang sangat terdampak pandemi Korona.Sebelumnya, gubernur meninjau Lapas Kelas III B Muara Sabak dan menyerahkan satu set bola kaki dan bola voli, serta meninjau Kampung Asimilasi dan Edukasi Kepompong di lapas tersebut, dilanjutkan peninjauan Pondok Pesantren Al-Hidayah Rantau Rasau. Pada kesempatan ini Fachrori menyerahkan bantuan pribadi.Fachrori menyampaikan ucapan terima kasih kepada Baznas Provinsi Jambi yang telah penuh perhatian  kepada masyarakat, serta berharap agar Baznas meningkatkan peran dan fungsinya dalam pelayanan optimalisasi zakat, sehingga zakat dapat menjadi stimulan dalam menggerakkan keswadayaan masyarakat, guna mengurangi beban masyarakat dalam menghadapi pandemi Covid-19.“Sebagaimana kita ketahui bahwa zakat merupakan ibadah wajib bagi umat Islam, ibadah zakat tidak saja menyangkut hubungan hamba dengan Rabb-nya, tetapi mengandung nilai-nilai sosial yang mengatur hubungan sesama manusia. Mengingat arti penting  ibadah zakat begitu banyak dalil didalam Al-Qur’an maupun hadis-hadis Nabi Sholallahu’alaihi Asallam yang menekankan kewajiban berzakat diantaranya firman Allah Subhanathu Wa Taala dalam surat At-Taubat ayat 103 dan surat Al-Baqarah ayat 43,” ujar Fachrori.Facrori menjelaskan, zakat merupakan filantropi Islam yang tidak ditemukan dalam ajaran agama lain sebagai bentuk kedermawanan. “Zakat menanamkan nilai-nilai kemanusiaan dan rasa tanggung jawab sosial terhadap nasib sesama insan. Selain kedermawanan, zakat juga mendidik umat muslim untuk tidak egois dan kikir dalam mengelola harta titipan Allah, karena harta yang ada dengan kita hakekatny aadalah hak orang lain yang disalurkan melalui tangan kita, peran yang kita jalankan hanyalah mendisrtibusikan harta tersebut. Sunguh merupakan sebuah kemuliaan jika kita ditakdirkan sebagi penyalur rezeki kepada makluk-makluk Allah,” tutur Fachrori.Fachrori mengatakan, pandemi Covid-19 saat ini menimbulkan banyak problematika akibat adanya pembatasan aktivitas di hampir seluruh daerah di Indonesia termasuk Provinsi Jambi. Fachrori berharap dengan adanya bantuan ini dapat membantu meringankan beban ekonomi masyarakat saat pandemi yang melanda dunia.Sebelumnya, Wakil Bupati Tanjung Jabung Timur Robi Nahliansyah menyampaikan,  atas nama Pemerintah Kabupaten Tanjung Jabung Timur mengucapkan terima kasih kepada Baznas Provinsi Jambi yang telah penuh perhatian kepada masyarakat di Tanjung Jabung Timur, dan turun langsung menyerahkan bantuan sembako kepada masyarakat yang sangat terdampak Covid-19. “Suatu kehormatan bagi kita semua karena langsung diantar dan Gubernur Jambi langsung turun ketengah masyarakat,” yngkap Wakil Bubati Tanjabtim.“Pemerintah Kabupaten Tanjung Jabung Timur terus berupaya bekerja sama dengan tim gabuanga Covid-19 dan terus mengimbau  masyarakat dalam  melaksanakan aktivitas sehari-hari selalu melakukan sesuai dengan anjuran protokol kesehatan yaitu mencuci tangan, pakai masker, jaga jarak dimanapun kita berada,” sambung Robi.Ketua Bazans Provinsi Jambi Hasan Basri menyampaikan ucapan terima kasih kepada Gubernur Jambi yang langsung turun  ketengah masyarakat yang sedang memerlukan bantuan. “Baznas mempunyai banyak program untuk membantu masyarakat terutama fakir miskin dan para pedagang kecil. Baznas akan terus berkoordinasi dengan tim gugus tugas dalam upaya membantu pemerintah dalam percepatan penaggulangan dampak Covid-19.

Humas Provinsi Jambi

Pemkot Jambi Raih WTP Atas Laporan Keuangan 4 Tahun Berturut-turut

KOTA JAMBI - Kota Jambi kembali mendulang kisah sukses dalam kepiawaiannya mengelola akuntabilitas tata kelola keuangan daerah. Daerah yang dijuluki Tanah Pilih Pusako Batuah Kota Jambi ini, kembali meraih apresiasi dan penghargaan dari pemerintah pusat, berupa Piagam Penghargaan Capaian Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) atas Laporan Keuangan Tahun 2019 dari Menteri Keuangan Republik Indonesia.

Kasus Baru Positif Covid 19 di Petro China, Sekda Himbau ASN Patuhi Protokol Kesehatan

KUALA TUNGKAL (SR28) - Terkait adanya penambahan kasus baru terkonfirmasi positif covid 19 di Kabupaten Tanjung Jabung Barat baru-baru ini, Sekretaris Daerah Ir. H. Agus Sanusi himbau ASN agar disiplin terapkan protokol kesehatan. Hal itu disampaikan Sekda dalam arahannya saat menjadi inspektur Apel rutin Sekretariat Daerah yang diselenggarakan di Halaman Kantor Bupati, Senin (27/07/2020).

Sekda mengutarakan, "Meskipun kita terapkan new normal atau adaptasi kebiasaan baru, saya himbau kepada masyarakat, khususnya ASN, untuk betul-betul terapkan protokol kesehatan, seperti yang kita tau, beberapa hari ini di kabupaten Tanjung Jabung Barat ada penambahan kasus Baru positif covid 19 di salah satu perusahaan yang beroperasi di Kecamatan Betara, untuk diketahui, hingga Minggu (26/07) kemarin, ada 13 karyawan perusahaan Petrochina International Jabung Ltd yang terkonfirmasi positif covid 19 dari hasil tracking disertai uji swab," beber Sekda.

Menurut Sekda, menyikapi adanya kasus baru positi covid 19 di Tanjab Barat, Tim Satgas Percepatan Penanggulangan Covid 19 Kabupaten Tanjung Jabung Barat dan Provinsi Jambi akan turun langsung lakukan peninjauan ke lokasi perusahaan.

"Selain itu, rencananya hari ini Tim Satgas Tanjab Barat dan Provinsi Jambi akan lakukan pengambilan sampel di salah satu pasar di Kecamatan Betara untuk memantau perkembangan covid 19, rencananya sekitar 500 sampel," jelas Sekda.

Lanjut sekda terkait hal tersebut hari ini juga akan dilakukan pembahasan terhadap Raperda Penegakan Protokol Kesehatan yang beberapa waktu lalu telah disampaikan oleh Bupati pada Rapat Paripurna DPRD Tanjung Jabung Barat.

"Semoga pembahasan Raperda ini nantinya berjalan lancar dan bisa segera diberlakukan, tujuannya agar protokol kesehatan bisa benar-benar diterapkan di masyarakat," pungkasnya. (Sabri)

Gubernur Jambi Perkuat Komunikasi dengan Pihak Sekolah

JAMBI (SR28) - Penjabat Gubernur Jambi Restuardy Daud, berupaya menguatkan komunikasi guna mengetahui kebutuhan sekolah yang saat ini kegiatan belajar mengajar mengalami perubahan menghadapi Pandemi Covid-19, Sabtu (10/10).

Audiensi bersama Kepala Sekolah SMAN/SMKN se Kota Jambi yang berlangsung di Rumah Dinas Gubernur Jambi menjadi harapan Pjs.Gubernur Jambi untuk meningkatkan kemajuan dan ketertiban sekolah dengan bangunan komunikasi yang baik sehingga proses belajar mengajar dapat terlaksana maksimal. "Generasi Z merupakan generasi yang lahir 1998 hingga tahun 2010 akan berbeda gaya komunikasi dan saya yakin para guru sudah menerapkan dan punya strategi," ungkap Pjs.Gubernur Jambi.

Dunia pendidikan memiliki sosok penting yaitu guru yang bertatap muka secara langsung juga banyak memahami kondisi mental dan keinginan peserta didik, menyikapi hal tersebut Pjs.Gubernur Jambi menitikberatkan perhatian,"Saat anak-anak didik tidak dapat bertatap muka langsung diharapkan pembelajaran serta bimbingan tetap berlangsung baik dan Pemerintah Daerah juga berusaha memberikan fasilitas penunjang belajar yang dibutuhkan sekolah," jelas Pjs.Gubernur Jambi.

Sumbang saran dari beberapa kepala sekolah menginginkan adanya penambahan sarana dan prasarana sekolah guna memfasilitasi kebutuhan penerimaan dan pembelajaran siswa, serta kebijakan lain yang perlu dilakukan untuk kemajuan sekolah.

"Terima kasih atas masukan untuk Pemerintah Daerah dengan komunikasi ini kita dapat mengetahui secara langsung adanya pembinaan untuk siswa, keberadaan ruang kelas dan kebutuhan penting lainnya juga membangun kerja sama pemerintah, pihak sekolah dan orang tua," kata Ardy Daud.

Pemprov Jambi Butuh Dukungan Komisi V DPR RI untuk Pembangunan Infrastruktur

JAMBI (SR28) - Penjabat Sementara (Pjs) Gubernur Jambi, Ir Restuardy (Ardy) Daud M.Sc berharap dukungan pembangunan infrastruktur dan transportasi di Provinsi Jambi dari Komisi V DPR RI.

Hal itu disampaikannya saat menerima kunjungan kerja Komisi V DPR RI di Provinsi Jambi, di Auditorium Rumah Dinas Gubernur Jambi, Senin siang, 12 Oktober 2020.

Ardy Daud mengparesiasi kunjungan kerja Komisi V DPR RI ke Provinsi Jambi pada Reses Masa Persidangan I Tahun 2020 – 2021, sebagai perhatian terhadap pembangunan di daerah, sekaligus menjaring aspirasi daerah terkait program dan kegiatan pemerintah.

Ardy mengatakan, pembangunan infrastruktur dan penyediaan sarana prasarana transportasi menjadi salah saru prasyarat penting, untuk meningkatkan daya saing saerah, karena ketersediaan infrastruktur dan sarana prasarana transporttasi yang memadai dapat memperlancar berbagai aktivitas serta menjadi katalisator bagi pergerakan dan perkembangan sektor-sektor lain, dan Pemerintah Provinsi Jambi terus berupaya meningkatkan kualitas dan kuantitas infrastruktur wilayah serta sarana dan prasarana transportasi.

Ardy Daud mengharapkan dukungan Komisi V DPR RI terhadap pembangunan Kawasan Ekonomi Ujung Jabung, yang diproyeksikan menjadi pusat produksi sekaligus distribusi produk unggulan Provinsi Jambi dan sekitarnya, dengan harapan dapar meningkatkan nilai tambah produk, diversifikasi usaha, dan penyerapan tenaga kerja, serta menjadi kawasan perekonomian andalan Provinsi Jambi di masa depan.

Ardy menjelaskan, pembangunan Kawasan Ujung Jabung diinisiasi sejak 2010. Pemerintah Provinsi Jambi sudah menyiapkan beberapa dokumen dan kerangka legal, penyusunan masterplan, penetapan Perda Kawasan, pembebasan lahan untuk jalan dan Pelabuhan.
Kementerian Perhubungan telah mengalokasikan Rp 231 miliar sejak tahun 2014 sampai 2019, namun saat ini pembangunan pelabuhan terhenti. Kementerian PUPR juga memberikan dukungan dalam pembangunan jalan ke Kawasan Ujung Jabung.

Ardy mengatakan, dukungan pembangunan Jembatan Sungai Rambut sebagai bagian jalan akses menuju Pelabuhan Ujung Jabung juga sangat diharapkan. “Terlebih, kedua kegiatan ini sudah masuk dalam Program Prioritas Nasional dalam RPJMN 2020 – 2024,” ujar Ardy.

Kedua, Pembangunan subbidang Sumber Daya Air, khususnya lanjutan pembangunan prasarana pengendalian banjur Kota Jambi, berupa pembangunan dan Revitalisasi Drainase Utama Kota Jambi, serta lanjutan revitalisasi Danau Sipin Kota Jambi.

Ketiga, untuk sub bisang Keciptakaryaan, prioritas kegiatan adalah penurunan luasan kawasan kumuh perkotaan Jambi, berupa perbaikan kualitas Kawasan kumuh Danau Sipin Kota Jambi, Pembagunan Sistem Pengolahan Air Limbah Kota Jambi, serta Sistem Penyediaan Air Minum untuk Kebupaten Tebo dan Kabupaten Kerinci.

Keempat, untuk sub bidang perumahan, selain kegiatan rutin Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) dalam rangka meningkatkan jumlah Rumah Layak Huni di seluruh kabupaten/kota, juga untuk merealisasikan pembangunan Rumah Susun Pekerja RSUD Raden Mattaher Jambi.

Kelima, untuk sub bidang Kebinamargaan, pembangunan jalan ruas Jambi – Muara Sabak agar dapat dituntaskan sepenuhnya. Selain itu, beberapa ruas jalan nasional lainnya serta beberapa jembatan, serta memohon kiranya beberapa ruas jalan kewenangan provinsi dapat ditingkatkan statusnya menjadi jalan kewenangan nasional, sesuai dengan kondisi terkini dan kebutuhan.

Keenam, untuk sektor transportasi, pengembangan bandara-bandara yang ada di Provinsi Jambi, seperti rencana perpanjangan runway Bandara Sultan Thaha, serta pengembangan dan penambahan fasilitas Bandara Depati Parbo Kerinci dan Bandara Bungo.

Selain itu, pembangunan Halte Sungai di Kabupaten Muaro Jambi, Kabupaten Tanjung Jabung Barat, Kabupaten Tanjung Jabung Timur, serta pembangunan dermaga di Danau Kerinci untuk menunjang transportasi dan pariwisata.

Wakil Ketua Komisi V DPR RI yang juga Ketua Rombongan Kunjungan Kerja Komisi V, H Syarief Abdullah Alkadrie mengatakan, pembangunan infrastruktur dan peningkatan konektivitas sangat berdampak terhadap semua sektor, termasuk untuk membantu ketahanan pangan.

Syarief Abdullah Alkadrie menngemukakan, pembangunan infrastruktur juga untuk membantu penyerapan tenaga kerja di tengah pandemi.

Syarief minta mitra Komisi V DPR RI yang ikut dalam kunjungan kerja ini menampung usuan-usulan dari Pemerintah Provinsi Jambi.

Usai pertemuan di Rumah Dinas Gubernur Jambi, Pjs.Gubernur Jambi mendampingi Komisi V DPR RI dan rombongan meninjau prasarana pengendali banjir Kota Jambi di Sungai Tembuku, yang dibangun oleh Kementerian PUPR Direktorat Jenderal Sumber Daya Air Balai Wilayah Sungai Sumatera VI, dilanjutkan dengan pembangunan jalan ruas Jembatan Batanghari II – Muara Sabak.

Pjs Gubernur Jambi dan rombongan tim Komisi V DPR RI singgah di Candi Muaro Jambi. Gubernur Jambi Periode 2010 – 2015, H Hasan Basri Agus (HBA) yang saat ini menjadi anggota Komisi V DPR RI memperkenalkan Candi Muaro Jambi kepada rombongan Komisi V DPR RI, yang pada tahun 2011 ditetapkan oleh Presiden Republik Indonesia sebagai Kawasan Wisata Sejarah Budaya Terpadu.

Peninjauan Perpanjangan Landasan Pacu Bandara Sultan Thaha

Sebelum pertemuan di Rumah Dinas Gubernur Jambi, Ardy Daud menyambut kedatangan rombongan Komisi V DPR RI di Bandara Sultan Thaha, yang dilanjutkan dengan peninjauan pembangunan perpanjangan runway (landasan pacu) Bandara Sultan Thaha.

Komisi V DPR RI mendapatkan pemaparan dari pihak Angkasa Pura tentang progres kerja yang dilakukan oleh Angkasa Pura II. Lingkup pekerjaan yang dilakukan adalah perpanjangan runway 2.220 X 45 m menjadi 2.602 X 45m beserta pendukungnya.

Lingkup pekerjaan pendukung yang dilakukan adalah clearing include strip, perbaikan tanah dasar, urug tanah, runway strip dan runway safety area, pekerjaan saluran, pekerjaan flexible pavement, pekerjaan airfield lighting, dan pekerjaan marka.

Tidak hanya akan memperluas terminal dan perpanjangan runway, rencananya sekaligus akan diperluas apron dari eksisting 38.000 meter persegi menjadi 46.500 meter persegi.

Culture

- Advertisement -

Pasien Corona Dilarang Isolasi Mandiri Dirumah

JAMBI (SR28) - Pemprov Jambi mengeluarkan kebijakan terbaru untuk melarang pasien corona menjalani isolasi mandiri di rumah. Bahkan, pemerintah saat ini sedang mendata para pasien tersebut untuk dijemput.

Jelang Natal dan Tahun Baru, Sebanyak 40 Ton Pasokan Daging Beku Tersedia

JAMBI - Jelang perayaan natal 2020 dan tahun baru 2021, kantor wilayah Bulog Jambi memastikan pasokan daging beku untuk seluruh wilayah provinsi Jambi dalam kondisi aman. untuk mengantisipasi tingginya permintaan, kanwil Bulog Jambi sudah menyiapkan daging beku sebanyak 40 ton.

Usai Gelaran Debat Pilgub Putaran Pertama, Partai Gelora Se-Provinsi Jambi Kembali Gelar Konsolidasi

JAMBI (SR28) - Berlangsung di RM.Pondok Purnamana yang terletak di bilangan Kota Baru Jambi, para pengurus ada ada pada level Kabupaten/Kota menggelar konsolidasi tingkat Provinsi Jambi.

Konsolidasi digelar seiring dengan telah digelarnya debat putaran pertama sekaligus penggodokan semua informasi dan penyusunan  langkah-langkah strategis pemenangan pasangan Fachrori Umar-Syafril Nursal.

Dalam pertemuan tersebut turut hadir tim dari Berkah 5, Anggara. Berbekal pengalaman berjibaku di lembaga survei Indobarometer, pria berdarah Kerinci tersebut juga memberikan informasi terbaru seputar peta politik pemilihan Gubernur Provinsi Jambi terbaru.

Ketua DPW Partai Gelora Jambi Mahyudi dalam keterangan persnya menyebut konsolidasi digelar seiring dengan peta Pilgub yang telah mulai tampak peta basis-basis seluruh kandidat.

"Ini adalah kali kesekian kami menggelar konsolidasi Partai, Alhamdulillah setiap konsolidasi selalu ada informasi terbaru yang bisa kita himpun dan segera kita sikapi" Ungkap Mahyudi (Minggu 25 Oktober 2020).

Mahyudi juga melanjutkan, jika hasil konsolidasi tersebut akan terus dia laporkan pada tim pemenangan FU-SN.

"Kami ingin langkah kami base on data, kami mau semua valid. Jadi konsolidasi inilah ajang kami menghimpun informasi diakar rumput dan mengkombinasikannya dilevel yang lebih tinggi lagi. Goalnya jelas, memenangkan pasangan FU-SN.

Dalam pertemuan tersebut turut hadir disemua perwakilan tiap Kabupaten/Kota, kecuali Sungai Penuh yang berhalangan hadir. (Muhammad Sidik)

- Advertisement -

Must Read

Simulasi Pemungutan Suara di Masa Pandemi

JAMBI - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Jambi telah melakukan simulasi pemungutan suara di TPS beberapa waktu lalu. Simulasi tersebut dalam rangka penerapan protokol kesehatan untuk memastikan masyarakat aman saat menggunakan hak pilihnya.

Bawaslu Pertanyakan Keterbukaan Informasi Hasil Tes Kesehatan Cagub-Cawagub Jambi

JAMBI (SR28) - Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Provinsi Jambi mempertanyakan keterbukaan informasi hasil tes kesehatan yang dilakukan KPU Jambi terkait hasil peemriksaan kesehatan para Bapaslon Gubernur dan Wakil Gubernur Jambi yang kini telah ditetapkan sebagai Cagub dan Cawagub Jambi tahun 2020.

Sumber: JAMBI28 TV

Bawaslu Larang Keras Konser Musik Saat Kampanye Ditengah Pandemi

JAMBI (SR28) - Bawaslu Provinsi Jambi melarang keras orang berkumpul di suatu tempat seperti konser musik serta kegiatan kampanye lainnya yang mengumpulkan massa lebih dari 50 ditengah pandemi saat ini.

Istri Camat Dijambret Oknum Pegawai Honorer di Bungo

BUNGO (SR28) - Tim Spartran Polres Bungo, Jambi mengamankan 1 pelaku penjambretan istri seorang camat. Dari penangkapan tersebut akhirnya diketahui pelaku merupakan oknum pegawai honorer di pemerintahan kabupaten Bungo yang beristri dua.

Tak Ada Pembatasan Warga Luar Daerah Masuk ke Kota Jambi

KOTA JAMBI (SR28) - Pemkot Jmabi tetap memberikan izin warga luar kota Jambi untuk berkunjung ke kota Jambi walaupun ditengah wabah Covid-19 yang masih berlangsung.

Masyarakat Jambi Diminta Tak Panik Atas Peningkatan Kasus Covid-19

JAMBI (SR28) - Masyarakat Jambi diminta untuk tidak panik atau malah takut akan kondisi peningkatan kasus baru pasien Covid-19 yang masih terus terjadi di setiap harinya. Selain diminta untuk tidak panik. Masyarakat juga selalu dihimbau untuk menerpakan protokol kesehatan 3 M Covid-19.

Lifestyle Magazine

Rahima Ajak Kader PKK Tunjukkan Peran Cegah Penularan Covid-19

BUNGO (SR28) - Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Provinsi Jambi, Hj.Rahima Fachrori mengajak seluruh kader TP PKK mulai dari tingkat Provinsi sampai ke tingkat Desa untuk menunjukkan peran PKK dalam membantu Pemerintah melakukan pencegahan dan penanganan Covid-19 yang tengah melanda Indonesia, khususnya Provinsi Jambi. Hal tersebut dikemukakan Rahima saat melakukan kunjungan kerja dalam rangka Gerakan Bersama Menggunakan Masker, yang dinamakan Gebrak Masker TP PKK Provinsi Jambi, yang berlangsung di Aula Rumah Dinas Bupati Bungo, Kamis (10/09).

Sebelumnya, Rahima bersama rombongan TP PKK Provinsi Jambi membagikan masker kepada masyarakat yang berada di Pasar Atas Bungo sebagai aksi nyata dari Gebrak Masker. Wakil Ketua I TP PKK Provinsi Jambi, Hj.Iin Kurniasih turut serta dalam acara tersebut.

Gebrak masker merupakan kebijakan Kementerian Dalam Negeri bekerja sama dengan TP PKK (Pusat), membuat gerakan secara nasional untuk memberikan bantuan masker kepada masyarakat, supaya pemakaian masker semakin massif, sebagai salah satu upaya dalam pencegahan penularan Covid-19.

"Kita harus menunjukkan peran PKK dalam mendukung dan membantu Pemerintah melakukan pencegahan dan penanganan Covid-19, salah satunya dengan Gebrak Masker ini. Saya mengajak seluruh kader untuk mensosialisasikan kepada masyarakat terkait kebijakan TP PKK yaitu gerakan bersama memakai masker (Gebrak Masker), serta mengajak untuk selalu mematuhi protokol kesehatan," ujar Rahima.

"Memakai masker merupakan salah satu upaya kita bersama mencegah penularan Covid-19 yang diikuti dengan tetap mematuhi protokol kesehatan, karena rendahnya disiplin masyarakat dalam mematuhi protokol kesehatan dan menggunakan masker menjadi salah satu penyebab meningkatnya penularan Covid-19," tambah Rahima.

Rahima mengingatkan untuk senantiasa membiasakan dan membudayakan 3 M yaitu, memakai Masker, Mencuci tangan menggunakan sabun dengan air mengalir dan Menjaga jarak. Hal ini sesuai dengan salah satu program prioritas PKK yaitu Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS).

Rahima mengharapkan agar Gebrak Masker dapat membantu pencegahan penularan Covid-19 yang sangat mengkhawatirkan semua pihak. "Mari bersama-sama kita perkuat peran PKK dalam membantu masyarakat secara luas hingga ke tingkat dasa wisma, dimana PKK harus hadir menjadi pelopor dan pelapor dalam mencegah penularan Covid-19 yang sangat berbahaya dan sangat memengaruhi sendi-sendi kehidupan," pungkas Rahima.

Wakil Ketua I TP PKK Kabupaten Bungo, Nining Wilasari,SE menyampaikan, kebijakan Gebrak Masker dari TP PKK Pusat merupakan salah satu bentuk upaya nyata dari TP PKK dalam membantu pemerintah mengatasi penyebaran Covid-19 yang semakin hari semakin meningkat. Semua menyadari Covid-19 memberikan pengaruh yang sangat besar, tidak hanya memengaruhi kesehatan masyarakat, tetapi sangat berdampak juga diberbagai sendi sendi kehidupan.

"Kita semua harus bahu membahu dalam mengatasi Covid-19 yang sedang melanda negeri ini, salah satunya dengan selalu mensosialisasikan kepada masyarakat untuk peduli dan patuh terhadap protokol kesehatan. Gebrak Masker ini merupakan upaya kita sebagai kader PKK dalam membantu Pemerintah mengatasi penyebaran Covid-19," kata Nining.

Nining melaporkan, TP PKK Kabupaten Bungo telah melakukan kerjasama dengan Dinas Kesehatan, Rumah Sakit, Puskesmas, dan tenaga kesehatan lainnya, mensosialisasikan gerakan selalu memakai masker dan melaksanakan penyuluhan tentang pentingnya mematuhi protokol kesehatan. "Kita secara langsung mengunjungi dusun-dusun untuk melakukan sosialisasi dan penyuluhan kepada masyarakat. Alhamdulillah, semua dusun yang ada di Kabupaten Bungo ini sudah mendapatkan sosialisasi dan penyuluhan terkait Covid-19," tutup Nining.

Pada kesempatan tersebut, Rahima menyerahkan bantuan masker secara simbolis kepada Wakil Ketua I TP PKK Kabupaten Bungo. Selanjutnya, Rahima juga secara langsung memberikan bantuan masker dan bantuan sembako kepada masyarakat Dusun Sungai Buluh Kecamatan Rimbo Tengah Kabupaten Bungo.

Aktivis Tanjab Barat Terus Soalkan Rehab Rumah Dinas Kejari

KUALA TUNGKAL (SR28) - Proyek rehab rumah dinas Kejaksaan Negeri (Kejari) Kuala Tungkal yang menggunakan Dana APBD-P Tanjab Barat Tahun Anggaran 2020 sebesar Rp. 1.237.354.000 yang sedang dikeerjakan CV Dinamika Metro Technology, Konsultan pengawas CV Rekanns Tri Prakasa terus disoalkan aktivis Tanjab Barat.

Aktivis Tanjab Barat Anand Viqriza. SH.MH menduga ada kelaborasi dan konspirasi terselubung di proyek Rehab rumdis Kejari Kuala Tungkal tersebut.

"Kita menduga ada konspirasi terselubung sehingga proyek tersebut melenggang bebas dan tanpa pengawasan oleh instansi terkait demikian juga dengan kunsultan pengawas, hal ini sangat kita sayangkan, ada apa, " demikian tutur Anand Viqriza. SH. MH kepada SR28.

Terkait hal ini, oknum Dinas PUPR hingga kini belum dapat ditemui awak media,untuk dimintai keterangan terkait rehab Rumah Dinas Kejari Kuala tungkal namun ternyata dilokasi didapati unit bangunan baru, demikian terkait diameter cerucup yang digunakan rekanan. (Sabri)

Banjir Sudah Datang, Status Siaga Bencana Belum Ditetapkan BPBD Jambi

JAMBI - Meski beberapa daerah di wilayah Jambi sudah dilanda banjir. Namun pemerintah provinsi Jambi memilih untuk belum menaikkan status bencana Hidrometeorologi menjadi siaga.

BPBD Jambi menjelaskan belum ditetapkannnya status siaga bencana lantaran curah hujan di awal bulan Desember ini belum terlalu tinggi.

Gubernur Jambi: Penyampaian Aspirasi Dijamin Undang-Undang

JAMBI (SR28) - Penjabat Sementara Gubernur Jambi Restuardy Daud, membuka ruang komunikasi penyampaian aspirasi dengan mengundang BEM dan Paguyuban Mahasiswa di Rumah Dinas Gubernur Jambi, Senin (19/10).

Pjs.Gubernur Jambi mengakui adanya penyampaian aspirasi mahasiswa dalam beberapa hari terakhir merupakan bentuk sikap kritis yang telah dijamin Undang-Undang sehingga hal tersebut menjadi perhatian Pemerintah Provinsi Jambi dengan membuka ruang komunikasi menampung saran dan kritik.

"Membawa aspirasi masyarakat dapat tersalurkan dan dijamin Undang-Undang namun dalam bernegara ada keseimbangan yang perlu dijaga," ungkap Pjs.Gubernur Jambi.

Ada beberapa tantangan bersama yang disampaikan Pjs.Gubernur Jambi untuk menjadi perhatian yaitu tantangan 2020-2035 masuk periode bonus demografi dengan kondisi usia produktif lebih banyak dari usia non produktif yang peluang tersebut hendaknya dapat terisi secara maksimal termasuk mengenai Angkatan Kerja 2,9 juta-3 juta setiap tahun memasuki bursa kerja yang tergabung bersaing bersama 13 juta pencari kerja.

"Jadi perhatian kita untuk membuka lapangan kerja dan setiap tahun ada satu juta lebih alumni dari universitas," kata Pjs.Gubernur Jambi.

Menyikapi kondisi tersebut menjadi harapan dengan ruang aspirasi dan komunikasi Pemerintah Provinsi Jambi menampung saran dan kritik terkait Omnibus Law UU Cipta Kerja.

Paguyuban Mahasiswa Bungo dan BEM Unja menyampaikan kritik terkait pasal yang mengatur tentang Agraria, Ketenagakerjaan, Hutan, Izin Amdal.

Pjs. Gubernur Jambi secara khusus mengajak semua elemen membahas dan menyampaikan saran pada tim kerja yang dibentuk untuk menampung aspirasi tersebut sesuai klaster Undang Undang terkait."Ada Rancangan Peraturan Pemerintah menjadi ruang bagi kita untuk menyampaikan itu," kata Pjs.Gubernur Jambi.

Sabar Ya, Tahun 2021 Tidak Ada Kenaikan Upah

JAMBI - Keputusan untuk tidak menaikan UMP 2021 tersebut juga telah tertuang dalam surat keputusan Gubernur Jambi per tanggal 2 November 2020 lalu. Dan penetapan UMP tahun 2021 juga telah ditetapkan pemerintah melalui berbagai pertimbangan matang bersama serikat pekerja.

Video News

- Advertisement -

Walikota Jambi Syarif Fasha Ngaku Stress Jalani Isolasi Covid-19

KOTA JAMBI (SR28) - Orang nomor satu di Kota Jambi tersebut bahkan mnegaku sempat stress dan tertekan lantaran harus menjalani isolasi Covid-19. Fasha mengaku hal tersebut merupakan hal terberat bahkan mengalahkan kondisi kesehatannya.

Bawaslu Tolak Bantuan Masker dari Pemprov Jambi

JAMBI (SR28) - Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Jambi secara tegas menolak ide Pemprov Jambi untuk memberikan bantuan masker bagi para Paslon Pilub Jambi selama masa kampanye masih berlangsung.

Empat UPR Merangin Mendapat Sertifikat CPIB

MERANGIN  - Empat Unit Pembenihan Rakyat (UPR) di Kabupaten Merangin, diberi Sertifikat Cara Pembenihan Ikan  yang Baik (CPIB) dari Kementerian Kelautan Perikanan Republik Indonesia.

UPR  yang menerima sertifikat CPIB itu, Andika Hidayah dari UPR Andik Lele, Desa Sungai  Kapas Kecamatan Bangko,  Triswanto dari UPR Berkah Mina Desa Tambang Mas Kecamatan Pameneng Selatan.

Selain itu, Dwi Purwanto dari UPR Fadel Fish, Desa Tambang Mas Kecamatan Pamenang Selatan dan Sutar dari UPR Sahabat, Desa Tambang Mas Kecamatan Pamenang Selatan.

‘’Jadi kualitas pembenihan ikan kempat UPR ini, telah diakui secara nasional. Artinya mereka mempunyai kemampuan mengelola pembenihan ikan secara baik,’’ujar Bupati Merangin H Al Haris didampingi Wabup H Mashuri di halaman kantor bupati, Senin 13-7-2020.

Semakin banyak memiliki Sertifikat CPIB lanjut bupati, akan semakin menciptakan kepercayaan publik terhadap UPR tersebut, karena akan semakin membuktikan kalau hasil pembenihan yang dilakukan itu semakin baik.

Pada kesempatan itu, bupati juga menyerahkan sertifikat gratis lahan usaha budidaya perikanan (Prasehatkan) kepada sebanyak 20 orang anggota kelompok budidaya ikan di Kecamatan Tabir Ilir.
Sertifikat Prasehatkan itu terang Kadis Perikanan Merangin M Damai, merupakan kegiatan program pemberdayaan masyarakat, kerjasama Kementerian Kelautan Perikanan RI dengan Badan Pertanahan Nasional.

‘’Pemkab Merangin sebagai ‘penyambung tangan’ melalui Dinas Perikanan telah mengusulkan sertifikat kolam ini ke Pusat. Alhamdulillah telah dikabulkan langsung kita bagikan,’’ terang M Damai.

Bupati menambahkan, Sertifikat Prasehatkan itu akan mematenkan lahan perikanan milik seseorang secara hukum. Selain itu Sertifikat Prasehatkan juga digunakan pemiliknya untuk agunan pinjaman modal usaha.

Simulasi Pemungutan Suara di Masa Pandemi

JAMBI - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Jambi telah melakukan simulasi pemungutan suara di TPS beberapa waktu lalu. Simulasi tersebut dalam rangka penerapan protokol kesehatan untuk memastikan masyarakat aman saat menggunakan hak pilihnya.

Al Haris Nikmati Kebersamaan Bakar Ikan

MERANGIN - Bupati Merangin bersama Wabup Mashuri serta Sekda Merangin bersama jajaran menikmati ikan bakar serta makanan seafood lainnya.

Nampak tak ragu, orang nomor satu di kabupaten Merangin itu membakar sendiri ikan di pemanggangan ikan tersebut, meskipun panasnya kayu bakar tak menyurutkan Al Haris untuk terus membakar ikan dengan bumbu beraroma sedap tersebut.

Setelah ikan bakar telah matang, Al haris langsung memotong ikan bakar untuk dinikmati bersama. Terlihat suasana kekeluargaan dan kebersamaan Al Haris dengan para jajarannya tersebut, apalagi sembari duduk sambil bercerita untuk kemajuan bersama.

Kebersamaan pun semakin kentara tatkala mereka bernyanyi bersama yang membuat suasana menjadi semakin akran dan penuh kehangatan.

"Saya sangat senang sekali hari ini, bisa berkumpul bersama sambil menikmati ikan bakar yang kezat ini," ujar Al Haris.

Lepas Atlet PABBSI Ikuti Uji Tanding, Bupati Tanjabbar: Jaga Nama Baik Daerah

KUALA TUNGKAL (SR28) - Bupati Tanjung Jabung Barat Dr. Ir. H. Safrial, MS lepas atlet Persatuan Angkat Besi dan Berat Seluruh Indonesia (PABBSI) yang akan berangkat ke Kota Jambi untuk mengikuti Try Out dan Uji Tanding bersama PABBSI Kota Jambi, Kamis (17/9/2020).

Dalam pelepasan yang diadakan di Ruang Rapat Bupati tersebut, Bupati Safrial berpesan agar para atlet PABSSI Tanjab Barat bertanding dengan sportif dan bisa menjaga nama baik daerah.

"Dalam sebuah pertandingan juara itu penting, tapi sportifitas tetap harus dijaga. Jaga nama baik daerah. Selamat berjuang, mudah-mudahan sukses. Teriring doa dari kami secara pribadi. Semoga adek-adek memperoleh medali yang banyak," ujarnya.

Bupati juga berjanji akan meminta OPD terkait untuk bisa meningkatkan insentif atlet di Tanjab Barat.

"Insentif harus disesuaikan, upayakan lebih tinggi dari daerah lain, minimal sama. Agar atlet-atlet berprestasi tidak pindah ke daerah lain," tambah Safrial.

Sebelumnya ketua PABBSI Tanjab Barat H. M. Arif mengungkapkan try out dan latih tanding ini diadakan untuk menjaga kebugaran atlet karena banyak kegiatan terhenti disebabkan pandemi covid-19 sekaligus persiapan bagi atlet yang lolos PON Papua.

"Atlet PABBSI kita termasuk berprestasi Pak, ada dua yang ikut PON Papua, tapi tertunda karena Covid. Untuk itu kita adakan kegiatan ini agar kondisi atlet PABBSI tetap bugar," paparnya

Sementara Ketua KONI Tanjab Barat, Syarifuddin yang ikut serta dalam pelepasan berpesan agar atlet PABBSI bisa mengikuti kegiatan dengan semangat dengan tetap mengikuti protokol kesehatan. Ketua KONI juga minta maaf tidak bisa membantu dengan maksimal karena pandemi covid-19. (Sabri)

- Advertisement -

Music

Anak Dan Menantu Jokowi Menang Pilkada

SOLO - Gibran bersama pasangannya Teguh Prakosa berhasil menempatkan diri sebagai pemenang Pilwalkot Solo versi hitung cepat alias quick count, Rabu (9/12).

Jika Gibran sudah ditetapkan pemenang oleh KPU di Pilwalkot Solo, maka ia dan sang ayah Presiden Jokowi akan mencetak sejarah baru. Jokowi akan mencetak sejarah sebagai Presiden pertama yang memiliki anak sebagai wali kota. Pun Gibran akan mencetak sejarah sebagai wali kota pertama di Indonesia yang memiliki ayah seorang presiden.

Tak hanya Jokowi dan Gibran yang mencatatkan rekor. Menantu Presiden Jokowi, Bobby Nasution juga mencatatkan rekor sebagai menantu pertama Presiden yang sejauh ini berhasil menjadi wali kota versi quick count.

Berdasarkan hasil quick count Pilwalkot Medan lembaga Charta Politika pada Rabu (9/12), data masuk 99 persen, perolehan suara Bobby-Aulia mencapai 54,30 persen. Sementara itu, perolehan suara Akhyar-Salman 45,70 persen.

Berita Duka, Alfred Reidl Meninggal Dunia

AUSTRIA (SR28)- Kabar duka muncul dari dunia sepak bola tanah air. Pelatih timnas kelas senior yang sempat membawa Indonesia maju ke babak final versus Malaysia dalam ajang AFF 2010 itu telah meninggal dunia. Reidl meninggal di Negara Austria pada Selasa malam (8/9/2020) dalam usia 70 tahun.

Meski kala itu Indonesia belum juara dalam melawan kesebelasan Malaysia, namun performa dan capaian timnas yang digawangi oleh Alfred kala itu mampu membangkitkan semangat optimisme yang luar biasa bagi masyarakat Indonesia khususnya dalam dunia persepakbolaan.

Selamat jalan Mr.Alferd

Berita Duka, Alfred Reidl Meninggal Dunia

AUSTRIA (SR28)- Kabar duka muncul dari dunia sepak bola tanah air. Pelatih timnas kelas senior yang sempat membawa Indonesia maju ke babak final versus Malaysia dalam ajang AFF 2010 itu telah meninggal dunia. Reidl meninggal di Negara Austria pada Selasa malam (8/9/2020) dalam usia 70 tahun.

Meski kala itu Indonesia belum juara dalam melawan kesebelasan Malaysia, namun performa dan capaian timnas yang digawangi oleh Alfred kala itu mampu membangkitkan semangat optimisme yang luar biasa bagi masyarakat Indonesia khususnya dalam dunia persepakbolaan.

Selamat jalan Mr.Alferd

Al Haris Nikmati Kebersamaan Bakar Ikan

MERANGIN - Bupati Merangin bersama Wabup Mashuri serta Sekda Merangin bersama jajaran menikmati ikan bakar serta makanan seafood lainnya.

Nampak tak ragu, orang nomor satu di kabupaten Merangin itu membakar sendiri ikan di pemanggangan ikan tersebut, meskipun panasnya kayu bakar tak menyurutkan Al Haris untuk terus membakar ikan dengan bumbu beraroma sedap tersebut.

Setelah ikan bakar telah matang, Al haris langsung memotong ikan bakar untuk dinikmati bersama. Terlihat suasana kekeluargaan dan kebersamaan Al Haris dengan para jajarannya tersebut, apalagi sembari duduk sambil bercerita untuk kemajuan bersama.

Kebersamaan pun semakin kentara tatkala mereka bernyanyi bersama yang membuat suasana menjadi semakin akran dan penuh kehangatan.

"Saya sangat senang sekali hari ini, bisa berkumpul bersama sambil menikmati ikan bakar yang kezat ini," ujar Al Haris.

Sport News

Pegawainya Ada yang Positif Covid 19, RSUD Raden Mattaher Jambi Panik

KOTA JAMBI (SR28)- Usai salah satu pegawainya terkena Covid 19, manajemen RSUD Jambi melakukan sederet kebijakan penutupan layanan kesehatan bagi masyarakat. Melalui Surat Edaran yang dikeluarkan hari ini, Direktur RSUD Raden Mattaher Jambi dr.Ferry resmi menutup sejumlah layanan kesehatan seperti Poliklinik, Kamar Pelayanan Elektif serta memerintahkan agar pejabat yang berusia diatas 50 tahun agar bekerja dari rumah.

Berikut visualisasi lengkap dari Surat Edaran tersebut.

Jurnalis Muhammad Sidik

Walikota Jambi Ucapkan Terima Kasih dan Apresiasi kepada Tenaga Kesehatan

KOTA JAMBI - Pemkot Jambi mengakui bahwa apa yang telah diberikan pemerintah khususnya bagi seluruh tenaga kesehatan yang ada di Kota Jambi tak sebanding dengan capaian kinerja yang telah diberikan para tenaga kesehatan dalam penanganan Covid-19.

Untuk itu, Walikota Jambi memberikan apresiasi dan ucapan terima kasih. Walikota juga mendoakan agar amal kebaikan yang telahh dilakukan seluruh tenaga kesehatan menjadi amal pahala yang tak terhingga dari Tuhan Yang Maha Esa.

Pemkab Tanjabbar Siap Gelar Pilkada di Masa Pandemi

KUALA TUNGKAL (SR28) - Pemerintah Kabupaten Tanjung Jabung Barat menyatakan kesiapannya untuk menggelar Pilkada di tengah pandemi Covid-19. Hal ini disampaikan Sekretaris Daerah Ir. H. Agus Sanusi, MSi saat mewakili Bupati dalam Rapat Koordinasi (Rakor) Pilkada dan Penanganan Covid-19 melalui Video Conference bersama Pjs Gubernur Jambi, Ir. Restuardy Daud, M.Sc, di Ruang Rapat Bupati, Jumat (09/10).

Sekda H. Agus Sanusi menjelaskan persiapan yang telah dilakukan Pemkab Tanjab Barat untuk Pilkada dan penanganan covid-19.

"Dalam pelaksanaan Pilkada pada 09 Desember 2020 nanti, Kabupaten Tanjab Barat memiliki kurang lebih 6030 KPPS. Untuk penanganan Covid ada 3 tempat yang disiapkan pemkab jikalau ada pelonjakan yang kasus yang signifikan. Puskesmas Terjun Jaya Pematang Lumut disiapkan 20 bed, BLK eks Rumah Sakit Jantung 40 bed serta  Gedung Balai Adat 10 bed," papar Sekda.

"Harapan kami mudah-mudahan ruang isolasi ini tidak digunakan. Karena pada dasarnya ini hanya langkah antisipasi jika ada pelonjakan kasus Covid-19," ujarnya.

Dalam rapat yang diikuti seluruh Bupati/Walikota se-Provinsi Jambi tersebut Sekda juga menyampaikan saran terkait pelaksanaan rapid test jelang Pilkada. Dalam jadwal pelaksanaan rapid test diharuskan dari tanggal 5-26 November 2020.

Menurutnya jika dilaksanakan tanggal 26 November 2020 berati kurang 14 hari dari hari pencoblosan di tanggal 9 Desember yang dirasa sudah tidak efisien. Agus Sanusi berharap untuk pelaksanaan rapid test dapat di undur.

Sekda Agus Sanusi juga melaporkan beberapa informasi terkait penyelenggaraan pemerintahan Tanjab Barat kepada Pj. Gubernur yang baru dilantik tersebut. Mulai dari APBD-P 2020, proses APBD 2021, pelaksanaan Dana Desa hingga pembentukan Satgas Bencana.

Sebelumnya Pjs. Gubernur Jambi dalam arahannya mengatakan beberapa hal yg akan di bicarakan dalam rakor ini antara lain tentang penyelenggaran pemerintahan dan pelayanan publik, ketentraman dan ketertiban umum, pelaksanaan APBD 2020 dan penyusunan APBD 2021, pemulihan ekonomi dan optimimalisasi Dana Desa dan Siaga Bencana Hidrometeorologi, Pelaksanaan Tahapan Kampanye dan Pencegahan dan Penanganan Covid 19.

Turut hadir mendampingi Sekda, Kaban Kesbangpol, Sekretaris Satpol PP, Satgas Covid 19, Kepala BPBD, Direktur Rumah Sakit, Dinas Kesehatan, Kabag Pemerintahan serta tamu undangan lainya. (Sabri)

- Advertisement -

Ditetapkan Sebagai Tersangka, Walikota Sungai Penuh Terancam 1 Tahun Penjara

JAMBI (SR28) - Diduga lakukan tindak pidana pelanggaran pemilu, Walikota Sungai Penuh Asyafri Jaya Bakri (AJB) kini ditetapkan sebagai tersangka oleh pihak kepolisian dan terancam hukuman 1 tahun penjara.

Ardy Daud : Pancasila Falsafah Kehidupan Berbangsa dan Bernegara

JAMBI (SR28) - Penjabat Sementara (Pjs) Gubernur Jambi, Ir Restuardy Daud bersama forkompimda Provinsi Jambi mengikuti secara virtual peringatan Hari Kesaktian Pancasila di Monumen Pancasila Sakti, Lubang Buaya, Jakarta Timur, dari Ruang Kerja Gubernur Jambi, Kamis (1/10/2020).

Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) bertindak sebagai inspektur dalam upacara yang mengusung tema “Indonesia Maju Berlandaskan Pancasila.” Dalam upacara tersebut, dilakukan Pembacaan Teks Pancasila oleh Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat RI Bambang Soesatyo, serta Pembacaan dan Penandatangan Ikrar oleh Ketua Dewan Perwakilan Rakyat RI Puan Maharani.

Usai mengikuti upacara secara virtual, dalam sesi wawancara, Restuardy Daud-familiar dipanggil Ardy Daud-menegaskan bahwa peringatan Hari Kesaktian Pancasila ini merupakan wujud komitmen seluruh Bangsa Indonesia bahwa Pancasila adalah falsafah kehidupan berbangsa dan bernegara. Falsafah Pancasila ini merupakan suatu pandangan hidup yang telah diyakini bangsa Indonesia sebagai suatu kebenaran, oleh karena itu dijadikan falsafah hidup bangsa.

“Hari ini kita memperingati Hari Kesaktian Pancasila, hari ini kita kembali memperkuat komitmen kita menjadikan Pancasila sebagai dasar negara, falsafah negara, dan cara memandang kita sebagai negara besar, cara berbangsa dan bernegara itu yang perlu terus kita gelorakan. Pancasila sebagai falsasah dalam kehidupan kita sehari-hari, hal tersebut yang harus kita ingat dan kita tanamkan” ujar Ardy Daud.

Selain itu, Ardy Daud mengingatkan sekaligus mengajak masyarakat untuk menyikapi pandemi Covid-19 secara bijak. “Mari kita taati protokol kesehatan. Kita akan terus bersinergi dengan menerapkan tata kelola kesehatan mulai dari test, tracing, dan treatment (pemeriksaan, pelacakan, dan pengobatan). Kami sedang bekerja, dan saya yakin kita bisa menekan jumlah dengan disiplin menjalankan protokol kesehatan,” jelas Ardy Daud.

Kini, Hanya 4 Wilayah Jambi Yang Berzona Oranye Covid-19

JAMBI - Tingkat penularan Covid-19 di Provinsi Jambi sudah semakin membaik. Kini, hanya ada 4 wilayah di Jambi yang masih berzona oranye resiko penularan Covid-19.

Hanya Beda 0,4-0,5%, Semakin Keujung Persaingan CE-Haris Kian Bersaing Sengit

JAMBI (SR28)- Pergerakan angka menjelang 100% pada pemilihan gubernur Jambi tahun 2020 terus saling berkejaran dan kian sengit. Hingga pukul 12.00 WIB pertanggal 14 Desember 2020 misalnya, persaingan suara Cek Endra-Ratu dan Haris-Sani berada diangka 37,9% dan 37,4%.

Untuk diketahui hingga saat ini suara yang telah masuk adalah mencapai 91%.

Sementara itu, berbagai laporan antar timses terhadap calon gubernur yang berlaga tahun ini terus berlanjut. Terkait dugaan kampanye dihari tenang misalnya, kini Bawaslu Tanjabtim dan Kota Jambi tengah menangani dugaan kasus kampanye terselubung tersebut.

Terus pantau perkembangan pilkada diseluruh wilayah di Indonesia melalui https://pilkada2020.kpu.go.id/#/pkwkp .

TV

Bawaslu Larang Keras Konser Musik Saat Kampanye Ditengah Pandemi

JAMBI (SR28) - Bawaslu Provinsi Jambi melarang keras orang berkumpul di suatu tempat seperti konser musik serta kegiatan kampanye lainnya yang mengumpulkan massa lebih dari 50 ditengah pandemi saat ini.

Gubernur Jambi kunker ke Merangin resmikan jembatan

MERANGIN - Gubernur Jambi Fahrori Umar mengatakan, Pemerintah Provinsi Jambi terus mendorong infrastruktur di daerahnya. Salah satunya dengan membangun infrastruktur darat sampai ke desa-desa.

“Kita sudah berkomitmen dalam membangun Provinsi Jambi dimulai dari desa-desa,” kata Fachrori usai meletakkan batu pertama pembangunan jembatan Rantau Limau Manis, Kecamatan Tabil Ilir, kabupaten Merangin, Kamis 23 Juli 2020.

Fachrori mengatakan, perhatian nyata Pemprov Jambi ditunjukkan melalai pembangunan jembatan Desa Rantau Limau dalam membantu pembangunan di wilayah kabupaten/kota, khususnya di wilayah Kabupaten Merangin.

“Jembatan Desa Rantau Limau Manis ini akan dibangun secara permanen, sebelum nya hanya jembatan gantung biasa dan hanya dilewati oleh kendaraan roda dua, jembatan ini nantinya akan menghubungkan tiga kabupaten yaitu Merangin, muara Bungo, dan Tebo,” ujar Gubernur.

Fachrori berharap pengerjaan pembangunan jembatan ini bisa selesai tepat waktu sehingga masyarakat bisa merasakan manfaatnya.

Pembangunan jembatan desa rantau limau manis ini merupakan pemenuhan janji kampanye saat maju menjadi Wakil Gubernur Jambi mendampingi Zumi Zola. “Pembangunan jembatan sudah kita mulai, sudah kita wujudkan, saya tepati janji saya,” ucap Gubernur.

Sementara Bupati Merangin H Al Haris mengucapkan, berterimakasih kepada Pemerintah Provinsi karena telah membantu pembangunan infrastruktur di Kabupaten Merangin.

“Saya melaporkan kepada Bapak Gubernur Jambi bahwa Kabupaten Merangin telah mendapat banyak bantuan pembangunan infrastruktur dari Pemerintah Provinsi Jambi karena anggaran APBD Kabupaten Merangin tidak mencukupi untuk membangun seluruh daerah yang luas ini, dengan PAD lebih kurang Rp100 miliar per tahun,” ucap Haris.

Haris juga mengatakan, upaya pemerintah Kabupaten Merangin dalam membangun infrastruktur telah membangun 44 jembatan, jalan 69,8 persen dari yang di target kan nasional yaitu 70 persen, perbaikan jalan rusak ringan 18 persen, jalan rusak berat 11,65 persen.

“Kami sangat mengharapkan anggaran dari pemerintah pusat dan provinsi, karena peran pemerintah provinsi sangat penting sekali untuk membantu pembangunan di kabupaten Merangin ini dalam rangka percepatan pertumbuhan wilayah kami, sehingga kedepannya lebih maju lagi,” tuturnya.

Nginap Aman, Hotel 02 Weston Jambi Terapkan Protokol Kesehatan

KOTA JAMBI - Hotel 02 Weston Jambi siap menerima tamu hotel dengan menerapkan standar protokol kesehatan yang ketat, seperti menyediakan area cuci tangan, pengecekan suhu tubuh dan menempatkan Hand Sanitizer di beberapa tempat strategis di lingkup hotel.

Publik area dan kamar-kamar hotel juga selalu di semprotkan cairan desinfektan standar rumah sakit. Tak hanya itu, karyawan hotel juga dibekali proteksi yang sama, seperti sarung tangan dan face shield.

Pemprov Jambi gencar Sosialisasi RPP Turunan UU Cipta Kerja

JAMBI - Diharapkan RPP yang merupakan turunan dari Undang-Undang Cipta Kerja itu, nantinya akan menyederhanakan dan mempermudah berbagai regulasi dalam penyelenggaraan perizinan di provinsi Jambi. Yang pada akhirnya adalah mempermudah masyarakat maupun dunia usaha untuk menciptakan lapangan kerja baru di provinsi Jambi.