Sabtu, 21 Maret 2015 04:56 WIB

Pengadilan Negeri Jambi Gelar Sidang Perdata Unik

 Pengadilan Negeri Jambi Gelar Sidang Perdata Unik
Pengacara Kedua Pihak Bersengketa

KOTAJAMBI(SR28) - Hari Jum'at (20/03), Pengadilan Negeri (PN) Kota Jambi menggelar sidang di tengah-tengah tanah dengan luas 3.700 M2 yang menjadi sengketa antara pihak Tanoto Unang (penggugat) dengan Usman bin Muhammad (tergugat).

Sidang perdata terlihat unik karena diadakan langsung di lapangan terbuka tempat terjadinya sengketa tersebut. Sidang dimulai sekitar pukul 08:00 WIB hingga pukul 10:00 WIB dan sidang tersebut digelar dalam kondisi semuanya berdiri,tidak menggunakan kursi dan meja, yang dipimpin langsung oleh Ketua Majelis Hakim PN Jambi, Rohendri, dengan menghadirkan pengacara pengugat dan tergugat.

Selain itu, saat sidang langsung di tanah sengketa tersebut juga menghadirkan Camat Jambi Selatan, serta para lurah setempat.

"Kita hanya memeriksa ulang tanah. Nanti hasil periksa lokasi, akan kita buat berita acara dan selanjutnya akan kita sampaikan ke Pengadilan Tinggi Provinsi Jambi yang akan memutuskan putusan banding ini," sebut Rohendri, Ketua Majelis Hakim Pengadilan Negeri Jambi seusai memimpin persidangan kepada awak media.

Saat sidang berlangsung, kedua belah pihak tak mau kalah saling klaim mengenai lokasi lahan yang menjadi sengketa tersebut. Kedua belah pihak juga memberitahukan batas-batas tanahnya masing-masing.

Selain itu, sidang langsung di tanah sengketa ini juga dijaga oleh pihak Kepolisian yang dalam hal ini yakni Polresta Jambi, dengan menurunkan kurang lebih tiga peleton, untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak di inginkan.

 

Pde/Sat

Pengadilan | Negeri | Jambi | Gelar |

Copyright @2015